alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a70a73e374b42f240000e8/mengenai-anjloknya-ka-argo-anggrek
Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek
Quote:Kereta Api Argo Anggrek jurusan Stasiun Pasar Turi, Surabaya - Stasiun Gambir, Jakarta anjlok di KM 163 Desa Pebatan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat sore.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi di Kecamatan Wanasari itu, namun kecelakaan itu mengakibatkan sejumlah perjalanan kereta api terganggu.

Hingga kini, belum diketahui penyebab anjoknya KA bernomor loko CC 2039812 dengan sembilan rangkaian gerbong tersebut.

Pada peristiwa itu, sebanyak empat dari sembilan rangkaian gerbong KA Argo Anggrek keluar dari bantalan rel dan kini masih dalam proses evakuasi.

Menurut Hariatmo, penumpang KA Argo Anggrek yang berada di rangkaian gerbong empat, mengatakan peristiwa anjloknya kereta terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

"Kami kaget karena tiba-tiba kereta berhenti mendadak sehingga para penumpang segera turun dari KA dan mendapati beberapa rangkaian kereta anjlok," katanya.

Sementara petugas kondektur KA Argo Anggrek, Sadira mengatakan KA Argo Anggrek akan diberangkatkan setelah proses evakuasi selesai.

"Sebanyak lima gerbong yang bisa ditarik untuk diberangkatkan meneruskan perjalanan lagi sedangkan empat gerbong lagi terpaksa ditinggal untuk proses evakuasi. Penyebabnya kami belum tahu," katanya

Akibat anjloknya KA tesebut jadwal keberangkatan sejumlah KA, seperti KA Cirebon Ekspres (Cirek) dari Stasiun Tegal tujuan Jakarta yang seharusnya diberangkatkan sekitar pukul 16.15 WIB dan KA Muria yang akan diberangkatkan dari Stasiun Tegal sekitar pukul 18.10 WIB dipastikan tertunda.


Antara

Quote:Wakil Kepala Stasiun Kereta Api Tegal, Hari Supriono menyatakan peristiwa anjloknya Kerata Api Argo Anggrek di perlintasan Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada Jumat sore karena kondisi bantalan rel sudah rusak.

"Anjloknya KA Argo Anggrek di Brebes karena bantalan yang rusak akibat dalam jarak tertentu tergilas kereta api," katanya di Brebes, Jumat.

Ia mengatakan bahwa saat ini, PT KAI telah mengerahkan petugas dan mendatangkan alat berat berasal dari Tegal dan Daop III Cirebon untuk mengevakuasi empat gerbong yang anjlok tersebut.

"Evakuasi gerbong yang anjlok dipercepat sebagai upaya menormalkan kembali perjalanan KA mengingat kondisi di jalur lintasan padat masih dilayani dengan rel tunggal (single track)," katanya.

Menurut dia, berdasarkan informasi dari petugas di lokasi kejadian, jumlah gerbong KA yang anjlok sebanyak empat unit yang terdiri atas tiga gerbong penumpang dan pembangkit.

"Akan tetapi, yang jelas pada peristiwa itu tidak ada korban jiwa karena posisi gerbong yang yang anjlok tidak menyulitkan. Posisi gerbong yang anjlok tidak tegrguling melainkan tetap berdiri dan masih berada dekat letak rel," katanya.

Ia mengatakan bahwa akibat anjolknya KA Argo Anggrek ini telah mengganggu jadwal keberagkatan sejumlah kereta api, seperti KA Cirebon Ekspres (Cirek).

Bahkan, para penumpang KA Cirek yang sudah membeli tiket di Stasiun Tegal, terpaksa harus diangkut dengan menggunakan bus menuju Stasiun Tanjung untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

"Puluhan penumpang terpaksa kami angkut dengan menggunakan bus menuju Stasiun Tanjung untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menumpang KA Cirebon Ekspres," katanya.
(ANT)


Antara

Bantalan rusak? Nampaknya memang jalur satu itu memang terkenal padat...
Mungkin kerapatan dan mutu bantalan harus ditingkatkan...
bantalan itu yang kayak kayu,besi gitu kan?
emangnya di sono makek yang apa?
emoticon-Confused:
Quote:Original Posted By galuhsuda
bantalan itu yang kayak kayu,besi gitu kan?
emangnya di sono makek yang apa?
emoticon-Confused:


gambarnya bantalan ada di bawah ini...

Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek

memang di sana sudah pake beton, tapi beban jalur yang tinggi/ramai di lintas utara jelas menyumbang andil dalam rusaknya bantalan ini,
Beberapa tempat di jalur Brebes - Cirebon sudah dua jalur. Yang di Pebatan ini mungkin yang masih satu jalur.

Sulit untuk KAI mencapai zero accident dalam setahun.
masinisnya mengantuk kali

gugat aja pemelihara jalurnya
untung gak terguling +ada korban
Quote:Original Posted By japek


gambarnya bantalan ada di bawah ini...

Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek

memang di sana sudah pake beton, tapi beban jalur yang tinggi/ramai di lintas utara jelas menyumbang andil dalam rusaknya bantalan ini,


nah,kalo udah beton,
bearti memang benar gara-2 terlalu ramai jalurnya.. :v
mana dobel trek masih lama pula :|
Kemarin malam KRL jurusan Bogor tersendat gara-gara gangguan listrik di sekitar Citayam.
Untung gak ada korban jiwa
Selain bantalan rel,kondisi gerbong dan lokomotif jg perlu diperhatikan jg
pek,negh argo anggrek yg ijo-putih bukan ? yg go green itu ?

nemu di gugel

Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek
semoga cepat diperbaiki dah yg katanya bantalan yg rusak itu biar gak terulang lagi kejadian seperti ini







INGATLAH SUATU SAAT NANTI KITA AKAN MATI SAUDARAKU
Quote:Original Posted By japek


Antara



Antara

Bantalan rusak? Nampaknya memang jalur satu itu memang terkenal padat...
Mungkin kerapatan dan mutu bantalan harus ditingkatkan...


klo kemungkinan lain kira2 gimana yah, kek melebihi taspat ?

Quote:Original Posted By .SEMAR.
pek,negh argo anggrek yg ijo-putih bukan ? yg go green itu ?

nemu di gugel

Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek


bukan mbah,sepertinja yg anjlok bukan ABA go green emoticon-Big Grin cmiiw
ane turut berduka gan atas peristiwa ini emoticon-Berduka (S)

semoga keretapi bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat emoticon-I Love Indonesia (S)
apakah cuaca panas juga bisa pengaruhin pemuaian mur2 pada bantalan rel om japek...
waduh anjlok emoticon-Berduka (S)
ane pernah tahun 98 naik anggrek gara2 gangguan sinyal berangkat malem dari gambir, pagi2 baru nyampe tegal emoticon-Cape d... (S)
semoga cepat dievakuasi deh, lagi long weekend gini
kadang-kadang hal spt ini karena sabotase orang dalam (mental peg. KAI yg rusak). mudah2an ke depan makin bagus moral pegawainya.
Quote:Original Posted By .SEMAR.
pek,negh argo anggrek yg ijo-putih bukan ? yg go green itu ?

nemu di gugel

Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek


ABA yang "KW" nya kok Mar.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By .SEMAR.
pek,negh argo anggrek yg ijo-putih bukan ? yg go green itu ?

nemu di gugel

Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek


setahu ane yang anjlok bukan rangkaian yang ini mar....

tapi memang ABA memang dikenal dengan rangkaian "go green" nya...
Quote:Original Posted By japek

tapi memang ABA memang dikenal dengan rangkaian "go green" nya...


Punya gambarnya, nggak, gan?
Quote:Original Posted By mukidivanbekasi


Punya gambarnya, nggak, gan?


silakan dilihat gambarnya emoticon-Big Grin

Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek

Mengenai Anjloknya KA Argo Anggrek