alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50b028cc0c75b44d1a000089/mandi-air-garam-kurangi-nyeri-rematik
Mandi Air Garam Kurangi Nyeri Rematik
Quote:Mandi Air Garam Kurangi Nyeri Rematik

Kompas.com - Keluhan rasa nyeri yang menyiksa sendi dan otot akibat penyakit rematik memang sangat menganggu. Namun jangan hanya bergantung pada obat pereda nyeri untuk menyingkirkan keluhan. Berendam dalam air garam ternyata bisa membantu.

Berbeda dengan obat-obatan konvensional yang terkadang memberikan efek samping, berendam dalam air garam tidak memiliki efek samping. Air garam diketahui mengurangi efek inflamasi pada sendi sehingga rasa nyerinya berkurang.

Kesimpulan tersebut disampaikan para peneliti dari Universitas Manchester, Inggris. Mereka menemukan bagaimana pemuaian sel-sel tubuh bisa mengontrol inflamasi, yakni respon sistem imun terhadap cedera atau infeksi.

Dalam penelitian terhadap tikus di laboratorium, diketahui tikus yang disuntikkan air garam di area inflamasi, pembengkakannya berkurang setelah air dari sel-sel yang mengembang itu dihisap kembali.

Vincent Compan, peneliti dari Universitas Manchester mengatakan, sel-sel dalam tubuh pasien artritis mengalami pengembangan, namun air garam bisa menguranginya dengan cara mengeringkannya.

Air garam bekerja dengan cara yang sama, baik itu disuntikkan ke dalam tubuh atau diserap lewat kulit setelah pasien berendam atau mencelupkan perban ke dalam air garam. Hal ini bisa menjelaskan mengapa pasien rematik yang berendam di air panas pegunungan merasakan gejala sakitnya berkurang.

"Kami menemukan cairan hipotonik atau rendah kandungan garamnya, justru mengaktifkan peradangan pada level molekul," kata Dr.Pablo Pelegrin, salah satu peneliti.

Ia menambahkan, penggunaan osmoterapi (dehidrasi) dengan cairan hipertonik atau tinggi garam bisa membantu dalam tata laksana penyakit peradangan pada persendian, seperti artritis reumatoid. Apalagi, sampai saat ini belum ada obat yang bisa mengobati artritis reumatoid yang termasuk dalam penyakit autoimun itu.


Sumber
asli keren gan
emoticon-Sundul emoticon-Sundul

Nice info

Baru tau nih gan. Thank u infonya =)
wah mandi garam bermanfaat juga yah buat kesehatan tubuh emoticon-Bingung (S)
boleh di coba tuh sarannya..
nice info gan....
mantap nie
berguna banget nie garam
wow sudah ht emoticon-Big Grin
yang sering rhematik harap dibaca
kunjungi threat ane gan
emoticon-Ngakak (S) wah ga nyangka ternyata mandi garam ada manfaatnya...
Kirain cuman mandi susu doang yg ada manfaatnya..?
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
ternyata bukan cuma sakit gigi aja yang bisa pake air garam :d
Wah, harus sering berenang di laut nih. Apalagi kalo pantainya keren dipenuhi cewe berjemur pake bikini emoticon-Big Grin
woh thx 4 info gan, baru tau ane
yang ini baru tau gan. cobain dah ntar..
Resepnya gimana gan? Perbandingan garam dan airnya?
untung ga pernah reumatik
Nice info gan
Buat ortu ane nih sering bgt
suatu keuntungan tesendiri ni buat orang yang tinggal dekat laut, air buat mandi sehari" kan kadar garamnya tinggi
Quote:Original Posted By QueenoftheBaned
Wah, harus sering berenang di laut nih. Apalagi kalo pantainya keren dipenuhi cewe berjemur pake bikini emoticon-Big Grin


ane suka komeng agan ini emoticon-2 Jempol
waahh nice info gan...
tapi enak ga yak mandi garam?emoticon-Malu (S)
Berendem dipantai gan