alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cabfa2e474b4df0800005e/kampanye-terselubung--sosialisasi-kpu-jabar-tak-persoalkan-aher-rajin-beriklan
Thumbs down 
{Kampanye Terselubung = Sosialisasi} KPU Jabar Tak Persoalkan Aher Rajin Beriklan
KPU Jabar tak persoalkan Aher rajin beriklan
Reporter : Andrian Salam Wiyono
Kamis, 13 Desember 2012 12:33:44

Jelang pelaksanaan Pilgub Jawa Barat, Ahmad Heryawan kerap muncul di layar kaca. Calon incumbent itu rajin beriklan dalam kapasitasnya sebagai gubernur Jawa Barat.

Dalam iklan-iklan tersebut, pria yang biasa disapa Aher itu menyampaikan kemajuan yang telah dicapai Jawa Barat dan memperkenalkan Jawa Barat dengan segala keunggulannya. Namun, hal itu dinilai sebagai kampanye terselubung Aher. Bahkan, Aher dinilai telah curi start.

Menanggapi hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyatakan, tindakan Aher tersebut sah saja dilakukan. Sebab, sebagai gubernur aktif, Aher berwenang menyampaikan program pemerintahannya kepada publik.

"Mereka dapat mensosialisasikan pencalonannya di balik sosialisasi program-program pemerintah," kata komisioner KPU Jabar, Iin Endah Setiawati, di Bandung, Kamis (13/12).

Menurutnya, hal itu merupakan salah satu keuntungan yang dimiliki oleh calon incumbent. Karenanya, apa yang dilakukan Aher tak bisa dikategorikan mencuri start kampanye.

Hingga kini, pihaknya belum mengeluarkan soal aturan main kampanye. Sebab, kampanye resmi baru akan dimulai pada Februari 2013.

"Maka penayangan sosialisasi program pemerintah yang dilakukan petahana selama ini belum masuk pelanggaran. Kami tidak bisa mengatakan tayangannya di televisi sebagai kampanye," ujarnya.

Dia mengatakan, iklan yang masuk kategori kampanye memuat sejumlah hal, yakni penyampaian visi dan misi calon, ada ajakan untuk memilih calon tertentu, dan sejumlah lainnya.

"Artinya, kalau salah satu tidak ada, tidak bisa dikatakan kampanye. Jadi kami masih menganggap tampilannya di tv baru sebatas sosialisasi yang ada untungnya bagi KPU, yaitu mensosialisasikan Pilgub," katanya.

"Penetapan kan baru dilakukan pada 17 Desember 2012, jadi semua masih bakal calon," tandasnya.

Source

Kamis, 06/12/2012 06:18 WIB
Ical Dijadwalkan Hadiri Jalan Santai 'For President 2014' di Riau
Chaidir Anwar Tanjung - detikNews

Pekanbaru, - Aburizal Bakrie akan menghadiri jalan santai di Pekanbaru dalam pelantikan pengurus DPD Golkar Riau. Dalam kupon jalan santai tertuliskan, For President RI 2014.

Gerak jalan santai ini akan dilaksanakan, Sabtu (9/12/2012) yang diklaim panitia akan diikuti 20 ribu massa di Pekanbaru. Gerak jalan santai ini digagas Ketua DPD Golkar Riau, Annas Maamun setelah terpilih dalam Musdalub 24 Oktober di Jakarta.

Dalam kupon gerak jalan santai ini, terlihat foto Ical berjas warna kuning dengan tulisan di bawahnya FOR President RI 2014. Selanjutnya foto Ical bersanding dengan Ketua DPD Golkar Riau, Annas Maamun yang menjabat Bupati Rokan Hilir tersebut.

Namun panitia pelaksana jalan santai bertajuk "jalan santai bersama kawan Annas" ini, membantah bila disebut Ical melakukan kampanye terselubung.


"Aburizal datang ke Pekanbaru dalam rangka pengukuhan pengurus DPD Golkar Riau yang baru terpilih. Selanjutnya, akan melepas gerak jalan santai. Jadi bukan ajang kampanye pencapresan," kata pantia pelaksana Eddy Akhmad RM kepada detikcom, Rabu (5/12/2012) di Pekanbaru.

Menurut Eddy, adanya kalimat For Presiden RI 2014 dalam kupon jalan santai itu sifatnya hanya sosialisasi, bukan kampanye.

"Kami rasa sah-sah saja jika kita melakukan sosialisasi ke masyarakat Riau. Kupon bertuliskan for presiden itu bukanlah kampanye terselubung," kata Eddy.



[url=http://news.detik..com/read/2012/12/06/061839/2110675/10/ical-dijadwalkan-hadiri-jalan-santai-for-president-2014-di-riau]Source[/url]

Sekarang kampanye terselubung yang tidak ada visi dan misinya dipelintir sebagai sosialisasi. emoticon-Matabelo
ya mau kampanye terselubung kek , kampanye apa kek , yg penting kan jgn pake duit rakyat aje pak
Quote:Original Posted By astradt
ya mau kampanye terselubung kek , kampanye apa kek , yg penting kan jgn pake duit rakyat aje pak


Iklan Aher-Sule Nyari Simpati Lewat APBD
Bandung, BEDAnews

Maraknya iklan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di beberapa Media Massa terutama di media TV nasional, mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan masyarakat dan dewan.

Iklan yang mensosialisasikan program pembangunan Jabar itu, cenderung lebih menonjolkan pribadi calon gubernur Jabar dari Incumbent Ahmad Heryawan, bukan kegiatan pembangunan hasil dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda dan DPRD Jabar sebagai mitra, ungkap Deden Darmansyah, anggota Komisi A DPRD Jabar, saat ditemui Bedanews.com usai sidang paripurna 12 Raperda dan penbentukan Pansus Pembahasan 12 Raperda, di Lobby Paripurna DPRD Jabar Bandung, Senin (26/11).

Dikatakannya, iklan Gubernur itu lebih menonjolkan keberhasilan pribadi, bukan keberhasilan Pemprov Jabar.
“Kan dalam PP No 58 tahun 2005, disebutkan bahwa pemerintah daerah di tingkat provinsi itu terdiri dari Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerah selaku koordinator Pejabat Pengelola Keuangan Daerah dan PNS golongan tertinggi di lingkungan Setda,” katanya.

Untuk itu, seharusnya iklan tersebut dibuat bergantian antara Gubernur, Wagub dan Sekda. Hal ini agar tidak menimbulkan pertanyaan masyarakat bahwa iklan Gubernur sengaja dibuat hanya untuk menjelang Pilgub dan untuk memperkenalkan diri agar lebih dikenal dan mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Diminta tanggapannya soal besaran anggaran iklan, Deden menyatakan kurang paham karena itu adanya di Biro Humas, Protokol dan Umum (HPU). Tapi bisa jadi dana iklan sosialisasi Gubernur sengaja diselipkan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Yang jadi persoalannya, apakah dana sosialisasi tersebut teranggarkan atau tidak. Kalau tidak, tentu bisa jadi bahan temuan BPK. Hal ini karena lumayan besar iklan di media elektronik, apalagi ditayangkan di beberapa Televisi swasta Nasional, ujarnya. (her)

http://www.bedanews.com/iklan-aher-s...ati-lewat-apbd
jaaahhh.....itu mah kagak aneh gan....

si kumis aja waktu kampanye kemaren ngeluarin berapa duit APBD buat ngiklan di tipi?????

itulah cerminan pejabat negeri ini... emoticon-Najis
lah TS gimana sih itu yang namanya keunggulan/keuntungan incumbent
kelemahannya program2nya/track recordnya dia bisa jadi bahan bullying oleh para pesaingnya emoticon-Big Grin

gitu loch emoticon-Ngakak