alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d025f0e374b4926100001e/sulitnya-membuat-peraturan-rokok-di-indonesia
Sulitnya Membuat Peraturan Rokok di Indonesia ..
Sulitnya Membuat Peraturan Rokok di Indonesia ..

Jakarta - Sampai saat ini RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) tembakau belum juga disahkan oleh pemerintah, padahal prosesnya sudah berlangsung cukup lama. Bahkan beberapa RPP yang diajukan setelah RPP tembakau sudah disahkan terlebih dahulu. Mengapa sangat sulit membuat peraturan soal rokok di negeri ini?

Setelah lebih dari setahun diskusi panitia antara kementerian dan lolos harmonisasi oleh Kementerian Hukum dan HAM, RPP yang telah memenuhi syarat tambahan yaitu persetujuan dua Menko pertengahan April lalu dan Rapat Kabinet pada akhir Juni 2012 masih juga 'disandera' sampai di penghujung tahun 2012. Padahal Presiden telah mengumumkan akan segera menandatangani 1 Agustus yang lalu.

"Formalin saja sudah diatur, tapi susah sekali mengatur rokok yang jelas-jelas berbahaya. Dari anak kecil hingga dewasa merokok semua. Kita sudah ketinggalan jauh dari Kamboja, Thailand apalagi," tutur Bambang Wispriyono, PhD, Dekan Fakultasi Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, pada acara bincang-bincang dengan media di Cali Deli Resto, Jl Warung Buncit, Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2012).

RPP ini disyaratkan harus ditanda tangani oleh 6 Menteri setelah persetujuan Presiden, yaitu oleh Menteri Kesehatan, Perindustrian, Keuangan, Hukum dan HAM, Menko Kesra dan Menko Polhukam.

Saat ini, RPP tembakau sudah mengantongi 3 tanda tangan Menteri, yakni Menteri Kesehatan, Menko Kesra dan Perindustrian akhir Agustus 2012 lalu, tapi kemudian mandeg di Kementerian Keuangan hingga sekarang.

"RPP (tembakau) mandeg tanpa alasan yang jelas. RPP telah dimarginalkan, dikalahkan dengan RPP lain yang telah disusun sesuai prosedur-prosedur. Hanya 2 sampai 3 minggu di Kementerian lainnya, tapi di (Kementerian) Keuangan sampai 3 bulan. Kalau ada masalah, kenapa tidak segera diselesaikan? Kenapa harus sampai 3 bulan?" jelas Dr Widyastuti Soerojo, MSc, Koordinator Pengembangan Peringatan Kesehatan di Kemasan Rokok FKM UI.

Dr Tuti, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa dalam RPP tembakau tidak ada larangan untuk penanaman tembakau, tidak ada pelarangan untuk penjualan rokok, juga tidak ada pelarangan untuk merokok.

RPP tembakau bermaksud untuk melindungi orang-orang non perokok dari bahaya asap rokok orang lain dan mencegah bertambahnya perokok pemula akibat iklan dan sponsor rokok yang amat gencar.

Namun sebagai RPP kesehatan, lanjut Dr Tuti, RPP tembakau dianggap telah dijadikan bisnis politik yang memojokkan perlindungan kesehatan masyarakat dengan berita-berita menyesatkan seakan-akan bakal menggangu stabilitas politik dan keamaan, dengan dimasukkan syarat tanda tangan Menko Polhukam.

"Pemerintah melanggar konstitusi dan Undang-undang karena tidak segera mengesahkan RPP. Mestinya RPP disahkan tahun 2010, ini sudah molor. RPP susu formula saja sudah disahkan untuk melindungi balita. Bahaya mana susu formula atau rokok? Saya rasa sebahayanya susu formula masih jauh bahaya rokok," ujar Tulus Abadi, anggota pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).


jadi bagaimana mnurut agan" yg perokok emoticon-Big Grin .. ane sih sebagai perokok jg setuju sih sma Judul thread ane gan ..
ane pikir kasihan jg kalo ada saudara" qta yg gk ngeroko tp ngisep asap qta emoticon-Bingung (S) kan kasian gan emoticon-Sorry

klo menurut agan agan bagaimana ???? emoticon-I Love Indonesia (S)

Sorry gan sebelum ente komeng .. Dibaca dlu lah Gan .. Jgn sampe gk nymbung komeng nye kya komeng" ini niehh (ˇ_ˇ'!l)

Quote:Original Posted By tole_90
ingat diperingatan rokoknya, ROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER SERANGAN JANTUNG IMPOTENSI DAN KELAINAN PADA JANIN.


Quote:Original Posted By tukangpulu
selama duit dari pemilik pabrik rokok masih ngalir ke pembuat kebijakan (read: DPR) maka hal ini adalah MUSTAHIL


Quote:Original Posted By cocoi
ngapain dilarang ngerokok? btw ane ga ngerokok lah... '

alasan kesehatan? basi lah, biasanya orang yang ngerokok lebih produktif dalam pekerjaannya...

rokok industri no1 penyumbang pajak, iklan dan event di Indonesia. Trus dari sektor mana lagi? tambang? minyak ato gas bumi?

dari dulu emang rokok Indonesia itu kualitasnya terbaik di seluruh dunia. Saingan nye amerika latin sono.... Itu negara barat pengen Industri rokok di Indo mati pelan-pelan, biar kaga bisa balikin utang2 n biar tetep miskin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Hammer

Kalau agan tau, pengusaha rokok kita investasi gila2an di Indonesia. Pemain asing sulit masuk gan. Duitnye kaga laku. Malah mereka investasi di China gila-gilaan juga...

Jadi, jangan sampai LSM atau organisasi apapun melarang rokok beredar di Indonesia. Justru kampanye etika merokok harus di sosialisasikan...
terlepas dari PP tetang peredaran tembakau, para ahli medis harusnya mulai memikirkan cara lain agar masyarakat indonesia berhenti merokok emoticon-Big Grin dieropa dengan himbauan merokok bisa membahayakan kesehatan dan menyebabkan kematian langsung dipahami karena emang kebayakan masyarakat eropa sangan memperhatikan kesehatan emoticon-Big Grin

lah diindonesia itu sakit dulu baru berobat, hujan dulu baru beli payung. orang indonesia kaga peduli kesehatan sebelum benar sakit dan kaga takut mati karena kalau hidup beban ekonomi menumpuk, hutang banyak emoticon-Big Grin

jadi slogan membahayakan kesehatan dan menyebabkan kematian itu slogan fail dan slogan paling tidak efektif yang diterapkan diindonesia

emoticon-Ngakak
Pendapatan Lewat Cukai Rokok Capai Rp65 Triliun

tuh jawabannya emoticon-Ngacir
memang udah lama gak biasa diatur...jadi susah diajak maju...^^
susah gan karena rokok punya peranan yg gak sedikit bagi indonesia.
Quote:Original Posted By Private.Indo
terlepas dari PP tetang peredaran tembakau, para ahli medis harusnya mulai memikirkan cara lain agar masyarakat indonesia berhenti merokok emoticon-Big Grin dieropa dengan himbauan merokok bisa membahayakan kesehatan dan menyebabkan kematian langsung dipahami karena emang kebayakan masyarakat eropa sangan memperhatikan kesehatan emoticon-Big Grin

lah diindonesia itu sakit dulu baru berobat, hujan dulu baru beli payung. orang indonesia kaga peduli kesehatan sebelum benar sakit dan kaga takut mati karena kalau hidup beban ekonomi menumpuk, hutang banyak emoticon-Big Grin

jadi slogan membahayakan kesehatan dan menyebabkan kematian itu slogan fail dan slogan paling tidak efektif yang diterapkan diindonesia

emoticon-Ngakak


bnr bgt tuw gan emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Rokok indonesia ke2 setelah Brazil dan amerika latin.
sektor paling susah diutak atik emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

saingannya para mafia sih
dilema ini ganemoticon-EEK!

imbasnya kasihan buruh pabrik rokok ama petani tembakau nantiemoticon-Ngakak (S)
ngapain dilarang ngerokok? btw ane ga ngerokok lah... '

alasan kesehatan? basi lah, biasanya orang yang ngerokok lebih produktif dalam pekerjaannya...

rokok industri no1 penyumbang pajak, iklan dan event di Indonesia. Trus dari sektor mana lagi? tambang? minyak ato gas bumi?

dari dulu emang rokok Indonesia itu kualitasnya terbaik di seluruh dunia. Saingan nye amerika latin sono.... Itu negara barat pengen Industri rokok di Indo mati pelan-pelan, biar kaga bisa balikin utang2 n biar tetep miskin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Hammer

Kalau agan tau, pengusaha rokok kita investasi gila2an di Indonesia. Pemain asing sulit masuk gan. Duitnye kaga laku. Malah mereka investasi di China gila-gilaan juga...

Jadi, jangan sampai LSM atau organisasi apapun melarang rokok beredar di Indonesia. Justru kampanye etika merokok harus di sosialisasikan...
karena yg ngerokok
dan yg bekerja d pabrik rokok setara dengan penduduk indonesia emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By cocoi
ngapain dilarang ngerokok? btw ane ga ngerokok lah... '

alasan kesehatan? basi lah, biasanya orang yang ngerokok lebih produktif dalam pekerjaannya...

rokok industri no1 penyumbang pajak, iklan dan event di Indonesia. Trus dari sektor mana lagi? tambang? minyak ato gas bumi?

dari dulu emang rokok Indonesia itu kualitasnya terbaik di seluruh dunia. Saingan nye amerika latin sono.... Itu negara barat pengen Industri rokok di Indo mati pelan-pelan, biar kaga bisa balikin utang2 n biar tetep miskin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Hammer

Kalau agan tau, pengusaha rokok kita investasi gila2an di Indonesia. Pemain asing sulit masuk gan. Duitnye kaga laku. Malah mereka investasi di China gila-gilaan juga...

Jadi, jangan sampai LSM atau organisasi apapun melarang rokok beredar di Indonesia. Justru kampanye etika merokok harus di sosialisasikan...


dalam RPP-nya gak ada larangan untuk merokok sepertinya...^^
Quote:Original Posted By silupautang
dilema ini ganemoticon-EEK!

imbasnya kasihan buruh pabrik rokok ama petani tembakau nantiemoticon-Ngakak (S)


klo ane si bukan nye ngelarang keras rokok di Indonesia ini .. cuma ane si mnt ada tempat" buat ngerokok lah kya d negara" luar ntu tuw emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By ajacid
dalam RPP-nya gak ada larangan untuk merokok sepertinya...^^


ane bukannye nge-larang ngerokok gan emoticon-Hammer (S) cuma mbo bikin atuh tempt" buat ngerokok gtu .. kasian jg yg gk ngerokok .. emoticon-Sorry
kya'e perlu nyontoh thailand (klo g salah), dmn warga negarax bebas memasang tanda dilarang merokok di tempat pribadinya, klo ada yg langgar langsung byar denda ke dia.

larangn merokok d tempat/saraa umum jg harus dipertegas sanksinya, klo perlu bayar denda k orang lain yg g ikut ngrokok emoticon-Big Grin

ane rasa g perlu smp mematikan binis rokok sih.
----------------------------
FYI: ane g ngrokok, lebih suka "d rokok" emoticon-Big Grin
selama duit dari pemilik pabrik rokok masih ngalir ke pembuat kebijakan (read: DPR) maka hal ini adalah MUSTAHIL
Quote:Original Posted By ciebiebngt
kya'e perlu nyontoh thailand (klo g salah), dmn warga negarax bebas memasang tanda dilarang merokok di tempat pribadinya, klo ada yg langgar langsung byar denda ke dia.

larangn merokok d tempat/saraa umum jg harus dipertegas sanksinya, klo perlu bayar denda k orang lain yg g ikut ngrokok emoticon-Big Grin

ane rasa g perlu smp mematikan binis rokok sih.
----------------------------
FYI: ane g ngrokok, lebih suka "d rokok" emoticon-Big Grin


klo itu mah ane jg doyann gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Malu (S)
Selama biaya kesehatan rakyat belum ditanggung pemerintah, maka cukai rokok akan selalu dianggap sebagai keuntungan

nanti kalau kesehatan rakyat dibiayai pemerintah, otomatis rokok akan dilarang, karena hasil cukainya gak seberapa dibanding duit yg harus dikeluarkan pemerintah utk ngobatin yg pada sakit karena rokok
Quote:Original Posted By bung.kus
Selama biaya kesehatan rakyat belum ditanggung pemerintah, maka cukai rokok akan selalu dianggap sebagai keuntungan

nanti kalau kesehatan rakyat dibiayai pemerintah, otomatis rokok akan dilarang, karena hasil cukainya gak seberapa dibanding duit yg harus dikeluarkan pemerintah utk ngobatin yg pada sakit karena rokok


ada bnr nya nie gan emoticon-Blue Guy Cendol (S)
iya si penghasilan cukai 65T, tapi kerugian pemerintah akibat rokok 2X lipatnya dari penghasilan nya karena harus mengsubsidi rumahsakit yang pasien nya sakit karena rokok, suka tak suka rokok itu merusak
berita lama,dibungkus ulang, direpost..dibacodin orang2 sampe berbusa..hasilnya sama..emoticon-shakehand



Posted with kaskusQR