alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cfd6e15b2acfae1400002e/jangan-liburan-ke-jogja-sudah-penuh
Hepi 
{jangan} Liburan ke Jogja, Sudah Penuh...
JOGJA-Liburan Natal dan akhir tahun segera tiba. Diprediksi jumlah pelancong yang datang ke Jogja pada liburan akhir tahun ini jauh lebih besar dibanding tahun lalu. Tak hanya itu, tingkat kemacetan juga diperkirakan lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Asosiasi Tour dan Travel Indonesia (Asita) DIY memerkirakan jumlah wisatawan yang akan datang ke Jogja naik 60% dibanding bulan-bulan sebelumnya. Penyebabnya liburan akhir tahun bertepatan dengan libur sekolah. “Kebanyakan wisatawan adalah domestik. Momentum libur akhir tahun dimanfaatkan sekolah untuk mengadakan study tour ke Jogja,” ujar Ketua Asita DIY Edwin Ismedi Himna, Senin (17/12/2012).

Edwin menambahkan, peningkatan signifikan paket wisata ke DIY akan dimulai sejak 20 Desember hingga 5 Januari 2013. Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir mengatakan pada liburan akhir tahun ini diprediksi akan ada kenaikan wisatawan sebanyak 5%. “Prediksinya akan ada kenaikan sebanyak lima persen dari total wisatawan datang ke DIY melalui berbagai jalur transportasi,” ujarnya ketika dihubungi, Senin (17/12/2012).

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata per bulan tamu yang datang ke DIY pada 2012 mencapai lebih dari 200.000 orang.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah wisatawan diprediksi naik. Di antaranya ketersediaan kamar hotel yang bertambah seiring munculnya hotel baru. “Selain itu, saat ini fasilitas akomodasi juga semakin banyak pilihan. Prediksi kami, akan ada peningkatan 30 persen untuk jumlah wisatawan,’ tambah Edwin.

Erdawati, Tour Manager dari Harsa Tour yang berlokasi di Kotagede mengatakan peningkatan permintaan paket wisata sudah mulai terjadi sejak Oktober lalu dan Desember adalah puncak. “Bahkan kami sampai menolak permintaan paket wisata untuk Desember karena Natal dan tahun baru semua hotel di DIY sudah full,” ujarnya saat dihubungi, Senin (17/12/2012).

Bahkan jika dibanding 2011 lalu, permintaan paket meningkat hingga dua kali lipat. “Bertambahnya hotel dan beberapa tempat wisata baru di DIY seperti misalnya Gua Pindul menambah daya tarik,” katanya.

Okupansi Tinggi

Seperti sudah menjadi kebiasaan, pada liburan Natal dan tahun baru tingkat okupansi hotel di DIY selalu naik. Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eriyono mentakan untuk hotel bintang tingkat reservasi mencapai 65%, sedangkan nonbintang 25%.

Sejumlah hotel yang ditemui mengaku saat ini okupansi sudah mencapai 70% hingga 80%. Jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah saat mendekati perayaan Natal dan tahun baru.

General Manager Royal Ambarrukmo Hotel Sudarsana mengatakan saat ini okupansi hotel yang baru saja genap satu tahun itu telah mencapai 80% dan akan naik menjadi 90% pada tahun baru. Di hotel budget, Pop! Hotel Sangaji, tingkat keterisian mencapai 70% hingga 80%. Public Relation Pop! Hotel Sangaji Resty Hartono mengatakan sebanyak 150 kamar hampir terisi penuh.

“The Rich saat ini okupansinya mencapai 85 persen hingga 88 persen. 25 Desember jatuh pada hari Selasa. Sehingga libur panjang ini tamu bisa menginap sejak Jumat di tanggal 21 Desembernya,” ujar General Manager The Sahid Rich Hotel Jogja Heryadi Baiin.

Puncak Penumpang

Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VI Jogja Sri Winarto mengatakan puncak kepadatan penumpang KA diperkirakan terjadi pada 26 Desember dan 1 Januari 2013. “Kami perkirakan, ada sekitar 8.500 penumpang yang memadati stasiun saat puncak arus penumpang liburan akhir tahun nanti,” jelas Winarto saat dihubungi, Senin (17/12/2012).

Jumlah tersebut hanya dihitung berdasarkan okupansi penumpang kereta jarak jauh yang rata-rata mengalami kenaikan sekitar 20% dibanding hari biasa. Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, pihaknya menyiapkan kereta tambahan, Argo Dwipangga ekstra yang akan dioperasionalkan pada 21 Desember hingga 6 Januari 2013.

“Ketersediaan tiket KA di tanggal-tanggal tertentu seperti 23-25 dan 31 Desember sudah habis, khususnya keberangkatan dari Jogja menuju daerah lain seperti Bandung, Jakarta, Surabaya dan Malang,” akunya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Jogja, Bekti Zunanto mengatakan, pada libur panjang akhir tahun ini diperkirakan ada kenaikan penumpang sekitar 3% dibanding hari biasa. “Puncak kedatangan penumpang diperkirakan terjadi pada 24 Desember dan arus balik diperkirakan terjadi pada 1 atau 2 Januari 2013,” jelasnya.

http://www.harianjogja.com/baca/2012...h-penuh-359204

ts: ganti aja liburan ke pulau kapuk..dijamin bebas macet.

emoticon-Rate 5 Star
lah klo kagag ke jogja ane mudik kemana gan?
lha wong rumah ane di jogja.
bakalan jadi kayak bandung nih jogja, penuh dengan kendaraan plat B di musim liburan panjang
lumayan dapet bocoran dari TS.. lain waktu deh pelesir ke Jogja nya.. emoticon-Traveller

btw jangan pada ke Bandung juga ya.. muacet + buanjirr emoticon-Najis
tetep ke sono dong gan emoticon-Malu (S)
rumah nenek gw kan di sono emoticon-Malu (S)
hari gni liburan cuma ke bandung ama puncak ? emoticon-Ngakak

ke jogja dong emoticon-Cendol (S)
jogja pancen istimewa lah. gak rugi kok mlacong kesono. klo cuma macet mah gak parah2 bgt cuma klo ujan dingin bgt gan. jadi jgn lupa bawa yg anget2 XD
iyaaaah ... ga jadi tahun baru'a ke jogja ... biasa'a macet nih emoticon-No Hope
kalau mau liburan ke jogja, atau kuliah sambil bawa mobil, mbok ya perangai "berkendara penuh manuver dan nglakson panjang2" ala kota metropolitan jangan dibawa kesini, kasian warga jogja.......
kapok liburan panjang ke jogja... trakhir pas lebaran terpaksa nengok ke jogja ..

naik bis dari semarang sampe jogja jam 9 malem ga dpt penginapan ... ngubek2 sampe jam 1 malam akhirnya numpang kos2an yg kosong harian..

jalan2 dimana2 macet dan penuh ampe jalan kaki aja susah.. terutama malioboro.. dan prilaku brutal mobil2 metropolitan dimana2 ... emoticon-Sorry

maafkan kami para pendatang wahai warga Jogja.. emoticon-Sorry
iy gan macet beud
semenjak ad rancangan relokasi airport baru
investor2 jadi pada masuk emoticon-Big Grin akhirny jadi macet deh
tapi gpp dah buat gue,cari duit jadi lebih gampang \emoticon-Big Grin/
soalny d jogja cari duit lambat kayanya,harga tanahny meledak,tpi pangsa pasarny mahasiswa emoticon-Cape d... (S) (ampe mati baru balik modal)
untung rumah gw deket jogja..jd gak perlu nyewa hotel emoticon-Ngakak
kalau jogja rame terus, ane kapan liburnya emoticon-Mewek:
Quote:Original Posted By .NoShade.
tetep ke sono dong gan emoticon-Malu (S)
rumah nenek gw kan di sono emoticon-Malu (S)


setuju

rumah ane juga disana "p

tapi memang udah dari dulu disana itu daerahnya jadi tujuan wisata om. hotel2 besar maupun kecil kalau pas liburan pasti penuh
ane berangkat kerja aja sekarang jalan makin macet gara2 banyak bus pariwisata nih...apalagi ntar akhir tahun ya emoticon-Cape d...
wah, kalo mau pulang kampung gimana dong gan?
ane juga blom dapet penginepan nih di jogja emoticon-Frown
tidur di pohon beringin yg di alun alun nih kayanya emoticon-Nohope
Jangan takut kena macet di Jogja,jalan tikusnya banyakemoticon-Big Grin.kecuali sekitaran Malioboro yaemoticon-Nohope
walaaaahh....
aku wes tuku tiket tanggal 25 je..
nggak papa deh macet..ntar emoticon-Traveller emoticon-Traveller saja muter-muter jogjanyah..
Ndak apa2 kalo macet dijogja tinggal geser ke solo...sama enaknya kok solo kayak jogja juga,makanannya banyak,enak2 & murahhh....biasa punya duit 50rb udah kenyang makan disolo/jogja emoticon-Big Grin