alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cd680ae874b46804000041/mengapa-kita-tidur-bisa-mengigau
Mengapa Kita Tidur Bisa Mengigau?
Hampir semua dari kita pernah mengalami saat-saat dimana kita diberi tahu bahwa kita berbicara selagi tidur pada malam sebelumnya. Hal ini mungkin akan sedikit mengganggu anda dan membuat anda khawatir dan bertanya-tanya dalam hati seperti: "Apakah saya mengatakan suatu hal yang memalukan?" atau "Apakah saya membocorkan suatu rahasia?". Lalu bagaimana sebenarnya mengigau dalam tidur ini dapat terjadi?

Mengapa Kita Tidur Bisa Mengigau?

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengigau selagi tidur kebanyakan hanya berbicara dalam waktu yang singkat, yang biasanya berlangsung hanya selama satu atau dua detik saja. Selain itu, kata-kata yang diucapkan ketika seseorang mengigau pun kebanyakan sangat tidak masuk akal dan sama sekali tidak berhubungan dengan dunia nyata atau perasaan anda yang mungkin sedang anda sembunyikan.

Mengigau sendiri dapat terjadi ketika aspek-aspek tertentu dari keadaan terjaga turut tumpang tindih dan mengganggu keadaan tidur kita, sehingga membuat otak secara sesaat tidak dapat membedakan keadaan terjaga dengan keadaan tidur. Dan karena tumpang tindihnya kesadaran ini hanya terjadi sebentar, maka mengigau juga berlangsung secara singkat dan isi pembicaraan dalam mengigau pun sering terdengar tidak masuk akal karena bukan merupakan kalimat yang utuh dan dapat dimengerti.

Mengigau, yang dalam istilah medis dikenal sebagai somniloquy, dapat terjadi baik pada tahap tidur REM maupun tidur non-REM. Ketika mengigau terjadi selama tidur REM (tahapan tidur dimana kita biasa bermimpi), hal tersebut disebabkan oleh karena pengaktifan sesaat mulut dan pita suara yang biasanya berada dalam keadaan tidak aktif ketika kita sedang tidur, sehingga kata-kata yang "diucapkan" oleh seseorang dalam mimpinya secara tidak sengaja ikut dituturkan dengan suara keras. Mengigau juga dapat terjadi ketika seseorang menjadi setengah sadar ketika peralihan dari tahap tidur satu ke tahap tidur yang lain.

Sulit untuk mengukur seberapa sering seseorang berbicara dalam tidur mereka, karena kita biasanya tidak akan sadar bahwa kita pernah mengigau dalam tidur kita. Tetapi penelitian telah menemukan bahwa lebih dari separuh anak-anak pernah mengalami berbicara dalam tidur mereka sesekali, lalu perilaku ini menjadi semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Mengigau yang kronis sampai masa dewasa dapat dianggap sebagai gangguan tidur, dan mungkin hasil dari stres dan faktor lainnya. Jenis lain dari parasomnia, seperti tidur sambil berjalan dan gigi yang bergemeretuk, mengikuti pola yang sama dengan yang dijumpai pada mengigau ini.


pekerjaan jangan di pikirian gan nanti ngigo loh...hohoho
ternyata begitu ya penyebabnya .. bisa ngga sehat ya gan .. nomercantikxl.blogspot dot com .. thanks sharingnya gan.
nice share gan emoticon-Sundul Gan (S)
ane pengen bisa ngigau gan.....
Quote:Original Posted By ForzakenJR
ane pengen bisa ngigau gan.....


nanti ketahuan sisi buruk agan ma pacar loh hahaha...

nice info gan emoticon-thumbsup
baru tahu ane emoticon-Bingung





Best Regards,
WSSChanger
Up2 biar warga kaskus tau
jarang bgt orang yg ngigau gan. klo ga bner2 dia pny masalah yg sangat amat di pikirkan nya. dan sebenernya waktu tidur otak kita lebih banyak bekerja lho drpada waktu bangun. nice info gan.. emoticon-Angkat Beer
biasanya kalo bener2 cape baru ogut ngigo (kata bokin ogut) emoticon-Hammer2
biasanya kalo cape dan banyak pikiran juga
temen ane sering gan
klo.ane katanya bru beberapa kali...
Tp biasanya yg di ngigoin ga ada hubungannya ama pekerjaan dan lain lain deeeh
abang ane gan yg suka ngigo, pernah waktu abang ane lg ngigo ane ajak ngomong eh ga taunya dia bisa jawab juga, kocak abis jadinya...emoticon-Ngakak
wah, semoga ane ga sering ngigo
ayo up2 biar warfa kaskuser tau