alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a8125e0a75b4fe77000005/gunung-batur-resmi-jadi-anggota-jaringan-geopark-global-unesco
Thumbs up 
Gunung Batur Resmi Jadi Anggota Jaringan Geopark Global UNESCO
Gunung Batur Resmi Jadi Anggota Jaringan Geopark Global UNESCO

Quote:Geopark Gunung Batur resmi dikukuhkan sebagai anggota jaringan geopark global dari UNESCO. Hal ini berarti Gunung Batur menjadi tempat kedua di Asia Tenggara yang masuk jaringan global itu setelah Langkawi, Malaysia.

Upacara resmi pengukuhan Geopark Gunung Batur sebagai anggota jaringan global geopark itu dilaksanakan pada Sabtu (17/11/2012), di Lapangan Kapten Mudita, Bangli, Bali. Pengukuhan Geopark Gunung Batur itu dilaksanakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu. Acara itu juga dihadiri para pejabat dari pusat dan pemerintah daerah, tokoh pendidikan Arief Rahman, serta para pengusaha industri pariwisata.

Jero Wacik menyatakan, Indonesia memiliki banyak potensi keanekaragaman bumi (geodiversity) yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Badan Geologi Kementerian ESDM telah mengidentifikasi keterdapatan 33 kawasan yang memiliki warisan geologis di seluruh Indonesia. "Ini prosesnya dimulai sejak saya menjabat sebagai Menteri Pariwisata. Yang saya daftarkan enam tempat yaitu Geopark Danau toba, situs geologis Merangin di Jambi, kars di Pacitan, Gunung Rinjani di Lombok, Raja Ampat di Papua, dan kawasan Gunung Batur," ujarnya.

Karena warisan geologis yang dimiliki, Gunung Batur dan sekitarnya di Kabupaten Bangli telah ditetapkan sebagai Geopark nasional kaldera Batur pada tahun 2010. Selanjutnya, Kementerian ESDM, Kementerian Parekraf dan Pemda Bangli mengusulkan geopark itu untuk memperoleh status anggota jaringan Geopark Dunia dari UNESCO. Akhirnya pada 20 September lalu di Portugal, Geopark Batur diterima sebagai anggota dari GGN UNESCO.

"Tugas kita ke depan adalah memuliakan bumi artinya menjaga lingkungan, dan menyejahterakan masyarakat sekitar Gunung Batur. Banyak impian muncul, treking sepeda harus ada, panjat tebing, semua bisa menjadi dollar," kata Jero Wacik.

Sementara itu, Mari Pangestu menyambut baik keberhasilan Geopark Nasional Kaldera Batur yang resmi diterima menjadi anggota Jaringan Geopark Global (JGG) UNESCO. Keberhasilan ini menjadikan Indonesia tercatat sebagai anggota ke 89 dari 90 JGG yang tersebar di 27 negara. Keanggotaan JGG diberikan saat penutupan acara Konferensi Internasional Jaringan Geopark Eropa ke-11 di Arouca, Portugal, pada 20 September 2012 lalu.

"Keanggotaan ini memiliki arti penting karena untuk tergabung dalam anggota JGG prosesnya panjang dan harus melalui persyaratan yang ketat. Kita telah melakukan prosesnya sejak 2008 dan baru pada tahun ini Indonesia berhasil mendaftarkan Geopark Nasional Kaldera Batur menjadi salah satu dari 90 JGG," kata Mari Pangestu.

Kesuksesan Batur Global Geopark diharapkan dapat jadi contoh dan penyemangat untuk geopark lain di Indonesia yang ingin bergabung dalam JGG. Lebih dari itu, pengukuhan Batur Global Geopark bermakna bagi pengembangan pariwisata Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia.


SUMBER


wah....selamat ya...emoticon-Selamat....semoga diikuti geopark lainnya

TRIT ANE yg LAIN....Silahkan mampir

Survei: Orangtua Tak Mau Anaknya Jadi Anggota DPR
[HOT INFO]Windows 8 Telah Berhasil Dibajak
Jejaring Sosial Produk Indonesia Ini Rambah 190 Negara
Lampung Rintis Singkong Jadi Sumber Energi Listrik
Baru kali ini ane denger istilah taman bumi ... emoticon-Malu (S)
kalau gak salah gunung ini masih aktif kan?
mantep nih gunung batur....
ALHAMDULILLAAHHH... akhirnya Indonesia punya Geopark... ga sembarangan lo syarat untuk jadi Geopark. Semoga kelestarian di dalamnya semakin dapat terjaga dan masyarakat sekitarnya meningkat kesejahteraannya.
semoga kepercayaan ini bisa dijaga bersama2 dan gunung2 lain nya di indonesia bisa menyusul ..
selamat atas kepercayaan yang didapat
hebat juga bs menjadi bagian organisasi dunia
wah masuk wish list hiking ane nih.... emoticon-Big Grin
wahh...batur-kintamani masuk jg...
love bali emoticon-Kiss
wah batur emoticon-Kiss (S) bali makin menjadi terkenal nih emoticon-Kiss (S)
wah bagus nih, lain waktu kesana deh emoticon-I Love Indonesia (S)
keren ,
selamat ya untuk gunung batur
selamat ya
emoticon-Selamat
pengin juga ane kesana
wah mantab selamata ya.... semoga bermanfaat
katanya ya ini satu2nya daerah kaldera yang ada gunung dan danaunya, yang disebut gunung batur dan danau batur, sedangkan kaldera sendiri adalah cekungan hasil dari sebuah letusan gunung
emoticon-Selamat

semoga gunung2 yg lain menyusul ya.emoticon-Big Grin
Jual buku-buku karya sastra dan umum

Jual emblem toyota, OEM/ORI

Batur? sodaranya MerBABU dunk? emoticon-Big Grin

(bahasa jawa batur=pembantu)


Karena ane pejwan di HT, ne bantu menampilkan komen bermutu
Quote:Original Posted By wismaasri


Dulu waktu masih Kuliah dari ujung Barat ke Timur Jawa semua Gunung Tutup karena Musin Badai (Hujan), terpaksa nyeberang ke Gunung Agung tutup pula.
Lalu ke Gunung Batur.
Hoples malas ndaki Jadi nyuruh kawan2 ndaki Carriel (Lemari) dirtinggal saja Saia yang Nungu.
Beberapa lama kemudian pada Balik lagi Coz ada orang di Gantung di Pohon dan Lewat busuk tapi ngak Bau setelah kawan2 minta dan saia dekati periksa.
Kasihan Jenazah lapor polisi deh,
eh dituduh, karena perasaan bersalah jadi lapor kata pak Polisi
Nge camp semalam dikantor polisis tepi danau Kintamani.
Akhirnya cuma jadi anak pantai di Kuta.

emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By widismoker
kalo mau ke batur jangan lupa mampir ke trunyan ... emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By Espada_Panthera
Wow sudah resmi jadinya emoticon-Belo
Selamat untuk pemerintah Indonesia dan selamat juga untuk Gunung Batur beserta warga sekitarnya yang sudah membantu menjaga kelestariannya. Gunung Batur memang salah satu objek wisata yang paling menarik di Bali. Selain udaranya yang sejuk, pemandangan dari areal pinggir yang skrg sudah banyak pavilion yg membantu turis untuk melihat pemandangan lebih detail juga sangat eksotis. Worth it of your money bagi kalian para backpacker yang mau berkunjung ke Bali. Disekitaran areal Gunung Batur juga terkenal dgn ikan mujairnya sbg masakan kuliner setempat. Jadi sembari menikmati hidangan terkadang ada rumah makan yang mengset view mereka langsung ke arah gunung. Dijamin enak bet pasti nuansanya emoticon-thumbsup:

Semoga kedepannya areal-areal lain di Indonesia juga bisa menjadi expose pemerintah, misalnya Raja Ampat di Papua juga emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By lutefyasoi
ia semoga aja dengan pengukuhan ini pemerintah lebih siap menghadapi wisatawan nantinya, baik dengan pendidikan yang diberiakn kepada penduduk sekitar, penjagaan lingkungan fasilitas sarana dan transportasinya harus memadai jangan sampe membuat wisatawan kecewa.emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By nukles18
wow...1 lagi persembahan dari INDONESIA!!!emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
unget jgn cuma gembar gembor krn dapet penghargaan, mendapatkan lebih gampang dari pada menjaga... ntar, mentang mentang dah dapet, eh dirusak lagi, ato byk wisatawan yg mau kesana trus tangannya jahil...yah...rusak lah sudah...

terus maju INDONESIA...kita kaya, kita bisa...habisi koruptor (kok ada koruptor yak??hehehe emoticon-Najis )


Quote:Original Posted By fahrizal_malang
satu lagi keindahan bumi indonesia yang diakui dunia. Negeri kita ini sebenarnya gak kalah loh dengan negara lain. So, mari kita budayakan mengenal keindahan alam indonesia sendiri sebelum ke negara lain.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By gotmouse
katanya ya ini satu2nya daerah kaldera yang ada gunung dan danaunya, yang disebut gunung batur dan danau batur, sedangkan kaldera sendiri adalah cekungan hasil dari sebuah letusan gunung


Quote:Original Posted By rinascimento
didaftarin dari tahun 2008 baru tahun ini jadi anggota...emoticon-Gila
jalan panjang menuju anggota...emoticon-Smilie







___________________________________________________________________
"Always Have a Contigency Plan"



Quote:Original Posted By 014mahay
Wow keren gan emoticon-thumbsup
ane udah pernah mendaki kesana gan... kebetulan juga deket :P
Disana pemandangannya indah

dan emang Gunung Batur itu bekas Super Vulcano emoticon-thumbsup





Subhanallah...
indahnya pemandangannya gan.
pgn deh gam maen k t4 ini.
emoticon-Matabelo
wah biasa nya klo jd geopark pasti ada barang tambang yg berharga didalamnya makanya perlu dilestarikan...kira2 apa yah emoticon-Kiss