alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
maknan yang harus dihindari selama kehamilan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cdff37552acf097b00002b/maknan-yang-harus-dihindari-selama-kehamilan

maknan yang harus dihindari selama kehamilan

Makanan merupakan faktor yang penting guna membentuk sebuah kehamilan yang sehat. Dengan makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang cukup dapat menjadikan ibu hamil senantiasa fit dan sehat dalam menjalani kehamilannya. Selain itu janin yang sedang dikandungnyapun akan mendapatkan asupan gizi yang baik sehingga diharapkan ketika lahir menjadi seorang bayi yang sehat pula. Ingatlah bahwa perkembanga bayi dalam kandungan anda tergantung dari apa yang anda makan selama ini. Untuk mendapatkan makanan yang baik dan sehat, diperlukan prinsip-prinsip makanan yang baik. Mengenai hal ini, bisa di baca di artikel : Prinsip Makanan Yang Baik Selama Kehamilan.

Dalam menentukan makanan ini, biasanya juga banyak sekali muncul pertanyaan dikalangan ibu hamil tentang makanan apa saja yang boleh dan yang sebaiknya dihindari yang beresiko atau bahkan tidak boleh sama sekali selama masa kehamilan, dan juga kenapa makanan itu boleh dan tidak boleh. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti: salmonella, toksoplasmosis, listeria, Ecoli, yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan . Berikut ini adalah jenis makanan yang harus dihindari:

. Jangan makan daging mentah(sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga Ecoli yang berbahaya bagi ibu hamil.

. Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang di makan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing karena mengandung toksoplasmosis.

. Jangan makan daging ayam dan telur yang di masak kurang matang atau mentah, hindari makanan hati ayam atau daging yang mungkin sumber salmonella yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga harus di perhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

. Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah yang besar.

. Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined, cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.

. Jangan minum-minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan juga problem emosional pada bayi.

. Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh, sebaiknya dihindari atau di batasi karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga bisa mengurangi penyerapan zat besi.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Makasih gan infonya emoticon-Shakehand2
Post ini telah dihapus oleh hansip
Quote:

Hahaaa agan ini bisa aja
Quote:


Siapp gan samasama... emoticon-Kiss
Post ini telah dihapus oleh hansip
Siang sis, pada ibu hamil dianjurkan unuk mengurangi asupan kafein (tidak melebihi 300 mg per hari). Usahakan untuk mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang memiliki kadar kafein lebih ringan (decaffeinated).

Batasi pula asupan coklat, karena pada umumnya 1 batang coklat pekat (dark chocolate) mengandung 500 mg kafein. Teh herbal Teh asli hasil racikan kulit jeruk, jahe, lemon, daun bunga mawar, merupakan beberapa contoh yang dianggap sehat dan aman untuk dikonsumsi. Tetapi untuk ibu hamil dan menyusui, dianjurkan tidak mengkonsumsinya lebih dari 2-3 cangkir sehari.

Untuk sementara, hentikan konsumsi teh herbal yang dibuat dari racikan chamomile atau bahan lain karena membahayakan kesehatan diri sendiri dan buah hati. Alkohol Berbahaya apabila dikonsumsi saat hamil karena dapat mempengaruhi janin dan menimbulkan sindrom dan efek yang dikenal dengan nama fetal alcohol syndrome (FAS) dan fetal alcohol effects (FAE).

Jauhkan diri dari alkohol bila Anda sedang hamil atau bahkan merencanakan untuk hamil. Pemanis buatan Terdapat beberapa kontroversi yang mengemukakan tentang keamanan mengkonsumsi pemanis buatan seperti aspartam dan acesulfam potassium. Keduanya sering ditambahkan pada beberapa produk yang kerap kita konsumsi, seperti misalnya minuman bersoda (soft drink), yoghurt, permen karet, permen. Selama masa kehamilan, sebaiknya hindari semua produk yang mengandung pemanis buatan, cermati setiap label produk yang akan dikonsumsi.

Hindari juga penggunaan sakarin dan siklamat. Sucralose (splenda) merupakan pemanis rendah kalori yang diekstrak dari molekul gula dan dianggap lebih aman untuk dikonsumsi.

Ikan dan makanan laut (sea food) Beberapa jenis ikan dianggap memiliki kandungan merkuri yang tinggi, hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan sistem syaraf buah hati tersayang. Ikan yang dimaksud biasanya memiliki banyak kandungan lemak dan jangka hidup yang lebih panjang, seperti misalnya ikan pedang (swordfish), marlin, mackerel, tuna, dan ikan hiu. Batasi konsumsi ikan-ikan tersebut, usahakan untuk tidak lebih dari satu kali setiap bulannya.

Selain itu, ada juga beberapa jenis ikan yang dianggap mengandung polutan industri yang dikenal dengan nama polychlorinated biphenyls (PCBs), yang dianggap membahayakan bila dikonsumsi saat hamil, karena dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan otak si kecil, menurunkan konsentrasi, daya ingat, dan IQ.
Beberapa contoh ikan yang dimaksud yaitu salmon, trout, pike, blue fish, dan stripped bass.

SUMBER
nice info, saya mau nambahin nih, Kafein Bila dikonsumsi saat hamil, kafein bisa menyusup dalam darah janin dan menyebabkan keguguran atau mengakibatkan kelahiran dengan berat yang tidak mencukupi (low birth weight). Sementara itu, bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan saat menyusui, maka akan mempengaruhi kandungan ASI yang diberikan pada si kecil.

sumber info
Wahh .. nais info gan ... tolong di perbaiki lagi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Kalo ini, nutrisi yang harus dipenuhi ibu hamil gan emoticon-Smilie

Nutrisi Untuk Ibu Hamil
Gaya Hidup Sehat
Rabu, 07 Januari 2015

1. Zinc

Kadar zinc yang tidak cukup selama kehamilan merupakan masalah yang paling sering terjadi selama kehamilan. Zinc penting untuk 2 hal, pertama pertumbuhan yang sempurna dan kedua untuk sistem imunitas tubuh yang sempurna bagi si bayi. Beberapa kepustakaan bahkan mengatakan bahwa jumlah zinc yang tidak mencukupi bisa sampai menyebabkan defisiensi imun pula pada generasi selanjutnya (cucu). Untuk mencegah bayi (bahkan cucu) menjadi bayi yang gampang sakit, konsumsilah minimal 15 mg zinc setiap harinya. Zinc bisa dengan mudah ditemukan dalam makanan tinggi protein seperti daging dan kacang merah.

2. Asam Folat

Asam folat penting untuk dikonsumsi baik sebelum dan selama masa kehamilan untuk memastikan kehamilan berjalan secara sempurna dan juga mencegah terjadinya kelainan congenital (bawaan) pada bayi. Asam folat terkandung dalam sayur mayur berwarna hijau. Kadar yan disarankan adalah 400-800 mikrogram setiap harinya.

3. Magnesium

Kurangnya magnesium dalam makanan sehari-hari adalah hal yang biasa ditemukan. Hal itu bisa meningkatkan risiko terjadinya kenaikan tekanan darah bahkan sampai mengakibatkan kejang dan koma, kondisi yang lebih dikenal dengan nama eklamsia. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, konsumsilah 200 mg magnesium dari makanan seperti kacang, beras dan sayur mayur. Kadar magnesium yang cukup bisa membantu mengurangi gejala yang mengganggu pada kehamilan seperti kram pada kaki dan sulit buang air besar.

4. Vitamin B

Zat tersebut penting untuk energi, pikiran yang jernih dan mengurangi angka kejadian depresi selama kehamilan. Vitamin B sebesar 200 mg sudah dibuktikan membantu kesehatan wanita yang menderita diabetes saat kehamilan. Dosis itu kemudian diturunkan menjadi 100 mg pada bulan terakhir kehamilan. Untuk calon-calon ibu, 25-50 mg perhari disertai vitamin B12 sangat baik untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf.

5. Minyak ikan

Otak manusia didominasi oleh DHA, suatu asam lemak essensial yang terkandung dalam minyak ikan. Itulah salah satu penyebab mengapa banyak orang mengatakan harus banyak makan ikan kalau mau pintar. DHA sangat diperlukan untuk membantu perkembangan otak bayi agar optimal dan juga mengurangi risiko depresi paska melahirkan.

6. Kalsium

Idealnya, ibu hamil mengkonsumsi 1500 mg kalsium setiap harinya. Waktu terbaik untuk mengkonsumsinya adalah pada malam hari dalam bentuk cairan, serbuk maupun tablet yang dikunyah. Satu gelas susu atau yoghurt mengandung 400 mg kalsium.

7. Zat besi

Sekitar 18-36 mg zat besi perhari sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk menghindari terjadinya anemia, kelelahan, daya ingat yang buruk dan menurunnnya sistem ketahanan tubuh.

8. Air

Saat hamil volume darah meningkat sekitar 30%, sehingga sangat mudah bagi wanita hamil untuk mengalami dehidrasi. Minum banyak air di saat kehamilan sangat membantu hal itu. Kadar garam yag secukupnya juga membantu mengatasi dehidrasi.

9. Hindari

Hindari mengkonsumsi vitamin A lebih dari 8000 u per hari.



TIPS HAMIL SEHAT

Makan 4 sehat 5 sempurna
Konsumsi asam folat dan kalsium
Cuci bahan pangan sebersih mungkin sebelum diolah
Cuci tangan sebelum dan sesudah makan
Hati-hati dalam mengkonsumsi obat dan jamu
Hindari bercocok tanam untuk menghindari infeksi TORCH
Rutin berolahraga ringan sesuai kemampuan
Rutin cek kehamilan setiap bulannya
- See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-seha....xvzjuwWL.dpuf

Quote:


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di