alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cd3ad01cd719467a000040/tips-agar-lancar-bab-buang-air-besar
Tips Agar Lancar BAB (Buang Air Besar)
Spoiler for Sepatah Kata dari Nyubi:


Tips Agar Lancar BAB (Buang Air Besar)

BAB (Buang Air Besar) yang lancar sangat penting untuk kesehatan karena BAB merupakan salah satu proses metabolisme di dalam tubuh kita yang membantu menghilangkan sisa makanan yang tercerna dan bahan limbah di dalam tubuh. Buang Air Besar (BAB) memang bisa dilakukan kapan saja, namun kebanyakan orang merasa nyaman jika BAB lancar di pagi hari. Lalu apa yang harus Anda lakukan apabila di pagi hari susah BAB?

BAB yang sehat biasanya rutin dilakukan setiap hari atau 2 hari sekali. BAB yang sehat itu harus mudah dilakukan, tanpa mengejan dengan keras atau timbul rasa sakit dan tinja tidak boleh mengandung darah. BAB yang tidak lancar disebabkan karena cairan dalam tubuh yang mengering. Akibatnya kemampuan usus besar untuk berkontraksi menjadi lemah.

Selain karena tubuh kurang air, BAB yang tidak lancar juga disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Praktisi kesehatan menyarankan agar pada siang hari orang lebih banyak makan makanan berserat dan minum air sehingga pagi harinya metabolisme tubuh bisa lancar. Apabila BAB terlalu keras dan terlalu banyak mengejan maka dapat menyebabkan ambeien atau wasir atau hemoroid yang merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Bibir anus mengalami pembengkakan dan terkadang disertai pendarahan.

Untuk mencegah penyakit ini, biasanya dokter akan menyarankan agar teratur buang air besar (BAB) dan banyak makan makanan berserat.

Berikut ini jenis makanan dan minuman yang dapat membantu melancarkan BAB, diambil dari jurnal Coloncleanseguide:

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:

Spoiler for 4:

Spoiler for 5:

Spoiler for 6:


Apabila Anda sedang mengalami sembelit sebaiknya hindari:
Spoiler for 1:

Spoiler for 2:


Jika pengalaman saya pribadi, solusi yang sederhana agar BAB lancar adalah banyak minum air. Asupan sayur dan buah tidak boleh lupa, harus dikonsumsi setiap hari. Kemudian minum segelas air hangat di pagi hari. Minuman herbal lidah buaya di pagi hari juga bisa memperlancar BAB. Namun yang rutin sering saya lakukan adalah selalu mengonsumsi sereal dan minuman cokelat hangat di pagi hari. Sereal mengandung banyak serat, sedangkan cokelat apabila diminum di pagi hari tidak menyebabkan kita menjadi gemuk malah sebaliknya. Pada saat perut kita kosong di pagi hari, sarapan sereal dan cokelat akan memicu BAB. Minum atau sarapan cokelat di pagi hari akan memperlancar sistem metabolisme kita. Selain itu pada siang harinya kita tidak mudah lemas dan tidak mudah lapar untuk mengemil, karena zat gula pun terpenuhi.

Spoiler for Isi Hati:


Spoiler for sumber:
jangan ada pertamax diantara kita emoticon-Ngakak
oh begitu ya gan .. banyak serat dan air ya gan .. nomercantikxl.blogspot dot com .. thanks sharingnya gan.
Quote:Original Posted By inivga
oh begitu ya gan .. banyak serat dan air ya gan .. nomercantikxl.blogspot dot com .. thanks sharingnya gan.


tambah banyak berdoa gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
tambahin : makan maic*h level 10

mampir gan walkman phone
nice inpoh gan....tar ane cobain deh cz anak ane lagi susah BAB....emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
bernafaat banget Gan...emoticon-Sundul Gan (S)
minum vegeta gan emoticon-Ngakak (S)
nais inpoh gan...

kalo udah terlanjur pake dulcolax aja gan.dijamin lancar emoticon-Ngakak
wah kebetulan lagi gak lancar nih,,emoticon-Rate 5 Star
Trid yang sangat luar biasa..

Wajib jadi HT nehh brayemoticon-Rate 5 Star emoticon-Angkat Beer

Ane bantu emoticon-Sundul Up yaaa

emoticon-Sundul Gan (S)
alhamdulillah ane gak pernah sembelit gan. tapi babe ane sering, penyebabnya ya itu, jarang minum, trus klo kencing bau banget gan. trims infonya gan