alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a6f22b7e1243b1340000c6/terima-kasih-fpi-jabar-peringkat-pertama-kasus-intoleransi-kebebasan-beragama
Hepi 
[Terima Kasih FPI] Jabar Peringkat Pertama Kasus Intoleransi Kebebasan Beragama
Jabar peringkat pertama kasus intoleransi kebebasan beragama
Jumat, 16 November 2012 16:10 WIB | 1137 Views

Bandung (ANTARA News) - Setara Institute menyatakan Provinsi Jawa Barat menempati peringkat pertama sebagai wilayah yang paling banyak terjadi tindakan intoleransi berupa pelanggaran kebebasan beragama atau berkeyakinan.

"Kasus sebanyak 224 peristiwa pelanggaran kebebasan beragama itu merupakan peristiwa yang terjadi dari Januari hingga awal November ini, dan 80-90 persennya terjadi di Jawa Barat," kata Peneliti Setara Institute Ismail Husni, saat menghadiri acara Hari Toleransi Internasional, di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung, Jumat.

Dari 224 peristiwa pelanggaran kebebasaan beragama atau berkeyakinan tersebut, kata Ismail, terdapat 315 bentuk tindakan yang mayoritasnya merupakan tindakan pengrusakan tempat ibadah dan sisanya intimidasi.

"Jadi kasus intoleransi yang terjadi di kita itu bisa berupa intimidasi hingga perusakan. Yang cukup sering terjadi adalah perusakan rumah ibadah, perusakan masjid. Dan dua kelompok yang paling sering mendapat tindakan intoleransi itu adalah umat Kristiani dan Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI)," katanya.

Menurut dia, kasus pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan di Jawa Barat sejak dua tahun terakhir ini terus mengalami peningkatan.

"Dua tahun ini, tren perisriwa pelanggaran kebebasan beragama atau berkeyakinan di Jabar meningkat, tahun lalu itu hanya sekitar 66 peristiwa saja," kata dia.

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Ekonomi, Sosial dan Budaya LBH Bandung Samuel Situmorang menambahkan, angka intoleransi berupa pelanggaran kebebasan beragama atau berkeyakinan di Indonesia tersebut bisa diibaratkan sebagai fenomena gunung es.

"Kami melihatnya seperti fenomena gunung es, yang tercatat di kami dan lembaga lainnya seperti Setara Institute itu kami peroleh dari media atau yang muncul di permukaan. Kami yakin, masih banyak kasus atau peristiwa yang belum muncul ke permukaan," kata dia.

Oleh karena itu, melalui Peringatan Hari Toleransi Internasional yang dilaksanakan di Halaman Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung semua pihak bisa menyadari kembali bahwa toleransi adalah sebuah keharusan.

"Harapannya melalui peringatan Hari Toleransi Internasional ini, kita akan terus mengkampanyekan gerakan toleransi di setiap lini kehidupan kita. Dan mudah-mudahan peristiwa intoleransi tidak terjadi lagi," kata Samuel.

(ANT)

SUMBER

Jumat, 16 November 2012 21:38
Prihatin, Kekerasan Atas Nama Agama Terus Meningkat.

[Suakaonline]- Sebelas komunitas di Kota Bandung yang tergabung dalam aksi Bandung Lautan Damai menyatakan menolak segala bentuk kekerasan yang mengatasnamakan agama. Pernyataan sikap tersebut dilakukan karena rasa keprihatinan mereka akan peristiwa-peristiwa kekerasan atas nama agama di negeri ini yang terus meningkat.


Sepanjang tahun 2012 terjadi beberapa peristiwa yang dilakukan oleh ormas-ormas radikal. Dari Januari hingga Oktober 2012 tercatat sebanyak 315 tindakan pelanggaran kebebasan beragama, dan 214 diantaranya terjadi tindakan kekerasan. Pernyataan tersebut dikatakan oleh Koordinator Jaringan Kerjasama Antar Umat Beragama (Jakatarub) Wawan Gunawan, pada peringatan Hari Toleransi Internasional, Jumat (16/11), di Gedung Indonesia Menggugat, Kota Bandung.


Wawan menambahkan, Jawa Barat adalah provinsi tertinggi dalam kasus kekerasan atas nama agama. ia mencontohkan beberapa kasus pelanggaran kekerasan dan pelanggaran kebebasan umat beragama, seperti penutupan GKI Yasmin di Bekasi, perusakan masjid Ahmadiyah yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat.


"Di Jawa Barat sendiri terjadi 66 peristiwa kekerasan pelanggaran kebebasan beragama. Yang baru kali terjadi adalah penyerangan yang terjadi di Masjid Ahmadiyah oleh oknum ormas yang intoleran pada saat malam takbir idul adha kemarin di Bandung," tukasnya.


Selain kekerasan dalam berbentuk fisik juga terdapat diskriminasi dalam bentuk administrasi, hal itu diungkapkan oleh Ketua Divisi Hukum Ekonomi Sosial Budaya Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung, Samuel Situmorang.


"Di Jawa Barat terdapat sepuluh kasus, seperti tidak diikutsertakan dalam pembuatan e-KTP, tidak mendapatkan surat nikah bagi jamaah Ahmadiyah," ungkap Samuel.

SUMBER

Minggu, 3 Juni 2012 14:44 WIB
Elsam: Kekerasan Agama Mayoritas Terjadi di Jawa Barat

JAKARTA, Jaringnews.com - Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) menilai, kekerasan beragama di Indonesia sudah sampai pada tahap serius dan mengancam persatuan bangsa. Elsam mencatat, pelanggaran HAM menyangkut kebebasan rumah ibadah dari Januari-April 2012 marak terjadi.

"Sepertinya negara tidak berdaya dalam melindungi warga terhadap para pelaku kekerasan," terang Deputi Direktur Pengembangan Sumber Daya HAM Elsam, Zainal Abidin, di Bakoel Koffie, Jakarta, Minggu (3/6).

Dia menambahkan, dari maraknya kasus tersebut, yang terbilang sering melakukan kekerasan adalah Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Umat Islam. Setelah kelompok intoleran tersebut, pemerintah daerah, seperti di Bogor, Bekasi dan Aceh, juga dinilai melakukan kekerasan.


"Kekerasan agama mayoritas terjadi di Jawa Barat dengan sembilan kasus, Jawa Tengah empat kasus, dan Yogyakarta dua kasus," pungkasnya.

SUMBER

Selamat atas prestasi Jabar, semoga bisa digunakan untuk kampanye pilgub. emoticon-Angkat Beer
Turut berduka cita atas kekerasan yang dilakukan atas nama agama disana, tapi apa pemda jabar sadar ga ya kalo mereka membiarkan kekerasan terjadi di wilayah situ.
emoticon-Sorry emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By SunLink
Turut berduka cita atas kekerasan yang dilakukan atas nama agama disana, tapi apa pemda jabar sadar ga ya kalo mereka membiarkan kekerasan terjadi di wilayah situ.
emoticon-Sorry emoticon-Sorry

Sekadar pertanyaan sederhana:
Gubernurnya Jabar sekarang dari parpol mana ya?

Walikota Bogor dan Bekasi berafiliasi dengan parpol mana?

emoticon-Malu (S)
Bukanya kemaren udah ada ya tritnya ginian? Cuma ini lebih panjang aja
[QUOTE=SunLink [$];50a6f2f11a76086d50000073]Turut berduka cita atas kekerasan yang dilakukan atas nama agama disana, tapi apa pemda jabar sadar ga ya kalo mereka membiarkan kekerasan terjadi di wilayah situ.
emoticon-Sorry emoticon-Sorry[/QUOTE]

mereka ikut menyetujui tindakan kekerasan itu....
demi tegaknya agama
Kata HNW Myanmar harus belajar dari Indonesia mengenai kerukunan Umat Beragama. Gub Jabar itu anak buah HNW. Come on, nih kakek makin banyak mangap makin ketahuan isi batok kepalanya.
Quote:Original Posted By michiel02
Kata HNW Myanmar harus belajar dari Indonesia mengenai kerukunan Umat Beragama. Gub Jabar itu anak buah HNW. Come on, nih kakek makin banyak mangap makin ketahuan isi batok kepalanya.


HNW meminta pemerintah Myanmar untuk menindas islam,

emoticon-Ngakak
ternyata ini hasil kerja gubernur aher ya? berupa "pembiaran"... dari partai mana nih?.... ow... ow... ow.... emoticon-Embarrassment
wah agan jangan asal fitnah dong. Toleransi beragama kurang terus nyalahin FPI gitu??

sumber nya juga gak kredibel macam Setara Institute. Institusi bayaran buat menjatuhkan citra FPI.

Quote:Original Posted By kizarusan
wah agan jangan asal fitnah dong. Toleransi beragama kurang terus nyalahin FPI gitu??

sumber nya juga gak kredibel macam Setara Institute. Institusi bayaran buat menjatuhkan citra FPI.



Citra FPI udah jatuh sampai ke dasar jurang, mau dijatuhkan kemana lagi?
Quote:Original Posted By citox

Sekadar pertanyaan sederhana:
Gubernurnya Jabar sekarang dari parpol mana ya?

Walikota Bogor dan Bekasi berafiliasi dengan parpol mana?

emoticon-Malu (S)


Wah . . . berat nih kl yg di atas aja cuek.
Terbukti, ada walikota yg membangkang keputusan MA.
Benar2 buta, menurut saya, salah satu syarafnya yg ada di otak kanan dan kiri sepertinya sdh konslet.
emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By kizarusan
wah agan jangan asal fitnah dong. Toleransi beragama kurang terus nyalahin FPI gitu??

sumber nya juga gak kredibel macam Setara Institute. Institusi bayaran buat menjatuhkan citra FPI.



tunjukin dong toleransi beragama versi FPI...
Quote:Original Posted By firaga
ternyata ini hasil kerja gubernur aher ya? berupa "pembiaran"... dari partai mana nih?.... ow... ow... ow.... emoticon-Embarrassment


Makanya kala rakyat jabar memilih incumben dan wakilnya, adalah langkah mundur.
Quote:Original Posted By michiel02


Citra FPI udah jatuh sampai ke dasar jurang, mau dijatuhkan kemana lagi?


yang bilang citra FPI itu jatuh cuma orang-orang yang gak berpendidikan.
kalau menurut ane ada baiknya agan citox periksa ke dokter kejiwaan kenapa agan benci sekali dengan FPI. Ane kenalkan sama temen ane yang jurusan psikologi kejiwaan deh..

Citox
[Terima Kasih FPI] Jabar Peringkat Pertama Kasus Intoleransi Kebebasan Beragama
"Akan kuhancurkan FPI(bangsa saiya) dari muka bumi ini"
Quote:Original Posted By kizarusan


yang bilang citra FPI itu jatuh cuma orang-orang yang gak berpendidikan.
kalau menurut ane ada baiknya agan citox periksa ke dokter kejiwaan kenapa agan benci sekali dengan FPI. Ane kenalkan sama temen ane yang jurusan psikologi kejiwaan deh..

Citox
[Terima Kasih FPI] Jabar Peringkat Pertama Kasus Intoleransi Kebebasan Beragama
"Akan kuhancurkan FPI(bangsa saiya) dari muka bumi ini"


emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Pejimane nih orang kok ga kondisten?
emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By sekar280



tunjukin dong toleransi beragama versi FPI...


Diralat Mas Bro, bukan tolreansi, tapi INTOLERANSI.
Quote:Original Posted By kizarusan


yang bilang citra FPI itu jatuh cuma orang-orang yang gak berpendidikan.
kalau menurut ane ada baiknya agan citox periksa ke dokter kejiwaan kenapa agan benci sekali dengan FPI. Ane kenalkan sama temen ane yang jurusan psikologi kejiwaan deh..

Citox
[Terima Kasih FPI] Jabar Peringkat Pertama Kasus Intoleransi Kebebasan Beragama
"Akan kuhancurkan FPI(bangsa saiya) dari muka bumi ini"


FPI itu barbar. Kalo ente merasa bagian dari bangsa barbar, itu hak ente. Lebih 200 jt penduduk Indonesia anti kebarbaran. Ente itu jumlahnya ga bakal nyampe 10 ribu orang.
wah bisa menjadi ganjalan bwt aher-dedy mizwar nih secara aher incumbent
Quote:Original Posted By kizarusan

kaaaiiingg... kaaiiiinggg


tunjukkin dong toleransi beragama versi fpi...
Quote:Original Posted By sekar280


tunjukkin dong toleransi beragama versi fpi...


banyak gan kalau toleransi FPI dengan agama lain, salah satunya ini gan..

FPI menentang penggunaan loudspeaker berlebihan selama Ramadan

yang disorot agan citox cuma buruknya FPI doang... !
[Terima Kasih FPI] Jabar Peringkat Pertama Kasus Intoleransi Kebebasan Beragama
×