alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d03d85ea74b4fe54000001/dari-balik-jeruji-pria-ini-hasilkan-sandal-hotel-berkualitas
Dari Balik Jeruji, Pria Ini Hasilkan Sandal Hotel Berkualitas
Dari Balik Jeruji, Pria Ini Hasilkan Sandal Hotel Berkualitas

VIVAnews - Menjadi seorang narapidana bukanlah kendala bagi seorang Kusniadi (Adi), 27, untuk berkreasi. Dari kedua tangannya di balik penjara, menghasilkan berbagai sandal hotel berbahan karet dan berlapis kain beraneka motif.

Adi mampu membuat sandal beraneka motif setelah mengikuti pelatihan keterampilan yang disediakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Salemba, tempat dia menjadi warga binaan saat ini.

Setiap hari, Adi menghasilkan 15 pasang sandal. Dibantu lima temannya, sebanyak 20 pasang sandal dengan omzet ratusan ribu rupiah mampu terjual.

Sebagai seorang perajin, tentu saja Adi tidak luput dari kendala. Menurut pengakuannya, selama dua tahun menjadi warga binaan dan perajin sandal, ia merasa sulit memasarkan produknya. Paling banter, sandal buatannya hanya terpajang dan dijual di galeri lapas tersebut.

Selain itu, dia tidak luput dari teguran sang pelatih. "Namanya juga baru belajar. Tentu, saya tidak jarang dimarahi," ujarnya sambil memotong pola sandal.

Napi yang sudah mendekam di Lapas Salemba selama tiga tahun ini mengaku memanfaatkan barang bekas untuk produk kerajinannya. Adi menggunakan kain perca sisa produksi pabrik untuk dijadikan alas sandalnya.
Ia kumpulkan kain beraneka motif, seperti kain batik untuk alas sandal. Sedangkan bahan karet, Adi membeli melalui lapas.

Sumringah ikut pameran

Adi merasa senang saat terpilih untuk memajang karya-karyanya di acara pameran "Napi Craft 2012" itu. Meskipun dia tidak tahu kenapa bisa terpilih dan ikut pameran ini. Napi yang mengenakan kaos jingga bertuliskan "Keep Up Spirit. Today is Yours" ini bangga, karena hasilnya tidak hanya dikenal di dalam lapas.

Hasil karya Adi pun tidak luput dari pujian orang-orang yang mampir dan membeli produknya. "Saya senang, soalnya teman-teman lapas banyak yang bilang sandal buatan saya bagus. Eh, ternyata di sini juga dipuji," katanya.

Adi berharap, melalui ajang ini, orang lebih mengenal berbagai karya para narapidana. Selama ini, banyak orang yang mengira narapidana itu kejam dan jahat, padahal banyak potensi bakat yang dimiliki.

"Saya berharap masyarakat menjadi banyak tahu kalau sebagian besar napi bisa berkarya dari dalam lapas," ujarnya.

Harga sandal buatan Adi dilepas dengan harga Rp18.000 per pasang. Jika tertarik untuk membeli sandal buatan Adi, sang perajin bisa ditemui di "Napi Craft 2012" yang diselenggarakan di The East Building selama 17-21 Desember 2012. Anda dapat melihat Adi mendemonstrasikan cara membuat sandal hotel langsung di depan pengunjung. (art)

EMBER

emoticon-Baby Boy 1 mantap kelak keluar dari lapas, udah gak bingung lagi mesti ngapain
tetap semangat meski dibalik jeruji besiemoticon-Add Friend (S)
Quote:Original Posted By emaknya.entong
walau di jeruji tapi tetep narsis ya gan emoticon-No Hope

tapi ane bangga kan, semoga lepas dari jeruji doi bisa jadi pengusaha sendal yang berkualitas dan bisa di kirim ke luar negeri juga emoticon-I Love Indonesia


hahahahha...

impian terlalu muluk.

buat exportir aja skrg susah mengekspor berhubung banyaknya birokrasi dan hambatan serta biaya siluman.

tar keluar, kriminal aja lagi.. biar jadi napi dan buat sendal lagi
Salut" ane gan ! emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss
Syukurlah kalo udah ada keahlian dan jalan yg benar, Tapi bisnis narkopet masih lebih untung dan menggiurkan dilapas.
semoga doi di terima kembali di masyarakat, seperti sandal nya
Ni orang bisa ketangkep kenapa yak
mukenye kurang meyakinkan emoticon-Ngakak (S)
kreativitas itu milik orang2 yang mau berubah dan berusahaemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
mantab, jadi dapat ilmu baru dari balik jeruji besi
Quote:Original Posted By Kamendun
Ni orang bisa ketangkep kenapa yak
mukenye kurang meyakinkan emoticon-Ngakak (S)


paling banter kasus pencabulan gan emoticon-Embarrassment
tp patut diapresiasilah yg gini2..

emoticon-Angkat Beer
Ini baru bener, sambil dipenjara, para tahanan harusnya dikasi kerjaan yang bermanfaat sehingga apabila napi sudah keluar dari penjara, kecil kemungkinan napi tersebut melakukan kejahatan kembali.
gambar sandalnya kek mana ya gan???emoticon-Bingung (S)
Orang spt mereka ini nih yg pantas dicontoh, walau memiliki keterbatasan ruang lingkup tapi tetap mampu berkarya dan bermanfaat,. Lbh nista lg yg dijalan2 spt: para gepeng, udh bikin rame kerjanya minta2 lg,... Cuma hikmahnya bagi yg dermawan, silahkan aja pelihara tuh gembel buat ngelatih mereka berkembang biak buat didik anak2nya jd gembel2 junior..emoticon-Ngakak
foto sendalnya mana gan
×