alexa-tracking

Tiga Aspek Penting Dalam Memilih Velg Mobil Wajib Masuk Gan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cdb95c8027cf8f74000042/tiga-aspek-penting-dalam-memilih-velg-mobil-wajib-masuk-gan
Tiga Aspek Penting Dalam Memilih Velg Mobil Wajib Masuk Gan
emoticon-Kiss Halo agan-agan dan sist ketemu lagi nih sama ane dan selamat datang di thread ane yang kesekian kalinya emoticon-Kiss

kali ini ane mau ngasih info tips yang berkaitan dengan velg mobil nih, dalam perawatan mobil kita sering banget nih gak merhatiin salah satu bagian di mobil kita yang satu ini apalagi kalo bukan velg mobil emoticon-Sorry

biasanya kita hanya memperhatikan mesin mobil aja untuk yang satu hal ini kita biasanya cuke banget emoticon-Cape d... (S)

nah ane mau share nih tiga aspek penting dalam memilih velg mobil mudah-mudahan gak repost yah gan dan sist :cendols


Quote:
Tiga Aspek Penting Dalam Memilih Velg Mobil Wajib Masuk Gan

Carmall.com - Velg di mobil ibarat sepatu di kaki manusia berfungsi menjadi alat pijak ke permukaan jalan sebab jika ukurannya kurang tepat dapat mengganggu kenyamanan saat berjalan. Untuk itu, jika Anda memutuskan mengganti velg standar dengan model aftermarket, jangan terburu nafsu melihat model yang ditawarkan.

"Kebanyakan konsumen awam melihat velg berdasarkan motif, jika dia suka dia bayar. Tapi, berbeda jika calon pembeli datang dari pecinta modifikasi mobil yang sedikit banyak mengerti soal velg, kebanyakan mereka lebih bijaksana dalam memilih," kata Santo, front office dari Permaisuri Ban, di Jl. Mahakam I, No.5, Jaksel.

Untuk itu terdapat 3 aspek yang perlu diperhatikan sebelum membeli velg yaitu perhatikan spesifikasi velg, material serta gaya modifikasi.

Spesifikasi Velg
Tiga Aspek Penting Dalam Memilih Velg Mobil Wajib Masuk Gan

Tiap velg mobil memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berlainan. Ukuran PCD velg ditetapkan dari jarak antara lubang baut satu dengan yang lainnya. Ukuran PCD ini dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di velg misalnya pada velg tertulis 4×100 berarti velg terdiri dari 4 hole dengan PCD 100 mm.

Lalu yang kedua offset adalah ukuran jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan) velg pada kaki-kaki mobil. "Gambaran umum yang mudah dimengerti, offset itu merupakan ukuran keluar atau masuknya velg dari fender atau spatbor mobil," tambah Santo.

Ukuran offset menentukan jarak keluar atau masuknya bibir luar velg dari fender mobil, ini karena dipengaruhi ketebalan lingkaran tengah pada bagian dalam velg yang akan bersinggungan dengan permukaan mounting velg mobil. Semakin kecil nilai offset maka bibir luar velg semakin keluar dari fender, dan sebaliknya semakin besar nilai offset berarti bagian depan velg akan semakin ke dalam fender.

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan ukuran diameter dan lebar velg sebab tiap mobil memiliki ukuran velg maksimal. Oleh karena itu jika Anda memutuskan mengganti velg dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya, maka sebaiknya peningkatan ukuran velg yang di toleransi adalah sebanyak 3 tahap atau dikenal dengan istilah up size +3. Begitu juga dengan lebar velg harus disesuaikan dengan batas maksimal mobil.

Material Velg
Tiga Aspek Penting Dalam Memilih Velg Mobil Wajib Masuk Gan

Velg aftermarket biasanya memiliki material yang beraneka macam lazimnya terbuat dari jenis logam ringan sebut saja billet steel, forged alloy, atau magnesium. Velg dari bahan tersebut memiliki berat utuh yang lebih ringan dibandingkan velg standar yang umumnya terbuat dari material baja (lebih berat).

Dengan menerapkan velg yang lebih ringan di mobil Anda, diyakini bisa mengurangi bobot keseluruhan mobil tanpa mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dengan keseluruhan nilai berat mobil yang berkurang tadi otomatis berpengaruh juga pada kerja mesin yang tidak terlalu berat dalam memutar roda. Contohnya seperti Enkei, Speedline, TRD, Mugen dan Weld Racing yang tersedia mulai dari ukuran 14 hingga 19 inci dengan harga bervariasi mulai dari Rp 5 jutaan ke atas satu set.

Model Velg
Tiga Aspek Penting Dalam Memilih Velg Mobil Wajib Masuk Gan

Last but not least, memilih model velg juga merupakan hal yang penting. Tak dapat dipungkiri, model suatu velg dapat meningkatkan keanggunan dan gaya mobil Anda. Untuk itu sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Berdasarkan itu, Anda dapat memilih aliran off road, touring, sporty look atau elegance.

Saat ini di pasar aftermarket, tersedia berbagai pilihan model velg ada yang berbentuk satu bagian (one piece) hingga tiga bagian (three pieces). Namun kedua jenis velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Model one piece biasanya lebih tahan lama karena modelnya hadir dalam bentuk utuh. Tapi, model ini biasanya memiliki bobot lebih berat dan tidak banyak pilihan motif. Sedangkan, model three pieces unggul dalam hal komponen pengganti. Jadi bila salah satu bagian velg rusak, dapat diganti dengan yang baru. Dengan kata lain Anda tidak perlu repot mengganti seluruh roda. Selain itu, velg model 3 potong ini terkenal memiliki bobot ringan sehingga dapat mendukung kinerja mobil. Sementara kelemahannya adalah tidak sekokoh model one piece.

Berikut ini beberapa contoh velg keluaran Eropa yang ditawarkan dengan konsep three piece sebut saja diantaranya AMG, Carlsson, atau Project Kahn. Alternatif lain tersedia merek DPE, Vellano maupun HRE yang merupakan produk buatan Amerika Serikat. Biasanya velg model 3 bagian tersebut memiliki ukuran relatif besar, mulai dari R 19 hingga R 22 inci. Dan, kisaran harganya ditawarkan mulai dari Rp 60 jutaan keatas (4 pieces).

Sementara, untuk model one pieces terbilang lebih banyak pilihan merek dan motifnya. Sebut saja K-Speed, Pegassus, BBS, Enkei, Lorinser atau 5 Zigen. Untuk ukuran R 16 hingga R 18 inci harganya berkisar Rp 3 jutaan sampai Rp 5 jutaan rupiah.

Sumber : http://carmall.com



Nah gimana gan dan sist ternyata dalam memilih velg untuk mobil kita gak boleh sembarangan juga, dan harus memperhatikan detailnya dari Spesifikasi Velg, Material Velg, sampai Model Velg yang cocok untuk mobil kita emoticon-Matabelo

semoga isi thread ane kali ini bermanfaat buat agan-agan dan sist yang lagi mencari velg yang cocok buat mobilnya yah emoticon-Kiss



Tambahan nih dari bro jansen14 makasih bro udah di tambahin emoticon-Kiss

Quote:Original Posted By jansen14
Wah..infonya mantep gan! emoticon-Smilie

Ijin nambahin infonya ya gan buat kaskusers.

Bener bgt apa yg agan ini sampaikan mengenai spesifikasi velg yaitu 1) Bolt Circle Diameter (BCD) atau yg lbh kita kenal namanya Pitch Circle Diameter (PCD), 2) Wheel Diameter and Width atau ukuran ring dan lebar velg, 3) Wheel Offset, ada satu hal lagi yg mau saya tambahkan yg menurut saya perlu kita perhatikan yaitu 4) Centerbore.

Centerbore adalah ukuran lubang pada bagian tengah belakang velg yg masuk ke mounting hub as roda. Fungsi dari centerbore ini adalah mengurangi stress pada baut roda dan menjaga agar putaran velg tetap center sehingga mengurangi getaran pada kecepatan tinggi yg dimana akan berpengaruh ke getaran setir.

Kalo centerbore kekecilan pasti velg tidak bisa masuk. Tapi kalo kegedeaan hal ini jg tidak baik dan mobil agak terasa bergetar pada kepatan 100km/jam atau lebih.

Centerbore ini harus pas masuk ke mounting hub as roda mobil kita atau diistilahkan "hubcentric". Apabila ukurannya tidak pas (kebesaran) yg diistilahkan "lugcentric" dan untuk menyiasati agar menjadi hubcentric, kita bisa menggunakan "hubcentric rings" pada mounting hub as roda sehingga centerbore menjadi pas masuknya.

Semoga tambahan infonya bermanfaat ya...
emoticon-Kaskus Lovers

Peace emoticon-Peace ..and remember SAFETY COMES FIRST! emoticon-thumbsup




Quote:emoticon-Angkat Beer Mampir Juga Ke Thread Ane Yang Lain Gan emoticon-Angkat Beer

Nyatakan Perasaan Agan Kepada Seseorang Yang Disayang Dengan Bunga

[Bahan Renungan]Pasangan Hidup

[ Renungan ] Aku Hanyalah Seonggok Sampah Di Tepi jalan

Kualitas Mobil Baru di Indonesia Meningkat

Nih, Cara Agar Mobil Bisa Anti Tabrakan Must See Gan

Keren Gan Mobil Kia Rio 2013 Di Sulap Jadi Tunggangan Aquaman Harus Liat Gan

7 Tips Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Memodifikasi Mobil....!!!!!


Quote:gak mengharapkan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

hanya ingin berbagi saja emoticon-Shakehand2

kalo thread ane bermanfaat bisa kasih thread ane emoticon-Rate 5 Star

kalo thread ane kurang bagus jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) yah gan emoticon-Peluk
nais info gan
Iya deh nyar kalo ane punya mobil dan pengen beli velg ane perhatiin emoticon-Big Grin

Sekarang cukup sbg pengetahuan aja hehe
Wah si agan ini kalo bikin trhead ngasih info yang bermanfaat banget emoticon-2 Jempol

wow.. informasi bagus nih..
makasih gan.. ane jadi lebih tau banyak.
makasih banyak nih gan atas informasinya
ijin ctrl+d yah gan buat referensi ane nanti emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By polid
Wah si agan ini kalo bikin trhead ngasih info yang bermanfaat banget emoticon-2 Jempol



hihih makasih yah gan udah mampir ke thread ane emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By abeherm
wow.. informasi bagus nih..
makasih gan.. ane jadi lebih tau banyak.


makasih gan semoga bermanfaat yah gan emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By azam2010
makasih banyak nih gan atas informasinya
ijin ctrl+d yah gan buat referensi ane nanti emoticon-Smilie


siap gan bantu rate dong gan emoticon-Big Grin
makasih udah share om

nanti saya bantu share
bener aspek penting gan

Tambahan Info

Wah..infonya mantep gan! emoticon-Smilie

Ijin nambahin infonya ya gan buat kaskusers.

Bener bgt apa yg agan ini sampaikan mengenai spesifikasi velg yaitu 1) Bolt Circle Diameter (BCD) atau yg lbh kita kenal namanya Pitch Circle Diameter (PCD), 2) Wheel Diameter and Width atau ukuran ring dan lebar velg, 3) Wheel Offset, ada satu hal lagi yg mau saya tambahkan yg menurut saya perlu kita perhatikan yaitu 4) Centerbore.

Centerbore adalah ukuran lubang pada bagian tengah belakang velg yg masuk ke mounting hub as roda. Fungsi dari centerbore ini adalah mengurangi stress pada baut roda dan menjaga agar putaran velg tetap center sehingga mengurangi getaran pada kecepatan tinggi yg dimana akan berpengaruh ke getaran setir.

Kalo centerbore kekecilan pasti velg tidak bisa masuk. Tapi kalo kegedeaan hal ini jg tidak baik dan mobil agak terasa bergetar pada kepatan 100km/jam atau lebih.

Centerbore ini harus pas masuk ke mounting hub as roda mobil kita atau diistilahkan "hubcentric". Apabila ukurannya tidak pas (kebesaran) yg diistilahkan "lugcentric" dan untuk menyiasati agar menjadi hubcentric, kita bisa menggunakan "hubcentric rings" pada mounting hub as roda sehingga centerbore menjadi pas masuknya.

Semoga tambahan infonya bermanfaat ya...
emoticon-Kaskus Lovers

Peace emoticon-Peace ..and remember SAFETY COMES FIRST! emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By jansen14
Wah..infonya mantep gan! emoticon-Smilie

Ijin nambahin infonya ya gan buat kaskusers.

Bener bgt apa yg agan ini sampaikan mengenai spesifikasi velg yaitu 1) Bolt Circle Diameter (BCD) atau yg lbh kita kenal namanya Pitch Circle Diameter (PCD), 2) Wheel Diameter and Width atau ukuran ring dan lebar velg, 3) Wheel Offset, ada satu hal lagi yg mau saya tambahkan yg menurut saya perlu kita perhatikan yaitu 4) Centerbore.

Centerbore adalah ukuran lubang pada bagian tengah belakang velg yg masuk ke mounting hub as roda. Fungsi dari centerbore ini adalah mengurangi stress pada baut roda dan menjaga agar putaran velg tetap center sehingga mengurangi getaran pada kecepatan tinggi yg dimana akan berpengaruh ke getaran setir.

Kalo centerbore kekecilan pasti velg tidak bisa masuk. Tapi kalo kegedeaan hal ini jg tidak baik dan mobil agak terasa bergetar pada kepatan 100km/jam atau lebih.

Centerbore ini harus pas masuk ke mounting hub as roda mobil kita atau diistilahkan "hubcentric". Apabila ukurannya tidak pas (kebesaran) yg diistilahkan "lugcentric" dan untuk menyiasati agar menjadi hubcentric, kita bisa menggunakan "hubcentric rings" pada mounting hub as roda sehingga centerbore menjadi pas masuknya.

Semoga tambahan infonya bermanfaat ya...
emoticon-Kaskus Lovers

Peace emoticon-Peace ..and remember SAFETY COMES FIRST! emoticon-thumbsup


mangstab bro emoticon-Cendol (S)
makasih yah bro udah di tambahin infonya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
mudah-mudahan thread ane bermanfaat emoticon-Blue Guy Cendol (L)
belom punya mobil gan,, tp sinau dulu....emoticon-Big Grin
ane masih pake yg standar aja gan emoticon-Embarrassment
Ijin nyimak gan
infonya bagus Gan..jadi tau kalo Vleg ada yang menyentuh harga 60 jutaan,kalah dong mobil ane sama harga Vlegnyaemoticon-Hammer (S)
baru baca nih infony' mantap gan... rencana mau ganti velg mobil ane' mobil ane sekarang pakai velg R 15 rencanany ane mau up zise dengan R 16 atau R 17.
ane mau tanya nih buat agan2 yang udah pengalaman' mana yang nyaman di pakai R16 dan R 17 terus apa pengaruhnya di mobil..
thanks..
Nais share Gan emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By siproyus
baru baca nih infony' mantap gan... rencana mau ganti velg mobil ane' mobil ane sekarang pakai velg R 15 rencanany ane mau up zise dengan R 16 atau R 17.
ane mau tanya nih buat agan2 yang udah pengalaman' mana yang nyaman di pakai R16 dan R 17 terus apa pengaruhnya di mobil..
thanks..


ane juga mau tanya itu
semoga master ada yg jawab emoticon-I Love Indonesia (S)
keren tp kayak udah pernah baca