alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cbe25e48ba542e2600004b/transjakarta-rasa-korea
Transjakarta Rasa Korea

TEMPO.CO, Jakarta - Bus Transjakarta Koridor I Jurusan Blok M-Kota sebentar lagi akan memiliki 23 unit bus baru. Bus ini berbentuk gandeng dan masih dikelir dengan warna oranye.

Sebelum resmi dioperasikan, Tempo sempat naik ke salah satu dari 23 bus yang kini terparkir di pool Damri, Jalan Daan Mogot, Pesing, Jakarta Barat. Bus itu tiba di Jakarta pada 1 Desember 2012.

Dari luar, bus merek Zhong Tong buatan Cina itu punya hidung yang lebih maju dari bus Transjakarta Koridor I yang beroperasi saat ini. Di bagian atas kaca besarnya, terdapat layar yang nantinya akan menjadi running text guna menunjukkan jurusan bus.

Di dalam bus, perbedaan paling menyolok antara bus baru ini dengan bus Transjakarta yang sudah ada adalah pemisah antara penumpang dan pengemudi. Di sini ada sekat yang berbentuk pintu lengkap dengan jendela berteralis, seperti halnya di kabin masinis kereta api.

Sedangkan bus Transjakarta yang kini beroperasi pada umumnya tidak memisahkan ruang pengemudi dengan penumpang. Kalaupun ada sekat, biasanya hanya terletak di bagian atas. Oleh sebab itu, jika kondisi bus penuh, penumpang sering kali duduk di tangga menuju pintu darurat di bagian depan bus.

"Desain ini merupakan hasil diskusi kami dengan Damri sebagai pemesan bus untuk meningkatkan keamanan penumpang maupun pengemudi," kata Li Ji Liu, perwakilan dari Zhong Tong, saat memeriksa kesiapan operasi bus di Pool Damri, Selasa, 4 Desember 2012.

Adapun di bagian penumpang, bus gandeng ini memiliki 40 kursi. Tak seperti tempat duduk di bus Transjakarta Koridor I saat ini yang empuk, busa kursi berbahan plastik di bus baru ini tipis. Warnanya terdiri dari biru dan merah.

Kursi berwarna merah terletak di kanan dan kiri pintu penumpang bagian depan. Liu menjelaskan, kursi berwarna merah disediakan khusus untuk penumpang manula, ibu hamil, dan mereka yang membawa anak-anak.

Ada pula tempat khusus bagi penumpang yang menggunakan kursi roda. Untuk penumpang yang berdiri, pegangan bus juga terasa kokoh dan tidak bergeser ketika digenggam.

Liu menambahkan, mesin bus ini dipasok dari pabrikan asal Korea Selatan, Doosan. Regional Manager Doosan, Min Joon Chun, mengatakan bus berbahan bakar gas ini sudah memenuhi standar Euro 5. "Artinya, bus ini memiliki tingkat emisi paling rendah di kelas bus," ujar Chun.

Bus bermerek Zhong Tong ini merupakan bus yang dirakit di Cina. Bus ini berbeda dengan bus sebelumnya yang hanya dikirim dalam bentuk sasis dan dirakit karoseri lokal.

Transjakarta Rasa Korea

[URL=" [url]http://www.tempo.co/read/news/2012/1...an-Blok-M-Kota[/url] "]sumber[/URL]

Komeng:
desainnya lebih jelek dibanding buatan dalam negeri yang dipake saat ini. apa ada maen disini? mungkin dengan mahar abg-abg korea emoticon-Embarrassment

sip....cantik

jangan lupa dirawat atau didukung maintenance yang handal jangan hanya bisa pakai.....dan pakainya juga semena2



lanjutgan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Kiss (S)
mobil ane rasa jepang..... gak masalah

yg penting fungsinya.....
yang penting dalamnya nyaman. kalau mau bagus bagian luar pesennya ke lamborghini gan.
Quote:Original Posted By mustBlue

Komeng:
desainnya lebih jelek dibanding buatan dalam negeri yang dipake saat ini. apa ada maen disini? mungkin dengan mahar abg-abg korea emoticon-Embarrassment


tp dalemnya lumayan kok gan,segi keamanan juga ok keknyaemoticon-Smilie
yg penting penumpang merasa aman dan nyaman.

Bis tingkat kapan ada lagi yah?
kek bis yg beredar di jalanan seoulemoticon-Malu (S)
anne baru denger sekarang ada bus merk aneh seperti itu. Kenapa gak pakai mesin Bus Jepang Atau Eropa yang kualitasnya sudah jelas teruji ?
yang penting t ACnya ACnya emoticon-Mad (S) yang bis korea ACnya gak berasa
kalo tempat duduk toh jarang dapet soalnya, males juga lagian, udah dapet enak2 tempat duduk stasiun berikutnya ada ibu2 mesti bangun lagi emoticon-Stick Out Tongue
tar deh kalo dah ada busnya coba naek trus baru komeng lagi emoticon-Kiss (S)
kok polosan gitu catnya

semoga ya dibuat iklan berjalan kaya di singapura, jepang, korea gitu
kan nambah pemasukan tuh emoticon-Malu (S)
asal ga suka mogok aja gan ..... emoticon-Sorry
desainnya jadul kaya metromini lama, bagusan bus2 buatan Adiputro tuh

busway diperu lebih bagus fasilitasnya juga
Transjakarta Rasa Korea
Transjakarta Rasa Korea
perlu lbh bnyk campur tgn asing buat sistem brjalan lbh baik gan dan hrg brsaing lbg murah
Isinya banyak cewe korea gak ya? emoticon-Wowcantik
http://www.zhongtong.com/enzt/porduc....aspx?proid=81

spek bis zongtong gan hehehehe mayan juga emoticon-Ngakak
kalo barang cina biasanya ga tahan lama emoticon-Cape d... (S)







Transjakarta Rasa Korea
Quote:Original Posted By dimas depe
http://www.zhongtong.com/enzt/porduc....aspx?proid=81

spek bis zongtong gan hehehehe mayan juga emoticon-Ngakak


Quote:Model LCK6180G
length*width*height 17990*2540*3260
Max KG 28,000
Capacity(person) 175/24-57
Engine Model WP12.336N/YC6L330-30/ISLE+300B
Manufacturer weichai/yuchai/cummins
Max Power(KW) 247/243/221
Max torque(N.m) 1600/1280/1250
Max Speed (km/h) 80
emission level EuroⅢ
Gear box 5 forward speed
Suspension Air suspension/Leaf spring suspension
Steering Power steering
Front track(mm) 13T
Rear track(mm) 11.5T
Brake system Dual circuit air brake
Tyre 275/70R22.5
Fuel tank Capacity (L) 200L
air conditioner Optional
Audio/Video High definition video system
other

tadi diatas katanya euro 5emoticon-Bingung (S)
yang penting nyaman n bisa ngangkut banyak penumpang.
yeeee... ane udah berpikir penjaga pintunya gadis2 yang diambil dari korea langsung emoticon-Hammer
yang bener euro 5 apa 3...? di web nya kok euro 3 emoticon-Bingung (S)