alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cdf9afe674b43f15000001/ri-akan-berlakukan-dua-pecahan-mata-uang
RI Akan Berlakukan Dua Pecahan Mata uang
TEMPO.CO, Jakarta-Indonesia akan memiliki dua pecahan mata uang setelah Undang-Undang Redenominasi atau penyederhanaan mata uang disetujui Dewan Perwakilan Rakyat. Direktur Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah mengatakan pemberlakuan dua pecahan mata uang itu dilakukan selama masa transisi.

Dengan redenominasi, pecahan Rp 20 ribu menjadi Rp 20. Selama masa transisi menurut Difi, pecahan lama masih berlaku.

»Jadi, misalnya harga bubur Rp 20 ribu, maka nanti bisa beli memakai pecahan lama dan baru,” kata Difi ketika dihubungi Tempo, Jumat, 7 Desember 2012.

Difi belum bisa memastikan kapan dua pecahan mata uang akan diberlakukan. Saat ini, Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan tengah merampungkan Rancangan Undang-Undang Redenominasi untuk diajukan ke Dewan.

"Jadi masih menunggu payung hukumnya dulu selesai. Baru nanti kami bisa melakukan pencetakan uang dengan pecahan baru untuk masa transisi," katanya.

Masa transisi sendiri belum bisa dipastikan membutuhkan waktu berapa lama. Namun, kata Difi, jika merujuk kepada beberapa negara yang sudah melakukan redenominasi, seperti Turki, masa transisi membutuhkan waktu sedikitnya lima tahun.

"Tapi saya kira dengan adanya sosial media saat ini, bisa lebih cepat. Dulu kan tidak ada media sosial.”

Difi menambahkan, bank sentral tengah melakukan sosialisasi bersama Kementerian Keuangan ke daerah-daerah. Sosialisasi dilakukan selama beberapa bulan ke depan. "Sosialisasi mulai bulan ini. Kemungkinan sampai Maret 2013," katanya.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan sudah melakukan pertemuan dengan Komisi Keuangan dan Badan Legislasi DPR. Menurut Agus, pembahasan di tingkat pemerintah sudah masuk tahap harmonisasi. »Sudah masuk di Badan Pembinaan Hukum Nasional,” katanya.

Agus menambahkan, setelah melakukan sosialisasi ke masyarakat, Kementerian Keuangan akan mengusulkan RUU Redenominasi untuk menjadi RUU prioritas DPR dan langsung ditindaklanjuti oleh Kementerian Hukum dan HAM. "Jika positif, kami harap Juni 2013, sudah bisa disetujui," katanya.

Indonesia sudah mempunyai pengalaman dalam penerapan sanering dan redenominasi. Pada tahun 1950 dan 1959, pemerintah sudah melakukan sanering. Adapun redenominasi dilakukan pada 1965.
bayangin harga rkok a mild jd 13,5 rupiah...wkwk...emoticon-Ngakak

Ngakak 

bayangin gan bayangin emoticon-Ngakak
jadi kayak amerika ya, 1 dollar mewakili 10ribuan

masalahnya kalau harga barang 1ribu sebuntnya berapa? 0,1rupiah? terus kalau 100rupiah berapa? 0,01 rupiah? atau kalau 150rupiah jadi 0,15? ahaha
Quote:Original Posted By utanamun
jadi kayak amerika ya, 1 dollar mewakili 10ribuan

masalahnya kalau harga barang 1ribu sebuntnya berapa? 0,1rupiah? terus kalau 100rupiah berapa? 0,01 rupiah? atau kalau 150rupiah jadi 0,15? ahaha


Kalau 1rb sebutnya 1 rupiah baru
Kalau 100 sebutnya 10 sen rupiah baru
Kalau 150 sebutnya 15 sen

100 sen itu disebut 1 rupiah
Semoga membantu emoticon-Smilie

wah enak nh jd ga terlalu banyak pake nol y gan ..emoticon-Ngakak
saat2 bersejarah tuh
duit yg sekarang siap2 aja dimasukin pigura

emoticon-Big Grin
jadi enak klo nulis harga gan , ga kebanyakan angka nol nya ..
he.he.he..
wah keren nih ..
jadi kaya uang dolar ya .. emoticon-Matabelo
beli kendaraan/motor jadi cuman 14.000 rupiah
pesan ahh....emoticon-Ngacir
ane belum ngarti
jadinya redenominasi itu ngurangin berapa angka nol di belakang?
ntar pecahan 500 jadi 0,5 gitu?
trus harga2 permen jadi 0,1?
masa iya harga bubur 20ribu? emoticon-Cape d... (S)



[DICARI] reseller baju rajut bandung murah
wah sosialisasinya nih yang penting buat masyarakat kelas bawah emoticon-Big Grin
bakal ane bikin kacau kalo beli di toko kalo emang benar direalisasikan tuh mata uang, ane ndak bakalan beli sesuatu pake uang pas, bakal kesusahan tuh penjual kasih uang kembalian emoticon-Bingung (S)
ide bagus ne gan, tp ane takut dampaknya bagi pedagang kecil,karena yg biasanya mereka untung 1 juta,gara2 redenominasi jadi 100 rupiahemoticon-Ngakak
Aduh jadi bingung ane gan.
Kalo beli di supermarket jadi susah kembaliannya tuh.
Kan harganya gk bulet misal 49.990. Haduh ribet dah
jadi enak klo nulis harga gan
udah lama ngikutin berita perubahan nominal rupiah ini gan, pengen cepet terwujud. biar uang lebih berbobot, di indonesia ribuan serasa ga da artinya soalnya
Ada2 aja nih pmrintahemoticon-Bingung (S)
emoticon-Bingung (S)
kenapa ga langsung aja diredenominasikan aja sih?
kenapa harus menggunakan dua pecahan mata uang?
emoticon-Cape d... (S)