alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cd0e1ee574b47e0a000000/sambiloto-obat-herbal-anti-diabetes-melitus
Sambiloto, Obat Herbal Anti Diabetes Melitus
Quote:Sambiloto, Obat Herbal Anti Diabetes Melitus
UGM memiliki ribuan peneliti yang berhasil menemukan berbagai macam temuan dan inovasi riset. Jenis riset yang dihasilkan pun beragam, mulai dari bidang kesehatan dan obat, teknologi pertahanan dan keamanan, ketahanan pangan, sumber energi terbarukan, teknologi informasi dan teknologi manajemen transportasi.

Salah satu temuan bidang kesehatan adalah pemanfaatan tanaman sambiloto (andrographis paniculata) untuk obat herbal bagi penyakit diabetes melitus.

Menurut salah satu anggota tim peneliti Prof Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt mengatakan, dari hasil percobaannya yang dilakukan pada mencit diketahui daun sambiloto andrografolid, deoksiandrografolid, neoandrografolid, 14-deoksi-didehidroandrografolid dan homoandro-grafolid.

"Andrografolid dengan komponen fitokimia utama mampu menurunkan kadar glukosa darah dan ekspresi GLUT-4 pada tikus DM tipe 1," kata dosen Fakultas Farmasi UGM itu dalam sesi pararel forum Riset Industru Indonesia ke-4 yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta.

Meski penelitian itu baru dilakukan pada tikus, namun sudah diketahui pemberian isolat andrografolid atau ekstrak herba sambiloto terpurifikasi selama 5 hari menunjukkan aktivitas hipoglikemik yang poten pada tikus diabetes melitus dengan resistensi insulin. "Keduanya juga poten menurunkan kadar LDL dan trigliserida, namun tidak berefek terhadap kadar kolesterol dan berat badan tikus," ungkapnya.

Kombinasi antara ekstrak terpurifikasi dengan metformin menunjukkan aktivitas anti DM lebih rendah dibandingan penggunaan tunggalnya. Yang menarik, dari temuan itu andrografolid dan ekstrak sambiloto menurunkan kadar glukosa darah pada tikus DM tipe 2 resistensi insulin melalui peningkatan ekspresi protein GLUT4 pada jaringan otot.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan temuan obat baru dari kekayaan biodiversitas yang dimiliki Indonesia potensinya cukup besar. Pasalnya biodiversitas Indonesia masuk urutan nomor dua di dunia setelah Brazil. Namun demikian, sebagian besar obat dan material bahan baku masih import lebih dari 90%. "Hanya 300-an spesies yang dimanfaatkan sebagai bagian dari obat," katanya.

Kendati, penelitian tentang bahan alam sudah banyak tetapi penelitian tersebut belum komprehensif dan belum tersistematik yang berorientasi ke produk inkubasi atau siap pakai.

Wakil Rekor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prof Dr Suratman MSc mengatakan, kegiatan riset industri UGM merupakan implementasi konsep pentahelix yang merupakan pengembangan dari konsep triple-helix berupa academic, business-government yang ditambahkan dua elemen lainnya yakni lembaga pembiayaan dan lembaga pembangunan atau masyarakat profesional.

"Tanpa dukungan dari pembiayaan yang berkesinambungan serta keahlian yang sesuai maka hasil penelitian tidak akan sampai kepada penggunanya secara tepat dan menyeluruh," ungkapnya.

Ditambahkan, para peneliti di lingkungan UGM diarahkan mampu memberi nilai tambah positif terhadap peran kelembagaan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga pendidikan pusat inovasi. Termasuk hasil riset industri untuk dapat dimanfaatkan dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat secara luas melalui aplikasi riset dunia industri.link
semua tanaman insyaAlloh bisa jadi obat..
ganja aja bisa... tergantung penggunaannya gan

btw... ane pertamax gan...
Quote:Original Posted By Anduenie
semua tanaman insyaAlloh bisa jadi obat..
ganja aja bisa... tergantung penggunaannya gan

btw... ane pertamax gan...


iya agan pertamax nie
komengnya bagus juga emoticon-Cendol (S)
sambiloto ya, baru pernah denger gw
takjub ane masbro
ente kepikiran aja gan bikin trit kyak gini
sundul masbro biar naek di pejwan Lounge
wah manteb juga manfaatnya
Quote:Original Posted By Al Jabar
sundul masbro biar naek di pejwan Lounge


emoticon-Cape d... (S)
kalo dijadiin jamu super pait nih sambiroto emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Al Jabar
sundul masbro biar naek di pejwan Lounge

ini pasti cs yang di bawah
v
v
Quote:Original Posted By stratocruiser
wah manteb juga manfaatnya


sambiloto obat herbal yah gan
nice info agan.. semoga informasinya bisa menambah pengalaman...
Dulu di belakang rumah nenek ane ada ni tumbuhan,,,
dulu sering disebut Prof Hembing di acara TV
kembali pake yg alami memang lebih disarankan emoticon-thumbsup
carinya dimana ya?
Quote:Original Posted By langkahpasti
dulu sering disebut Prof Hembing di acara TV
kembali pake yg alami memang lebih disarankan emoticon-thumbsup


yang alami lebih berkasiat emoticon-Big Grin
dulu ane sering makan niee gan...
paiiiiiitttt benerrrr....
namanya juga obat !!
emoticon-Winkemoticon-Winkemoticon-Wink
Yuk beli obat herbal di Arif OL Shop
Berbagai penyakit bisa sembuh seperti ; Diabetes, Kolesterol , Jantung, tumor kanker inshallah sembuh
Yuk diolder juga sarang semut rebusnya
NIH HARGA PAKETNYA
‪#‎Harga‬ PAKETAN TERMURAH #
HARGA PROMO: Rp.40.000/pack isi 100 gram
Beli Min 4 Pack Harga Rp.38.000/pack
Beli Min 8 Pack Harga Rp.35.000/pack
Beli Min 12 Pack Harga Rp.33.000/pack
jual sarang semut kapsul
KOMPOSISI :
Sarang semut : 75%
Habbatussauda : 25%
ATURAN MINUM :
– Pengobatan : 3x sehari 3 kapsul
– Pencegahan : 2x sehari 2 kapsul
DEPKES POM TR. 093301691
POM MUI NO. 00130055040510
Isi : 80 kapsul
HARGA PROMO : Rp.65.000 PER BOTOL
MINIMAL BELI 5 BOTOL HARGA PER BOTOL Rp.63.000
MINIMAL BELI 10 BOTOL HARGA PER BOTOL Rp.60.000

Untuk yang luar kota atau pulau kami bisa mengirimnya melewati Jasa JNE & Pos kilat , jual sarang semut dengan harga relatif murah
Cara Pemesanan
My pin :2BBAF47A
No telepon :082231398456
bisa transaksi tokopedia juga
www.sarangsemutmurah.com
https://www.SENSOR/lapakterpercaya/sarang-semut
Banyak tukang obat nih..
emoticon-Wow