alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ce43ed0a75b44046000018/sutiyoso-kritik-jokowi-aturan-nopol-ganjil-genap-tak-efektif
Sutiyoso Kritik Jokowi: Aturan Nopol Ganjil-Genap Tak Efektif
Quote:Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan memberlakukan kebijakan pembatasan kendaraan berdasar pelat nopol ganjil-genap tahun depan. Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso menilai kebijakan ini tak akan efektif.

"Belum tentu perbandingan jumlah kendaraan dengan pelat nomor genap dan ganjil adalah 50:50. Selain itu, kebijakan tersebut hanya akan membuat orang untuk membeli kendaraan lebih dari satu," kata Sutiyoso kepada wartawan, Senin (17/12/2012).

Menurut Sutiyoso, masyarakat akan terpacu untuk mengakali peraturan ini. Misalnya, dengan membuat pelat nomor ganda. "Kebijakan 3 in 1 selama ini juga diakali dengan menyewa joki," katanya.

Melihat keberhasilan penerapan aturan ganjil-genap di Bogota, Colombia, sebenarnya Sutiyoso sempat ingin menerapkan aturan ini di Jakarta. Namun kemudian dia mengurungkan niatnya.

"Dengan sejumlah efek negatif yang mungkin timbul, kebijakan itu tidak saya terapkan. Kelas menengah mampu menambah kendaraan. Namun bagaimana dengan mereka yang kurang mampu? Lagi-lagi rakyat yang menjadi korban saat produsen atau pedagang kendaraan mendapat untung," jelas Sutiyoso.

"Kan banyak juga misalnya satu rumah tangga yang memiliki satu mobil untuk digunakan berbagai kegiatan seperti ke kantor, mengantar istri ke pasar, mengantar anak ke sekolah. Mereka ini salah satunya yang akan menjadi korban," lanjutnya.

Sutiyoso mengambil kesimpulan, aturan yang dikeluarkan Jokowi nantinya tidak efektif. "Lagipula masyarakat nanti akan mengakali seperti halnya aturan 3 in 1. Peraturan ini dengan kondisi di Jakarta dan kebutuhan masyarakat juga tidak akan efektif seperti halnya perda larangan merokok," tandasnya.



Quote: Di sini nih gan

Spoiler for Buat Bang Yos:
emoticon-Betty (S)
pengen exsis aja ni bang yosemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By silupautang
pengen exsis aja ni bang yosemoticon-Ngakak


Gegara bang kumis kalah gan.. emoticon-Ngakak (S)
Pengen eksis,cari perhatian,dulu ente bikin solusi apa?gmn hasilnya?keok pret dut
Quote:Original Posted By pura2ninja
Pengen eksis,cari perhatian,dulu ente bikin solusi apa?gmn hasilnya?keok pret dut


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Bacod nih bang yos lo jadi gubernur aja gk ada yg maju jakarta banyak ngemeng emoticon-fuck lo
gw tidak setuju dengan sutioso..

ada 3 keuntungan yg dihasilkan dari 3 kebijakan ini...

1. ini akan mampu mengurangi banyaknya kendaraan di jalan jakarta, kecuali jika seluruh masyarakat jakarta begitu kaya dan mampu membeli 2 mobil sekaligus..

2. memaksa kelompok menengah atas utnuk membeli 2 mobil sekaligus, dengan kata lain akan terjadi pertumbuhan pada sektor otomotif diindonesia..

3. akan terjadi penumpukan penumpang, dengan kata lain transportasi publik baik kereta, angkutan, taksi, ojek akan sangat diuntungkan dan sejahtera..

tentu saja ini hanya boleh berlaku pada mobil pribadi, tidak pada mobil2 industri karna bisa menimbulkan inflasi dan juga motor..
Quote:Original Posted By xbantai
gw tidak setuju dengan sutioso..

ada 3 keuntungan yg dihasilkan dari 3 kebijakan ini...

1. ini akan mampu mengurangi banyaknya kendaraan di jalan jakarta, kecuali jika seluruh masyarakat jakarta begitu kaya dan mampu membeli 2 mobil sekaligus..

2. memaksa kelompok menengah atas utnuk membeli 2 mobil sekaligus, dengan kata lain akan terjadi pertumbuhan pada sektor otomotif diindonesia..

3. akan terjadi penumpukan penumpang, dengan kata lain transportasi publik baik kereta, angkutan, taksi, ojek akan sangat diuntungkan dan sejahtera..

tentu saja ini hanya boleh berlaku pada mobil pribadi, tidak pada mobil2 industri karna bisa menimbulkan inflasi dan juga motor..


emoticon-2 Jempol
Selain memicu koleksi mobil lebih dari 1 di kalangan mengengah keatas ( agar punya dua plat nomor, ganjil genap), maka akan muncul persewaan/rental mobil dengan plat nomor yang sesuai ( gankil/genap), jadi fenomena tersebut tidak akan mendorong orang untuk beralih ke angkutan umum malah akan menimbulkan diskriminasi yang nyata antara kelas bawah dan menengah. Kelas menengah seoalah2 yang hanya boleh menggunakan jalan kapan saja mereka mau ( dengan beli lebih dari 1 kendaraan), sedangkan kalangan bawah hanya bisa menggunakan kendaraan mereka 1/2 waktu dari yang seharusnya
emoticon-Cape deeehh

Saya termasuk yang suka dengan Jokowi-Ahok, tetati untuk kebijakan yang ini saya sangat tidak setuju sekali. Masih banyak solusi lain, kalau memang harus dibatasi gak usah setangah2 batasi saja semua ( merata, miskin kaya sama2 harus kena dampak pembatasan)
ada celah dikebijakan ini
1. "penanda" nopol genap/ganjil ada kemungkinan bisa di palsuin
2. kalo ga bisa dipalsuin gimana nasib tukang ojek? gw butuh ojek buat cepet ke daerah sudirman dll emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By celomitan
Selain memicu koleksi mobil lebih dari 1 di kalangan mengengah keatas ( agar punya dua plat nomor, ganjil genap), maka akan muncul persewaan/rental mobil dengan plat nomor yang sesuai ( gankil/genap), jadi fenomena tersebut tidak akan mendorong orang untuk beralih ke angkutan umum malah akan menimbulkan diskriminasi yang nyata antara kelas bawah dan menengah. Kelas menengah seoalah2 yang hanya boleh menggunakan jalan kapan saja mereka mau ( dengan beli lebih dari 1 kendaraan), sedangkan kalangan bawah hanya bisa menggunakan kendaraan mereka 1/2 waktu dari yang seharusnya
emoticon-Cape deeehh

Saya termasuk yang suka dengan Jokowi-Ahok, tetati untuk kebijakan yang ini saya sangat tidak setuju sekali. Masih banyak solusi lain, kalau memang harus dibatasi gak usah setangah2 batasi saja semua ( merata, miskin kaya sama2 harus kena dampak pembatasan)


mobil itu sendiri barang mewah, jadi yg memilikinya dinilai kelas menengah dan mengah atas. apa yg kamu katakan bukan diskriminasi, tapi kecemburuan karna ada orang bisa mempunyai 2 mobil..

apa yg bagus dari kebijakan ini adalah berukurangnya mobil = berkurangnya subsidi BBM = alokasi dana untuk pertumbuhan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, etc..

gw sangat mendukung kebijkan ini..
Quote:Original Posted By celomitan
Selain memicu koleksi mobil lebih dari 1 di kalangan mengengah keatas ( agar punya dua plat nomor, ganjil genap), maka akan muncul persewaan/rental mobil dengan plat nomor yang sesuai ( gankil/genap), jadi fenomena tersebut tidak akan mendorong orang untuk beralih ke angkutan umum malah akan menimbulkan diskriminasi yang nyata antara kelas bawah dan menengah. Kelas menengah seoalah2 yang hanya boleh menggunakan jalan kapan saja mereka mau ( dengan beli lebih dari 1 kendaraan), sedangkan kalangan bawah hanya bisa menggunakan kendaraan mereka 1/2 waktu dari yang seharusnya
emoticon-Cape deeehh

Saya termasuk yang suka dengan Jokowi-Ahok, tetati untuk kebijakan yang ini saya sangat tidak setuju sekali. Masih banyak solusi lain, kalau memang harus dibatasi gak usah setangah2 batasi saja semua ( merata, miskin kaya sama2 harus kena dampak pembatasan)


kecuali pajak kendaraan dgn kriteria-kriteria tertentu dinaekin setinggi langit, biar mampus tuh org2 yg gampang dan seenaknya beli kendaraan.
sorry jek, kesel liat kesemrawutan dan kemacetan kota jakarta gara2 liat kendaraan dah kek kacang goreng gampang dibeli. Emg harus ada regulasi batas umur kendaraan bermotor di Jakarta kayak di luar2 sono, seperti kendaraan dah melewati batas umur pemakaian lebih dari 10/20 tahun mending di daur ulang jadi kendaraan baru dengan diberikan uang pengganti dari pemerintah.
Quote:Original Posted By xbantai
gw tidak setuju dengan sutioso..

ada 3 keuntungan yg dihasilkan dari 3 kebijakan ini...

1. ini akan mampu mengurangi banyaknya kendaraan di jalan jakarta, kecuali jika seluruh masyarakat jakarta begitu kaya dan mampu membeli 2 mobil sekaligus..

2. memaksa kelompok menengah atas utnuk membeli 2 mobil sekaligus, dengan kata lain akan terjadi pertumbuhan pada sektor otomotif diindonesia..

3. akan terjadi penumpukan penumpang, dengan kata lain transportasi publik baik kereta, angkutan, taksi, ojek akan sangat diuntungkan dan sejahtera..

tentu saja ini hanya boleh berlaku pada mobil pribadi, tidak pada mobil2 industri karna bisa menimbulkan inflasi dan juga motor..


1. Masyarakat yaang tidak begitu kaya bisa beli kendaraan lebih, karena faktanya biaya transportasi umum lebih mahal daripada nyicil motor dari segi biaya maupun waktu kalo ente kehilangan banyak waktu dijalan berpa kerugian yang didapat..

2.Terjadi penambahan kendaraan akan menambah polusi, tadinya anakanya nggak pake kendaraan gara2 bapaknya punya 2 mobil jadi dipake anaknya buat lewat daerah yang ga kena peraturan itu

3.Kendaraan umum banyak penumpang bukan berarti layanan bagus contoh KRL Depok penupangnya sampe nngga nampung gitu, penumpang sengsaraa
haduh bang yos.... bijimanah sih???

ketika sesuatu diputuskan berguna atau tidak berguna, berhasil atau tidak berhasil sebelum dicoba.... namanya SPEKULASI...

contohnya three in one.. sudah digunakan dan terbukti tidak berhasil.. tapi sudah dicoba kan???? emoticon-Cape d... (S)

you don't run a city based on a speculation...
Quote:Original Posted By celomitan
Selain memicu koleksi mobil lebih dari 1 di kalangan mengengah keatas ( agar punya dua plat nomor, ganjil genap), maka akan muncul persewaan/rental mobil dengan plat nomor yang sesuai ( gankil/genap), jadi fenomena tersebut tidak akan mendorong orang untuk beralih ke angkutan umum malah akan menimbulkan diskriminasi yang nyata antara kelas bawah dan menengah. Kelas menengah seoalah2 yang hanya boleh menggunakan jalan kapan saja mereka mau ( dengan beli lebih dari 1 kendaraan), sedangkan kalangan bawah hanya bisa menggunakan kendaraan mereka 1/2 waktu dari yang seharusnya
emoticon-Cape deeehh

Saya termasuk yang suka dengan Jokowi-Ahok, tetati untuk kebijakan yang ini saya sangat tidak setuju sekali. Masih banyak solusi lain, kalau memang harus dibatasi gak usah setangah2 batasi saja semua ( merata, miskin kaya sama2 harus kena dampak pembatasan)


hahaha mantap, btw dah di pikirkan sewa mobil nya brp ? emoticon-Ngakak

tujuan dari penerapan ganjil genap adalah untuk membiasakan masyarakat memakai transportasi umum <= baca, bukan untuk mensejahterakan pemilik kendaraan bermotor emoticon-Ngakak
gw masih bingung sama keptusan ganjil genap ini

tukang ojek,becak,bemo, bajaj gitu tetep kena ga yah?
tanpa alternatif yang mumpuni emang bakal bikin rasio keberhasilan susah meroket emoticon-Ngakak
kritik ato cemoohan emang gampang, bantuan solusi masalah itu yg penting. smua mendesak pgn macet cepat kelar, tp gk ada yg kasih solusi & gk ada yg rela berkorban. makanya ide ini dicoba dulu pak, kalo emang punya solusi yg tepat & pasti jalan kasih tuh sama jokowi
ini ada kebijakan pemerintah yg cukup bagus belum di coba aja udah pada koment negatif giliran kena macet maki2 gubenur dan instansi terkait ..yang fair dunk ..llagi pula mw sampe kapan macet parah terus nih jakarta (apalagi rush hour)

Buat pak Jokowi sekali lagi anda membuat ane kagum kaya gini pemimpin yang harus di contoh berani ambil kebijakan yg ga populis emoticon-2 Jempol
bajaj nyang sumber polusi aje ga mampu di enyahkan dari jalan jakarta...kog mo genap ganjil, sepertinye jokowi tertekan sekali utk segera mengentaskan kemacetan gara2 janji kampanye....beresin dulu angkutan umum supaya nyaman dan aman baru dah terapin ni aturan...jd kalo gagal ente ga di cibir masyarakat jakarte, blunder kek gini mah bakal bikin karir politik ente tenggelem pakde joko emoticon-Nohope