alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a71fd3197608c66a00007f/cak-imin-akhirnya-teken-aturan-outsourcing-baru
Thumbs down 
Cak Imin Akhirnya Teken Aturan Outsourcing Baru
Jakarta - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar akhirnya menandatangani Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) mengenai outsourcing.

Kepala Humas Kemenakertrans Suhartono memastikan Muhaimin telah menandatangani Permen tersebut. "Betul sudah ditandatangani sejak Kamis dan saat ini posisi sedang proses di Kemenkumham," katanya saat dihubungi detikFinance, Sabtu (17/11/2012).

Suhartono menjelaskan, dalam aturan baru itu pekerjaan outsourcing ditutup kecuali lima jenis pekerjaan, yaitu jasa pembersihan (cleaning service), keamanan, transportasi, katering, dan Jasa Migas Pertambangan.

Untuk mempermudah, Muhaimin meminta istilah outsourcing tidak lagi digunakan. Lebih baik memakai istilah dua jenis pola hubungan kerja yaitu pola hubungan kerja dengan PPJP atau (Perusahaan Pengerah Jasa Pekerja) yang hanya meliputi 5 jenis pekerjaan tadi.

Sedangkan pola hubungan kerja kedua adalah pemborongan yang menggunakan sub kontrak perusahaan atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

"Kemarin rapat Tripartit terakhir sudah hampir dipastikan semua bisa memahami karena sudah ada solusi yaitu melalui pemborongan," tutur Suhartono.

Menurut Suhartono dengan ditandatanganinya permenakertrans soal outsourcing tersebut, maka pengaturan pelaksanaan outsourcing harus segera dilaksanakan sesuai dengan amanat perundang-undangan.

"Jadi kalau lima jenis itu bisa menggunakan perusahaan penyedia jasa pekerja (PPJP) atau yang dulu disebut outsourcing. Selain lima jenis itu maka harus menggunakan model kerja pemborongan," tutup Suhartono.
(http://finance.detik..com)
******************************************************************************************
Cak..cakemoticon-Nohope
Sama aja cuma ganti casing doangemoticon-Busa:
saya suka yang borongan...emoticon-Big Grin
horeeee...
perusahaan outsourcing bakal makin kelimpungan...
soalna skrg client mrk ud nga isa outsource eceran lg, mesti borongan... emoticon-Malu (S)
maksudnya apaan?
kalo emang bener outsourch hanya untuk 5 profesi diatas, kenapa masih banyak perusahaan yang masih pake outsourch diluar 5 profesi tsb. Misal: di beberapa perbankan, dari muali staff, admin, petugas lapangan, semuanya outsourch.
kemenaker nya ngga punya gigi, masih kalah sama pengusaha, emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By extrazonk
maksudnya apaan?
kalo emang bener outsourch hanya untuk 5 profesi diatas, kenapa masih banyak perusahaan yang masih pake outsourch diluar 5 profesi tsb. Misal: di beberapa perbankan, dari muali staff, admin, petugas lapangan, semuanya outsourch.
kemenaker nya ngga punya gigi, masih kalah sama pengusaha, emoticon-Hammer (S)


Ntu kan sebelum ada permen yang baru ni ganemoticon-Big Grin
Tau dh bsk-bsk gimana kalo dilapanganemoticon-Big Grin
Oia borongan ntu gimana mksd'a?emoticon-Bingung (S)
Ini mah apa bedanya sama perusahaan outsourcing yg sekarang?
Semuanya kalau nyuplai karyawan ya borongan, mana ada yg satu-satu emoticon-Bingung (S)

Ga mudeng gan *hadeh

Gw kok ga mudeng istilah borongan ya gan, ditambah lagi bikin singkatan baru emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By 0ralucu
saya suka yang borongan...emoticon-Big Grin


Sempat tertegun, baca sekilas tak kira bilang

"Saya suka yang brondong'an..." emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By extrazonk
maksudnya apaan?
kalo emang bener outsourch hanya untuk 5 profesi diatas, kenapa masih banyak perusahaan yang masih pake outsourch diluar 5 profesi tsb. Misal: di beberapa perbankan, dari muali staff, admin, petugas lapangan, semuanya outsourch.
kemenaker nya ngga punya gigi, masih kalah sama pengusaha, emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By camo87


Ntu kan sebelum ada permen yang baru ni ganemoticon-Big Grin
Tau dh bsk-bsk gimana kalo dilapanganemoticon-Big Grin
Oia borongan ntu gimana mksd'a?emoticon-Bingung (S)


meskipun nanti permen ud di tandatangani masi byk yang ganjil...
btw, g kerja jadi konsultan IT... dimana g memberikan outsourcing bukan berupa kontrak manusia loh... seperti outsourcing data, dll ato mungkin malah cloud computing kan jg termasuk outsourcing karena menggunakan pihak ke 3...

ckckckck...
apa gara2 yang protes buruh, jd cm fokus di pembenaran masalah buruh aj? pdhl mslh ini cukup luas...

keciwa ak.. emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By lucidlynx
Ini mah apa bedanya sama perusahaan outsourcing yg sekarang?
Semuanya kalau nyuplai karyawan ya borongan, mana ada yg satu-satu emoticon-Bingung (S)


Quote:Original Posted By cakmomon
Gw kok ga mudeng istilah borongan ya gan, ditambah lagi bikin singkatan baru emoticon-Bingung (S)


beda gan...
skrg client ane ada yg cm outsource 1 ato 2 org dari konsultan ane...
berkat permen ini... client ane wajib outsource diatas 10org supaya dibilang borongan..
emoticon-Ngakak
Kalau dulu di pabrik bokap gw sih karyawan ada 2 statusnya dan itu tergantung dengan bagaimana mereka dibayarnya. Yang 1 dibayar tetap per bulan, biasanya untuk karyawan yang rajin, kerja rapih dan udah lama sm yg 1 lagi borongan, dia dibayar sebanyak berapa bagian kursi yang bisa dia selesain per minggu. Yang borongan ini buat yg baru, suka ngerumpi, agak malas dll.

Pabrik bokap gw bqn kursi rotan, jadi ada bagian2nya gitu. Tukang bqn rangka, tukang anyam, tukang cat, dll. Mungkin sm x ya borongannya di sini brati tergantung produktivitasnya dia. Kalau tukang2 bgini dulu si suka bgt pindah2 dr pabrik 1 ke pabrik lain, soalnya biasanya produksi pabrik jg tergantung order yg masuk.

Tp gw juga krg paham si sm status jamsosteknya dll, apakah mereka smua punya atau cuma yg pegawai tetap aj. Ada yg punya pengetahuan / pengalaman lebih ttg ini?

Kalau dr berita di atas brati yang dl namanya outsourcing skrg ganti istilahnya jadi hubungan kerja dengan PPJP atau (Perusahaan Pengerah Jasa Pekerja) yg cuma boleh untuk 5 sektor itu. Nah klo yang 1nya lagi itu pemborongan yang menggunakan sub kontrak perusahaan atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) sepemahaman gw si ini brati sistem kontrak.
ga mudeng ama masalah outsourching... kalau bisa dihapuskan aja..karena tidak pernah membela hak pekerja



Cak Imin Akhirnya Teken Aturan Outsourcing Baru
Cak Imin Akhirnya Teken Aturan Outsourcing Baru
Quote:Original Posted By aero2010
ga mudeng ama masalah outsourching... kalau bisa dihapuskan aja..karena tidak pernah membela hak pekerja



Cak Imin Akhirnya Teken Aturan Outsourcing Baru
Cak Imin Akhirnya Teken Aturan Outsourcing Baru


hmm...
berbicara masalah hak...
okelah kita bilang outsourcing tidak membela hak pekerja...

lalu, gmn dgn hak pengusaha?
emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By sant1ka
Kalau dulu di pabrik bokap gw sih karyawan ada 2 statusnya dan itu tergantung dengan bagaimana mereka dibayarnya. Yang 1 dibayar tetap per bulan, biasanya untuk karyawan yang rajin, kerja rapih dan udah lama sm yg 1 lagi borongan, dia dibayar sebanyak berapa bagian kursi yang bisa dia selesain per minggu. Yang borongan ini buat yg baru, suka ngerumpi, agak malas dll.

Pabrik bokap gw bqn kursi rotan, jadi ada bagian2nya gitu. Tukang bqn rangka, tukang anyam, tukang cat, dll. Mungkin sm x ya borongannya di sini brati tergantung produktivitasnya dia. Kalau tukang2 bgini dulu si suka bgt pindah2 dr pabrik 1 ke pabrik lain, soalnya biasanya produksi pabrik jg tergantung order yg masuk.

Tp gw juga krg paham si sm status jamsosteknya dll, apakah mereka smua punya atau cuma yg pegawai tetap aj. Ada yg punya pengetahuan / pengalaman lebih ttg ini?

Kalau dr berita di atas brati yang dl namanya outsourcing skrg ganti istilahnya jadi hubungan kerja dengan PPJP atau (Perusahaan Pengerah Jasa Pekerja) yg cuma boleh untuk 5 sektor itu. Nah klo yang 1nya lagi itu pemborongan yang menggunakan sub kontrak perusahaan atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) sepemahaman gw si ini brati sistem kontrak.


yupz...
maka na g jg bingung beda-nya dimana...
ini sama aja dengan sistem kontrak tetapi kontrak-nya tetap melewati sub kontrak perusahaan, apa bedanya dengan outsourcing... toh alhasil tetap melewati pihak ke 3 untuk mendapatkan pekerja...
emoticon-Cape d... (S)
klo bs cr kerja jgn lwt outsrcing.. tp pk koneksi emoticon-Big Grin