alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cd754b0b75b4ea35000057/wuih-besarnya-penghasilan-15-kepala-daerah-di-indonesia-ini
Wuih! Besarnya Penghasilan 15 Kepala Daerah di Indonesia Ini!
Quote:Jakarta - Sudahkah Anda tahu penghasilan bulanan kepala daerah di wilayah Anda? Bila belum, silakan pelototi penghasilan 15 kepala daerah dari gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia ini. Bila Anda bermukim di salah satu wilayah yang dikomandoi kepala daerah ini, silakan bandingkan penghasilan dan hasil kerjanya!

Peringkat ini disusun oleh Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) dalam jumpa pers tentang 'Catatan Akhir Tahun Anggaran 2012' di kantornya, Jalan Mampang Prapatan 4, Jalan K Nomor 37, Jakarta Selatan, Minggu (16/12/2012).

Koordinator Riset Fitra Maulana, memaparkan data ini yang bersumber dari Kementerian Keuangan. DKI Jakarta sebenarnya merajai penghasilan kepala daerah terbesar, namun dikeluarkan dari data karena istimewa.

Wuih! Besarnya Penghasilan 15 Kepala Daerah di Indonesia Ini!

"Karena tata pemerintahan di DKI itu berbeda. APBD DKI Jakarta menggabungkan provinsi dan kotamadya. Jadi pengelolaan anggaran di wilayah tingkat I dan tingkat II jadi satu. Sementara provinsi lain, provinsi punya APBD sendiri, kabupaten/kota punya APBD sendiri. Kalau DKI kan nggak ada APBD Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, makanya tidak bisa dibandingkan dengan lainnya," kata Maulana.

Namun Maulana memberikan angka penghasilan Gubernur DKI sebulan Rp 1,2 miliar, per tahun Rp 15,1 miliar. Penghasilan Wagub DKI, tidak berbeda jauh Rp 1,24 miliar per bulan, dan Rp 14,8 miliar per tahun.

Nah berikut 15 pasang kepala daerah yang penghasilannya terbesar:

Provinsi
1. Jawa Timur, penghasilan gubernur per bulan Rp 642.360.003, per tahun Rp 7.708.320.036.
penghasilan wagub per bulan Rp 627.240.003, per tahun Rp 7.526.880.036.
2. Jawa Barat, penghasilan gubernur per bulan Rp 603.422.043, per tahun Rp 7.241.064.521.
penghasilan wagub per bulan Rp 584.942.043, per tahun Rp 7.019.304.521.
3. Jawa Tengah, penghasilan gubernur per bulan Rp 438.097.208, per tahun Rp 5.257.166.498.
penghasilan wagub per bulan Rp 422.977.208, per tahun Rp 5.075.726.498.
4. Kalimantan Timur, penghasilan gubernur per bulan Rp 344.087.750, per tahun Rp 4.129.053.000.
penghasilan wagub per bulan Rp 328.967.750, per tahun Rp 3.947.613.000.
5. Sumatera Utara, penghasilan gubernur per bulan Rp 327.251.701, per tahun Rp 3.927.020.411.
penghasilan wagub per bulan Rp 312.131.701, per tahun Rp 3.745.580.411.

Kotamadya
1. Surabaya, penghasilan wali kota per bulan Rp 194.122.808, per tahun Rp 2.329.473.690.
penghasilan wawali per bulan Rp 187.402.808, per tahun Rp 2.248.833.690.
2. Medan, penghasilan wali kota per bulan Rp 129.674.323, per tahun Rp 1.556.091.880.
penghasilan wawali per bulan Rp 123.794.323, per tahun Rp 1.485.531.880.
3. Bandung, penghasilan wali kota per bulan Rp 88.376.201, per tahun Rp 1.060.514.413.
penghasilan wawali per bulan Rp 82.496.201, per tahun Rp 989.954.413.
4. Semarang, penghasilan wali kota Rp 82.433.272, per tahun Rp 989.199.269.
penghasilan wawali per bulan Rp 76.553.272, per tahun Rp 918.639.269.
5. Bekasi, penghasilan wali kota per bulan Rp 76.028.893, per tahun Rp 912.346.712.
penghasilan wawali per bulan Rp 70.148.893, per tahun Rp 841.786.712.

Kabupaten
1. Bandung, penghasilan bupati per bulan Rp 129.596.905, per tahun, Rp 1.555.162.858.
penghasilan wabup per bulan Rp 122.876.905, per tahun Rp 1.474.522.858
2. Bogor, penghasilan bupati per bulan Rp 90.730.071, per tahun Rp 1.088.760.849.
penghasilan wabup per bulan Rp 84.850.071, per tahun Rp 1.018.200.849.
3. Sidoarjo, penghasilan bupati per bulan Rp 78.519.751, per tahun Rp 942.237.018.
penghasilan wabup per bulan Rp 72.639.751, per tahun Rp 871.677.018.
4. Tangerang, penghasilan bupati per bulan Rp 72.639.468, per tahun Rp 871.673.616.
penghasilan wabup per bulan Rp 66.759.468, per tahun Rp 801.113.616
5. Bekasi, penghasilan bupati per bulan Rp 71.928.453, per tahun Rp 863.141.431.
penghasilan wabup per bulan Rp 66.048.453, per tahun Rp 792.581.431.

(nwk/nrl)


[url=http://news.detik..com/read/2012/12/16/140645/2119810/10/wuih-besarnya-penghasilan-15-kepala-daerah-di-indonesia-ini?9911012]Sumber[/url]

Quote:Original Posted By pujigazeboanto
rupanya udah ada pergeseran cita2 ya gan dari jadi dokter n pilot berubah jadi gubernur / walikota

Wuih! Besarnya Penghasilan 15 Kepala Daerah di Indonesia Ini!


Kalo jaman ane kecil dulu ya gan, anak kecil setiap ditanya, "Ntar kalo udah gede mau jadi apa?"
Mereka rata-rata jawabnya pasti kalo gak "dokter", ya "pilot".

Tapi anak kecil jaman sekarang kalo ditanya, "Ntar kalo udah gede mau jadi apa?"
Mereka pasti jawabnya, "Gubernur", atau "Walikota", atau "Bupati".
Quote:Original Posted By EUANDROS

Namun Maulana memberikan angka penghasilan Gubernur DKI sebulan Rp 1,2 miliar, per tahun Rp 15,1 miliar. Penghasilan Wagub DKI, tidak berbeda jauh Rp 1,24 miliar per bulan, dan Rp 14,8 miliar per tahun.


Dahsyat!


lumayan untuk nambah modal di pemilu 2014 emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By Krabberz


lumayan untuk nambah modal di pemilu 2014 emoticon-Malu (S)



Bukan lumayan lagi gan, itung saja 15 Milyar dikali 5 tahun = ???
Saat nya masyarakat untuk berfikir jernih,.....
Kita memilih, jadi kita juga yg bertanggung jawab....
Jadi jangan asal memilih,.... Karna menyangkut nasib rakyat.
Cari pemimpin yg amanah,.... Dengan gaji yg begitu waahhh,.... Jangan sia-siakan, dengan memilih pemimpin yg ndak amanah.
bah tu pengasilan apaan, bukan gaji kan itu anggrapan apa aksudnya ya
itu mereka ngapain aja ya ? kok gajinya gede gitu emoticon-Matabelo
gajinya super gede, tapi timpang banget dari hasil kerjanya..

dan gaji segitu, yg bayarin dari pajak2 yg kita bayar ya gan?
Quote:Original Posted By dani.ahmad
Saat nya masyarakat untuk berfikir jernih,.....
Kita memilih, jadi kita juga yg bertanggung jawab....
Jadi jangan asal memilih,.... Karna menyangkut nasib rakyat.
Cari pemimpin yg amanah,.... Dengan gaji yg begitu waahhh,.... Jangan sia-siakan, dengan memilih pemimpin yg ndak amanah.


Caranya gimana?
rupanya udah ada pergeseran cita2 ya gan dari jadi dokter n pilot berubah jadi gubernur / walikota
Itu kan termasuk dana operasional ???
Dana operasional ga masuk take home pay lho ... emoticon-Cape d... (S)
namanya juga kepala daerah

setara lah sama tanggung jawab dan wewenangnya

semoga wewenangnya ga dislah gunakan

emoticon-Malu (S)
ini ngegajinya dr mana yak ? smpai miliaran2 ? emoticon-Confused

baca beritanya dulu emoticon-linux2
itu dibayar dari dana sponsor kan ??

bukan dari rakyat...



emangnya klub bola emoticon-Hammer (S)


#monolog
itu ngitungnya termasuk biaya operasional kalo gaji aslinya nggak segitu. operasional itu biaya untuk bensin kendaraan, dll jadi kagak terima uangnya.
yg kudu dipertanyakan masalah insentif pajak untuk kepala daerah sekian persen dari pendapatan keseluruhan pajak di daerahnya. ini ane kopi paste dari sumber berita cara hitung salah satu gubernur

Berhitung Pendapatan Gubernur Jakarta
Besar Kecil Normal

TEMPO.CO, Jakarta - Pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menjadi pembicaraan hangat. Tampilnya enam kandidat membuat persaingan duduk di kursi DKI-1 ini sangat ketat. Berapa sebenarnya penghasilan gubernur di Jakarta?

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 68/2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu, gaji pokok kepala daerah "hanya" Rp 3 juta. Adapun tunjangan jabatan diatur dalam Keppres No 59 Tahun 2003 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Di Lingkungan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara. Tunjangan jabatan gubernur sekitar Rp 5,4 juta. Jadi, gaji total Rp 8,4 juta.

Gubernur memiliki sejumlah "pintu" yang menambah penghasilannya, seperti fasilitas rumah, kendaraan, insentif rapat, dan kunjungan dinas. Gubernur juga berhak mendapat insentif pajak yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 69/2010 tentang Tata Cara Pemberian dan Pemanfaatan Insentif Pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Insentif pajak daerah diberikan berdasarkan jumlah setoran pajak. Semakin tinggi realisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah, kepala daerah akan mendapat insentif tinggi. Dalam Pasal 7 disebutkan realisasi penerimaan pajak di bawah Rp 1 triliun akan mendapat paling tinggi 6 kali gaji pokok dan tunjangan yang melekat. Penerimaan pajak Rp 1-2,5 triliun akan mendapat maksimal 7 kali gaji.

Pada 2011, DKI Jakarta memiliki penghasilan pajak Rp 14,8 triliun. Sesuai Peraturan pemerintah, kepala daerah akan mendapat insentif paling tinggi 10 kali gaji pokok dan tunjangan kalau menjadi penghasil pajak di atas Rp 7,5 triliun. Artinya, Gubernur DKI akan mendapat tambahan paling tidak Rp 80 juta di luar gaji.
Quote:Original Posted By clcyep
ini ngegajinya dr mana yak ? smpai miliaran2 ? emoticon-Confused

baca beritanya dulu emoticon-linux2


Dari Hongkong emoticon-Smilie
wow gede selaki..
ane jadi kepengen jadi Gubernur emoticon-Malu emoticon-Cool
Quote:Original Posted By vikiejeleek
wow gede selaki..
ane jadi kepengen jadi Gubernur emoticon-Malu emoticon-Cool


Wani piro?
Quote:Original Posted By lagimalas
itu ngitungnya termasuk biaya operasional kalo gaji aslinya nggak segitu. operasional itu biaya untuk bensin kendaraan, dll jadi kagak terima uangnya.
yg kudu dipertanyakan masalah insentif pajak untuk kepala daerah sekian persen dari pendapatan keseluruhan pajak di daerahnya. ini ane kopi paste dari sumber berita cara hitung salah satu gubernur

Berhitung Pendapatan Gubernur Jakarta
Besar Kecil Normal

TEMPO.CO, Jakarta - Pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menjadi pembicaraan hangat. Tampilnya enam kandidat membuat persaingan duduk di kursi DKI-1 ini sangat ketat. Berapa sebenarnya penghasilan gubernur di Jakarta?

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 68/2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu, gaji pokok kepala daerah "hanya" Rp 3 juta. Adapun tunjangan jabatan diatur dalam Keppres No 59 Tahun 2003 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Di Lingkungan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara. Tunjangan jabatan gubernur sekitar Rp 5,4 juta. Jadi, gaji total Rp 8,4 juta.

Gubernur memiliki sejumlah "pintu" yang menambah penghasilannya, seperti fasilitas rumah, kendaraan, insentif rapat, dan kunjungan dinas. Gubernur juga berhak mendapat insentif pajak yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 69/2010 tentang Tata Cara Pemberian dan Pemanfaatan Insentif Pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Insentif pajak daerah diberikan berdasarkan jumlah setoran pajak. Semakin tinggi realisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah, kepala daerah akan mendapat insentif tinggi. Dalam Pasal 7 disebutkan realisasi penerimaan pajak di bawah Rp 1 triliun akan mendapat paling tinggi 6 kali gaji pokok dan tunjangan yang melekat. Penerimaan pajak Rp 1-2,5 triliun akan mendapat maksimal 7 kali gaji.

Pada 2011, DKI Jakarta memiliki penghasilan pajak Rp 14,8 triliun. Sesuai Peraturan pemerintah, kepala daerah akan mendapat insentif paling tinggi 10 kali gaji pokok dan tunjangan kalau menjadi penghasil pajak di atas Rp 7,5 triliun. Artinya, Gubernur DKI akan mendapat tambahan paling tidak Rp 80 juta di luar gaji.


makanya teman teman wartawan kalo memberitakan masalah salary sebaiknya yang take home pay saja, terutama untuk birokrat birokrat kita, agar masyarakat tidak salah paham, karena disini diberlakukan yang namanya gaji pokok terus ada berbagai tunjangan, seperti tunjangan kehadiran, tunjangan kendaraan, tunjangan kemalasan dll
Quote:Original Posted By orgastor


makanya teman teman wartawan kalo memberitakan masalah salary sebaiknya yang take home pay saja, terutama untuk birokrat birokrat kita, agar masyarakat tidak salah paham, karena disini diberlakukan yang namanya gaji pokok terus ada berbagai tunjangan, seperti tunjangan kehadiran, tunjangan kendaraan, tunjangan kemalasan dll


Tunjangan kemalasan kayanya yang paling besar emoticon-Big Grin
Bujubuneng Gan.... emoticon-Matabelo

Duit Tuh gan???Gajinya Gede Amet,,mana belum jatah dll nya gan....

Ane emoticon-Rate 5 Star biar byk Yg tau lah Gan...

×