alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cb3962621243011800000a/ringan-inilah-30-ikon-kuliner-tradisional-indonesia
Cool 
[Ringan] Inilah 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia
Jumat, 14 Desember 2012 | 17:23 WIB
[Ringan] Inilah 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia
Sate lilit di RM Ayam Betutu Pak Man, Tuban, Bali.
[Ringan] Inilah 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia
Laksa Bogor
JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa pun mengakui bahwa kuliner di Indonesia sangat banyak ragamnya, mulai dari aneka racikan nasi, yang menjadi makanan wajib orang Indonesia, ragam kue, sayur dan lauk pauk, hingga aneka minuman.

Dengan banyaknya jenis kuliner tersebut, industri kuliner menjadi salah satu industri yang berkembang saat ini, seiring dengan berkembangnya pariwisata dalam negeri.

"Ditetapkannya kuliner menjadi subsektor industri kreatif yang bisa jadi kebanggaan di luar negeri. Dalam hal ini, kuliner menjadi menjadi wisata minat khusus," ungkap Dirjen Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rachim, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (14/12/2012).

Banyaknya ragam kuliner Indonesia mengakibatkan sulitnya mendefinisikan mana yang termasuk makanan khas Indonesia. Karena itu perlu ditetapkan jenis makanan tradisional yang dapat menjadi ikon, mewakili kuliner Indonesia di event nasional dan internasional.

Menurut Firmansyah, terdapat 70 jenis calon ikon kuliner tradisional Indonesia, yang kemudian dikerucutkan menjadi 30 ikon kuliner tradisional Indonesia. Kuliner tersebut terdiri dari kuliner pusaka, tradisi dan unggulan, mulai dari makanan pembuka, hingga penutup.

Landasan pemilihan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia tersebut, ungkap Firmansyah, berdasarkan beberapa kriteria. Pertama, bahan baku harus mudah diperoleh, baik di dalam maupun luar negeri, yang kedua kuliner tersebut telah dikenal oleh masyarakat luas, serta ada pelaku profesional praktisi kuliner tersebut.

Tiga puluh ikon kuliner tradisional Indonesia, yang diseleksi oleh Kelompok Kerja buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang terdiri dari para praktisi dan pakar kuliner, yaitu Ayam Panggang Bumbu Rujak Yogyakarta, Gado-gado Jakarta, Nasi Goreng Kampung, Serabi Bandung, Sarikayo Minangkabau, Es Dawet Ayu Banjarnegara, Urap Sayuran Jogjakarta, Sayur Nangka Kapau, Lunpia Semarang, Nagasari Jogjakarta, Kue Lumpur Jakarta, Soto Ayam Lamongan, Rawon Surabaya, Asinan Jakarta, Sate Ayam Madura.

Berikutnya Sate Maranggi Purwakarta, Klappertaart Manado, Tahu Telur Surabaya, Sate Lilit Bali, Rendang Padang, Orak-arik Buncis Solo, Pindang Patin Palembang, Asam Padeh Tongkol Padang, Nasi Liwet Solo, Es Bir Pletok Jakarta, Kolak Pisang Ubi Bandung, Ayam Goreng Lengkuas Bandung, Laksa Bogor, Kunyit Asam Solo, serta Nasi Tumpeng. Ke-30 ikon kuliner ini ditetapkan sebagai ikon kuliner tradisional Indonesia di dalam maupun luar negeri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengharapkan dari ke-30 ikon kuliner tradisional Indonesia ini, akan akan disajikan berbentuk menu, mulai dari makan pembuka hingga minuman.

"Pemilihan kuliner tradisional tak berhenti pada 30 ini. Kita mulai dari 30 ini selanjutnya kita implementasi, kenapa kita memilih kuliner tersebut, dengan cerita yang ada di balik kuliner. Nantinya setiap destinasi wisata harus punya ikon dan kuliner unggulan. Karena kuliner adalah bagian dari tourism," ujar Mari.

"Ditetapkannya 30 ikon kuliner tradisional Indonesia, diharapkan menjadi makanan yang wajib dimasak pada setiap event nasional atau internasional di Istana Negara," tambah Firmansyah.
sumber

wah makanan indonesia emang lezat2.
yang maem pasti dijamin ketagihan.
sego megono ga ada?...nasi pecel tumpang jg ga ada?...pecel madiun ga ada ?...trancam + gudangan ga ada?...intip solo ga ada...emoticon-Belo
padahal yang paling terkenal di luar neger tuh cuma 3 makanan gan emoticon-Ngakak
tambahan: ande ande lumut,gempol pleret,jenang gendul,opak opak,lentho,gandos angin emoticon-Belo
Quote:Original Posted By 0ralucu
sego megono ga ada?...nasi pecel tumpang jg ga ada?...pecel madiun ga ada ?...trancam + gudangan ga ada?...intip solo ga ada...emoticon-Belo

Quote:Original Posted By 0ralucu
tambahan: ande ande lumut,gempol pleret,jenang gendul,opak opak,lentho,gandos angin emoticon-Belo

Klo disebutin semua kagag muat mbah buat nampung nama2 masakan tradisional dr seluruh indonesia.
itu kan cuman diambil 30 buat perwakilan aja.

Quote:Original Posted By stratovarius666
padahal yang paling terkenal di luar neger tuh cuma 3 makanan gan emoticon-Ngakak

makanya itu gan,
dengan adanya kegiatan ini semoga ntar yg terkenal kagag cuman 3 jenis masakan doang
[Ringan] Inilah 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia


Jadi pengen emoticon-Belomatabelo
gudeg, oseng2 mercon, sego kucing, kok g ada yak?
[Ringan] Inilah 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia
Kalo semanggi suroboyo gimana?
satu daerah ajah bisa punya banyak makanan tradisional apalagi satu indonesia
memang indonesia kaya banget
emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By pakmomon


Tiga puluh ikon kuliner tradisional Indonesia, yang diseleksi oleh Kelompok Kerja buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang terdiri dari para praktisi dan pakar kuliner, yaitu



- Ayam Panggang Bumbu Rujak Yogyakarta
- Gado-gado Jakarta,
- Nasi Goreng Kampung,
- Serabi Bandung,
- Sarikayo Minangkabau,
- Es Dawet Ayu Banjarnegara,
- Urap Sayuran Jogjakarta,
- Sayur Nangka Kapau,
- Lunpia Semarang,
- Nagasari Jogjakarta,
- Kue Lumpur Jakarta,
- Soto Ayam Lamongan,
- Rawon Surabaya,
- Asinan Jakarta
- Sate Ayam Madura.


Berikutnya

- Sate Maranggi Purwakarta
- Klappertaart Manado
- Tahu Telur Surabaya
- Sate Lilit Bali
- Rendang Padang
- Orak-arik Buncis Solo
- Pindang Patin Palembang
- Asam Padeh Tongkol Padang
- Nasi Liwet Solo
- Es Bir Pletok Jakarta
- Kolak Pisang Ubi Bandung
- Ayam Goreng Lengkuas Bandung
- Laksa Bogor, Kunyit Asam Solo
- serta Nasi Tumpeng


Ke-30 ikon kuliner ini ditetapkan sebagai ikon kuliner tradisional Indonesia di dalam maupun luar negeri.



sempit sekali indonesia....

masakan khas borneo mana ? papua mana ? sulawesi cuma 1 dari sumatera cuma 4, madura 1, bali 1.

yang banyak dari jakarta - jawa, sisanya anak tiri...

apaan nech menbud, tak adil... emoticon-Mad:

ada hari batik, mana hari songket, mana hari ulos, ini tak adil... emoticon-Mad:
Quote:Original Posted By batu.merah
sempit sekali indonesia....

masakan khas borneo mana ? papua mana ? sulawesi cuma 1 dari sumatera cuma 4, madura 1.

yang banyak dari jakarta - jawa -bali, sisanya anak tiri...

apaan nech menbud, tak adil... emoticon-Mad:



setuju masbro, indonesia itu luas seharusny semua propinsi ikut diwakili oleh makanan khas daerah,

baru dah bs dsebut "kuliner Tradisional Indonesia"
dari RIAU nggak ada? Selalu jawa. mana soto banjar? mana palu marra? mana papiong? mana bolu kemoja? mana roti jala?

YG nyusun Tai laso
Pagi-pagi belum sarapan, baca thread kaya gini, Hmmmm laverrrrrrrrr. Em reang enak-enak semua itu 30 makanan yang disebut. Favorit ane rendang Padang emoticon-Blue Guy Smile (S)
kont0l kambing khas surabaya mana? emoticon-Bingung
banyakan masakan jawa yah emoticon-Thinking
kurang beragam nie emoticon-Embarrassment

@TS kasi pic nya satu2 donk emoticon-Genit:
sate tetap nomer satu karena dimana mana ada
Quote:Original Posted By 0ralucu
sego megono ga ada?...nasi pecel tumpang jg ga ada?...pecel madiun ga ada ?...trancam + gudangan ga ada?...intip solo ga ada...emoticon-Belo


Quote:Original Posted By 0ralucu
tambahan: ande ande lumut,gempol pleret,jenang gendul,opak opak,lentho,gandos angin emoticon-Belo



rica-rica guk-guk komplang dan ciu bekonang juga gak masuk 30 besar mbah emoticon-Sorry
wah tahu bakso Ungaran, Semarang gak masuk nih? emoticon-Cape d... (S)
wah enak enak gan,jd pengen jajanemoticon-Ngacir
pempek palembang mana? emoticon-Kagets

kerak telor mana emoticon-Mad:

cendol mana ?? emoticon-Cape d... (S)