alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a8b6561ed719c71b0000c4/bj-habibie-emangnya-kamu-siapa
BJ Habibie: Emangnya Kamu Siapa?
Ijin Share Sedikit Ya Gan

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo, Jepang
TRIBUNNEWS.COM - Mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie yang mendapat gelar doktor kehormatan di bidang sains dan teknologi dari universitas negeri Nagoya University, Kamis (15/11/2012), sangat kecewa dengan pembubaran perusahaan yang dibuatnya. Demikian diungkapkan saat pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) seusai salat Jumat, (16/11/2012).
"Waktu pulang ke Indonesia dan saya dipercaya pak Harto untuk membangun industri strategis di Indonesia, bersama 20 orang pilihan kita membangun berbagai usaha sehingga bisa mempekerjakan 48.000 karyawan. Tetapi kini dibubarkan dan mereka dikirim ke berbagai perusahaan di luar negeri. Kita mau bangun, mau mendirikan kembali dipersulit," katanya, dengan nada kecewa.
Habibie ingin sekali Indonesia bangkit kembali, bisa mandiri, tidak terninabobokan oleh sumber daya alam yang melimpah ruah. Diharapkannya Indonesia dapat lebih bekerja keras menciptakan lowongan kerja.
"Bagaimana bisa maju kalau enggak ada uang? Bagaimana bisa punya uang kalau gak ada kerja? Jadi kita butuh lowongan kerja bagi sebanyak orang sangat dibutuhkan dan saya tidak peduli investasi atau uang datang dari mana. Yang penting masuk ke Indonesia dan bisa memberdayakan Indonesia lebih baik lagi, semakin banyak tenaga kerja terserap, dan kalau local content semua dari Indonesia, tentu itu yang paling kita harapkan semua bukan," ujar Habibie.
Bagi lulusan Indonesia yang ada di luar negeri, Habibie sangat berharap cepat pulang setelah selesai sekolah. Jangan berharap kalau pulang dapat jabatan dan dapat uang.
"Lihat itu Marzan Aziz Iskandar Ketua BPPT sekarang. Dia belajar di Jepang, lalu pulang menepati janji dan tidak berharap apa pun saat pulang ke Indonesia. Kini dia jadi Kepala BPPT di Indonesia. Buktikan dulu di Indonesia kalau kita memang bisa bekerja dengan baik, walaupun lulusan dari luar negeri, bukan dengan jabatan atau uang maka pulang ke Indonesia. Emangnya kamu siapa?," jelasnya, berapi-api.
Habibie juga membandingkan anak sekarang yang mendapat P4 atau pendidikan Pancasila. "Masih mending itu ada kebebasan. Kalau zaman saya belajar di Jerman saya diindoktrinasi jadi harus begini begitu sesuai keinginan penguasa. Jadi saya ya fokus penuh kepada pembuatan pesawat terbang saat itu dan bermimpi saat itu kalau pulang ke Indonesia, harus bisa bikin industri pesawat terbang sendiri," jelas Habibie.
Pada akhirnya Habibie berharap kepada masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri, sedang belajar, agar segera pulang ke Indonesia dan ikut membangun bangsa dan negara langsung di negaranya sendiri. Bukan dengan berlama-lama di luar negeri karena banyak yang harus dilakukan di Indonesia saat ini, "Kita harus kumpul bersama membangun Indonesia untuk kemajuan masa depan dari sekarang kalau terlambat repot nanti."
Habibie juga menekankan pentingnya pengembangan industri listrik dari panas bumi bukan dari nuklir. Negara Indonesia kaya akan panas bumi dan untuk panas bumi di Jawa Sumatera saja saya rasa sudah cukup untuk memasok seluruh tenaga listrik perkeretaapian di Indonesia, termasuk industri dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

SUMBER

Quote:Original Posted By babybek
dilema sebenernya mengapa banyak lulusan ln ga mau pulang, alesannya:
1. kuliah di ln modalnya besar, krn kuliah dianggap investasi, jadi jg mengharap bisa untung dikemudian hari, kalo diindonesia gaji sarjana aja masih byk yg 1-2 jt, ato kalo dijkt kalo hoki bisa dpt 3-5 jt buat yg freshgraduate. sedangkan biaya hidup semasa kuliah diluar negri sebulannya jauh diatas itu belum lagi biaya kuliahnya. jangankan untung balik modal pun kagak.

2. kuliah di ln , kalo dinegara2x maju tehnologinya udah tinggi, jd apa yg dipelajarain di kuliahan sesuai dengan tehnologi yg dipake di perusahaan diln
sedangkan kalo diindonesia ilmunya ga kepake, karena alat2xnya ga punya.
belajar robotik misalnya, sedangkan diindonesia masih pake mesin giling biasa.
yang kepake paling know how dan sistematis mental kerjanya yg lebih terorganisir dan disiplin banyak yg kejadian kaya gini, kul di ln, pulang keindo ga kepake ilmunya krn tehnologinya bln ada diindonesia. tapi krn lebih disiplin dan profesional jadi "mandor" ato tangan kanan bos doank, tapi tetep aja ilmunya ga kepake buat ngebangun bangsa, mau nyaran ke bosnya "bos pake ini tehnologi ini itu alat ini itu lebih efisien bla bla bla"
trus ditanya si bos " berapa duit" dijawab "segini bos" dijawab bos "wah mahal sekali pake mesin dr cina aja murah meriah" byk yg begini ane denger.

3. byk tokoh yg selalu mengelu2xkan ayo bangun bangsa, dan banyak juga orang yang pintar dan sangat berjasa bagi bangsa indonesia, tapi mereka semua tidak dihargai malah dianggap sesuatu yang berbahaya buat kekuasaan sekelompok orang yg ingin bangsa indonesia tetep bodoh, akhirnya banyak tokoh2x pinter itu malah jadi keluar negri dan berkarir disana.
contohnya udah banyak banget misnya dr bid ekonomi ada sri mulyani, dr olahraga ada mia audina, dll. krn mau berjuang buat negara sendiri ga dihargai, akhirnya orang pun jadi males, dan mendingan cabut ke luar negri yg lebih menghargai kapasitas dan kualitas seseorang secara profesional.

yang bodohnya rakyat indonesia, begitu tau ada "bekas" orang indo yg sukses di ln, bangganya minta ampun, wah dia orang indo tuh.
padahal harusnya malu dan bertanya, kenapa sampai kabur keluar negri? berprestasi disana bukan disini?

bandingkan dengan negara2x lain yg malah menarik orang2x berkualitas untuk menjadi warga negaranya. sedangkan indonesia malah ditelantarkan dan terkesan dibuang2x in.
makanya jadi pada males balik keindonesia.

dan masih banyak lagi alasan lainnya. spt dipersulit untuk penyetaraan, dsbnya


fakta Gan!
emoticon-Cendol (S)

wah rasa2nya kita pernah jumpa
saya juga lulusan jerman koq
malah saya ikut program kursus spesialis menjahit di belanda
Quote:Original Posted By SognBeg
wah rasa2nya kita pernah jumpa
saya juga lulusan jerman koq
malah saya ikut program kursus spesialis menjahit di belanda


lulusan jerman mana Gan ?
Uni apa ?
stadt apa ?

Quote:Original Posted By Rizqi82
Ijin Share Sedikit Ya Gan

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo, Jepang
TRIBUNNEWS.COM - Mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie yang mendapat gelar doktor kehormatan di bidang sains dan teknologi dari universitas negeri Nagoya University, Kamis (15/11/2012), sangat kecewa dengan pembubaran perusahaan yang dibuatnya. Demikian diungkapkan saat pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) seusai salat Jumat, (16/11/2012).
"Waktu pulang ke Indonesia dan saya dipercaya pak Harto untuk membangun industri strategis di Indonesia, bersama 20 orang pilihan kita membangun berbagai usaha sehingga bisa mempekerjakan 48.000 karyawan. Tetapi kini dibubarkan dan mereka dikirim ke berbagai perusahaan di luar negeri. Kita mau bangun, mau mendirikan kembali dipersulit," katanya, dengan nada kecewa.
Habibie ingin sekali Indonesia bangkit kembali, bisa mandiri, tidak terninabobokan oleh sumber daya alam yang melimpah ruah. Diharapkannya Indonesia dapat lebih bekerja keras menciptakan lowongan kerja.
"Bagaimana bisa maju kalau enggak ada uang? Bagaimana bisa punya uang kalau gak ada kerja? Jadi kita butuh lowongan kerja bagi sebanyak orang sangat dibutuhkan dan saya tidak peduli investasi atau uang datang dari mana. Yang penting masuk ke Indonesia dan bisa memberdayakan Indonesia lebih baik lagi, semakin banyak tenaga kerja terserap, dan kalau local content semua dari Indonesia, tentu itu yang paling kita harapkan semua bukan," ujar Habibie.
Bagi lulusan Indonesia yang ada di luar negeri, Habibie sangat berharap cepat pulang setelah selesai sekolah. Jangan berharap kalau pulang dapat jabatan dan dapat uang.
"Lihat itu Marzan Aziz Iskandar Ketua BPPT sekarang. Dia belajar di Jepang, lalu pulang menepati janji dan tidak berharap apa pun saat pulang ke Indonesia. Kini dia jadi Kepala BPPT di Indonesia. Buktikan dulu di Indonesia kalau kita memang bisa bekerja dengan baik, walaupun lulusan dari luar negeri, bukan dengan jabatan atau uang maka pulang ke Indonesia. Emangnya kamu siapa?," jelasnya, berapi-api.
Habibie juga membandingkan anak sekarang yang mendapat P4 atau pendidikan Pancasila. "Masih mending itu ada kebebasan. Kalau zaman saya belajar di Jerman saya diindoktrinasi jadi harus begini begitu sesuai keinginan penguasa. Jadi saya ya fokus penuh kepada pembuatan pesawat terbang saat itu dan bermimpi saat itu kalau pulang ke Indonesia, harus bisa bikin industri pesawat terbang sendiri," jelas Habibie.
Pada akhirnya Habibie berharap kepada masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri, sedang belajar, agar segera pulang ke Indonesia dan ikut membangun bangsa dan negara langsung di negaranya sendiri. Bukan dengan berlama-lama di luar negeri karena banyak yang harus dilakukan di Indonesia saat ini, "Kita harus kumpul bersama membangun Indonesia untuk kemajuan masa depan dari sekarang kalau terlambat repot nanti."
Habibie juga menekankan pentingnya pengembangan industri listrik dari panas bumi bukan dari nuklir. Negara Indonesia kaya akan panas bumi dan untuk panas bumi di Jawa Sumatera saja saya rasa sudah cukup untuk memasok seluruh tenaga listrik perkeretaapian di Indonesia, termasuk industri dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

SUMBER

Saya lulusan Master Degree Hochschule Darmstadt, Jerman,
kadang sedih lihat negara kita seperti ini.
ndak tau bakal jadi apa negara kita ini,
pengen balik ke negara Jerman saja rasanya,
yang lebih stabil meski krisis...

klu mau di ceritakan disini gk bakalan ada habisnya deh emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By Rizqi82


lulusan jerman mana Gan ?
Uni apa ?
stadt apa ?



Kalo curhat di lounge aja gan
jauh sumbangsihnya dengan kata-kata, kalau memang mau membangun bangsa nggak perlu kabur keluar negeri karena merasa nggak di hargai.

Gema-kan anti korupsi !!!
tingkatkan pendidikan anak bangsa, dan masih banyak cara lain, bukannya secara pengecut kabur keluar negeri emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By kosimsupir
jauh sumbangsihnya dengan kata-kata, kalau memang mau membangun bangsa nggak perlu kabur keluar negeri karena merasa nggak di hargai.

Gema-kan anti korupsi !!!
tingkatkan pendidikan anak bangsa, dan masih banyak cara lain, bukannya secara pengecut kabur keluar negeri emoticon-Cape d... (S)


gitu ya gan ?
jadi orang2 indo yang diluar itu pengecut ya ?
Quote:Original Posted By naturalist




Kalo curhat di lounge aja gan


"The Lounge
Forum bagi Kaskuser untuk berbagi gosip, gambar, foto, dan video yang seru, lucu, serta unik."

Berita dan Politik
Forum diskusi dan berbagi berita dari dalam maupun luar negeri. Mulai dari ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

dibaca saja Gan emoticon-Big Grin
biar sama2 enaknya saja

ingin tau respond temen2 kaskuser, klu beri komentar emoticon-Big Grin

maaf admin / moderator klu saya salah taruh thread
Quote:Original Posted By Rizqi82


gitu ya gan ?
jadi orang2 indo yang diluar itu pengecut ya ?


tidak gan yang penting bisa mengahrumkan nama bangsa, pengecut itu yang memiliki kekuasaan (dalam bidang apapun, tidak harus dipemerintahan) namun mendzolimi orang yg lebih lemah
Quote:Original Posted By Rizqi82


"The Lounge
Forum bagi Kaskuser untuk berbagi gosip, gambar, foto, dan video yang seru, lucu, serta unik."

Berita dan Politik
Forum diskusi dan berbagi berita dari dalam maupun luar negeri. Mulai dari ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

dibaca saja Gan emoticon-Big Grin
biar sama2 enaknya saja

ingin tau respond temen2 kaskuser, klu beri komentar emoticon-Big Grin

maaf admin / moderator klu saya salah taruh thread


ah jangan diambil hati itu teman saya yg di indo
maksudnya dia coba opininya yang lebih berbobot gitu
jangan macem panasbung koar2 gak jelas sok jadi aktivis
coba tunjukkan pemikiran brilian anak bangsa lulusan LN

kalo saya gak perlu komen lah soalnya anak buah saya udah pada komen di thread satunya lagi
Quote:Original Posted By Rizqi82


gitu ya gan ?
jadi orang2 indo yang diluar itu pengecut ya ?


Justru kebanyakan porang-orang Indonesia yang tinggal di luar rasa nasionalisnya lebih tinggi. Ada salah sayu acara di RRI tiap minggu pagi yang suka saya dengar, mengenai para perantau dari Indonesia.

Salut, mereka mengharumkan nama bangsa dengan cara mereka sendiri. saya sama sekali bukan apa-apa, tapi ikut termotivasi.
emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By SognBeg


ah jangan diambil hati itu teman saya yg di indo
maksudnya dia coba opininya yang lebih berbobot gitu
jangan macem panasbung koar2 gak jelas sok jadi aktivis
coba tunjukkan pemikiran brilian anak bangsa lulusan LN

kalo saya gak perlu komen lah soalnya anak buah saya udah pada komen di thread satunya lagi


iya Gan emoticon-Smilie
mohon link thread nya juga di share emoticon-Smilie
saya lulusan universitas dalam negeri gan emoticon-I Love Indonesia (S)

terkait wacana.. pak habibie emang benar.. negara kita kurang mengoptimalkan sumber daya non-migas.. emoticon-I Love Indonesia (S)
dengan banyaknya gunung berapi, harusnya panas bumi memang salah satu opsi paling rasional..
Quote:Original Posted By not4given
saya lulusan universitas dalam negeri gan emoticon-I Love Indonesia (S)

terkait wacana.. pak habibie emang benar.. negara kita kurang mengoptimalkan sumber daya non-migas.. emoticon-I Love Indonesia (S)
dengan banyaknya gunung berapi, harusnya panas bumi memang salah satu opsi paling rasional..


coba tanya ama habibie, emank tenaga panas bumi g ada kelemahan nya?coba deh dia suruh jelasin dulu, kelebihan n kekurangannya, jangan cuma kelebihan doank yang disebutin kek iklan produk aja.emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By revu


coba tanya ama habibie, emank tenaga panas bumi g ada kelemahan nya?coba deh dia suruh jelasin dulu, kelebihan n kekurangannya, jangan cuma kelebihan doank yang disebutin kek iklan produk aja.emoticon-Ngakak


eh, bocah,
elu omong sama kakek yang pernah megang gelar IQ tertinggi di Indonesia,
pak Habibie ini orang jenius, apa yang beliau utarakan pasti berbobot

otak elu yang 2D gimana bisa paham uraian orang jenius macam beliau
Quote:Original Posted By macmania


eh, bocah,
elu omong sama kakek yang pernah megang gelar IQ tertinggi di Indonesia,
pak Habibie ini orang jenius, apa yang beliau utarakan pasti berbobot

otak elu yang 2D gimana bisa paham uraian orang jenius macam beliau


terus gw musti bilang WOW gitu.emoticon-Ngakak

orang yang ngomong dirgantara China ketinggalan 50 tahun, terus ke kejar dalam waktu singkat itu jenius. emoticon-Ngakak

terus sapa yang isa paham uraian orang jenius, apa musti sesama jenius.emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By revu


terus gw musti bilang WOW gitu.emoticon-Ngakak

orang yang ngomong dirgantara China ketinggalan 50 tahun, terus ke kejar dalam waktu singkat itu jenius. emoticon-Ngakak

terus sapa yang isa paham uraian orang jenius, apa musti sesama jenius.emoticon-Ngakak


sebenernya semua warga negara Indonesia itu jenius Gan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By Rizqi82


sebenernya semua warga negara Indonesia itu jenius Gan emoticon-Smilie




sayang nya ada yang merasa berbeda, jadi tau sendiri lah.emoticon-Malu (S)

mending agan balik ke Jerman, cari kerja disana(kalo disini lom dapet kerjaan loh ato tawaran disana lebih bagus), sambil nunggu kondisi dalam negeri lebih baik, n bila suatu saat dibutuhkan bisa kembali, itupun kalau dilihat lebih menjanjikan loh, jadi skill agan ga terbuang percuma dimari. emoticon-Smilie

ngomong2 masalah energi, bukannya di Jerman sana lebih mengutamakan tenaga matahari untuk energi alternatif, bahkan denger2 sisa listrik yang terkumpul bisa dijual atau motong tagihan listrik bulan berikutnya?
TS yg bijak,, emoticon-I Love Indonesia (S)
semoga kita bisa bersatu secepatnya membangun bangsa ini...
udah mending gawe di luar negeri aja dulu.
lo sama keluarga lo kan butuh duit.

ga lucu dimari digaji seadanya emoticon-Ngakak

kalo udah kaya baru balik bikin usaha.

nasionalisme versus kebutuhan hidup ganemoticon-Ngakak

baca beginian, ane jadi pingin tinggalin ni negara emoticon-Berduka (S)