alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d15b320c75b4007d00005a/pemerintah-dki-jakarta-akan-kaji-ulang-sistem-masuk-sekolah
Pemerintah DKI Jakarta Akan Kaji Ulang Sistem Masuk Sekolah
Ahok & Wanda Hamidah Sepakat Wacanakan Semi Rayonisasi Sekolah
Rabu, 19 Desember 2012 , 12:33:00 WIB
Laporan: Silvia Ratna Juwita

Follow: @rmolco

RMOL. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta agar mengkaji ulang sistem masuk sekolah berdasarkan nilai akademik.

Anggota Komisi E dari Fraksi PAN DPRD DKI, Wanda Hamidah menilai sistem tersebut hanya menghambat anak-anak terutama dari kalangan menengah ke bawah untuk mengeyam pendidikan di Jakarta secara merata.

"Kita tahu masyarakat menengah ke bawah tidak bisa bersaing dengan masyarakat menengah ke atas karena mereka mendapatkan gizi yang bagus, mendapat tambahan pendidikan ekstrakurikuler dari orangtuanya, sementara ditempatkan dengan satu sekolah yang sama," ujar anggota DPRD DKI, Wanda Hamidah usai bertemu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balaikota, Jakarta, Rabu (19/12).

"Tadi Pak Ahok nyebutnya semi rayonisasi tapi nanti kita bicara lagi dengan kadis (kepala Dinas Pendidikan DKI) yang baik seperti apa. Tapi menurut saya rayonisasi itu sudah bagus dan tepat," ucap Wanda lagi.

Dengan sistem semi rayonisasi menurut Wanda, masyarakat di daerah akan didahulukan dan berhak masuk di sekolah di daerah tersebut.

"Tidak seperti saat ini di mana anak yang bertempat tinggal di Jakarta Utara bersekolah di Jakarta Selatan," imbuhnya.

Ia juga mengemukakan, selayaknya DKI harus memiliki sekolah favorit bukan hanya di 1-2 per wilayah tapi di setiap kecamatan yang ada. Langkah ini kiranya dapat mengatasi kemacetan lantaran pemiilhan sekolah di luar wilayahnya.

"Something wrong juga kalau di kecamatan anda tidak ada sekolah yang bagus," tukasnya. [wid]

sumber: www.rmol.co

since semua berhak mendapatkan pendidikan yang layak, dari kalangan paling bawah hingga paling atas, semoga ntar semuanya bisa dapet kesempatan. jangan sampai yang pintar makin pintar, yang bodoh malah makin kelelep
kaji lagi kajian lagi.. banyak bener yg mesti dibenahih yak..
memang masih harus banyak yang dikaji dari semua sistem yang ada sekarang gan, biar semua lapisan masyarakat juga bisa mengeyam pendidikan emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By MQR16
Ia juga mengemukakan, selayaknya DKI harus memiliki sekolah favorit bukan hanya di 1-2 per wilayah tapi di setiap kecamatan yang ada. Langkah ini kiranya dapat mengatasi kemacetan lantaran pemiilhan sekolah di luar wilayahnya.


mgk ini mksdnya ngomongin sekolah negeri ya?
BTW, kenapa musti ada sekolah negeri yg lebih 'baik' drpd sekolah lainnya? Bukankah akan lebih baik jika mutunya sama? Jadi rayonisasi atau apalah namanya itu bisa berjalan lebih baik?
Daripada membiarkan ada sekolah negeri yang jelek tetap menjadi jelek..