alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50c9c570ea74b48958000053/dicampur-daging-babi-omzet-pedagang-bakso-turun
Peringatan! 
Dicampur Daging Babi, Omzet Pedagang Bakso Turun
Dicampur Daging Babi, Omzet Pedagang Bakso Turun
Pedagang bakso di Jakarta harus mencari pasokan daging dari luar kota karena di pasar lokal belum tersedia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terungkapnya daging bakso yang dicampur daging babi berpengaruh pada omzet para pedagang bakso. Jika biasanya dagangan mereka cepat habis, kini laku 10 mangkok pun sudah bersyukur.

Sugiman, pedagang bakso di Jalan Haji Enting, Cipete, mengaku omzet penjualannya turun drastis. Bakso yang biasa setiap hari habis terjual hari ini baru terjual 10 mangkok.

"Itu pun sisa bakso kemarin. Hari ini saya tidak buat bakso sama sekali. Cuma jual mie ayam dan siomay," kata Sugiman kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Sugiman menuturkan, dari jam 11.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, biasanya sudah ratusan mangkok bakso yang terjual. Hari ini warungnya sepi pembeli.

"Saya ini sehari normalnya bisa dapat Rp 700 ribu - Rp 800 ribu. Hari ini Rp 100 ribu aja enggak nyampe," keluhnya.

Sugiman biasa membeli daging sapi di toko Haji Awi yang berada tidak jauh dari lokasi kios penggilingan daging bakso yang dicampur babi. Pengalamannya berdagang bakso sejak tahun 1967 membuatnya mengenal betul ciri-ciri daging sapi yang baik.

"Saya bisa bedakan mana daging sapi mana bukan. Kalau saya khusus menjual bakso dengan kualitas daging yang bagus saja," tuturnya.

Menurut Sugiman, daging sapi kualitas baik mudah sekali dibentuk menjadi bulatan bakso. Sedangkan jika bukan daging sapi, pembulatan daging bakso butuh 3 sampai 4 kali proses.

Sementara Sari (35), pedagang bakso lain di Cipete sedikit beruntung. Omzet penjualan baksonya setelah berita kios penggilingan daging terbongkar turun sekitar Rp 100 ribu. Ia mengaku banyak ditanya pelanggan yang berkunjung ke warung bakso miliknya.

Abi (18), pembeli di warung bakso milik Sari mengaku memesan mie pangsit. Sementara temannya Hani (15) membeli mie ayam.

"Biasanya kami berdua beli bakso di sini. Cuma gara-gara dengar berita jadinya beli mie aja," tukas Abi.

Kedua pedagang, Sugiman dan Sari, berharap pemberitaan tentang penggilingan bakso yang terbuat dari daging babi ini segera berakhir. Kedua pedagang yang mengaku bakso yang mereka jual terbuat dari daging sapi asli ini merasa terpukul akibat pemberitaan. Para pelanggan memilih tidak mengonsumsi bakso sehingga mengakibatkan keuntungan mereka turun dalam dua hari terakhir.

Bakso Campur Daging Babi Lebih Murah
JAKARTA, KOMPAS.com - Bakso daging oplosan juga ditemukan di pasar sekitar wilayah Jakarta Barat. Bakso tersebut terbuat dari daging babi dan dipasarkan oleh tukang bakso curah.

"Kita sudah lakukan uji sampel di lima pasar di Jakarta Barat. Dari sampel yang diambil, ada tiga sampel yang terbukti mengandung daging babi," Kepala Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat Eviati kepada wartawan, Kamis (13/12/2012).

Ia menambahkan, sampel tersebut diambil dari lima pasar di Jakarta Barat, yaitu Pasar Kemiri, Pasar Duta Mas, Pasar Kopro, Pasar Puri, dan Pasar Grogol. Dari lima pasar tersebut, bakso oplosan ditemukan di Pasar Puri, Pasar Grogol, dan Pasar Kopro (Tomang Barat).

Ia melanjutkan, bakso yang ditemukan di tiga pasar tersebut merupakan bakso yang dijual butiran dan kiloan. Bakso tersebut tersimpan di dalam baskom besar dan tidak ada tulisan merk atau jenis daging pada bakso tersebut.

Eviati mangatakan, bakso yang sudah dioplos dengan daging babi biasanya harganya lebih murah. Satu butir bakso dihargai Rp 300 sampai Rp 1.500 tergantung besar dari bakso tersebut. Sedangkan bakso asli menggunakan daging sapi dihargai Rp 1.000 per butir untuk ukuran kecil.

Menurutnya, secara kasat mata tidak ada perbedaan pada bakso yang menggunakan daging babi dan bakso yang menggunakan daging sapi. Untuk mendeteksi kandungan bakso harus dilakukan di laboratorium.

Sebelumnya, pabrik bakso oplosan menggunakan daging sapi juga ditemukan di Pasar Cipete, Jakarta Selatan. Bakso tersebut ada pada satu pabrik yang segera digerebek polisi setelah mendapatkan informasi dari masyarakat sekitar.


Hati2 klo jajan bakso gan, ada campuran daging najis bin haramnya emoticon-Najis
Oh iya, pengumuman aja: TSnya pengumpul bata ya emoticon-Blue Guy Peace


Sok atuh dikomen...... emoticon-Ngacir
Wihhh .... ngeri ngeri sedap nih gan...
takut gan...serem aje makan bkso oplosan...makan bakso ikan aje daaah....
dari sidak di 5 pasar di temukan 3 parah juga dong berarti ya, bukan cuma yang di grebek kemarin aja kalau begituemoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By kucingtidok
Wihhh .... ngeri ngeri sedap nih gan...


ngeri2 sedap gundulmu..
tapi daging babi bukannya konon harganya mahal ya ??
ato jangan2 itu daging babinya pake babi hutan..
Kasian emoticon-Frown Sapinya pada ngambek kali ya agan kaga mau disembelih...


(HT tgl 09/12/2012) Bokap ane pelatih timnas

Mercedes Benz resmi for sale kaskus official thread by Fendi Sinatra
Kasian ya pedagang jujur kena getahnya
Quote:Original Posted By druidism08
Kasian ya pedagang jujur kena getahnya

iya gan bener, sumpah ksian sm orang-orang yang niat mau jualan dengan cara yang baik tapi pasti kena dampaknya juga krn ada kasus ginian

oknum koploy
ane tadi ga jadi jajan bakso gara2 takut kalo baksonya campuran daging babi emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By druidism08
Kasian ya pedagang jujur kena getahnya


iya gan dampaknya domino pula kota ane di sumatra juga kena efek masyarakat pada takut makan bakso, kasihan yang dagang bakso
bakso lagi bakso lagi,abis deh omset bakso,kemarin formalin,sekarang dicampur daging babi,ntar apa lagi dehh.
Quote:Original Posted By Geblekpisan
ngeri2 sedap gundulmu..
tapi daging babi bukannya konon harganya mahal ya ??
ato jangan2 itu daging babinya pake babi hutan..


Baca d berita lain katanya mmg babi hutan gan emoticon-Najis
omzet bakso di jakarta turun, itu pasti gan. efek pemberitaan. sama kayak waktu trans tv nyiarin investigasi bakso daging tikus.

ntar kalo masyarakat sudah lupa karena banyak berita sensasi baru, omzet akan kembali naik.

harapan ane: semoga pihak kepolisian dan disperindag mengusut tuntas masalah ini. tangkap otak di balik daging oplosan ini. miskinin dia. stop peredaran daging ilegal.
Quote:Original Posted By Geblekpisan


ngeri2 sedap gundulmu..
tapi daging babi bukannya konon harganya mahal ya ??
ato jangan2 itu daging babinya pake babi hutan..


daging babi jatohnya lebih murah drpd sapi gan ... cuma harga kalo udah jadi makanan aja yg mahal
Bukannya udah berita lama ini...
Kalo pake babi hutan lemaknya lebih sedikit daripada babi ternakan
Mungkin karena ini makanya dicampur
lebih nakutin borax dan formalin dibakso daripada babi hutan.

zat kimia, penyebab kanker
Quote:Original Posted By druidism08
Kasian ya pedagang jujur kena getahnya


ane pedagang bkso gann,,
sumpah,demi ALLAH,,dr thn 2005 jualan bkso ane gak tuh pke daging celeng/babi
ane jg muslim,,kimia jg cm pke pecin doank..emoticon-Mewek
kasihan pedagang2 bakso yg jujur
jadi kena imbasnya juga
Ternyata peminat bakso ,

Banyak yang gak sukak daging babi.
×