alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cffa6b0c75b45875000003/hewan-mamalia-pesut-mahakam-terancam-punah
icon-hot-thread
Hewan Mamalia Pesut Mahakam Terancam Punah
emoticon-Hot News
Quote:Alhamdulillah jadi HT PERTAMAX ane emoticon-Malu (S)

Quote:Seharian ga buka kaskus tau-taunya jadi HT emoticon-I Love Kaskus (S)

Hewan Mamalia Pesut Mahakam Terancam Punah

Terima kasih Kaskus
emoticon-Salaman


Bismillah..
Permisi emoticon-Maaf Agan & emoticon-Maaf Aganwati
Moga tread ini berkenan di hati agan-agan smua emoticon-Malu (S)


Sebagai Putri Kota Samarinda yang ane cintai, ane mao ngeshare berita kepunahan hewan langka yang ada di kota ane emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Pesut:

Spoiler for Apa Itu Pesut :


Quote:Sungai mahakam adalah tempat ikan ini berada. Terdapat Legenda mengenai ikan ini. Menurut penduduk sekitar sungai tersebut Pesut bukanlah sembarang ikan tetapi adalah jelmaan manusia.


Jumlah populasi Pesut Mahakam saat ini diperkirakan tidak lebih dari 50 ekor, bahkan menurut data CITES, jumlahnya tinggal sekitar 34 ekor saja. Di dunia internasional, hewan mamalia air tawar ini termasuk dalam daftar CITES yang digolongkan ke dalam Lampiran 1 atau terancam punah.Padahal pada sekitar tahun 1970 populasi Pesut masih ada antara 100-150 ekor yang berlokasi di Danau Melintang, Danau Semayang, Sungai Pela, dan sebagian Sungai Mahakam.Dengan kondisi yang berkurang 30 persen dalam tempo 25 tahun, keberadaan spesies Pesut Mahakam dikhawatirkan mengarah kepada kepunahan.Namun populasi Pesut menurun tidak hanya di Sungai Mahakam. Keberadaan Pesut di dunia juga mengalami tren menurun akibat memburuknya kualitas lingkungan perairan yang terkait dengan pasokan sumber makanan.Menurut Badan Litbang Kelautan dan Perikanan, diperlukan strategi perlindungan yang terkait dengan biologi dari Pesut. Salah satunya adalah dengan memperbaiki tempat-tempat yang menjadi sumber makanannya--mengingat 80 persen dari aktivitas hidup Pesut adalah untuk mencari makanan.

Spoiler for pic:

Eksistensi pesut mahakam (Orcaella brevirostris), mamalia air tawar endemik Kalimantan Timur, mendapat ancaman tambahan dari pembukaan lahan perkebunan sawit. Polutan dari kebun-kebun sawit mengakibatkan air tercemar, dan ikan yang menjadi makanan pesut semakin berkurang.

Peneliti pesut mahakam dari Universitas Amsterdam, Belanda yang bekerja sama dengan Yayasan Konservasi untuk Spesies Air Tawar Langka Indonesia (RASI) Danielle Kreb menyatakan, jumlah populasi pesut mahakam di pesisir Kalimantan Timur pada tahun 2010 diperkirakan sekitar 90 ekor. Namun, kondisi populasinya ini kian memprihatinkan.
"Habitat hidup pesut terkonsentrasi pada aliran sungai yang dalam, padahal daerah tersebut merupakan daerah penangkapan ikan, sehingga lalu lintas angkutan sungai pun semakin ramai. Akibatnya, banyak pesut yang terjerat jaring nelayan atau tertabrak kapal speedboat," kata Kreb pada lokakarya Pelestarian Pesut Borneo, di Jakarta (20/3).
Spoiler for Unyu:

Menurut WWF
Selain itu bahan-bahan kimia dari perusahaan penambangan emas, juga sangat meracuni ikan. Ditambah lagi sekarang, ujarnya, pupuk serta herbisida dari perkebunan sawit yang memanfaatkan area di tepi sungai ikut mengontaminasi aliran air dan menyebabkan ikan mati.
Gangguan lain bagi pesut adalah aktivitas tambang batu bara. "Pengangkutan batu bara dengan kapal ponton menganggu indera pesut. Pesut yang mencari dan menangkap ikan dengan mengandalkan sonar (echolocation) jika telinganya rusak, mereka tidak dapat menemukan makanan."

Quote:Seumur hidup selama ane tinggal di Samarinda. Ane belum pernah liat langsung hewan ini. Keberadaan hewan ini cukup jauh. Dan banyak yang mengatakan orang yang melihat ikan ini, HOKI banget. Susah untuk melihat ikan pesut ini berenang di sungai Mahakam. Ntah dimana keberadaannya dimana!

SUMBER


Maaf kalau tread nie berantakan gan, maklum ane nuwbi emoticon-Malu (S)

Jika berkenan bantu emoticon-Rate 5 Star Dikasii emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane siap nampung emoticon-I Love Kaskus (S)


Spoiler for Tread ane yang laen gan:
Ane beberapa kali liburan di sana pengen liat yang namanya pesut mahakam.
Tapi gak pernah liat tuh ikan.
Quote:Original Posted By lightnomyus
Ane beberapa kali liburan di sana pengen liat yang namanya pesut mahakam.
Tapi gak pernah liat tuh ikan.


kita harus ke hulu sungai mahakam untuk liat ikan ini gan
tapi itu juga belum tentu bisa liat, krn langka sekali.
1:100 orang yang bisa liat ikan pesut ini
Kasihan sekali, semoga makhluk secantik ini dapat bertahan dan tidak sampai punah. emoticon-Berduka (S)
ini yang disebut dengan "beno" itu yah gan.
kayaknya dulu pernah baca2 cerita daerah tentang beno/ pesut.
................................................
sayang klo sampai punah,
harus saling bantu nih pemerintah ma masyarakat buat melestarikannya.
fauna terdesak oleh populasi & keserakahan manusia yg pgn menguasai segalanya emoticon-Sorry sedih bener gan. badak jawa, harimau jawa sumatera, orangutan kepedulian kita pada mereka kalah oleh keserakahan org2 yg berduit & berkuasa emoticon-Sorry
pencemaran di mana2...
Quote:Original Posted By TheDarkMomon
ini yang disebut dengan "beno" itu yah gan.
kayaknya dulu pernah baca2 cerita daerah tentang beno/ pesut.
................................................
sayang klo sampai punah,
harus saling bantu nih pemerintah ma masyarakat buat melestarikannya.


Beno laen pesut gan emoticon-Smilie

Air di hulu sungai mahakam skr tercemar, makanan pokok pesut sendiri tidak ada. Jadi mereka susah untuk berkembang biak.
Ya semoga ajj pemerintah melakukan tindakan untuk mencegah kepunahan Pesut emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By KolorBerenda
fauna terdesak oleh populasi & keserakahan manusia yg pgn menguasai segalanya emoticon-Sorry sedih bener gan. badak jawa, harimau jawa sumatera, orangutan kepedulian kita pada mereka kalah oleh keserakahan org2 yg berduit & berkuasa emoticon-Sorry


bener banget gan, hilangnya tempat untuk hewan-hewan tersebut hidup menjadikan mereka hampir punah. emoticon-Berduka (S)

emoticon-Sundul
Quote:Original Posted By echydeckha


Beno laen pesut gan emoticon-Smilie

Air di hulu sungai mahakam skr tercemar, makanan pokok pesut sendiri tidak ada. Jadi mereka susah untuk berkembang biak.
Ya semoga ajj pemerintah melakukan tindakan untuk mencegah kepunahan Pesut emoticon-I Love Indonesia (S)

woh gitu yah,
ane bacanya jaman doooooooooooloooo banget sih jd udah lupa2 ingat,
gag sengaja nemu buku dongeng2 daerah punyaan nyokap ane.
Quote:Original Posted By TheDarkMomon

woh gitu yah,
ane bacanya jaman doooooooooooloooo banget sih jd udah lupa2 ingat,
gag sengaja nemu buku dongeng2 daerah punyaan nyokap ane.


hehhee ,, cerita dongeng emang kadang mirip satu ma yang laen nya gan
emoticon-I Love Kaskus (S)
barusan ada beritanya di tv gan
populasi nya semakin langka, karna ulah manusia + limbah yg mengotori sungai, ikan pesut pada pindah..
jarang ditemui..
pdahal ni mamalialucu emoticon-Mewek emoticon-Kiss
kasihan ya gan punah,harusnya di lindungi dan dilestarikan.
Kalo melihat tabiat pejabat di kaltim, kayaknya pesut akan segera punah... Pembukaan tambang secara gila2an dengan alasan pembangunan, plus lahan sawit dan berbagai aktivitas yang mengatas namakan pembangunan lainnya, bisa dipastikan hewan malang ini akan segera punah....

Jangankan dampak terhadap hewan, dampak terhadap manusia seperti debu dan rusaknya lingkungan terutama sumber air tidak di gubris oleh pemerintah. yang sudah buta tuli akibat menikmati besarnya uang dari batu bara...

Kota samarinda adalah contoh langsung rusaknya lingkungan akibat tambang... emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
wah, semogahewan ini ga sampai punah. semoga semua pihak mau membantu melestarikan pesut langka ini.

wah gawat kalo sampe punah .. harus serius dibudi dayakan .. lagi2 masalah limbah yg mencemarkan sungai ..
Quote:Original Posted By omahide
barusan ada beritanya di tv gan
populasi nya semakin langka, karna ulah manusia + limbah yg mengotori sungai, ikan pesut pada pindah..
jarang ditemui..
pdahal ni mamalialucu emoticon-Mewek emoticon-Kiss


Tgl puluhan ..
Mungkin hitungan tahun mamalia ini akan benar" punah gan ..

Quote:Original Posted By balisti.c
Kalo melihat tabiat pejabat di kaltim, kayaknya pesut akan segera punah... Pembukaan tambang secara gila2an dengan alasan pembangunan, plus lahan sawit dan berbagai aktivitas yang mengatas namakan pembangunan lainnya, bisa dipastikan hewan malang ini akan segera punah....

Jangankan dampak terhadap hewan, dampak terhadap manusia seperti debu dan rusaknya lingkungan terutama sumber air tidak di gubris oleh pemerintah. yang sudah buta tuli akibat menikmati besarnya uang dari batu bara...

Kota samarinda adalah contoh langsung rusaknya lingkungan akibat tambang... emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry


Yap bner bget gan , pemerintah seakan acuh terhadap masalah pesut ini ..
Padahal ikan pesut adalah icon Kalimantan Timur .. Icon tgl lah icon .. Hanya pajangan kebanggaan tanpa ada bentuk rasa prihatin dengan hewan yg hampir punah ini
emoticon-Mewek
Kasihan sekali ni hewan emoticon-Sorry


Hewan Mamalia Pesut Mahakam Terancam Punah
Original Post by rizqullah21
×