alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cfba34e374b4aa0c00002f/hari-ini-knkt-umumkan-penyebab-jatuhnya-sukhoi
Peringatan! 
Hari Ini, KNKT Umumkan Penyebab Jatuhnya Sukhoi
Selasa, 18 Desember 2012 | 06:11 WIB

Hari Ini, KNKT Umumkan Penyebab Jatuhnya Sukhoi
Sukhoi Superjet 100 yang digunakan Aeroflot

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melaporkan hasil investigasi penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100, pada pukul 11.00 WIB, Selasa (18/12/2012), di kantor KNKT, Jakarta Pusat. Pesawat jet berpenumpang ini jatuh di sekitar pegunungan Salak, Bogor, Jawa Barat.

Seperti diketahui, pesawat SSJ 100 tersebut hilang saat melakukan demo terbang dari Bandar Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Rabu (9/5/2012) siang. Demo terbang tersebut menjadi bagian dari tur promosi pesawat penumpang terbaru buatan pabrikan pesawat Sukhoi dari Rusia ke beberapa negara Asia.

Pesawat berbadan besar itu dijadwalkan melakukan dua kali penerbangan. Setelah selamat pada penerbangan pertama, pesawat kemudian tinggal landas untuk penerbangan kedua sekitar pukul 14.12. Pesawat dijadwalkan terbang ke arah kawasan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kemudian memutar kembali ke Bandara Halim Perdanakusumah.

Setelah 21 menit tinggal landas, pesawat itu tiba-tiba hilang dari radar. Kontak terakhir terjadi saat pilot meminta izin ke menara pengendali lalu lintas udara untuk menurunkan ketinggian pesawat dari 10.000 kaki (3.048 meter) ke 6.000 kaki (1.829 meter). Belum jelas apa yang menyebabkan pilot meminta perubahan ketinggian saat pesawat sedang berada di kawasan pegunungan. Sebab, terbang dengan ketinggian 1.829 meter di dekat Gunung Salak yang berketinggian 2.211 meter masuk dalam kategori terbang rendah.

Dalam penerbangan kedua ini, data penumpang dalam pesawat masih belum pasti. Ada yang mengatakan pesawat membawa 50 orang, yang terdiri dari 8 awak pesawat asal Rusia dan 42 penumpang undangan. Ada juga yang menyebut 48 orang. Para penumpang terdiri dari pejabat maskapai penerbangan Indonesia, perwakilan industri dirgantara, dan empat wartawan. Pesawat SSJ 100 ini berada di Indonesia untuk melakukan tes terbang. Pesawat berpenumpang ini sedang ditawarkan ke maskapai penerbangan di Indonesia.
sumber

Preliminary Reportnya:
Quote:Original Posted By cherrypopper
klo mau tau preliminary report nya...

http://www.dephub.go.id/knkt/ntsc_av...4_Released.pdf



semoga aja hasilnya kagag mengecewakan n bisa ngejawab teka-teki soal jatuhnya tu pesawat.
klo mau tau preliminary report nya...

http://www.dephub.go.id/knkt/ntsc_av...4_Released.pdf
Quote:Original Posted By cherrypopper
klo mau tau preliminary report nya...

http://www.dephub.go.id/knkt/ntsc_av...4_Released.pdf


thanks gan tambahannya.emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By TheDarkMomon


thanks gan tambahannya.emoticon-Shakehand2


ho oh.. sama2.. emoticon-Smilie
tapi baru preliminary, final nya sesuai dengan trit ente bakal di rilis hari ini. jadi tuh preliminary bakal di ganti..
---------------------------------------------------------------------
@TS coba link dari ane dimasukin ke trit ente diatas, biar gak ada yg nanya kayak..
v
v
v
hasilnya apa gan?
penyebabnya apa?
lg jauh dari tipi nih
Quote:Original Posted By cherrypopper


ho oh.. sama2.. emoticon-Smilie
tapi baru preliminary, final nya sesuai dengan trit ente bakal di rilis hari ini. jadi tuh preliminary bakal di ganti..
---------------------------------------------------------------------
@TS coba link dari ane dimasukin ke trit ente diatas, biar gak ada yg nanya kayak..
v
v
v

dah ane masukin ke atas gan.

Quote:Original Posted By orlens01
hasilnya apa gan?
penyebabnya apa?
lg jauh dari tipi nih

ada diatas tuh gan preliminary reportnya.
black box nya rilis juga gak nih kayak kasusnya adam air? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By pop_corn
black box nya rilis juga gak nih kayak kasusnya adam air? emoticon-Big Grin


klo adam air itu bocor bukan rilis... emoticon-Smilie
rilis black box biasanya baru dilakukan klo udah de-classified biasanya sih 5-10 thn.
Quote:Original Posted By cherrypopper


klo adam air itu bocor bukan rilis... emoticon-Smilie
rilis black box biasanya baru dilakukan klo udah de-classified biasanya sih 5-10 thn.


wah 5-10th, lama juga yah ngerilis black boxnya...
Quote:
The Minimum Safe Altitude (MSA) from HLM VOR/DME was 6,900 ft. The
radius of MSA was 25 Nm from HLM VOR/DME


Quote:The flight altitude was 10,000 ft. but,
The flight crew asked to descent to 6,000 ft. The ATC cleared the flight to
6,000 ft.

The flight requested orbit to the right at 6,000 ft. It was approved by the ATC.



masih bisa belum berkomentar... karena belum pernah lewat daerah sana, jadi masih belum pasti apa yang menyebabkan pilot turun ke 6000 ft, dan kenapa ATC mengijinkan untuk turun ke 6900 ft

analisa super newbie, CMIIW, i am sorry kalo salah
1)pemandangan indah dari atas karena itu pilot ingin terbang ke ketinggian 6000 ft, ATC mengiyakan karena menganggap jarak pandang tidak masalah.

2) posisi dan satelit kurang presisi

3) dll,, takut salah ngomong lagi...

dan akhirnya hanya yang -DIATAS lah yang maha tahu segalanya..
dan semoga di kemudian hari hal ini tidak terjadi lagi.. mudah mudahan batas
the save minimum altitude tidak dilanggar apapun alasannya apapun risikonya, kecuali dalam situasi tertentu yang mengharuskan..

mudah mudahan yang ditinggalkan bisa tabah, dan yang gugur diterima di sisi-NYA, amin
Quote:Original Posted By dimazbaik




masih bisa belum berkomentar... karena belum pernah lewat daerah sana, jadi masih belum pasti apa yang menyebabkan pilot turun ke 6000 ft, dan kenapa ATC mengijinkan untuk turun ke 6900 ft

analisa super newbie, CMIIW, i am sorry kalo salah
1)pemandangan indah dari atas karena itu pilot ingin terbang ke ketinggian 6000 ft, ATC mengiyakan karena menganggap jarak pandang tidak masalah.

2) posisi dan satelit kurang presisi

3) dll,, takut salah ngomong lagi...

dan akhirnya hanya yang -DIATAS lah yang maha tahu segalanya..
dan semoga di kemudian hari hal ini tidak terjadi lagi.. mudah mudahan batas
the save minimum altitude tidak dilanggar apapun alasannya apapun risikonya, kecuali dalam situasi tertentu yang mengharuskan..

mudah mudahan yang ditinggalkan bisa tabah, dan yang gugur diterima di sisi-NYA, amin


hmmmm.... seneng klo denger dari sesama penikmat dunia aviasi.. udah denger copy CVR nya belum mas? udah beredar di lingkar dalem soalnya.. emoticon-Smilie

tadi ada yg ntn metro mini?
Quote:Original Posted By dimazbaik




masih bisa belum berkomentar... karena belum pernah lewat daerah sana, jadi masih belum pasti apa yang menyebabkan pilot turun ke 6000 ft, dan kenapa ATC mengijinkan untuk turun ke 6900 ft

analisa super newbie, CMIIW, i am sorry kalo salah
1)pemandangan indah dari atas karena itu pilot ingin terbang ke ketinggian 6000 ft, ATC mengiyakan karena menganggap jarak pandang tidak masalah.

2) posisi dan satelit kurang presisi

3) dll,, takut salah ngomong lagi...

dan akhirnya hanya yang -DIATAS lah yang maha tahu segalanya..
dan semoga di kemudian hari hal ini tidak terjadi lagi.. mudah mudahan batas
the save minimum altitude tidak dilanggar apapun alasannya apapun risikonya, kecuali dalam situasi tertentu yang mengharuskan..

mudah mudahan yang ditinggalkan bisa tabah, dan yang gugur diterima di sisi-NYA, amin


Saya lebih percaya dengan laporan majalah Tempo beberapa saat setelah kejadian.
Quote:Original Posted By saya_neeh


Saya lebih percaya dengan laporan majalah Tempo beberapa saat setelah kejadian.


bisa di share di mari?
peybabnya karena human error gan
nunggu hasilnya aje dari KNKT emoticon-Cool
Quote:Original Posted By cherrypopper


bisa di share di mari?


ini linknya om
http://www.tempo.co/read/flashgrafis...i-Superjet-100
jadi penasaran apa sebenernya penyebab jatuhnya si sukhoi ini...

mudah2an aja transparan tuh KNKT, jangan ada yang ditutup tutupi
kl ane yakin yg salah operator menaranya
liat picnya keker banget itu body

semoga segala sesuatunya kebuka semua biar pada jelasemoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By wahyubison


ini linknya om
http://www.tempo.co/read/flashgrafis...i-Superjet-100


ngeri oum....
apa ga ngukur yang ngasih instruksi
×