alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50c970f35b2acf6d06000015/jurus-marketing-sukses-ala-jokowi
Jurus Marketing Sukses Ala Jokowi
JAKARTA, - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bicara blak-blakan soal kemenangannya menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ini adalah berkat ilmu marketing yang pernah dipelajarinya. Jokowi mengaku juga mempelajari ilmu marketing dari Hermawan Kertajaya, salah seorang pakar marketing di tanah air yang sudah mendunia.

"Intinya, marketing politik dan marketing yang lain itu sama saja. Bagaimana soal positioningnya, bagaimana diferensiasinya. Begitu juga dengan personal brand-nya," kata Jokowi saat memberikan sambutan di acara Markplus Conference 2013 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Menurut Jokowi, positioning Jokowi dibuat sebagai orang yang rendah hati, suka bergaul dengan masyarakat hingga ramah. Dengan positioning seperti itu, mantan Walikota Solo ini disukai oleh masyarakat dan membuatnya memiliki diferensiasi dengan tokoh-tokoh yang lain atau bahkan Gubernur yang lain.

Di sisi lain, Jokowi juga membuat personal brand dengan baju kotak-kotaknya. Jokowi mengaku juga meniru Menteri BUMN Dahlan Iskan, yang selalu tampil sederhana dengan kemeja putih, celana bahan hitam dan sepatu kets.

"Jualannya juga beda. Kalau yang lain dijual di panggung-panggung atau tempat mewah, saya cukup blusukan ke kampung-kampung, dari pintu ke pintu rumah warga," tambahnya.

Ternyata, rahasia marketing sukses Jokowi ini tidak dipelajari secara instan. Jokowi dulu, sebelum menjadi Walikota Solo pernah menjadi pemasar (sales). "Saya pernah tiga tahun jadi sales. Jadi saya sudah terbiasa blusukan ke kampung-kampung, ketemu ibu-ibu," tambahnya.

Kehadiran Jokowi di acara Markplus Conference ini karena beliau mendapat penghargaan sebagai Marketing of The Year 2012 untuk kategori Government.

Spoiler for Sumber:


Maju terus Pak Jokowi emoticon-I Love Indonesia (S)
mantep emg klo yg bekas pengusahaemoticon-Kiss (S)
maju terus pakemoticon-Blue Guy Cendol (S)
yang penting track recordnya pak, kalo yang lain mah cuman COPASt doang ... emoticon-Cool
oh mantan sales toh, sales apaan ya
tim suksesnya yach
Oalah
Ntah lah
Ane mah liatin doank
×