alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cdecd6eb74b4822500003a/intel-kemungkinan-akan-menghentikan-produksi-prosesor-copot-pasang-yang-kita-gunakan
Intel Kemungkinan Akan Menghentikan Produksi Prosesor Copot-Pasang yang Kita Gunakan
Quote:Intel Kemungkinan Akan Menghentikan Produksi Prosesor Copot-Pasang yang Kita Gunakan
Quote:Berita buruk bagi PC Moders, kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa Intel kedepannya mungkin tidak lagi memproduksi prosesor copot-pasang seperti yang kita pakai pada komputer desktop saat ini, dan beralih ke prosesor yang disolder langsung ke motherboard.

Setelah rumor yang sudah mengambang selama berbulan-bulan, kabar bahwa Intel akan beralih dari sistem tradisional Land Grid Aray (LGA) ke sistem Ball Grid Array (BGA) mulai berkembang.

Kabar ini pertama kali muncul dari situs Jepang PC Watch. Kemudian menurut situs SemiAccurate, rumor yang sama mendapat konfirmasi dari 2 PC OEM yang tidak disebutkan identitasnya.

Pada sistem LGA, pengguna desktop dapat mencopot-pasang prosesor intel yang mereka pakai ke atas motherboard yang mereka gunakan, hal ini memudahkan pengguna jika ingin sekedar mengupgrade prosesor. Sedangkan pada sistem BGA, prosesor akan ditancapkan secara permanen atau disolder ke motherboard, meniadakan kemungkinan pengguna untuk mengupgrade prosesor sistem mereka selain membeli motherboard baru.

Menghapus penggunaan socket tentu saja merupakan sebuah keputusan yang amat besar bagi produsen prosesor nomor satu di dunia itu, dan tentu saja kita pikir Intel sudah memikirkan keputusan ini secara masak-masak. Lalu apa kemungkinan yang melatarbelakangi keputusan tersebut?

Menurut situs ZDNet, pertama, dengan keputusan ini maka Intel dapat meraup keuntungan lebih banyak dengan mendominasi pasar motherboard. Walaupun belum dipastikan bahwa produksi prosesor LGA akan langsung dihentikan, namun sumber situs tersebut mengaku khawatir jika hal ini akan terjadi dalam jangka waktu menengah hingga panjang.

Selain itu, dengan menyolder langsung komponen prosesor ke motherboard, Pihak OEM juga mendapat keuntungan. Karena hal itu lebih murah dan efisien dibandingkan dengan memasang socket terlebih dahulu, baru kemudian prosesor.

Menurut SemiAccurate, penggunaan socket terakhir kemungkinan akan berakhir pada satu atau dua generasi setelah Skylake, arsitektur lanjutan dari Broadwell yang merupakan penerus Ivy Bridge.

youtube-thumbnail

[URL="http://www.idbite..com/artikel/2994/intel-kemungkinan-akan-menghentikan-produksi-prosesor-copot-pasang-yang-kita-gunakan-se"]link[/URL]
pertamaxkah
wah berarti gak bakalan bisa gonta-ganti procsessor nih
Quote:Original Posted By imanyauma
pertamaxkah
wah berarti gak bakalan bisa gonta-ganti procsessor nih


iya gan sudah gak bisa upgrade lagi yaemoticon-Cape d... (S)
yahhh .. gak asik amat .. pasti pada beralih ke AMD .. emoticon-Ngakak
yahh jangan ngapa, masa kalo upgrade ampe ke mobo??
kalo murah gpp juga sih emoticon-Malu
wah bakalan susah rakit dong nih
Quote:Original Posted By nishikunigawa
wah bakalan susah rakit dong nih


kagak bakalan bisa merakit ndiri lagi
37rbemoticon-Malu (S)
Wah ini berita gawat gan
masi kemungkinan kan gan
wah ane make procie yang keke gitu pasang copot siap2 ganti neh heheh
pernah baca di kompas.com

elahhemoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By WawWow
masi kemungkinan kan gan


berisik lo emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
mari kita sama2 pindah ke AMD emoticon-thumbsup
lha berarti mau kek model SoC kek smartphone ya
bakal makin murah dong...
asik..
tinggal cerdas memilih dari spesifikasinya...emoticon-thumbsup
wownice sharing gan