alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cd23262c75b4622e000036/berwisata-ke-museum-nasional
Berwisata ke Museum Nasional
Quote:Berwisata ke Museum Nasional
Kehidupan manusia prasejarah di Sangiran bisa ditemukan wisatawan di Museum Nasional, Jakarta

Quote:Belakangan, museum menjadi perhatian sebagai salah satu obyek wisata edukatif. Tak hanya bagi anak-anak, museum juga menjadi pembelajaran kepada masyarakat dewasa dan orang tua. Hal ini penting untuk menumbuhkan kembali rasa bangga kepada negara, lewat sejarah yang tersimpan di dalam museum.

Museum Nasional atau yang kerap disebut Museum Gajah, salah satu museum yang kian berbenah untuk meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Pada saat kunjungan Kompas.com, bangunan museum terlihat sedang dalam proses pemugaran, namun tetap beroperasi untuk umum.

Di dalamnya, kita dapat melihat peninggalan dari zaman prasejarah hinga masa kini. Berbentuk patung, gambar, dan benda-benda yang seolah-olah 'bercerita' tentang kejadian pada masa itu.

Kepala Seksi Kemitraan Museum Nasional, Julius, yang ditemui Kompas.com, mengatakan bahwa museum yang sesuai fungsinya sebagai lembaga penelitian edukasi kultural, juga sebagai wisata edukasi, di dalamnya merupakan warisan yang menceritakan peradaban pada masa lalu.

Ruang pameran di Museum Nasional ada empat lantai, memiliki tema besar Keanekaragaman Budaya dalam Kesatuan. Namun, masing-masing lantai mempunyai tema sendiri. Lantai dasar bertema manusia dan lingkungan, menceritakan tentang keberagaman dan kehidupan masyarakat Indonesia dari zaman purba hingga kini. Pada lantai dasar ini, dipamerkan patung manusia purba, fosil dan gua menggambarkan kehidupan manusia masa lampau.

Lantai dua museum bertema ilmu pengetahuan dan teknologi. Berisi beragam alat-alat buatan manusia seperti perahu, alat perkakas, serta alat-alat canggih yang digunakan pada masa perang. Sedangkan di lantai tiga memiliki tema organisasi sosial dan kemasyarakatan, dan lantai empat emas dan keramik.

Pengunjung yang datang bisa dengan bebas melihat dan mengambil foto, tetapi tetap mematuhi peraturan yang ada, seperti tidak boleh menyentuh barang-barang pameran yang ada. Di lantai empat, yang sebagian besar berisi emas dan keramik, pengunjung dilarang mengambil gambar disini.
Spoiler for pic:

Spoiler for pic:

Setiap barang-barang yang tersimpan disini, dirawat dengan apik agar tahan lama menjadi sarana edukasi bagi masyarakat luas. Menurut Julius, terdapat tim konservator sendiri untuk melakukan perawatan. Agar lebih memaksimalkan pelayanan kepada pengunjung pun, setiap karyawan di museum diharapkan juga sebagai edukator yang dapat memandu para pengunjung.

Selain memamerkan barang-barang peninggalan, museum yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat 12 ini, juga sering dilaksanakan berbagai kegiatan. Baru-baru ini, dilaksanakan pameran Jejak-jejak Karam yang memamerkan kekayaan hasil laut Indonesia, berupa emas, logam, dan benda-benda berharga lain.

"Setiap kegiatan harus berbau seni dan budaya, bukan yang sifatnya komersial seperti pernikahan," kata Julius.link
PERTAMAX
emoticon-Ngacir2
Atas ane cepet amat???
yg penting pejwan.
Nice post gan... emoticon-thumbsup
sekarang lagi direnovasi juragan
mantap
Quote:Original Posted By regex only
sekarang lagi direnovasi juragan


apanya yang di renop ganemoticon-Bingung (S)
mantap dah, mari berwisata emoticon-Traveller
wisata ke museum nmbah pengetahuan