alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a9b8660b75b44d75000019/luar-biasa-harga-tanah-untuk-pabrik-naik-hampir-100
Luar Biasa, Harga Tanah untuk Pabrik Naik Hampir 100%!
Sumber : http://www.rumah.com/berita-properti

Harga lahan industri di kawasan Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Karawang pada kuartal III-2012 naik hampir 100% dibandingkan tahun lalu. Hal ini membuktikan lahan industri di kawasan tersebut masih menarik minat investor, baik dalam maupun luar negeri.

Survei yang dilakukan Bank Indonesia pada kuartal III-2012 menyebutkan, kenaikan harga lahan industri mencapai 80,90% menjadi Rp2 juta per meter persegi. Untuk wilayah Jakarta, harga lahan industri rata-rata sebesar Rp3,2 juta per m2, sedangkan di wilayah Bogor, Bekasi, dan Karawang harganya sekitar Rp1,8 juta per m2.

Kenaikan harga terjadi menyusul tingginya tingkat penyerapan lahan industri yang mencapai 95% atau seluas 6.316 hektar dari total pasokan baru yang masuk. Jumlah pasokan pada kuartal III-2012 meningkat seluas 77 hektar (3,05%) menjadi 6.648 hektar. Penambahan tersebut berasal dari penyelesaian Delta Silicon Phase 6 di Lippo Cikarang.

Berdasarkan wilayah, transaksi penjualan pada kuartal III kemarin lebih banyak terjadi di wilayah Bogor, Bekasi, dan Karawang. Permintaan tersebut umumnya berasal dari investor Jepang, Korea, Eropa, Singapura, Malaysia, Hongkong, dan China.

Sementara itu, jenis industri yang aktif melakukan ekspansi pada periode ini antara lain otomotif, farmasi, suku cadang kendaraan, perkakas rumah tangga, industri makanan dan minuman, serta elektronik.

Kedepannya, pasokan lahan industri masih akan mengalami peningkatan. Pesatnya permintaan akan lahan industri, terutama dari investor-investor asing asal Jepang dan China, menjadi daya pikat tersendiri bagi para pengembang untuk melakukan investasi di lahan industri.

Sektor industri yang akan menyerap lahan industri dalam skala besar yaitu industri farmasi, otomotif, makanan dan minuman, baja, besi, kimia, tekstil, serta suku cadang.

Survei tersebut juga menyebutkan kendala yang dihadapi para investor, yaitu status kepemilikan lahan di Indonesia yang cukup rumit. Investor berharap, izin kepengurusan lahan industri dapat dilakukan oleh satu lembaga saja.

SUMBER

harga semua naik, investor bakal kabur gak ya?
gak lah gan karena indonesia masih yang termurah kok emoticon-Cape d...
kaboor dah bakalan negh investor emoticon-Big Grin
buruh teriak2 naek gaji yg ga masuk akal ama pekerjaan emoticon-Big Grin ditambah harga tanah naik

kalo investor kabur sih kayaknya ngak . . .
tanah kan bagian dari investasi juga, harganya biasa emg naik terus tiap tahun
klo nekat mau bikin pabrik tinggal ngakalin buruhnya di ganti robot ... aman
Quote:Original Posted By vakoruger
klo nekat mau bikin pabrik tinggal ngakalin buruhnya di ganti robot ... aman


robot gedek ya gan hehehehe
iyalah naek khan udah dibeliin sama investor tapi bangun pabrik nanti dulu
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

kalau harganya naik 100%-200% bisa - bisa dijualin atau kalo gak dilego ke bank buat pinjaman
Quote:Original Posted By .SEMAR.
kaboor dah bakalan negh investor emoticon-Big Grin
buruh teriak2 naek gaji yg ga masuk akal ama pekerjaan emoticon-Big Grin ditambah harga tanah naik


harga naik PBB juga naik pula...emoticon-Big Grin
tarif PPAT juga tidak akan turun pasti naik pula....emoticon-thumbsup
semakin komplek masalh yg timbul...emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By masteroforb
iyalah naek khan udah dibeliin sama investor tapi bangun pabrik nanti dulu
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

kalau harganya naik 100%-200% bisa - bisa dijualin atau kalo gak dilego ke bank buat pinjaman


kalo investor asing atau yg kelas berat ga bakal mau tanah dianggurin gan, duitnya kaga muter emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By vakoruger
klo nekat mau bikin pabrik tinggal ngakalin buruhnya di ganti robot ... aman


Ane pernah liat di pom bensin daerah kelapa dua Gan. Disana dah otomatis, jadi gak pake petugas pom bensin lagi. Kasian banget nasib buruh kalo semuanya serba otomatis gitu. Tapi apa mau dikata, buruh juga gak tau diri nuntut gaji melebihi karyawan S-1 gitu..