alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d18c5f0176085665000003/siapakah-sosok-pengusaha-sumohadi-dalam-film-habibie-amp-ainun
Siapakah sosok pengusaha Sumohadi dalam film Habibie & Ainun?
Siapakah sosok pengusaha Sumohadi dalam film Habibie & Ainun?
Dalam film Habibie & Ainun, turut memasukkan sosok seorang pengusaha besi bernama Sumohadi. Pengusaha itu diperankan langsung oleh sang sutradara Hanung Bramantyo dengan menggunakan kacamata berbentuk bulat.

Selain mengisahkan perjalanan hidup kedua pasangan itu, film berdurasi 2,5 jam ini juga menceritakan kehadiran Sumohadi. Kemunculannya bermula ketika Habibie tengah memberikan paparan mengenai rencananya membangun industri pesawat terbang di bandung.

Pertemuan itu bermula ketika Habibie memutuskan kembali ke Tanah Air setelah bertemu dengan Ibnu Sutowo di Kedutaan Indonesia di Jerman. Dalam perjumpaannya, Ibnu menjanjikan pemerintah Indonesia akan memberikan apapun yang diminta Habibie.

Ketika berada di dalam kantornya, pengusaha tersebut mengirimkan ajudannya untuk meminta cetak biru pembuatan pesawatnya. Meski disertai ancaman, namun Habibie menolak.

"Siapa yang bisa bertanggung jawab kalau rancangan ini tersebar luas," tanya Habibie seperti yang diperankan oleh Reza.

Tidak berhenti sampai di sana, Sumohadi terus berusaha melakukan pendekatan dengan Habibie meski sudah menjabat sebagai menteri. Bahkan, dia memberikan pelbagai cedera mata di hari ulang tahunnya berupa dua buah parsel. Diselipkan pula dua arloji emas yang dimasukkan kotak warna biru.

Melihat itu, Ainun menyarankan kepada Habibie untuk mengembalikan barang tersebut. Adegan lantas melompat ketika Habibie mengembalikan dua arloji itu kepada Sumohadi dan meninggalkannya di ruang kerjanya.

Merasa tidak ditanggapi, Sumohadi kembali menemuinya dengan membawa satu tas koper berisi cek serta uang tunai yang dimasukkan ke dalam amplop warna cokelat. Tapi, langkahnya itu pun mendapat penolakan.

Kemudian, pengusaha tersebut mengirimkan seorang wanita dengan membawa proposal kepada Habibie. Tanpa melihat, wanita tersebut membuka bajunya di hadapan Habibie yang tengah serius membaca proposal yang dia bawa, namun tindakan itu ternyata terlihat oleh ajudannya dan membawanya keluar.

Merasa dilecehkan, Habibie lantas memarahi Sumohadi. Pengusaha tersebut beralasan tindakannya itu hanya candaan, namun Habibie tidak terima dan meminta dia keluar dari ruang kerjanya.

Kekecewaan yang dia pendam itu membuat Sumohadi mulai berusaha menjatuhkannya dari jabatannya sebagai menteri. Dia membuat pernyataan Habibie telah melakukan tindakan di luar kepatutannya sebagai menteri. Namun tindakan itu tidak lantas menjatuhkannya.

Memasuki era reformasi, ketika Habibie didaulat menjadi Presiden ketiga menggantikan Soeharto. Sumohadi mulai mencoba menghancurkan kedudukannya dengan memberikan pernyataan-pernyataan negatif kepada media. Dia menuding, Habibie terlibat dalam kasus korupsi yang melibatkan keluarga cendana dan membuat laporan pertanggung jawabannya ditolak DPR.

Dari urutan cerita tersebut di atas, siapakah sosok pengusaha Sumohadi tersebut?

sumber


ada yg bisa jawab??

keyakinan ente, ane taroh pekiwan gan!
Quote:Original Posted By cavaliers


ane yakin tuh sofyan wanandi emoticon-Najis
orang2nya ali moertopo aka CSIS sangat sirik dengan Habibie emoticon-Najis
mereka makin syok setelah CIDES Habibie menggeser CSIS think thank Orba tergeser
dan mulai merekrut orang2 diluar kalangan mereka spt rizal mallarangeng dkk agar dianggap berbhinneka tunggal ika. emoticon-Ngakak

si pemeras buruh indonesia (ketua apindo) ini terbirit2 ke singapura karena dikiranya habibie bakal balas dendam ke dia saat Soeharto jatuh, tetapi kenyataannya habibie tidak ada niat balas dendam walau presiden emoticon-Ngakak

bahkan tapol2 semua dibebaskan karena perbedaan pendapat/pandangan tidak layak memenjarakan orang.


update!
ada pencerahan dari agan satu ini,
semoga membantu

Quote:Original Posted By bujangsix
ane udah dapat jawabannya, dari @Hanungbramantyo

siapakan sumohadi itu?

"Sosok sumohadi tidak merujuk satu orang. Tapi sekumpulan org2 baik sipil maupun militer di era orba"



link donlotnya


apdet analisa terbaru dari kaskuser
Quote:Original Posted By Armorgod
Aduh, aduh,,,

anak2 jaman sekarang pelajaran sejarah & analisanya
kok asal2an,,,,

SD, alias
Soemohadi itu jelas gampang banget
itu kan akronim dari nama salah satu keluarga besar penguasa di Indonesia,,,

Sekarang yg cucunya jadi orang nomor 1 di salah satu partai
dan bakal naek jadi calon RI 1
coba pikir dah siapa tuh
akronim SOEMOHADI

klo si Hanung bilang SD itu bukan satu orang/ pihak ya emang jelas
Akronim nama keluarga besar itu emang gabungan orang2 hebat
Ada Militer, Pahlawan Taruna Anumerta, Begawan Ekonomi, Pengusaha, Politikus, lengkap dah,,,

Klo masih belum jelas lagi
pokoknya di akhir2 jabatan habibie, ni orang ada konflik kecil jg sama habibie
emoticon-Takut


ane takut ntar klo ane keceplosan di karungin sama orang pilihan lg
emoticon-Shutup


Di taruh di page one nih,,,
udah terjawab kan siapa sosok Sumohadi itu
(menurut analisa logis ane sih)



ada analisis lain nih gan
Quote:Original Posted By manher
Heran jg clue-nya uda jelas tp bisa dibelokkan ke orang lain... haha.. ke sofyan wanandi lah, keluarga sumitro lah.. bener2 aneh pake bukti yg jelas aja Gan uda clear banget kok dari film kalo kita mau jujur dan caritau.
Saya sendiri dapat pencerahan setelah baca comment dari hasil googling berikut ini

-------
Kan sudah jelas banget siapa Sumohadi itu. Waktu bu Ainun tanya ke ajudannya, dijawab anaknya orang pajak yg engga punya perusahaan, cuma jadi calo aja. Tinggal dicari, pengusaha yg sbb:
- Anak orang Pajak.
- Kacamatanya bunder.
- Pernah nyuruh Habibie mundur.
- Ga jelas usahanya apa.
---------

Ditambah lagi : dekat dgn keluarga Pak Harto (dikenalkan sebagai anak, berarti sebaya/teman main anak Pak Harto), gaya akting HB yg mirip seseorang, setting background saat wawanacara, dan kaitan dengan pejuang.

Semuanya mengarah ke satu orang, dan sebenarnya jg sudah pernah disebut di thread ini cuma lagi2 dikaburkan sama analisa asal2an dari beberapa agan yg saya yakin karena alasan tidak suka... keliatan banget kalo logika yg dipake sangat dipaksakan... haha...

Clue kunci yg gak mungkin salah, silakan googling siapa pengusaha yg anaknya orang pajak dan cucunya pahlawan... hahaa... pasti akan ketemu.. ;-)



ane cuma mau melanjutkan analisa agan ini

Spoiler for sumohadi:


Spoiler for sumohadi:


silahkan amati gambar diatas
hmmm.. tertarik juga pengen tau itu siapa
sofy*an wan*ndi?

ane cek wiki dolo
udah ada trailer nya kan,penasaran pengen nonton jadi nya
Ayo para suhu politik, silahkan diamati pasti bisa langsung kejawab siapa sosok nyata pengusaha ini...
Quote:Original Posted By princerzky
Ayo para suhu politik, silahkan diamati pasti bisa langsung kejawab siapa sosok nyata pengusaha ini...


ane yakin tuh sofyan wanandi emoticon-Najis
orang2nya ali moertopo aka CSIS sangat sirik dengan Habibie emoticon-Najis
mereka makin syok setelah CIDES Habibie menggeser CSIS think thank Orba tergeser
dan mulai merekrut orang2 diluar kalangan mereka spt rizal mallarangeng dkk agar dianggap berbhinneka tunggal ika. emoticon-Ngakak

si pemeras buruh indonesia (ketua apindo) ini terbirit2 ke singapura karena dikiranya habibie bakal balas dendam ke dia saat Soeharto jatuh, tetapi kenyataannya habibie tidak ada niat balas dendam walau presiden emoticon-Ngakak

bahkan tapol2 semua dibebaskan karena perbedaan pendapat/pandangan tidak layak memenjarakan orang.

Sumohadi itu nama samaran atau atau nama sebenarnya
Serasa dejavu dgn nama sumohadi di jaman orba ? emoticon-EEK!:
gak tau siapa dia , mungkin teman p habibi
Quote:Original Posted By cavaliers


ane yakin tuh sofyan wanandi emoticon-Najis
orang2nya ali moertopo aka CSIS sangat sirik dengan Habibie emoticon-Najis
mereka makin syok setelah CIDES Habibie menggeser CSIS think thank Orba tergeser
dan mulai merekrut orang2 diluar kalangan mereka spt rizal mallarangeng dkk agar dianggap berbhinneka tunggal ika. emoticon-Ngakak

si pemeras buruh indonesia (ketua apindo) ini terbirit2 ke singapura karena dikiranya habibie bakal balas dendam ke dia saat Soeharto jatuh, tetapi kenyataannya habibie tidak ada niat balas dendam walau presiden emoticon-Ngakak

bahkan tapol2 semua dibebaskan karena perbedaan pendapat/pandangan tidak layak memenjarakan orang.



superb sekali analisanya................

Terjawab, nice trit bgt gan

Semalem abis nonton jg gw ber tanya" siapakah si pengusaha brengsek itu...klo emang bener si sofyan, tampangnya si mirip y sama di karakter filmnya, cm biar g mirip"amet kacamatanya dibikin frame item...tega bgt y sampe menghina mentri & presiden qt dg cara kotor ky gt....salut bwt pak HABIBI.andai seluruh pejabat seperti pak Habibi, Dahlan Iskan, Jokowi, Ahok...gw yakin PEMBANGUNAN INDONESIA SEMAKIN PESAT MEWUJUDKAN INDONESIA TIDAK LAGI NEGARA BERKEMBANG TAPI SEBAGAI NEGARA MAJU
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By slotzblitz
Semalem abis nonton jg gw ber tanya" siapakah si pengusaha brengsek itu...klo emang bener si sofyan, tampangnya si mirip y sama di karakter filmnya, cm biar g mirip"amet kacamatanya dibikin frame item...tega bgt y sampe menghina mentri & presiden qt dg cara kotor ky gt....salut bwt pak HABIBI.andai seluruh pejabat seperti pak Habibi, Dahlan Iskan, Jokowi, Ahok...gw yakin PEMBANGUNAN INDONESIA SEMAKIN PESAT MEWUJUDKAN INDONESIA TIDAK LAGI NEGARA BERKEMBANG TAPI SEBAGAI NEGARA MAJU
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Woww si SW ya?
SW itu kan yang ngancem2 Jokowi soal upah itu kan?

Emang brengs#@eks tuh orang! Gak jaman Orba gak skrg, breng#seknya gak berubah! emoticon-fuck
wah spertinya bagus ya film nya..

jadi pengen nonton

udah lama juga ga nonton di bioskop...
gua liat trailernya kayaknya nih film sedih ya emoticon-Sorry
jadi penasaran liat film nya
oh sofyan wanandi yah
kirain ane sumohadi marsis wartawan tabloid bola
ane belum nonton pelm nya
rame gak gan
emoticon-Matabelo
wah...gtu ya...jd pengen ntn...
kesel banget liat sumohadi ini emoticon-Mad (S) langsung kepo gitu siapa orangnya emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By torax
oh sofyan wanandi yah
kirain ane sumohadi marsis wartawan tabloid bola
ane belum nonton pelm nya
rame gak gan


kasihan pak sumohadi yang asli.. namanya dipake
Quote:Original Posted By cavaliers


ane yakin tuh sofyan wanandi emoticon-Najis
orang2nya ali moertopo aka CSIS sangat sirik dengan Habibie emoticon-Najis
mereka makin syok setelah CIDES Habibie menggeser CSIS think thank Orba tergeser
dan mulai merekrut orang2 diluar kalangan mereka spt rizal mallarangeng dkk agar dianggap berbhinneka tunggal ika. emoticon-Ngakak

si pemeras buruh indonesia (ketua apindo) ini terbirit2 ke singapura karena dikiranya habibie bakal balas dendam ke dia saat Soeharto jatuh, tetapi kenyataannya habibie tidak ada niat balas dendam walau presiden emoticon-Ngakak

bahkan tapol2 semua dibebaskan karena perbedaan pendapat/pandangan tidak layak memenjarakan orang.



ini orang yg mewek2 karena UMP naek ya ???