alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cc792d631243345a000045/mengenal-dan-merancang-tas-siaga-bencana
Mengenal dan Merancang Tas Siaga Bencana
Secara Geografis dan Geologi, negara kita berada kawasan yang sangat rawan terhadap bencana gempa bumi, letusan gunungapi, tanah longsor, banjir genangan, banjir bandang, angin puting beliung, dan lain-lain. Sahabat semua juga jangan heran apabila banyak negara lain mengistilahkan Negara Indonesia sebagai “Supermarket”-nya bencana (mau beli bencana apa aja ada di Indonesia). Istilah tersebut bukan tanpa dasar, tentu istilah itu timbul setelah adanya kajian dari berbagai aspek seperti geologi, geomarfologi, geografi, iklim dan lain sebagainya.

Siaga Bencana

Sebagai warga negara yang baik dan mencintai sesama, tentu kita tidak ingin bencana alam, non-alam dan sosial terjadi di Indonesia. Namun alam kita telah mengajarkan bahwa beberapa bencana tidak dapat dicegah dan kita harus bersabahat dengannya serta selalu siaga apabila bencana datang. Oleh karena itu setiap warga Indonesia dituntut memiliki sikap kesiapsiagaan terhadap berbagai jenis bencana dengan selalu Siaga Bencana.

Sikap kesiapsiagaan merupakan sebuah sikap dimana kita membuat rencana dan tahu harus berbuat apa sebelum, ketika dan sesudah bencana terjadi. Beberapa desa yang ada Indonesia mungkin sudah memiliki predikat Desa Siaga Bencana hampir sebagian warganya mungkin sudah memiliki yang Tas Siaga Bencana. Apa itu Tas Siaga Bencana???? mari kita simak pembahasan saya berikut ini…

Tas Siaga Bencana


Memiliki sebuah Tas Siaga Bencana merupakan sebuah keharusan bagi anda yang tinggal di kawasan rawan bencana. Tas Siaga Bencana adalah sebuah tas yang disiapkan sebelum terjadinya bencana. Jadi sebelum terjadinya bencana kita harus memiliki sebuah tas yang diisi dengan barang penting dan keperluan pribadi kita.

Mengenal dan Merancang Tas Siaga Bencana

Tas tersebut diletakkan pada tempat yang mudah diambil. Ketika gempa besar atau bencana lainnya terjadi terjadi, maka kita tinggal mengambil Tas Siaga Bencana dan langsung melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi apabila kita tinggal sekitar pesisir laut atau ke tempat yang lebih aman. Apa saja yang harus diisi dalam Tas Siaga Bencana??

Tas Siaga Bencana diisi dengan:

Surat-surat penting seperti:

Surat Tanah
Surat Kenderaan
Ijazah
Akte kelahiran anda dan anak
Passport
Buku Nikah
Dan surat-surat penting lainnya.

Selain diisi dengan surat-surat penting, dalam Tas Siaga bencana juga harus diisi dengan peralatan pendukung seperti:

Kotak P3K plus isinya…..(kalo tidak ada isi ya sama saja..heheheheeeee)
Senter/lampu kepala (headlamp)
Jas Hujan (siapa tahu bencananya terjadi ketika hujan deras)
Radio untuk mendengar perkembangan terbaru ketika kita berada di tempat evakuasi/aman.
Pakaian untuk 3 hari
obat-obat pribadi
Air Mineral.
Makanan Ringan yang tahan lama.
Dan segala keperluan lainnya.

Beberapa keluarga yang tinggal di kawasan rawan bencana mungkin sudah memiliki Tas Siaga Bencana namun sering kali Tas tersebut belum memenuhi standar sebuah Tas Siaga Bencana karena selain kapasitasnya kecil dan sering kali kita juga susah mengatur letak barang kita karena kantong tas yang tidak banyak dan tidak khusus. Jadi saya merekomendasikan kepada warga Indonesia yang tinggal di kawasan rawan bencana supaya segera memiliki Tas Siaga Bencana yang memang diperuntukkan untuk Tas Siaga Bencana. Untuk melihat contoh Tas Siaga Bencana memang dirancang untuk Tas Siaga Bencana, kawan-kawan bisa Klik Disini.

Quote:Semoga bangsa Indonesia Makin siaga..emoticon-I Love Indonesia (S)

SUMBER
IYE GAN....
EMANG MESTI HARUS ADA PERSIAPAN
SBELUM BENCANA DATANG....
BTW...klo isinya sampe baju 3 hari, makanan dll
apa muat cuma satu tas gan.......
mungkin koper bencana kali ya

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Setuju gan,bencana tak bisa dihindari tapi risiko bencana dapat dikurangi dengan siap siaga menyiapkan hal-hal tersebutemoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By jancikowe
IYE GAN....
EMANG MESTI HARUS ADA PERSIAPAN
SBELUM BENCANA DATANG....
BTW...klo isinya sampe baju 3 hari, makanan dll
apa muat cuma satu tas gan.......
mungkin koper bencana kali ya

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


ane dah siapin container bencana gan ,isinya al : pakaian buat seminggu ,makanan buat seminggu 4 sehat 5 sempurna , aqua 1 galon , tabung gas 12 kg , kompor gas , spring bed ukuran 2 x 180 ( sapa tau ada cewek yg mesti ane tolong gan )....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
klo temennya kakak ane yg tinggaldijakarta udah nyiapin kayak gitu gan,
tiap anggota keluarga dikasih koper satu yg diisi barang2 untuk keperluan darurat bila sewaktu-waktu kudu ngungsi gara2 banjir.
Di FJB jualan nggak ya .... ??? emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By jancikowe
IYE GAN....
EMANG MESTI HARUS ADA PERSIAPAN
SBELUM BENCANA DATANG....
BTW...klo isinya sampe baju 3 hari, makanan dll
apa muat cuma satu tas gan.......
mungkin koper bencana kali ya

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

KOPER JUGA GA MUAT BRAY
karung bencana aja emoticon-Ngakak

ane mau buat aaaaah emoticon-Cool
bagus ni Gan. meski daerah ane tergolong aman, cuman kayaknya jaga2 juga perlu. kata pepatah "sedia prahu karet sebelum hujan" emoticon-Ngakak
×