alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50c4bbd1601243b90a00005e/whatever-im-backpacker---harus-berani-traveling-sendiri
icon-hot-thread
Whatever I'm Backpacker - Harus Berani Traveling Sendiri!!
Spoiler for Spread Your WIngs And Make Your Own Story:


Lagi-lagi ide postingan ini gue dapat dari twitter, beberapa teman di twitter gue suka nanya "gimana sih caranya traveling sendiri ??" | "gue gak berani traveling sendiri ah.." | "aman gak yah traveling sendirian, apalagi cewek ??" "lo kok berani traveling sendirian ??" | "gimana sih cara numbuhin keberanian buat traveling sendiri ??" | atau "gimana sih rasa indomie soto gajah ??"

Beberapa pertanyaan itu mulai menumbuhkan pertanyaan baru buat gue sendiri "memang sulit yah traveling sendiri ?? Kan tinggal packing terus pergi doang.."

Tapi ternyata kenyataannya tidak se-simple itu, banyak faktor yang membuat kita jiper duluan sebelum pergi. Mungkin beberapa faktornya adalah masalah makanan, uang, ketakutan nyasar, kesepian dan yang paling banyak menjadi penghambat seseorang untuk traveling sendirian adalah masalah keamanan ! Right ??

Sebenarnya ketakutan akan beberapa faktor yang menghambat kita untuk menjadi solo traveling adalah adanya hal yang mengganjal dalam diri kita sendiri. Saat pertama gue traveling ke Thailand, gue gugup, takut dan mendadak jadi cupu walaupun gue memang cupu -___-".

Gue takut nyasar disana, gue takut kalo gue sakit siapa yang nyuapin bubur ke mulut gue, gue takut kalo lagi jalan malem-malem diperkosa bencong dan banyak lagi ketakutan-ketakutan lain. Lantas gue berpikir, kalo gue takut gue gak akan pernah jalan !! Toh, ke-apes-an bisa terjadi dimana saja. Jangankan di Luar negeri, di depan rumah aja lo bisa ditusuk terus mati !! Jadi stigma tersebut menumbuhkan ke-nekat-an gue untuk berani pergi sendiri. Ke tempat yang sama sekali asing buat gue !!

Nah dalam postingan ini, gue mau membagi beberapa tips buat kalian yang pengen traveling sendiri untuk pertama kali, terutama ke luar negeri, baik cewe maupun cowo apalagi bencong, bisa baca tulisan ini.

1. Buatlah itinerary perjalanan, kenapa ?? Karena ini akan memudahkan lo untuk mengetahui step-step kemana lo akan melangkah. Lo bisa buat garis besar itinerary perjalanan yang akan lo lakukan, ataupun kalau lo orang yang parno-an. Lo bisa bikin itinerary se-detail mungkin, seperti naik kendaraan apa, tidur dimana, beli makanan dimana sampai ngelangkah pake kaki kiri duluan apa kanan duluan. Pokoknya detail banget !!

2. Persiapkan barang bawaan dengan teliti. Pakaian, chargeran, jaket, alat mandi, Identitas diri, dan sebagainya. (detail-nya lo bisa lihat di tulisan gue yang ini --> Apa saja yang harus dibawa untuk backpacking ke Luar negeri)

Spoiler for Barang bawaan gue nih kalo backpackeran :D:


3. Bahasa Inggris. Biasakan lagi berbicara bahasa inggris, lo gak harus kuliah sastra Inggris dulu buat bakal lo traveling. Di Asia Tenggara, dengan modal bahasa Inggris setingkat kelas 2 SMP di Inggris, lo sudah bisa berkomunikasi kok. Seenggaknya lo tau yang basic-basic-nya, kaya nanya tempat, nanya harga dan nanya sudah punya pacar apa belum ?? (Mau traveling apa nyari jodoh ??)

Walaupun ternyata bahasa Inggris lo dibawah rata-rata waktu SMP, jangan khawatir !! Kita masih punya bahasa Internasional lain yang insyaallah di mengerti semua pihak, Yaitu BahasaTarzan Huu..Huu..Haa..Haa..

4. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya, lo bisa googling atau tanya-tanya sama yang sudah pergi ke destinasi yang mau lo tuju. Sesampainya disana pun, jangan malu bertanya kepada warga lokal, rata-rata mereka akan membantu sebisa mereka bila ada turis dari negara lain yang kebingungan. Tapi jangan juga nanya berapa uang direkening dia, gak sopan !! Pokoknya tanya deh kalau gak tau, kan ada pepatah bilang tuh "Malu Bertanya Sesat di Jamban"

5. Jangan gampang percaya sama orang !! Musyrik !! Percaya tuh sama Tuhan !!

6. Jangan terlalu baik sama orang dan jangan terlalu mau dibaikin sama orang. Biasanya kalau orang yang baru kita kenal tapi sudah baik banget sama kita, waspadalah !! Biasanya ada udang dibalik siomay !! Jaga jarak adalah salah satu cara menghindar paling keceh.

7. Tersenyumlah dan bersikap ramah terhadap semua orang dan benda. Kalau perlu senyumin juga tiang listrik sama tempat sampah, itu akan menambah nilai keimanan lo di mata Tuhan.

8. Simpan dengan super duper ketat apa yang dinamakan identitas diri (KTP atau Passpor) Jangan pernah sekali-kali ditinggalkan atau dititipkan kepada orang lain. Bila perlu beli body wallet (dompet yang diikatkan ke badan) Kehilangan passpor berarti kiamat tingkat 7 !!

9. Simpanlah uang dibeberapa tempat, bisa sebagian di dompet, sebagian di backpack dan sebagian lagi kasih gue. Jadi, misalnya saat uang di dompet lo hilang, lo gak akan kebakaran jenggot, karena lo masih punya simpanan uang di backpack, tapi uang yang lo kasih ke gue gak bisa lo minta lagi. Cerdas kan ??

10. Hati-hati dengan pemberian orang yang gak lo kenal, misalnya lo dikasih roti. Lo gak tau kan isi dalem roti itu apa? Bisa aja didalemnya ada obat bius, atau uang 100rebu !! lo gak mau kan makan uang 100rebu ?? #yakali

11. Buat cewe, jangan jalan-jalan sampai larut malam, hindari tempat sepi nan mencekam. Bila diajak oleh orang lain untuk ikut dengan dia, teliti dulu apakah kaki-nya napak tanah atau ngga. Siapa tahu dia Toro Margen si Uka Uka.

12. Bersahabatlah dengan traveler lain, terutama solo traveler juga. Biasanya mereka lebih welcome karena kesamaan nasib (traveling sendiri) siapa tahu kalian bisa share penginapan atau saling ngelonin minyak angin pas mau tidur. Nambah temen itu asyik !!

13. Balik lagi masalah ID, alangkah lebih baiknya lo scan dulu passpor dan identitas lain ke dalam bentuk file, lalu simpan di email lo. Bila sewaktu-waktu Passpornya hilang, masih ada back-up-an yang bisa lo claim.

14. Kuatkan mental dan nyali. Traveling sendiri bukan hanya tentang perjalanan, lebih dari itu, menjadi solo traveler adalah mempelajari diri lo sendiri.

Yah, begitu saja tips yang baru kepikiran di otak gue. Intinya jangan pernah takut untuk meng-explore dunia, even lo seorang diri. Karena dari apa yang gue tulis di no. 14, dengan traveling sendiri, lo akan lebih mengetahui jati diri lo. Lo akan lebih banyak dapat pembelajaran untuk diri lo sendiri, lo akan tahu kapasitas lo segimana.

Traveling sendiri itu menyenangkan dan sangat menyenangkan !! Yang gak menyenangkannya adalah gak ada yang bisa diminta terus-terusan moto-in kita. Last, beberapa quote dari gue dan beberapa sahabat gue, sebagai penyemangat lo untuk berani traveling sendiri..

"kalau Anda berkutat dengan kekhawatiran soal keamanan dalam traveling, maka Anda tidak akan kemana-mana. Masuklah kekamar Anda, kunci pintu kamar, tidur manis di kasur empuk Anda, dan Anda akan aman" - Ariyanto

"Hidup ini indah kawan, jangan sia-sia kan masa mudamu. Petualanganku tak akan pernah berhenti selama bumi ini masih berputar" - Niken

"Traveling bukan hanya sekedar jalan-jalan dan melihat keindahaan suatu destinasi. Lebih dari itu, traveling adalah salah satu mata pelajaran untuk hidup lo, yang gak akan lo bisa dapatkan di sebuah ruangan bernama kelas !!" - Gue, 21 tahun, Mahasiswa putus kuliah. #PembelaanDiri

blog : www.whateverbackpacker.com
twitter : @takdos
Sundul ah~
manteb gan jalan-jalanya selalu sendiri emoticon-thumbsup
ane paling jalan2 sendiri paling jauh baru ke Bandung gan emoticon-Malu (S)
Posisi ane di Bogor emoticon-Malu (S)
wah gan thanks bgt gan, ane udah lama pengen solo travelling
tapi masalah utama buat ane adalah... BUDGET emoticon-Berduka (S)emoticon-Sorryemoticon-Sorry
Kalo preparation udah oke tapi nggak dikasih ijin piye gan??
Soalnya gue cewe sih... emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By Harimaun
manteb gan jalan-jalanya selalu sendiri emoticon-thumbsup


hihihi makasih gan~

Quote:Original Posted By cilcilmarucil
ane paling jalan2 sendiri paling jauh baru ke Bandung gan emoticon-Malu (S)
Posisi ane di Bogor emoticon-Malu (S)


seriusan gan paling jauh ke bandung?

Quote:Original Posted By intan_salamina
wah gan thanks bgt gan, ane udah lama pengen solo travelling
tapi masalah utama buat ane adalah... BUDGET emoticon-Berduka (S)emoticon-Sorryemoticon-Sorry


kerja gan, nabung. ane aja masih kuliah.

Quote:Original Posted By Lady.Bathory
Kalo preparation udah oke tapi nggak dikasih ijin piye gan??
Soalnya gue cewe sih... emoticon-Cape d... (S)


yakinin aja gan kalo agan itu bisa.
Aiiih mantap tritnya agan..
Ane baru pertama kali solo travelling pas liburan semester kemaren.. Asoy geboy..
Rencana januari bsk mau jalan lagi tp blm fix mau kemana coz liburannya bentar (cuma 1 bulan).. Ane juga lagi susun rencana buat liburan semester depannya lagi wakakak
Ane sih baru jalan di dalem indonesia aja haha.. Mohon pencerahannya buat travelling ke luar ya agan emoticon-Big Grin
mantab gan emoticon-thumbsup
ane mau bngt traveling sendiri, tapi biaya belum mencukupi dan belum ada waktu kosong ni. ane juga lg kuliah ni gan
ane udah sering gan. malah dlu ane pernah ke malang cuma bawa 20 ribu. alhasil nyampe. dan pulang dgn slamat. soalnya dsana ada rmh sodara. hahaha
setelah baca thread ente, jadi kepingin solo travelling,,,

selama ini selalu rame2,,,
kira-kira perlu budget berapa ya gan kalo mau keluar negeri?

yang deket-deket aja kek singapur gitu, kisaran termurahnya

jadi kepengen juga nih jadi backpacker emoticon-Matabelo

btw klo backpack ke eropa ama amrik itu gimana gan?
ini takdis bukan ya?yang "mantan" anak ST*B itu bukan?
ane anak STP*B juga,prodi MDK...mulai keracunan backpackeran..
rencana tanggal 21-28 mau backpacker naik bis ke Bali-Banyuwangi-Malang-Wonogiri...
kira2 tempat wisata di BALI yang belum orang tau banyak,apaan ya gan?yg beda dari yang lain.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By InfinityShock
kira-kira perlu budget berapa ya gan kalo mau keluar negeri?

yang deket-deket aja kek singapur gitu, kisaran termurahnya

jadi kepengen juga nih jadi backpacker emoticon-Matabelo

btw klo backpack ke eropa ama amrik itu gimana gan?


wah belum baca bukunya agan Takdis nih...emoticon-Big Grin
si agan takdis ini backpackeran ke singapura-malaysia cuman ngeluarin budget 500ribu loh gan...
Quote:Original Posted By run..u


wah belum baca bukunya agan Takdis nih...emoticon-Big Grin
si agan takdis ini backpackeran ke singapura-malaysia cuman ngeluarin budget 500ribu loh gan...


wogh, gimana itu gan??

maklum nih, bener2 awam soal traveling emoticon-Malu
wah mantab juga bro backpackeran sendiri emoticon-thumbsup

dlu pas mahasiswa srg backpackeran sndiri tapi ganti2 gunung aja..

mgkin skg emg enak nih jd city backpacker,,nentuin waktu aja yg sulit
Ajegile rokoknya banyak amat an emoticon-Ngakak
Seeep....gan ! Ane lbh suka traveling sendiri krn waktu bs atur, mo kemana jg terserah. Ya emang nda enaknya sih nda ada yg moto'in sih emoticon-Ngakak
^
lah.. katanya gak suka poto2? emoticon-Hammer
kalo ane sih biasanya nentuin tempat travellingnya dulu, lalu susun itinerarynya, lalu budgetnya. budget mepet gpp dah, lebih baik puasa di destinasi drpd ga travelling emoticon-Cool *backpacker gembel banget gue* emoticon-Hammer