alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ce7b606112439121000025/di-kampung-ini-mayat-hanya-ditaruh-di-bawah-pohon
Di Kampung Ini, Mayat Hanya Ditaruh di Bawah Pohon
Quote: Di Kampung Ini, Mayat Hanya Ditaruh di Bawah Pohon
Tempat menaruh mayat di Desa Terunyan (VIVAnews/ Bobby Andalan)

Quote:Anda pernah ke Terunyan? Kampung ini menawarkan wisata unik sekaligus menyeramkan, di mana orang yang meninggal di desa itu tidak dikuburkan atau diaben (dibakar) seperti kebanyakan masyarakat Hindu Bali, melainkan ditaruh di bawah pohon besar.

Untuk menjangkau Desa Terunyan yang terletak di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali, ini, kita bisa menempuhnya melalui jalur darat. Tapi jalur yang dilalui memacu adrenalin kita. Jalan hanya selebar mobil kita, di samping kanan tebing Gunung Batur, di bagian kiri jalan jurang Danau Batur. Sudah pasti jalan berkelok tajam dan turun naik dengan ketinggian yang curam. Anda harus berhati-hati dan perhatikan kondisi mobil.

Tetapi, untuk menjangkau kuburan Desa Terunyan, Anda harus menggunakan transportasi danau. Jika dari dermaga di depan Desa Terunyan, kita bisa menempuhnya selama 15 menit. Biayanya, jika kita menggunakan kapal boat sebesar Rp480 ribu dan perahu dayung Rp360 ribu. Tapi jika dari Desa Terunyan, jarak tempuh hanya membutuhkan waktu 7 menit untuk sampai di kuburan. Biayanya Rp380 ribu untuk Kapal Boat dan Rp260 ribu untuk perahu dayung.

Kepala Desa Terunyan, Ketut Sutapa (42) menjelaskan, mayat di pekuburan Desa Terunyan mayatnya tidak dikubur, tetapi tidak bau. Di sana, mayat ditaruh di atas gundukan tanah dengan panjang sesuai ukuran tubuh yang meninggal. "Di sisinya dibuatkan selokan atau lobang supaya mayat tidak tergerus oleh air," kata Sutapa di sela peresmian desa terang hemat energi yang digelar Philips, Minggu 9 Desember 2012.

Sutapa menjelaskan, ada tiga jenis mayat yang disemayamkan di sana; orang yang dianggap suci, meninggal karena sakit dan sudah berkeluarga. Kendati begitu, anak-anak juga dibuatkan pekuburan khusus.

Sementara itu, kini warga Desa Terunyan sedikit berbahagia. Pasalnya, kini desa mereka yang diapit pegunungan dan melingkari danau kini semakin terang dengan penetrasi lampu Philips ke desa tersebut. "Ada ratusan lampu yang dipasang Philips di sepanjang jalan Desa Terunyan. Sebelumnya tidak ada penerangan di jalan itu," kata Sutapa.

Marketing Manajer Philips Indonesia, Andika menjelaskan, hal itu dilakukan perusahaannya sebagai wujud tindakan sosial Philips. "Ini bentuk kepedulian sosial kami melalui program CSR. Desa Terunyan adalah desa kedua di Bali setelah satu desa di Karangasem," kata Andika.

Meski jadi destinasi wisata unik, ekonomi Desa Terunyan sangat rendah. "Oleh karena itu kami berharap terjadi penghematan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Terunyan hingga 80 persen. Kami akan mengukurnya tiap 3 bulan sekali melalui tagihan listrik sebelum dan sesudah pemakaian lampu Philips," kata Andikalink
wah kampungnya jadi bau anyir dong emoticon-Cape d...
nice post gan emoticon-Cool
kenapa bisa gak bau ya? apa karena pohon besarnya itu punya andil buat "mengawetkan" jenazah kali ya, kayaknya ada pohon jenis kayak gitu tapi lupa namanya emoticon-Malu
udah sering baca gan
emoticon-Takut mayat di bawah pohon apa enggak gentayangan
waduh kasihan mayatnya ya udah mati masih ada ditangguhkan penguburannya
Quote:Original Posted By ask.hardware
emoticon-Takut mayat di bawah pohon apa enggak gentayangan

mayat ya ga gentayangan dong gan emoticon-Ngakak
seng dah...
emoticon-Takut gan, udah gitu disebut sebagai "lokasi wisata"
masa wisata ngeliat orang metong gan..
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
dah pernah denger .. emoticon-Amazed
kalo ga salah di bali atau dimana gt emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By phayent
kenapa bisa gak bau ya? apa karena pohon besarnya itu punya andil buat "mengawetkan" jenazah kali ya, kayaknya ada pohon jenis kayak gitu tapi lupa namanya emoticon-Malu
ane juga pernah denger sie pohon itu,tapi lupa juga namanya emoticon-Hammer (S)

iya gan, ceritanya sih begitu, malah ada yang ditaruh berdiri emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
Quote:Original Posted By freakerbi
iya gan, ceritanya sih begitu, malah ada yang ditaruh berdiri emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut


bukan ditaruh lalu berdiri kan emoticon-Bingung (S)
penasaran ama pic pas ada mayatnya beneran gan, itu pic diatas g ada mayatnya kayaknyaemoticon-Bingung (S)
udah pernah liat di TV gan..emoticon-Ngakak

tapi emangemoticon-Takut kalo ane mah..

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
ane sudah pernah liat ini di trans tv jkalo ga salah
mayatnya ga dikubur cuma ditutup dengan kayu
ane bacanya agak bingung gan.
sebenarnya tentang Desa Terunyan atau iklan produk lampu emoticon-Bingung (S)
BUSET sangar banget gan gilak
ane udah tau gan di trunyan bali kan, sering ada liputannya di tv swasta emoticon-Cool
Quote:Original Posted By digsa
penasaran ama pic pas ada mayatnya beneran gan, itu pic diatas g ada mayatnya kayaknyaemoticon-Bingung (S)


bantuin cari foto dech
ntar tampilin dimari emoticon-Big Grin
pohon kemenyan ya gan