alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cb00c6e574b4e22600000f/pakai-hp-saat-berkendara-siap-siap-didenda-rp-750-ribu
Pakai HP saat berkendara, siap-siap didenda Rp 750 ribu
Satlantas Polrestabes Semarang mulai hari ini, Kamis (13/12) gencar melakukan sosialisasi pelarangan penggunaan atau memainkan handphone (HP) saat berkendara. Sebab, tidak sedikit terjadi kecelakaan disebabkan pengendara menggunakan dan memainkan HP saat berkendara.

"Bagi pengendara yang melanggar akan dikenakan Pasal 283 jo Pasal 106 ayat (1) tentang melakukan kegiatan lain saat mengemudi. Selain ditilang, pelanggar juga akan didenda Rp 750 ribu," ujar Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Faizal, Kamis (13/12).

Faizal menerangkan, menggunakan HP saat berkendara memang hal yang sepele. Namun, kebiasaan buruk itu akan berakibat fatal karena akan mengganggu konsentrasi sang pengendara. Terbukti banyak kejadian kecelakaan disebabkan karena pengendara menerima telepon atau membaca SMS.

"Banyak kecelakaan diakibatkan karena pengendara lalai saat mengemudi. Tak jarang, pengendara sepeda motor biasanya menerima telepon dengan cara dijepitkan di dalam helm. Jelas, itu mengganggu konsentrasi," tegasnya.

Saat ini Faizal mengaku tengah gencar melakukan sosialisasi larangan menggunakan HP saat berkendara.

"Berdasarkan hasil evaluasi Operasi Zebra Candi 2012 kali ini, disimpulkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas masih sangat minim. Terbukti dari banyaknya pelanggaran selama dua pekan operasi. Dua pekan melakukan operasi, sedikitnya 10.299 pengendara melakukan pelanggaran lalu lintas. Ini menyimpulkan kalau kesadaran masyarakat masih sangat minim," terangnya.

Selain sosialisasi larangan penggunaan HP saat berkendara, pihaknya juga akan menggiatkan lagi program light on (menyalakan lampu motor pada siang hari dan malam hari) bagi pengendara roda dua. Karena masyarakat kini sudah tidak lagi menggunakan light on.

"Tidak menyalakan lampu utama pada siang hari bisa dikenakan Pasal 293 ayat (2) jo Pasal 107 ayat (2). Dendanya Rp 100 ribu, ini akan kita gencarkan lagi," pungkasnya.

http://www.merdeka.com/peristiwa/pak...-750-ribu.html

bisa nego kan pak emoticon-Malu (S)
iya di tilang aja tuh yg pake hape...mengganggu yang lainnya...
BJ saat mengemudi, Bapak mau?
Bagus deh asal jangan jadi obyekan baru aja emoticon-Malu (S)
klo lg berkendara sambil liat hp buat liat map / peta gimana tu?? hehe..
rasanya pengen gw tendang org yg sms an sambil bawa motor
lapak baru buat om polkis emoticon-Ngakak
demi keselamatan berkendara, jadi nggak boleh main hp saat berkendara
nah ini baru peraturan bgs .. asal diterapkan bener dan tidak wani piro ane yakin bakalan patuh pengedaranya
masih susah dilihat kalau yang pakai Hp sambil nyetir mobil dan kacanya hitam
kalo beneran aturannya ditegakin sih gag masalah, soalnya ane juga paling empet liat orang smsan/ nelpon pas lg naek kendaraan.
tapi tar jangan dijadiin obyek baru meres pengendara buat menuhin kantong sendiri.
emang bahaya koq,,, emoticon-Malu (S)
biasanya sih ada motor di tengah2 tiba2 langsung pelan n terima sms emoticon-Malu (S)
bikin jantungan kendaraan laen yg di belakang dia,,,
ketabrak ngamuk,,,
di klakson ngamuk,,,
di hindar malah lebih beresiko yg ngindar,,,
nah tuh.. segera diterapkan aja deh.. sebel banget liat orang make hape saat berkendaraan,terutama yg make motor. udah kayak latian debus aja tuh emoticon-Hammer (S)
emoticon-2 Jempol Yesss... Setuju bgt ane!!! Mereka itu org-org yang gak perduliin keselamatan, bukan cuman diri-nya sendiri, tapi juga orang lain.
750rb nenek lo...
dijalan paling ceban jg bs damaiemoticon-siul
kalo ane minggir dulu kok baru baca sms atau ngangkat telepon
mantap
K'lo di hukum pake duit mah, udah pasti bisa nego.

Ga tegas bikin hukumannya, payaah.
walah,damai di tempat saja ganemoticon-Ngakak
bukannya udah lama ya aturan tentang ini? masa baru dimulai skrg. kirain udah berjalan.
wah dapat lahan baru beh pak emoticon-Stick Out Tongue