alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cbb99b611243d759000000/polisi-pembela-penguasa-definis-historis-kata-bhayangkara
Polisi Pembela Penguasa [Definis Historis Kata Bhayangkara]
[img]Polisi Pembela Penguasa [Definis Historis Kata Bhayangkara][/img]

Quote:
Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia baru saja merayakan ulang tahunnya ke 66. Hari ulang tahun ini juga dikenal dengan hari Bhayangkara.

Menurut sejarawan, JJ Rizal, definisi Bhayangkara secara historis justru tidak sesuai dengan slogan kepolisian saat ini, 'Mengayomi dan Mengabdi kepada Masyarakat'. Lalu apa sebenarnya arti istilah Bhayangkara?

"Bhayangkara itu secara historis berarti prajurit untuk melindungi raja di jaman Majapahit. Jadi yang dilindungi elit, bukan rakyat kecil," ujar Rizal, Senin (2/7/2012).

Hal ini disampaikan Rizal dalam acara 'Coreng Hitam di Wilayah Bhayangkara: Rekayasa Kasus, Salah Tangkap, Penyiksaan dan Kriminalisasi' di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Jl Diponegoro, Jakarta Pusat. Turut hadir Hasan Basri yang merupakan tukang ojek korban salah tangkap, Aguswandi Tanjung, korban rekayasa kasus pencurian listrik di ITC Roxy Mas dan lainnya.

Rizal kemudian menegaskan, istilah Bhayangkara itu harus diganti dan tidak dipergunakan. "Kalo istilahnya orang betawi, sampe ujan berkelir juga ngga akan melindungi masyarakat kecil nanti," tambahnya.

Rizal sebelumnya juga dituduh menggunakan narkotika di tahun 2009 silam oleh anggota kepolisian Polsek Beji Depok. Ia kemudian dipukuli dan disiksa agar mengakui perbuatannya.


[URL="http://news.detik..com/read/2012/07/02/152056/1955774/10/sejarawan-bhayangkara-berarti-pelindung-penguasa"]sumber[/URL]

Quote:
Bisa saja Rizal salah, karena kondisi sekarang tentunya berbeda jauh dengan sekarang dimana UU sudah jelas mengatur tugas dan fungsi kepolisian. Bagusnya, POLRI senantiasa terus membenahi diri sebagai lembaga pelindung & pengayom masyarakat. Di sisi lain, masyarkatpun harus terus berusaha menjadi masyarakat yang baik dan sadar hukum

Spoiler for "trit yang wajib dibuka":


Terus mau diganti apa namanya kalo bukan Bhayangkara, "Bayangan Angkara " emoticon-Ngakak
kok nggak penting amat bahasannya...emoticon-Busa:


Lagian, dalam aturan turunannya di kepolisian, gw yakin isinya tentang bagaimana MEMBELA RAKYAT, menjaga ketertiban dll yang INDAH INDAH....
tapi PELAKSANAANNYA....yaaaaa emoticon-Ngakak
Bintang Bhayangkara (Sanskerta: bhayangkara berarti garang, hebat; nama pasukan pengawal elit kerajaan Majapahit) adalah bintang penghargaan yang dinugerahkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bintang_Bhayangkara

kesimpulan ane indonesia = negara majapahit

pantes waktu klaim2 malay soal sriwijaya pada koar2 ganyang malaysia.
pantesan pejabat ma orang yg punya duit doank bisa pake jasa patroli pengawalan emoticon-Cape d... (S)
rakyat? seperti biasa harus ngalah dipepet pepet patwal! emoticon-Ngakak
kagag penting ngerubah kata2nya,
yang penting itu ya ngerubah kelakuan anggota2nya.
klo kata bayangkara diganti tapi kelakuan tetep aja tajam ke bawah tumpul ke atas ya sami mawon.
Quote:Original Posted By aceng.h.m.fikri
Terus mau diganti apa namanya kalo bukan Bhayangkara, "Bayangan Angkara " emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

mau namanya diganti, klo kulturnya tetep sama, ya gak akan berubah. sama aja dgn acara tv yg ganti namanya, tapi itu2 aja penampilannya
sayang ane bukan ahli bahasa,mungkin bawah ane tau
Quote:"Bhayangkara itu secara historis berarti prajurit untuk melindungi raja di jaman Majapahit. Jadi yang dilindungi elit, bukan rakyat kecil,"

Oooo ... jadi artinya begitu ya ,

Khoontol baru tau.

emoticon-Belo
Ahhh poLisi emoticon-Nohope
Udah Tua ,ber kumis tp pada ga ngerti kerja.
berita kadaluarsa ganemoticon-EEK!
Ente bikin berita jelek ttg polisi kayak gini gak takut ditangkep intel polisi di kaskus inikah gan?

emoticon-Matabelo
kalian cuma melihat sesuatu dari sisi negatif. tidak akan maju negara qt
padahal penggunaan kata Bhayangkara saja sudah salah....

karena jika ikut nama asli pasukan pengawal raja Majapahit yang sempat dipimpin oleh Mahapatih Gajah Mada adalah Bhayangkari