alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ca801f8027cfb41a00007f/hartati-pasrah-mendengar-rekaman-sadapan
Hartati 'Pasrah' Mendengar Rekaman Sadapan
Hartati 'Pasrah' Mendengar Rekaman Sadapan
Sambil tertunduk, terdakwa suap terkait pengurusan Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit di Buol, Sulawesi Tengah, Siti Hartati Murdaya mendengarkan rekaman sadapan percakapan antara dirinya dengan Bupati Buol, Amran Batalipu. Rekaman ini sengaja diputar penuntut umum KPK saat Amran menjadi saksi untuk terdakwa Hartati di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (13/12).
Awal rekaman dibuka oleh suara Direktur PT Hardaya Inti Plantation Totok Lestiyo. Kemudian, Totok memberikan telpon tersebut ke Hartati agar bisa bicara langsung dengan Amran. Dalam percakapan itu, terdengar jelas bahwa Hartati yang mendesak Amran agar perusahaannya tidak diganggu dengan kehadiran perusahaan lain yang ingin menggarap lahan seluas 4500 hektar di Buol.
Meski tak disebut perusahaan apa yang dimaksud, tapi dalam surat dakwaan Hartati sebelumnya perusahaan yang dimaksud adalah PT Sonokeling yang dimiliki oleh anaknya Artalyta Suryani, Rommy Darma Setiawan. "Bapak kan tahu saya ini sudah jadi pahlawan. Saya yang paling berat kerjanya di situ, orang lain main masuk saja, kita dianiaya. Bapak bantu saya lawan dia," kata Hartati di ujung telpon.
Terkait permintaan ini, Amran pun menjawab akan membicarakan terlebih dahulu dengan timnya. Pembicaraan dengan tim akan dilakukan setelah cuti kerjanya habis. "Iya bu nanti, kita bicarakan dulu dengan tim, semuanya. Tentu kan masalah itu harus kompak semuanya. Yang baru-baru kan enak bu, kompak. Nanti saya bantu bu," jawab Amran.
Percakapan antara keduanya pun berlanjut. Hartati menceritakan awal perusahaannya, PT Citpa Cakra Murdaya (CCm) berinvestasi di Buol. Di mana, kala itu medan lahan untuk berinvestasi masih belum terjamah pengusaha lain. Lantaran perusahaannya concern berinvestasi di Buol, hingga menyebabkan meningkatnya kesejahteraan masyarakat di sana.
"Saya gak salah loh pak, malah kita itu berjasa di situ, sekarang bapak kasih saja izinnya ke kita, nanti dia (PT Sonokeling) gak bisa nyela lagi," tutur Hartati. Terkait hal ini, Amran pun berjanji akan menyelesaikannya setelah masa cutinya habis.
Di percakapan, juga terdengar adanya istilah 'dua kilo' yang diterima Amran. Bahkan Hartati mempertanyakan ke Amran apakah 'dua kilo' itu sudah diterimanya. Amran pun menjawab sudah. Saat ditanya majelis, Amran menjawab istilah 'dua kilo' itu adalah uang Rp2 miliar. Pemberian uang ini dimaksudkan agar Amran memberikan izin lokasi terhadap sisa lahan perusahaan Hartati di Buol.
Dengan adanya rekaman sadapan ini seakan membuka tabir bahwa dalih pemerasan Amran ke Hartati terbantahkan. Pemerasan yang dimaksud karena di sekitar perusahaan Hartati di Buol, tengah terjadi demonstrasi sehingga mengganggu kinerja perusahaan.
Menurut Hartati, Amran lah yang meminta uang dan menjanjikan akan menyelesaikan persoalan demonstrasi tersebut. Uang tersebut nantinya akan dipergunakan Amran sebagai amunisi mengikuti pemilu kepala daerah di Buol.
Terkait hal ini, Hartati membantahnya. Menurut dia, percakapan ke Amran merupakan bentuk penolakannya secara halus untuk memberikan uang. "Ketika berbicara di telpon dengan saya, saya ucapkan terima kasih dan kesulitan dengan Sonokeling, apakah bapak tidak merasa bahwa saya komplain, ditelpon sifatnya saya menolak secara halus permintaan Rp2 miliar dari bapak," tuturnya. Amran bersikukuh hal tersebut bukanlah penolakan Hartati.
Dalam perkara ini, Hartati didakwa telah menyuap Amran Batalipu sebesar Rp3 miliar. Suap diberikan agar Amran menerbitkan izin lokasi usaha perkebunan kelapa sawit seluas 4500 hektar. Atas perbuatannya itu, Hartati dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Pemberantasan Korupsi jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Atau dakwaan kedua, melanggar Pasal 13 UU No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Dengan ancaman penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp250 juta.

SUMBER : http://www.hukumonline.com/berita/ba...ekaman-sadapan
walah bu hartanya 7 turunan ndak habis di makan kok masih ndak puas ya.gara gara 3 kilo jadi amsiong semua............tawakal aja deh bu ya....ini peringatan dari yg di atas supaya jangan terlalu rakus karena harta di dunia ini ngenggat adanya.............
Yang tabah dan sabar ya tante emoticon-Frown Semoga masalahnya cepat kelar


(HT tgl 09/12/2012) Bokap ane pelatih timnas

Mercedes Benz resmi for sale kaskus official thread by Fendi Sinatra
kirim ke ane donk donk bu 'dua kilo'nya emoticon-Malu (S)

lg butuh nih bwt nyapres emoticon-Stick Out Tongue
Semua ini ada hikmahnya bu..
wah mau dong apel malang dua kilo, apel washington dua kilo. lucu2 jg yah istilah suap menyuap
Klo kasus suap nya Hartati ini merugikan kita gak sih??
maksudnya... kan dia nyuap Amran untuk menjegal lawan bisnisnya,, gak ada sangkut pautnya dengan masyarakat

*serius tanya lho,, ane emang lagi belajar masalah politik.
Semoga kebenaran di tegakkan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By christopher99
walah bu hartanya 7 turunan ndak habis di makan kok masih ndak puas ya.gara gara 3 kilo jadi amsiong semua............tawakal aja deh bu ya....ini peringatan dari yg di atas supaya jangan terlalu rakus karena harta di dunia ini ngenggat adanya.............


Setuju banget nih..

itu semua akibat gak pernah puas dan selalu kurang ama yg di dapet... emoticon-Embarrassment
Nah loo agen KPK ada dimana2! emoticon-Ngakak Kapok ni si Hartati.
bu tolong 6 kilo saja buat saya

n jangan ngrusak hutan lagi buat HTI

emoticon-Toast
Quote:Original Posted By dirty.
Klo kasus suap nya Hartati ini merugikan kita gak sih??
maksudnya... kan dia nyuap Amran untuk menjegal lawan bisnisnya,, gak ada sangkut pautnya dengan masyarakat

*serius tanya lho,, ane emang lagi belajar masalah politik.


mungkin ada nanti yang ngerti bakal kasih pencerahan.
tetapi setau ane sih hartati sih bukan wanita biasa


2kilo=2miliar kode baru
setiap tindakan ada konsekuensinya bu

dan anda memilihnya saat itu

sukses ya bu di sana... '
Quote:Original Posted By dirty.
Klo kasus suap nya Hartati ini merugikan kita gak sih??
maksudnya... kan dia nyuap Amran untuk menjegal lawan bisnisnya,, gak ada sangkut pautnya dengan masyarakat

*serius tanya lho,, ane emang lagi belajar masalah politik.


Hartati menyuap pejabat, yang kena sikat pertamakali adalah pejabat ybs, baru kemudian penyuap-nya.

Quote:Original Posted By JZ09IYY


Hartati menyuap pejabat, yang kena sikat pertamakali adalah pejabat ybs, baru kemudian penyuap-nya.



iya,,
maksudku,, masyarakat dirugikan nggak dari kasus tersebut?

thx atas jawabannya
Quote:Original Posted By dirty.


iya,,
maksudku,, masyarakat dirugikan nggak dari kasus tersebut?

thx atas jawabannya



masyarakat ga dirugikan gan, tapi masyarakat ditipu.
ente inget pasal pasal di UUd 45 ga gan?
kalo kekayaan negara dikelola oleh negar dan dipakai untuk seluruh rakyat, jadi kalo dia nyuap pejabat, buat buka bisnis, trus bisnis tersebut ngeruk sumber daya dari lingkungan yang hak masyarakat banyak berarti namanya apa gan?
masyarakat ga dirugikan, tapi dirampok besar besaran...
Padahal ketum Walubi tapi yah koq kelakuan kek gitu?
Quote:Original Posted By KichigaiKid
Padahal ketum Walubi tapi yah koq kelakuan kek gitu?


ketua walubi juga manusia cuuy, doyan bgd sama duit emoticon-Big Grin
wah kalo hartati masuk bui, suaminya bisa2 cari daun muda deh
waduh jangankan dua kilo. setengah kilo aja sueger banget buat anne