alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d00a55e874b45f02000028/sukhoi-superjet-100-salah-arah-karena-pilot-ngobrol-dengan-penumpang
Sukhoi Superjet 100 Salah Arah Karena Pilot Ngobrol dengan Penumpang
Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melaporkan bahwa pesawat Sukhoi Superjet 100 mengarah ke arah yang salah karena kopilot dan pilot mengobrol dengan penumpang. Rekaman diskusi dengan penumpang itu tercatat selama 38 detik.

"Kopilotnya bertanya kepada pilot, 'kita akan pulang atau bikin orbit?'
Pilot jawab : 'pulang'. Tapi karena diskusi (dengan tamu), malah ke sana (bablas). Mengarah tidak sengaja alias bablas," ujar investigator senior KNKT Mardjono Siswosuwarno yang memimpin investigasi kecelakaan Sukhoi, di kantor KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2012).

Mardjono menjelaskan kronologi menit-menit terakhir kecelakaan pesawat Rusia tersebut. Awalnya, pesawat ini yang sedang terbang ke arah 60 derajat timur laut (menuju Bekasi) di ketinggian 10 ribu kaki, melakukan orbit ke kanan.

"Tapi di sini belum sepenuhnya selesai (orbitnya), tidak sengaja ke arah selatan. Ketinggian 6.000 kaki," lanjutnya.

Kemudian ada diskusi antara kopilot dengan Jakarta Control, dan kopilot mengatakan ada awan hitam. Jakarta Control pun mengizinkan. "Jakarta Control: izinkan bikin orbit," kata Mardjono menirukan percakapan tersebut.

Akan tetapi pesawat tidak bergerak meneruskan orbitnya malah bablas ke selatan. Kemudian ada peringatan dari Terrain Awareness and Warning System (TAWS). "Warning: terrain a head sekali. Tak lama setelah itu ada 6 kali warning dari TAWS. Kemudian warningnya dimatikan oleh pilot," cerita Mardjono.

"Orbit itu seharusnya berhenti di angka 200, tapi yang pembicaraan dengan tamu tadi mengakibatkan berhenti di 174 dan mengarah ke selatan. Nah di situ pesawat berhenti (tabrakan)," kata Mardjono tanpa merinci isi pembicaraan pilot dengan penumpang tersebut. Yang jelas, pembicaraan itu tidak terkait dengan arah pesawat.
[URL="http://news.detik..com/read/2012/12/18/130832/2121335/10/sukhoi-superjet-100-salah-arah-karena-pilot-ngobrol-dengan-penumpang?9911012"]sumber[/URL]
dikira jalur darat kali..kalau salah bs muter balik hehe....
mungkin asik ngelirik pramugari indonesianya gan.
akhirnya kelar juga nih masalah
lah tetap aja KNKT ngakuin kalau traffic control mengijinkan turun ke 6000 kaki
hal sepele yang mengakibatkan bencana
Quote:Original Posted By skywizard
lah tetap aja KNKT ngakuin kalau traffic control mengijinkan turun ke 6000 kaki


mungkin mengijinkan turun krena d anggap udh ngikutin arah yg bener kali....
padahal di kaca jendela udah ada peringatannya tuh : "DILARANG BICARA DENGAN SOPIR" emoticon-Matabelo
Ini adalah murni kelalaian manusia berarti...

Sebuah kelalaian yang dibayar dengan sangat mahal.

Quote:Original Posted By pluralismuna


mungkin mengijinkan turun krena d anggap udh ngikutin arah yg bener kali....


tadi nonton di RCTI katanya traffic control salah membaca posisi pesawat.dia kira pesawat udah masuk ke wilayah udara atang sanjaya, padahal masih 3,5 mil lagi makanya dia izinkan turun
rekamannya dibuka ga ya? biar bs tau ngomong apa sbnrnya..
dulu kalo naek bis ada sticker

"dilarang bicara dengan Supir"...

Quote:Original Posted By skywizard
lah tetap aja KNKT ngakuin kalau traffic control mengijinkan turun ke 6000 kaki


Quote:Kemudian ada diskusi antara kopilot dengan Jakarta Control, dan kopilot mengatakan ada awan hitam. Jakarta Control pun mengizinkan. "Jakarta Control: izinkan bikin orbit," kata Mardjono menirukan percakapan tersebut.

Akan tetapi pesawat tidak bergerak meneruskan orbitnya malah bablas ke selatan. Kemudian ada peringatan dari Terrain Awareness and Warning System (TAWS). "Warning: terrain a head sekali. Tak lama setelah itu ada 6 kali warning dari TAWS. Kemudian warningnya dimatikan oleh pilot," cerita Mardjono.


mungkin yg dibold itu.....diijinkan tapi tidak melakukan yg diijinkan

'orbit' itu apa sih ? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By skywizard


tadi nonton di RCTI katanya traffic control salah membaca posisi pesawat.dia kira pesawat udah masuk ke wilayah udara atang sanjaya, padahal masih 3,5 mil lagi makanya dia izinkan turun


yg kek gini mau jadi pusat kontrol trafic udara se ASIAemoticon-Ngakak

ngurus diri sendiri aja kagak becus
lah emang TC nga bisa ngeliat tuh pesawat ada dimana? emoticon-Matabelo
jgn2 penumpangnya ce capek ato pramugarinya lg
Quote:Original Posted By skywizard


tadi nonton di RCTI katanya traffic control salah membaca posisi pesawat.dia kira pesawat udah masuk ke wilayah udara atang sanjaya, padahal masih 3,5 mil lagi makanya dia izinkan turun

ATC nya kalau gitu juga error dunk, walah, bakal kena sanksi juga

Quote:Original Posted By dluhansa
rekamannya dibuka ga ya? biar bs tau ngomong apa sbnrnya..

tunggu ntar di discovery, second before disaster emoticon-Stick Out Tongue
detail di info di situ biasanya

*tapi boleh gak yaaa...

btw, kayaknya kalau masalahnya sesepele itu kayaknya kok janggal ya?

- kesalahan pilot
- kesalahan ATC

Seakan2 menjadikan pesawat tidak ada masalah ?

emoticon-Bingung


beritanya mana gan? emoticon-Bingung (S)
kira2 apa ya pembicaraan dengan penumpang emoticon-Bingung

tolong ambilkan kopi apa km cantik hari ini emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By KolorBerenda
padahal di kaca jendela udah ada peringatannya tuh : "DILARANG BICARA DENGAN SOPIR" emoticon-Matabelo


itu mah cuma ada di taksi bos wkwkwkwk
cm gara2 ngobrol ilang puluhan nyawaemoticon-Hammer (S)
Belum official report kan ? kalau belum males gw spekulasi, kebanyakan basinya !!! tunggu hasil official saja, nanti juga jelas, KNKT mampulah untuk urusan begini.
×