alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ce48f58327cf033900003a/redenominasi-sen-menjadi-satuan-rupiah-terkecil
Thumbs up 
Redenominasi, Sen Menjadi Satuan Rupiah Terkecil
Redenominasi, Sen Menjadi Satuan Rupiah Terkecil

Quote:Bank Indonesia (BI) tampaknya tidak ingin program redenominasi ini kandas. Pihaknya sudah merancang bahwa program ini akan bisa terlaksana di 2017 mendatang.

Direktur Direktorat Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo menjelaskan saat ini bank sentral sedang menyiapkan payung hukum soal redenominasi tersebut.

"Rancangan undang-undang (RUU) Redenominasi sudah masuk program legislasi nasional (prolegnas) di 2013. Diharapkan bisa disahkan dalam setahun, masa transisi tiga tahun dan bisa dimulai pada 2017 mendatang," kata Perry di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Perry, proses penyederhanaan nominal Rupiah ini memang tidak gampang. Meski jika dibayangkan sekilas, semuanya tampak mudah karena hanya menghilangkan tiga angka nol di belakang nilai nominal. Misalnya Rp 1.000 akan menjadi Rp 1 atau Rp 50.000 menjadi Rp 50.

Lantas, bagaimana dengan nominal Rp 50? Perry menjelaskan bahwa dalam kajiannya selama ini, nominal 1 sen akan menjadi nilai nominal terkecil. Berarti hanya Rp 100 lama yang nantinya akan menjadi 1 sen.

"Satu sen akan menjadi nominal terkecil. Sedangkan Rp 50 masih akan dipertimbangkan lagi," tambahnya.

Untuk bisa sosialisasi program redenominasi tersebut, bank sentral akan memberi masa transisi selama tiga tahun kepada masyarakat. Nantinya akan tetap beredar uang denominasi lama dan sekaligus juga beredar uang denominasi baru agar masyarakat mulai dapat membedakan.

"Ini semua sudah siap dan sudah dikoordinasikan," tambahnya.

Saat ini, program redenominasi hanya bergantung pada persetujuan DPR. Jika DPR mampu menyelesaikan Undang-undang Redenominasi tersebut dalam setahun, maka target pelaksanaannya juga tidak akan molor, yaitu di 2017, dengan masa transisi selama tiga tahun (2014-2016).


SUMBER


wah ada sen-nya...jadi seperti kembali ke zaman dulu....emoticon-Big Grin


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Quote:TRIT ANE YG MASIH FRESH....

Rahadewineta, Wasit Indonesia di Kejuaraan Dunia Taekwondo

2013, Lapan Luncurkan Roket dari Morotai

Aturan Ganjil-Genap Tidak Berlaku di Seluruh Jakarta

Menyiasati Kebijakan Ganjil Genap di Jakarta

Mobil Listrik Nasional Akan Dirilis Mei 2013

[KABAR BAIK] Tiket Monorail Dipatok 9 Ribu Rupiah HT

Disiapkan, TransJakarta Khusus Perempuan

[KABAR GEMBIRA] Biaya Pendaftaran Seleksi Masuk PTN 2013 Digratiskan HT

Aturan Three in One Bakal Dihapus dari Seluruh Ruas Jalan DKI HT

[KISAH UNIK]Kisah Sinshe Spesialis Koruptor di Bareskrim
Jadi inget dulu ada duit Lima Peol alias Rp 5, yg bentuknya gede biasa buat kerokan... masih ada ngga tuh duit skrg ya...
denger2 kemarin DPR ga setuju deh...

takut duitnya dari triliun jadi milliar x emoticon-Ngakak
kalau diberlakukan sepertinya daftar orang terkaya versi majalah forbes tidak ada lagi dari indonesia karena jumlah kekayaannya menyusut 3 digit emoticon-Big Grin
50 perak ga laku lagi dong ya
kira2 bakal mempengaruhi harga barang2 ga ya
takutnya jadi mahal
selain duit jadi sedikit 0-nya ada keuntungan laen gak ini kebijakan?
klo ga ada mending gawsa soalnya kluar biaya bikin2 duit model baru + sosialisasinya juga ribet pasti.......

[size="3"]ikutin mata uang amrik $ ... satuan terkecil sen [/size]
lama juga 2017 ........ gak bisa dipercepat?
Quote:Original Posted By batu.merah
denger2 kemarin DPR ga setuju deh...

takut duitnya dari triliun jadi milliar x emoticon-Ngakak


parah kalo pemikiran anggota dewan seperti itu....emoticon-Ngakak
Bakalan bingung ga ya ntar emoticon-Bingung
ini sebenernya cuman buat gengsi2an atau apa sih,

berita2 yg beredar gak ada yang menyebutkan alasan dan tujuannya
Quote:Original Posted By findy37564
selain duit jadi sedikit 0-nya ada keuntungan laen gak ini kebijakan?
klo ga ada mending gawsa soalnya kluar biaya bikin2 duit model baru + sosialisasinya juga ribet pasti.......



Quote:Original Posted By Gambit21
ini sebenernya cuman buat gengsi2an atau apa sih,

berita2 yg beredar gak ada yang menyebutkan alasan dan tujuannya


pernah denger berita
selain untuk penyerdehanaan, hal ini juga agar mata uang Rupiah berharga
hrus ada sosialisasi s'maksimal mungkin, biar bnyk yg ga bingung.. apLg masyarakat pedesaan gan..
ribet psti di pikiran mreka..
emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By Gambit21
ini sebenernya cuman buat gengsi2an atau apa sih,

berita2 yg beredar gak ada yang menyebutkan alasan dan tujuannya



cek TKP gan emoticon-Smilie

[url]http://finance.detik..com/read/2012/12/10/152344/2114241/5/2/daftar-negara-yang-sukses-lakukan-redenominasi-mata-uang[/url]
kok hitungan sen-nya aneh ya?

biasanya kan 1 nilai mata uangnya sama dgn 100 sen.
misalnya 1 usd = 100 sen,
malaysia jg gitu, 1 ringgit = 100 sen...

kalo ini, 100 rupiah skrng jadi 1 sen, berarti 1 rupiah baru = 10 sen dong?
Kenapa 100 perak jadi 1 cent???

Katanya dibagi 1000, kan harusnya 100perak jadi 10cent??

50 perak jai 5 cent

500 perak jadi 50 cent emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin



Spoiler for Jual Kunci Pintu Digital gan:
Quote:Original Posted By tomo007
Jadi inget dulu ada duit Lima Peol alias Rp 5, yg bentuknya gede biasa buat kerokan... masih ada ngga tuh duit skrg ya...


set dah... masih ingat aja ama duit 5 perak yg pinggir nya alus.....emak emak demen banget ama duit itu..... buat kerokan kagak sakit
inilah yang ditakutkan oleh sebagian orang. redenominasi akan memacu inflasi karena orang berpikiran, "ah, kecil ini."

contoh:

harga rokok 1 batang selama ini 750. karena kaga ada pecahan 0,5 sen (50 sekarang), maka dijadikan 8 sen (800 sekarang).

trus karena susah nyari kembalian, harga 8 sen dibulatkan jadi rp. 1.

berapa tuh inflasi untuk 1 batang rokok.

di atas cuma ilustrasi 1 batang rokok. kenyataannya di lapangan akan banyak harga yang terdongkrak naik.
Quote:Original Posted By imansyah
inilah yang ditakutkan oleh sebagian orang. redenominasi akan memacu inflasi karena orang berpikiran, "ah, kecil ini."

contoh:

harga rokok 1 batang selama ini 750. karena kaga ada pecahan 0,5 sen (50 sekarang), maka dijadikan 8 sen (800 sekarang).

trus karena susah nyari kembalian, harga 8 sen dibulatkan jadi rp. 1.

berapa tuh inflasi untuk 1 batang rokok.

di atas cuma ilustrasi 1 batang rokok. kenyataannya di lapangan akan banyak harga yang terdongkrak naik.
makanya supaya ga gagal, mata uang sen juga akan diterbitkan... emoticon-Smilie

redenominal cm buat gengsi doang emoticon-Cape d... (S)