alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ceb7bb2675b44142000061/pengetahuan-tahukah-anda-beda-sanering-dan-redenominasi
[pengetahuan] tahukah anda Beda sanering dan redenominasi
Pemerintah bersama Bank Indonesia berencana melakukan redenominasi mata uang rupiah. Akan tetapi masyarakat masih pro kontrak terkait kebijakan tersebut. DPR pun sampai saat ini belum memberikan sinyal akan membahas aturan tersebut. Dengan alasan inflasi indonesia yang sedang baik dan tidak ada gejolak.

Padahal, pemerintah berharap pada 2013, beleid terkait redenominasi segera dibahas dan dirampungkan, sehingga pemerintah dan Bank Sentral memiliki waktu sosialisasi. Beleid redenominasi saat ini sudah dimasukan dalam program legislasi nasional 2013, tetapi pemerintah pun akan mendahulukan pembahasan aturan jaring pengaman sistem keuangan.

Pakar mata uang Farial Anwar mengakui tidak sedikit masyarakat, bahkan pakar ekonomi yang keliru menilai proses redenominasi ini. Masyarakat ada yang menilai redenominasi sebagai sanering.

"Saat ini Indonesia sudah dalam kondisi membutuhkan proses redenominasi ini. "Kita membutuhkan redenominasi karena uang rupiah kita sangat memalukan. Kita punya pecahan paling besar itu Rp 100.000, di luar itu paling besar (pecahan) 100," ungkap Farial kepada merdeka.com, Senin (17/12).

Lantas apa perbedaan redenominasi dan sanering, Farial menuturkan, jika perbedaan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya dari segi pengertian, redenominasi merupakan cara menyederhanakan pecahan mata uang menjadi pecahan lebih sedikit, dengan cara mengurangi digit atau angka nol.

Redenominasi hanya mengurangi nilai mata uang. Misalkan Rp 1.000 menjadi Rp 1. Demikian pula pada harga-harga barang tidak ada perubahan, sehingga daya beli masyarakat tetap berubah.

Sedangkan Sanering adalah pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang. Namun, pemotongan tidak dilakukan pada harga-harga barang, sehingga daya beli masyarakat menurun.

Selain itu, dari segi dampak bagi masyarakat, redenominasi tidak menimbulkan kerugian karena daya beli tetap sama. Sedangkan sanering, menimbulkan kerugian diantaranya penurunan daya beli.

Redenominasi hanya untuk menyederhanakan pecahan uang agar lebih efisien dan nyaman dalam melakukan transaksi. Selain itu, redenominasi bertujuan mempersiapkan kesetaraan ekonomi Indonesia dengan negara regional. Sementara sanering, mengurangi jumlah uang yang beredar akibat lonjakan harga-harga. Dilakukan karena terjadi hiperinflasi (inflasi yang sangat tinggi).

Kebijakan redenominasi, kata dia, tidak akan mengubah nilai uang terhadap barang, karena hanya cara penyebutan dan penulisan pecahan uang yang disesuaikan. Sedangkan pada sanering, nilai uang terhadap barang berubah menjadi lebih kecil, karena yang dipotong adalah nilainya.

Dia menegaskan kebijakan redenominasi ini cocok dilakukan saat kondisi makro ekonomi stabil, ekonomi bertumbuh dengan baik dan inflasi terkendali. Sedangkan sanering dilakukan dalam kondisi makro ekonomi tidak sehat, inflasi sangat tinggi (hiperinflasi).

Redenominasi, kata Farial, dipersiapkan secara matang dan terukur sampai masyarakat siap, biar tidak menimbulkan gejolak. Sedangkan sanering, tidak ada masa transisi dan dilakukan secara tiba-tiba.

http://www.merdeka.com/uang/beda-san...enominasi.html

intinya
Quote:
redenominasi tidak menimbulkan kerugian karena daya beli tetap sama. Sedangkan sanering, menimbulkan kerugian diantaranya penurunan daya beli.


emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
tetep aja dlm jk pendek redenominasi akan mengakibatkan inflasi naik

memalukan?biarin aja

biar persepsi dunia investor baik buat kita,dan mereka nggak sungkan2 mau invest pabrik kemari karena nganggap gaji dimari murah

ngabelain gengsi doank
Quote:Original Posted By presiden.rhoma
tetep aja dlm jk pendek redenominasi akan mengakibatkan inflasi naik



Lho emang bang rhoma ngerti sama angka inflasi toh emoticon-Belo


Back to topic..

Tapi bukanya kalo inflasi pada awal redenominasi itu bagus ya..
semoga bisa berjalan mulus rencana ini...g bisa dipungkiri, emang ribet pake pecahan rupiah saat ini...nilainya gede banget.....tapi masih jauh di bawah zimbabwe yg sampe pecahan jutaan..hehe
yg gw dapet dari artikel ini.. maap klo gw sotoy.. cmiiw

misal skg agan punya duit Rp 100.000.. trus ke toko liat harga barang A Rp 5000

Quote:klo redenominasi

duit agan jadi bernilai Rp 100.. dan harga di toko jadi bernilai Rp 5

jadi tetep bisa beli 20 biji...



Quote:klo sanering

duit agan jadi bernilai Rp 10000, harga di toko tetep Rp 5000

jadi yg tadinya bisa dapet 20 biji barangnya, stelah sanering jadi cuma bisa dapet 2


begitu kah??

ada yang bisa jelasin lebih rinci??
Quote:Original Posted By DavidEsHa
yg gw dapet dari artikel ini.. maap klo gw sotoy.. cmiiw

misal skg agan punya duit Rp 100.000.. trus ke toko liat harga barang A Rp 5000




begitu kah??

ada yang bisa jelasin lebih rinci??


kira2 spt itu, sanering biasanya dilaksanakan untuk menekan inflasi yg sangat besar (hiperinflasi)

Quote:Original Posted By presiden.rhoma


kira2 spt, sanering biasanya dilaksanakan untuk menekan inflasi yg sangat besar (hiperinflasi)



ternyata bang rhoma handal juga masalah ekonomi, ane setuju deh kalo handal gini ngurus negara emoticon-Ngakak emoticon-No Sara Please
Jadinya nanti 1$= Rp. 9,-
Bener begitu?
emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By JohnWinchester
memalukan?biarin aja

biar persepsi dunia investor baik buat kita,dan mereka nggak sungkan2 mau invest pabrik kemari karena nganggap gaji dimari murah

ngabelain gengsi doank

Agan kayaknya terlalu berburuk sangka...
Lagian, pesimis amat jd orang...
emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By Ghalihpm
Jadinya nanti 1$= Rp. 9,-
Bener begitu?
emoticon-Bingung


emoticon-Ngakak

sepintas ane juga kek gitu mikirnya gan... bujug dah ini thread bikin ane berasa begok banget. emoticon-Hammer2
ane gak paham bnr gan tp yg ane tau ini dilakukan supaya gak kalah sama d0lar nilai rupiah nya
emoticon-Berduka (S) Maafkan aceng.... aceng gak tahu Beda Sanering dan redenominasi
Quote:Original Posted By Ghalihpm
Jadinya nanti 1$= Rp. 9,-
Bener begitu?
emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By Judess


emoticon-Ngakak

sepintas ane juga kek gitu mikirnya gan... bujug dah ini thread bikin ane berasa begok banget. emoticon-Hammer2


emang nnti jadi segitu.. tepatnya $1=Rp. 9.8
apakah pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan ekonomi untuk menjamin supaya setelah adanya redenominasi ini tidak terjadi inflasi dan devaluasi yang berlebihan ?

harga jual daging sapi yang sempat melambung tinggi tidak bisa di antisipasi oleh pemerintah. tanya kenapa?
Wah... Saiah baru tahu nih agan... Nais inpoh banget ya agan



(HT tgl 09/12/2012) Bokap ane pelatih timnas

Mercedes Benz resmi for sale kaskus official thread by Fendi Sinatra
alasan sebenernyaa appann seh redenominasii?

cumma karna mallu angkaa 0 kepannjangan??
ya bennerin dong tuuh inflasii

negarra defiisit, malahh gajji PNS dinaiikkin tiap tahun
Gampangnya :
Sanering itu yang berkurang nilai intrinsiknya.. (halah.. opooo maneh iku intrinsik...??) artinya kekuatan belinya dikurangi. Kalau dulu sebelum sanering uang 100 rebu bisa buat beli bakso per mangkok 5000 dapet 20 mangkok, setelah sanering cuma bisa buat beli 2 mangkok saja karena kekuatan belinya dikurangi sampai tinggal 10 %

Kalau redenominasi itu yang berkurang adalah nilai nominalnya. (opooooooooo maneh iki..??) artinya nilai yang tertulis di mata uangnya, tapi kekuatan belinya tetap. Karena nilai nominal dari semua harga yang berlaku juga ikut berkurang. Kalau pegang uang 100 rebu buat beli bakso seharga 5000 per mangkok dapet 20 mangkok. Setelah redenominasi nominalnya tinggal Rp 100, tapi harga per mangkoknya juga ikut turun jadi Rp 5. jadi tetep dapet 20 mangkok

Jangan terkacaukan dengan deflasi...
kalau deflasi artinya nilai intrinsik mata uang naik. Jadi misalnya terjadi deflasi sampai 1000 kali lipat, maka dengan uang 5000 rupiah anda bisa beli komputer yang tadinya seharga 5 juta karena harga barang menurun sampai 1000 kali lipat.
Quote:Original Posted By Kyuuki

Agan kayaknya terlalu berburuk sangka...
Lagian, pesimis amat jd orang...
emoticon-Hammer


hanya segitu?nggak ada bantahan berlogika dan cuman analisis psikologi gw aja?

woow kerenemoticon-Cape d... (S)
Sepertinya sih kalo ga salah ga akan ada banyak perubahan. Ini karena akan muncul sen. Dengan penambahan sen berarti jumlahnya angka yang digunakan tidak banyak berubah.

Contoh 500 rupiah akan jadi 0.50 Rupiah. Sama2 3 angka, bedanya ada komanya. Itu diperhitungannya. Tentunya pada saat implementasi ini akan menaikan pamor mata uang Indonesia di dunia dan lumayan menghemat tinta pada saat pencetakan uang emoticon-Ngakak (S)

Kalau bisa sih mendingan redominasinya sampai angka 10000. Jd setiap 10000 rupiah akan diubah jadi 1 rupiah. Ini karena sekarang uang 500 rupiah sudah sangat kecil nilainya. Daripada hanya berubah jadi 50 sen lebih baik sekalian jd 5 sen. Toh sekarang 25 sampai 100 rupiah sudah tidak bisa dibelikan apa2. Malah kalau beli di MiniMarket, nilai segitu akan dibulatkan.