alexa-tracking

SUNDANESE SHERLOCK mini case #2 "Abnormal Activity"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a742470176087d1d0000d0/sundanese-sherlock-mini-case-2-quotabnormal-activityquot
SUNDANESE SHERLOCK mini case #2 "Abnormal Activity"
SUNDANESE SHERLOCK mini case #2 "Abnormal Activity"
Halo agan semua, Wilujeng sumping!
selamat datang di trit kedua ane


Exclusively Solved By adithellman emoticon-Hammer
untuk jawaban dan ending lengkap lihat di komen pertamax


sebelumnya buat yang belom tahu apa itu "Sundanese Sherlock"
biar gak salah pengertian buka dulu trit sebelumnya
http://www.kaskus.co.id/thread/50a39...e-victimsquot/

Kembali lagi dengan ane, Surya, sang Detektif Super emoticon-Hammer (S)
ini adalah kasus mini, untuk lebih tahunya tentang kasus "mini" lihat aja di trit sebelumnya!
tanpa basa-basi lagi langsung aja kita ke kasus mininya!

Quote:Ngelihat anak2 SMA menyebrang jalan, ane jadi inget lagi masa-masa SMA
Ya... ane udah kuliah sekarang
walaupun baru mulai, tapi udah ngebosenin emoticon-Hammer (S)
jadi kangen, rasanya mau SMA lagi

Masa-masa SMA emang masa-masa paling menyenangkan
enaknya jadi kakak kelas bisa nge-bully adek kelas, wkwkwk
ya...dulu waktu ane masih jadi adek kelas, emang gak enak...

ya... sekitar 3 tahun yang lalu sewaktu ane masih kelas satu

Ane di SMA ane ikut ekskul Silat, kalau ikut silat sebenernya boleh asal masuk
tapi kalau mau jadi pengurusnya/aktivisnya supaya bisa ikut lomba,latihan intensif atau segala macem...
gak kayak kaskus yang registernya gratis, di ekskul ini, ane harus di tes dulu sebelum jadi aktivis...
"tes kemauan diri", bukannya "tes kemampuan diri", tapi "kemauan" diri!
kalau "tes kemampuan dirinya" akan dilaksanakan pada saat akan kenaikan sabuk
tapi sebelum masuk ekskulnya ane mesti di tes kemauan dirinya

dengan berbagai cobaan, berbagai kaderisasi, berbagai ocehan sudah ane tempuh
tapi untung karena dua hal ane dapet cendol dari kakak kelas(maksudnya reputasi baik)

jadi reputasi yang pertama, sewaktu di kader di tengah hutan kakak kelasnya membuat peraturan
1.KALIAN BODO
2.KAKAK KELAS SELALU BENAR
3.BILA KAKAK KELAS SALAH BERARTI KALIAN BODO DAN KEMBALI KE PERATURAN no.2 HAHAHA!

memang peraturan yang bodo!
salah satu kakak kelas bertanya "ada yang gak setuju?"
ane pun angkat tangan
"Surya! kenapa kamu gak setuju?"
"Sesungguhnya yang selalu benar hanya tuhan semata-mata" Kata ane dengan sangat alim emoticon-Hammer (S)
merekapun terdiam dan saling berbicara satu-sama lain, "oh iya ya?"

dan ane yang "BODO" pun tertawa dalam hati yang ikhlas (komeng kaskuser: gak nanya!)

Nah, reputasi ane yang kedua membuat angkatan ane dengan cepat dilantik, karena suatu kejadian ini!
jadi mendekati waktu pelantikan...
dimana ketegangan atmosfir diantara kami dan kakak kelas mulai berkurang
mungkin karena sudah terbiasa dimarahi dan disuruh-suruh emoticon-Hammer (S)
tapi kami jadi sering ketawa-ketiwi bareng kakak kelas

nah, untuk pelantikan yang akan dilaksanakan pada liburan akhir tahun...
kami disuruh bawa baju buat satu minggu!
dah?!!! mau ngapain bawa baju buat satu minggu? libur ane berkurang dong emoticon-Frown
dan saat tiba hari pelantikan...
kami dibawa pergi jauh banget, ampe kayaknya udah di pedalaman dan gak bisa pulang emoticon-Frown

sesampainya di tujuan...
ternyata pelantikannya adalah disuruh membantu warga-warga kampung!

di rumah kades, nanti akan dipilih akan membantu warga siapa, dan menginap di rumah warga tersebut dengan dikocok namanya

nah, sialannya ane kebagian ngebantu warga yang gak biasa...
namanya Pak Toidi, nama yang aneh, dan ternyata kalo "dimain-mainin" tuh nama emang kocak emoticon-Big Grin
memang sama seperti namanya, Pak Toidi memang tak biasa
mengapa demikian?

yah baca aja terus!
berikut adalah diary ane saat tinggal di rumahnya

HARI PERTAMA
Dear Diary emoticon-Betty (S)
aku baru kali ini jauh dari mama, aku baru hari pertama udah kangen mama,
tapi aku harus berani, aku harus kuat, aku harus menjadi pembela kebenaran emoticon-Hammer (S)
agar namaku juga bersinar seperti nama kak mentari,

ini hari pertamaku di desa Cidiot, aku sampai di desa sehabis ashar, aku dan sholeh mendapat bagian membantu seorang warga bernama toidi
rumahnya terpencil sangat jauh dari warga lainnya, pintu masuk rumahnya ada gerbang besar, kami pun dibolehkan masuk oleh Toidi
Setelah masuk gerbang, didalam gerbang banyak pohon-pohon besar, dan barisan bambu serem, aku atut emoticon-Takut (S)
rumahnya besar, dan kelihatannya sudah sangat tua

hari pertama kami hanya diminta membantu dia mencuci motor, aku pun bobo di rumahnya, aku bobo di kamar berbeda dengan toidi
aku harap dia tak maho emoticon-Betty (S)
karena sepertinya dia belum punya istri emoticon-Takut (S)

HARI KEDUA
Dear Diary emoticon-Najis (S)
pagi ini aku dan sholeh bangun solat subuh, dan kami mendengar toidi sedang berzikir, ternyata dia sudah bangun duluan
sepertinya dia orang alim dan gak maho (komeng kaskuser : TS yg maho!)

setelah selesai solat aku disuruh nyabut pohon singkong, dan sholeh disuruh gali tanah di belakang rumahnya
kayaknya dia mau nanem singkong, tapi kok...

dia malah mengisi lubang, dengan sebuah kardus yg dia angkat sendiri
menguburnya dan menancapkan pohon singkong yg tadi sudah aku susah payah ambilnya emoticon-Frown

aku dan sholeh terbengong, melihat kami Pak Toidi berkata sambil tersenyum,
ini adalah persembahan, dan sepertinya kalian harus bakar menyan di atas situ
agar kita semua selamat, hahahaha dia malah ketawa abis itu
Aku dan sholeh ketakutan, kami pun terus membaca ayat kursi sampai malemnya dia pulang

dia pulang dengan bau asep-anyep gitu, aneh, karena aku gak pernah lihat dia ngerokok
dan bau asep-anyepnya gak biasa... ane gak pernah nyium bau seperti itu sebelumnya
jangan-jangan abis bakar menyan emoticon-Takut (S)

HARI KETIGA
Dear Diary
siang hari aku melihat Pak Toidi bawa sesuatu berwarna hitam
apa ya itu...
anjir! ternyata itu senjata! dia dukun bersenjata ya?!!!
serem bgt! emoticon-Takut (S)

setelah itu ane mendengar ia berbicara dengan seseorang, sayangnya orang tersebut kurang kelihatan jelas siapa
dan ane hanya mendengar satu kata yang Pak Toidi teriakkan keras karena jarakku terlalu jauh
"Hahaha,ok bos, Walaikumsalam" Suara ketawanya jahat! emoticon-Takut (S)

sore harinya aku dan sholeh disuruh beli makanan di pasar
sekalian di pasar, kami juga bertanya dengan warga sekitar
dan kami berhasil mendapatkan jawaban tentang pak Toidi
1. "Pak Toidi? Oh yang menyendiri itu, wah, katanya dia lumayan kaya loh, karena cuman dia yang punya motor di desa ini"
"menyendiri?"
"iya dia jarang ngobrol bareng warga"

2. "Oh Toidi? Hahahaha, tenang aja! dia emang aneh, tapi dia orangnya baik kok, hahahaha"
"baik?"
"Hahaha, saya kenal deket ama dia, kerjaan kita sama"

3. "Pak Toidi yang rumahnya di ujung itu ya? dia jarang bergaul, kayaknya dia sibuk sendiri, gitu"
"sibuk sendiri?"
"iya, dia keknya banyak kerjaan, di rumahnya dia sering gali tanah dan bawa-bawa benda2"

4. "Saya sering melihatnya keluar malam, membawa tas besar, dan pulang membawa benda, benda aneh yg kelihatannya berat,"
"kelihatan berat?"
"iya soalnnya motornya udah gonjet-gonjet gitu"

yah segitu ajah yang kami dapet

HARI KEEMPAT
Dear Diary
Sejak awal, aku curiga dengan sebuah ruangan, di rumah Pak Toidi, ruangan yang berpintu besi, seperti brankas
mungkin itu tempat ia menyimpan hartanya, tapi didekat situ, aku kok mencium bau asep ya?

kami melakukan kegiatan sehari2 seperti biasa
walaupun ada2 aja hal yg aneh, seperti menggali
memasang pagar-pagar aneh
memberi makan kelinci
...
hah sabar aja dah, tinggal 3 hari lagi

HARI KELIMA
Dear Diary
Kami masih disuruh seperti biasa
Sholeh pun sudah gak sabar, dia gak mau bekerja pada orang sesat
oleh karena itu, kami pergi ke rumah pak Kades dan bertanya lebih lanjut tentang Toidi
"Toidi memang aneh, sewaktu dia datang pertama kali ke desa ini, dia bilang dia mau mencari ketenangan, dan keselamatan jiwanya"

Pak kades tak tahu lebih lanjutnya
sepertinya aku memang harus bersabar agar dilantik emoticon-Frown

HARI KEENAM
Dear Diary
Seperti biasa kami disuruh memberi makan kelinci
dan seorang kakak kelas datang
"gimana? betah gak?"
"gimana betah? tinggal ama orang sesat! Jangan2 ini cuman skenario!" Kata Sholeh
"wkwkwk, Bukan kalian saja yg mendapat aneh, tapi teman2 kalian juga, pekerjaannya memang aneh"
"kalo gitu, kerjaan Pak Toidi sebenernya apa?" Tanya Sholeh
"Itu yang harus kalian cari tau, besok kalian harus udah tahu kalau mau dilantik!"
"Wkwkwk, sepertinya aku sudah tahu apa kerjaannya kak..." Kataku


Wkwkwk Diary ane ampe hari keenam dulu emoticon-Betty (S)

Apa pekerjaannya Pak Toidi?

NOW DETECTIVES,
CAN YOU SOLVE THIS "mini" CASE?

STORY ENDING (DIARY HARI KETUJUH)

Dear Diary emoticon-Betty (S)
hari ini aku harus bisa menjawab dengan benar supaya bisa dilantik, tapi jangan khawatir ya diary, karena aku udah tau apa pekerjaannya pak idiot, eh pak Toidi

"NAH! SURYA! KATANYA KAMU UDAH TAU YA? APA PEKERJAANNYA PAK TOIDI?!" Kata kakak kelas
"wkwkwk, aneh ya? terpencil gitu dia tinggalnya... udah gitu gerbang gede, banyak lobang ama banyak pagar lagi, bawa senjata juga, udah kayak mau perang aja..." Kata ane emoticon-Cool
"JADI MAKSUD KAMU DIA TENTARA?"
"wkwkwk, sabar dulu kak, jangan terburu2 emoticon-Big Grin pak Toidi gitu2, melihara kelinci yg imut imut juga loh emoticon-Big Grin"
"TENTARA SEKALIGUS PEMELIHARA KELINCI? BUAT BAHAN TEMBAK KELINCINYA?"
"wkwkwk bukan buat itu, sekali beranak kelinci banyak" emoticon-Big Grin
"TERUS GUE HARUS BILANG WOW GITYU?" < emoticon-Betty (S)
"Wkwkwk, rumah sudah seperti benteng, dihalaman bnyak galian dan pagar2 didalam rumah ada ruangan berpintu besi, punya senjata, dan mengubur kardus, yg mungkin isinya bisa jadi makanan kaleng ataupun peralatan-peralatan yg dia sembunyikan, dan sengaja diberi tanda berupa pohon singkong, dengan demikian dia bisa tahu lokasinya, kelinci sekali beranak banyak dan jadi cadangan makanan bisa di reproduksi lagi, bisa jadi cadangan makanan yg bagus"
"KENAPA GAK PAKE AYAM? LEBIH PRAKTIS?"
"wkwkwk, kebetulan di rumah nenek miara ayam kata nenek supaya ayam gak stres, ayam supaya bagus beranaknya mesti dibiarin berkeliaran, kalo gitu kan nangkepny susah, itu sih setau ane kak, kalo kelinci waktu ane ngurusin di rumahny pak Toidi letoy2" emoticon-Big Grin
"JADI ITU AJA? KALO GITU APA PEKERJAANNYA PAK TOIDI?"
"kakak dapet ide ngebawa kami kesini udah dari sekitar sebulan yg lalu kan?"
"HAH?"
"Waktu itu emang pilemny lagi ngetop, "2012" tentang kiamat, dan kakak-kakak semua dsini dapet ide dari situ"
"...."
"Kami harus tau kerjaannya... kakak2 memang jago juga mengkader kami, sengaja menyuruh demikian sehingga pada mikir seperti hal biasa... tukang bakso, tukang cukur keliling dll emoticon-Hammer padahal itu sengaja, kalo aja kakak2 nyuruhny "Ngapain pak Toidi begitu?" pasti bakalan gampang ketebak!"
"..."
"Emang kayak gitu biasanya, sengaja kakak2 pada begitu supaya misalny kami gak bisa jawab, kakak2 bakal punya alesan marahin kami, kalau kami bego gak nyadar dari pilem 2012 yg gak lama ini ngetrend! Padahal memang disaat tegang seperti ini biasanya kami malah berpikir serius dan melupakan hal2 lain sperti pilem tsb"
"eh, jadi pekerjaannya..."
"SIAGA KIAMAT emoticon-Hammer itu sebutan buatan aku sih emoticon-Stick Out Tongue lagian aku juga yakin, karena pak Toidi yg begitu rajinnya beribadah di pagi hari, walaupun malemny aku gak tau, mungkin ngedugem kali ya? makanya pulang malem emoticon-Hammer bercanda, dia bukan ngedugem tapi latihan menembak, sepertiny bareng temenny yg kerjaanny juga sama, di desa ini pak Toidi tidak sendirian karena temen2 yg lain juga dapet! makanya ada satu atau dua orang yg kenal baik, Pak Toidi sengaja memilih desa, untuk mencari keamanan karena sepi, tak seperti di kota, yg jika rusuh akan sangat menyeramkan, jadi intinya aku yakin itu 'pekerjaannya' Pak Toidi!"
"yakin nih? mau dikunci jawabannya? kalo salah resikonya angkatan kalian di undur ya pelantikannya!"
"eh, Sur kamu yakin nih?"
"YAKIN! pasti itu!"
"hahaha, yaudah Surya jawaban kamu..."
"Emang itu yg kakak mau, kami salah itu yg kakak mau, walaupun mungkin pak Toidi cuman orang biasa yg dibayar pake duit kami untuk bayar pelantikan, ujungny2 pastu bakal diperpanjang-panjangin ama kakak2 yah, semoga aja jawaban ku bener karena cuman itu yg gak bakal kepikiran! itu yg kakak2 mau jadi alesan kalo misalny jawaban kami salah!"
"HAHAHAH TERNYATA BUKAN CUMAN RAHASIA PAK TOIDI TAPI SEMUA RAHASIANY KETAHUAN, KAMU EMANG HEBAT SUR!" Kata Pak Toidi
"?" bingung ane
"HAHAHA AKU INI PEMBINA ESKUL SILAT! KAMU EMANG PANTES MENJADI PESILAT! KARENA KAMU BISA MENJAGA AGAR TETAP TENANG DALAM SITUASI GENTING! ITU YG PALING PENTING! MENTAL! TES KEMAUAN INI UNTUK MENGETES MENTAL KALIAN SEMUA! SEBERAPA KUATKAH, SEBERAPA SABARKAH, DAN SEBERAPA TENANGNYA MENTAL KALIAN ITU YG PALING PENTING! MENTALNYA DULU YG DIPERSIAPKAN BARU KEKUATAN FISIKNYA! JUJUR YG SANGAT MEMUASKAN SAMPAI SAAT INI BARU KAMU SUR, TAPI AKU YAKIN KAMU BISA JADI CONTOH YG BAIK BAGI ANGKATAN KAMU! NAH MULAI SAAT INI KALIAN SEMUA TELAH DIANGKAT MENJADI SILAT PERGURUAN LIDAH SMA NEGERI CIKENANG 1 ANGKATAN 2012!!!"
"YES!" "ALHAMDULILLAH" "YES YES!" "WKWKWK" "YES!"
seluruh angkatan kami gembira, ane pun menjadi ketua angkatan silat 2012...
dan tahun depan adalah saat angkatan ane yg memberikan kaderisasi...
kira-kira apa yg susah ditebak untuk adek kelas ane ya?"

TO BE CONTINUED...
COMING SOON... seri terbaru dari "SUNDANESE SHERLOCK"
SUNDANESE SHERLOCK "Senior Surya's Challenge" series
agan2 semua disini akan berperan sebagai angkatan 2013! yg baru di kader Surya
daftarkan diri di ESKUL SILAT! Bantu teman2 seangkatanmu! dan bawa nama baik angkatan agar cepat dilantik! Akan ada dua teman kenalan Surya di angkatan kalian yg akan membantu! Iren dan Wawan akan berperan seperti kaskuser juga disini! berdiskusilah dengan mereka nanti yg rencanany jika tidak ada kendala akan dilaksanakan saat liburan akhir tahun! (amin emoticon-Hammer) SIAPKAN MENTAL KALIAN AGAR CEPAT DILANTIK! emoticon-Cool

emoticon-Hammer

Sundanese Sherlock series created by SuryalokaHolmes. For fun purpose only, All Rights Reserved emoticon-Hammer

Spoiler for next case:


Spoiler for clue:


clue tambahan ada di bawah-bwah emoticon-Big Grin
yang pertama aja belom kelar, malah ditambah yang kedua... emoticon-Hammer (S)
subscribe dulu aja ah... emoticon-Ngacir
clue added

AP25 ditunggu jawabannya emoticon-Hammer (S)
clue-nya yang "selamat" itu?

Spoiler for :
Quote:Original Posted By adithellman
clue-nya yang "selamat" itu?

Spoiler for :

Spoiler for hanya untuk adithellman:
Jawaban ane nih agak ngaco, tapi siapa tahu bener
Spoiler for jawaban ngaco:
Quote:Original Posted By Gameddy
Jawaban ane nih agak ngaco, tapi siapa tahu bener
Spoiler for jawaban ngaco:


Spoiler for hanya untuk Gameddy:


seperti dalam diary
kakak kelas tau apa pekerjaannya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By adithellman
clue-nya yang "selamat" itu?

Spoiler for :


njelasin jawabanya adit , ketahuan kalo buka jawaban orang emoticon-Hammer2 , hehe

Spoiler for :

woits.. yang #1 udah ditutup aja...

Spoiler for ikutan ngaco lagi ah...:


emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By rendra 3


njelasin jawabanya adit , ketahuan kalo buka jawaban orang emoticon-Hammer2 , hehe

Spoiler for :



salah gan emoticon-Big Grin
baca lagi deh testimoni warga

Quote:Original Posted By rezico
woits.. yang #1 udah ditutup aja...

Spoiler for ikutan ngaco lagi ah...:


emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Spoiler for hanya untuk rezico:
Spoiler for jawaban ngaco:
iseng jawab ah hehehe

Spoiler for :
coba iseng2
Spoiler for ngaco:
Spoiler for Jawaban:
Quote:Original Posted By indramlyd
Spoiler for jawaban ngaco:


Spoiler for hanya untuk indramlyd:


Quote:Original Posted By TrainHernet
iseng jawab ah hehehe

Spoiler for :


Spoiler for hanya untuk TrainHernet:


Quote:Original Posted By FaceUP
coba iseng2
Spoiler for ngaco:


Spoiler for hanya untuk FaceUp:


Quote:Original Posted By WiryoSableng
Spoiler for Jawaban:


Spoiler for hanya untuk WiryoSableng:


nih buat agan semua tambahan dari ane

pekerjaannya yg Pak Toidi lakukan tidak digaji dan sebenernya itu bukan bos dia
boleh bertanya ga gan?emoticon-Big Grin
- Pekerjaan pak toidi itu dilakukan dari jam berapa sampai jam berapa?
- Senjata yang di lihat itu berupa senjata api atau senjata tajam?
- yang dimaksud singkong di tancapkan, di tancapkannya di kardus atau di tancapkan di tempat semula singkong itu di tanam?



Posted with KaskusQR

oh iya...

Quote:Original Posted By apalokata
boleh bertanya ga gan?emoticon-Big Grin
- Pekerjaan pak toidi itu dilakukan dari jam berapa sampai jam berapa?
- Senjata yang di lihat itu berupa senjata api atau senjata tajam?
- yang dimaksud singkong di tancapkan, di tancapkannya di kardus atau di tancapkan di tempat semula singkong itu di tanam?



Posted with KaskusQR


oh iya... emoticon-Big Grin
sori ya agan semua emoticon-Big Grin
cerita ane ambigu ya emoticon-Big Grin
ane sangka pada dapet emoticon-Big Grin

sebenrnya sih jam kerja dll kurang membantu

dari pagi ampe malememoticon-Hammer

kami membantunya bekerja dari subuh sampe jam 10an pagi
setelah itu kami bekrja sendiri dan dia pergi pulangnya jam 7 an malem biasanya bawa barang2

senjatanya senjata api, kalo senjata artinya senjata tajam jadinya bukan bahasa diary maho emoticon-Betty (S)

ditancap diatas tanah, kan dikubur dulu
emoticon-Big Grin

selamat berpikir detektif! emoticon-Big Grin
baru aja kelar baca,,, emoticon-Hammer (S)
sekarang saatnya analisa jawaban, sekalian gabungin dari clue cluenya... emoticon-Cool

tunggu aku ya semua emoticon-Betty (S)
Quote:Original Posted By AP25
baru aja kelar baca,,, emoticon-Hammer (S)
sekarang saatnya analisa jawaban, sekalian gabungin dari clue cluenya... emoticon-Cool

tunggu aku ya semua emoticon-Betty (S)


nih clue lagi dah emoticon-No Hope

"pekerjaannya" punya acara loh di TV