alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cf0acee974b42310000077/sinergi-yang-hebat-gan--perbaikan-kampung-ala-jokowi-tak-gunakan-apbd
( Sinergi yang Hebat Gan ) Perbaikan Kampung Ala Jokowi Tak Gunakan APBD
( Sinergi yang Hebat Gan ) Perbaikan Kampung Ala Jokowi Tak Gunakan APBD

JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan kampung kumuh di seluruh Jakarta bakal dilakukan bersama. Dalam artian, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng sejumlah perusahaan untuk ikut andil di dalamnya melalui corporate social responsibility (CSR).

Kepala Seksi Penyuluhan dan Peran Serta Masyarakat Dinas Perumahan dan Gedung Pemda Provinsi DKI Jakarta Meli Budiastuti mengatakan, sebanyak 30 kampung akan ditata dengan dana dari CSR perusahaan yang terlibat. Perusahaan-perushaan itu merupkan BUMD, BUMN, dan beberapanya adalah perusahaan swasta.

Kampung-kampung yang akan ditata itu merupakan kampung kumuh kategori ringan dan sedang dengan jumlah populasi sekitar 700 jiwa per hektar. Kampung kumuh tersebut masuk dalam rencana penataan 100 kampung kumuh yang digaungkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Untuk pembangunan kawasan kumuh sedang itu tidak menggunakan APBD tapi murni dari CSR perusahaan. Dana APBD fokus untuk pengembangan kawasan kumuh berat," kata Meli, saat dihubungi wartawan, Senin (17/12/2012).

Teknisnya, kata Meli, Dinas Perumahan DKI Jakarta akan merekomendasikan konsep serta lokasi kampung kumuh ringan dan sedang melalui proposal. Setelah itu, pihak perusahaan bebas memilih eksekusi pembangunan berdasarkan rekomendasi tersebut.

"Kami hanya menawarkan konsep, nanti perusahaan yang memilihnya. Misalnya kampung A butuh perbaikan kantor RW, nanti kami ajukan ke perusahaan," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membuka workshop corporate social responsibility (CSR) dalam program perbaikan kampung dan permukiman kumuh. Workshop CSR program penataan kampung ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada dunia usaha yang berkaitan dengan kegiatan perbaikan kampung pemukiman kumuh.

Usulan lokasi dan perkiraan biaya satuan yang diperlukan untuk masing-masing kegiatannya membutuhkan dukungan dari para stakeholder, khususnya dunia usaha baik swasta, BUMD, dan BUMN yang berada di wilayah DKI Jakarta. Jokowi juga menandatangani Memorandum of Undersatnding (MoU) dengan pihak perusahaan.

Terdapat tujuh perusahan yang melakukan kerjasama dengan Pemprov DKI, baik dari BUMD, BUMN, maupun swasta. Tujuh perusahaan itu adalah PT Jasindo, PT Don Media Indonesia, PT Bank DKI, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT Jakarta Propertindo, PD Pembangunan Sarana Jaya, dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP).


Sumber



Perbaikan Kampung Ala Jokowi Siap Dieksekusi 2013

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng sejumlah perusahaan, melalui Corporate Social Responsibility (CSR), untuk melakukan perbaikan kampung. Saat ini, drafnya telah siap untuk ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo agar dapat segera dieksekusi mulai 2013.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya telah menandatangani MoU sedikitnya dengan tujuh perusahaan. Hal itu dilakukan sebagai komitmen awal dunia usaha dunia usaha menjadi mitra Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan program perbaikan kampung di Ibu Kota.

"Pak Gubernur tinggal tanda tangan drafnya. Banyak kok, ada yang dari BUMD dan BUMN," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (17/12/2012) pagi.

Sebelumnya, Gubernur Joko Widodo menandatangani kesepakatan bersama dengan beberapa Direktur perusahaan swasta, BUMD dan BUMN. Yakni PT Jasindo, PT Don Media Indonesia, PT Bank DKI, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT Jakarta Propertindo, PD Pembangunan Sarana Jaya dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) sebagai komitmen awal dunia usaha menjadi mitra Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penanganan program Perbaikan Kampung Permukiman Kumuh di DKI Jakarta.

Program perbaikan kampung di DKI Jakarta telah dilaksanakan sejak tahun 1969, dengan menitikberatkan pada kegiatan pembangunan fisik lingkungan seperti pembangunan prasarana jalan, saluran penghubung, sarana kesehatan dan fasilitas publik lainnya. Pemprov DKI Jakarta melaksanakan program perbaikan kampung pada lokasi permukiman kumuh yang dilaksanakan secara berkesinambungan, mulai dari pembentukan kelompok swadaya masyarakat, pendampingan dan penguatan kelompok swadaya masyarakat, peningkatan peran serta masyarakat dan pemandirian kelompok swadaya masyarakat dengan salah satu hasilnya adalah dirumuskannya Community Action Plan (CAP) dengan berdasarkan kepada kebutuhan masyarakatnya.

CAP merupakan target sasaran bagi semua pelaku kepentingan di bidang perumahan dalam membantu peningkatan kualitas lingkungan permukiman kumuh. Berdasarkan data direktori kumuh tahun 2011, masih terdapat 392 RW kumuh yang memerlukan penanganan serius dan komprehensif dari semua stakeholder.

Dari CAP inilah, Pemprov DKI Jakarta melakukan pemilahan program perbaikan kampung bekerjasama dengan dunia usaha, antara lain pembangunan prasarana umum kawasan perumahan mulai dari perencanaan teknis sampai dengan pelaksanaan fisiknya, termasuk pembangunan ruang interaksi sosial, perbaikan rumah tidak layak huni, perbaikan MCK dan sarana penunjang fasilitas publik lainnya.

Pada tahap berikutnya, ada beberapaa perusahaan swasta dan BUMD yang akan bergabung melaksanakan program ini melalui CSR, yaitu PT Astra International Tbk, PT Jakarta Tourisindo dan PD Pasar Jaya.

Sumber

Ini bagus banget Pakde Jakowi karena kerjasama seperti ini harus perlu di gerakkan untuk membangun Jakarta bersama2...

PT Astra International Tbk, PT Jakarta Tourisindo dan PD Pasar Jaya, ke tiga perusahaan ini dikejarin aja Pakde biar makin mantabs lumayan kan buat hemat APBD...

Nah jangan lupa juga tuh para dedengkot pengembang perumahan Jakarta seperti Agung podomoro, Group Ciputra, Agung sedayu gruop diminta untuk ikut serta mengelola kampung kumuh biar sekali2 ikut ngurus kampung kumuh masak yang diurusin yang mewah2 mulu ... emoticon-Malu (S)
iya itu perusahaan-perusahaan atpm mobil dan motor yang sudah terlalu banyak mengeruk keuntungan harus dimintai dana perbaikan kampung buat orang miskin, ...

i love emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia
saatnya perusshaan yang memberikan koontribusi dan hanya tidak sekedar bayar pajak.......
bgs nh ideny joko...tp jgn dpaksa2 perusahaanny yaaa pak... pelan2 ngajak perusahaaanny.. brikan image yg baik soal csr ini di mata prusahaaan..ane yakin klo baik prusahaan jg bkal ngikut sdikit dmi sdikit...klo ada pmaksaan sdikit ajh imageny bkal kurang baik...
Quote:Original Posted By anarsakus
iya itu perusahaan-perusahaan atpm mobil dan motor yang sudah terlalu banyak mengeruk keuntungan harus dimintai dana perbaikan kampung buat orang miskin, ...

i love emoticon-I Love Indonesia


Setuju ama Ente Gan, memang seharusnya mereka juga ikut andil dalam pembangunan Jakarta jangan mau untungnya saja... emoticon-I Love Indonesia (S)
sekarang saatnya Jakarta Baru emoticon-I Love Indonesia

dan

2019 saatnya Indonesia Baru emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Matabelo ada ada aja ya ide bapak Jokowi ini, semoga lancar dan memang bisa di terapkan dengan baik kedepannya.

om joko emang agip
ayo dprd dki mau hambat gmana lagi....dah jelas antene jokowi lebih panjang dr pd kalian yg (ga) terhormat

jenius tuh
hidup bang jokowi.
lanjutken perjuanganmuemoticon-Ngakak
dprd makin stress lihat pola pikir jokowi yang selalu punya jalan keluar alternatif......silahkan hambat2 anggaran lama2 kantor dprd dilempari sampah manggarai ama rakyat dki ntaremoticon-Ngakak
Untuk Warga agar lebih baik ,

Pasti banyak dukungannya.
Quote:Original Posted By Mr. Z
sekarang saatnya Jakarta Baru emoticon-I Love Indonesia

dan

2019 saatnya Indonesia Baru emoticon-I Love Indonesia


Semoga Indonesia baru bisa benar2 terwujud ditahun 2019 Gan.. Amin emoticon-I Love Indonesia (S)
libatkan kontraktor-kontraktor pengembang apartemen/kondominium dan mal-mal, yang menyumbang kemacetan dan menguasai lahan-lahan besar.....emoticon-Kiss (S)

jangan cuma cari fasilitas aja di Jakarta Baru, anda ikut sumbang kemacetan juga...emoticon-Ngakak
padahal jokowi bukan ahlinye, tapi lebih hebat dari sang ahli emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By janemooncake
libatkan kontraktor-kontraktor pengembang apartemen/kondominium dan mal-mal, yang menyumbang kemacetan dan menguasai lahan-lahan besar.....emoticon-Kiss (S)

jangan cuma cari fasilitas aja di Jakarta Baru, anda ikut sumbang kemacetan juga...emoticon-Ngakak


Betul gan ajak mereka juga untuk membangun Jakarta emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-thumbsup selamat bekerja bapak2 kami mendukung mu....
ane pernah kerja praktek di indocement, kalo perusahaan yang udah banyak sertifikasi ISO pasti csr itu merupakan suatu keharusan, jadi menurut ane gak bakalan keberatan perusahaannya kalo yang ditunjuk yang megang ISO
Setuju sma komeng nya TS,

ini bakalan jadi ajang pencitraan buat perusahaan2 elite dimuka masyarakat,
jadi kerjasama ini sangat menguntungkan banyak pihak.
wah, bisa hemat apbd, nanti duitnya dibalikin ke rakyat lagi aja, jangan sampe dimakan dprd