alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a6e8a71c7608546a000124/nyaris-rp-2000-triliun-utang-ri-kalahkan-nilai-apbn
Nyaris Rp 2.000 Triliun, Utang RI Kalahkan Nilai APBN
[url]http://finance.detik..com/read/2012/11/16/131038/2092751/4/nyaris-rp-2000-triliun-utang-ri-kalahkan-nilai-apbn?f991104topnews[/url]
ste
Jakarta - Kementerian Keuangan mencatat total utang pemerintah pusat hingga akhir Oktober 2012 mencapai Rp 1.992 triliun atau nyaris Rp 2.000 triliun hingga akhir tahun.

Berdasarkan data Debt Management Office (DMO) Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) Kementerian Keuangan yang dikutip detikFinance, Jumat (16/11/2012), jumlah tersebut terdiri dari pinjaman sebesar Rp 633 triliun atau 32% dan dalam bentuk Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 1.359 triliun atau 68%.

Realisasi total utang tersebut meningkat hampir Rp 200 triliun dari posisi di akhir tahun 2011 yang sebesar Rp 1.809 triliun. Hal ini sesuai dengan rencana pembiayaan dalam APBN-P 2012 di mana utang dalam negeri direncanakan sebesar Rp 194,5 triliun dan luar negeri hanya Rp 4,4 triliun.

Dengan realisasi utang ini, selisih antara utang dengan pendapatan negara pada tahun ini saja semakin besar. Dalam APBN-P 2012, pendapatan negara ditargetkan sebesar Rp 1.358 triliun dengan pendapatan dari perpajakan sebesar Rp 1.016 triliun dan pendapatan bukan pajak sebesar Rp 341 triliun, serta hibah Rp 800 miliar.

==========

Utang masih nambah gan...
jangan lupa angsurannya....

[ini tambahan utangnya] Dukung Program MP3EI, ADB Beri Utangan Rp 2,7 Triliun

[url]http://finance.detik..com/read/2012/11/16/173336/2092907/4/dukung-program-mp3ei-adb-beri-utangan-rp-27-triliun?f9911023[/url]

Jakarta - Asian Development Bank (ADB) memberikan dukungannya pada program jangka panjang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dengan memberikan bantuan perbaikan peningkatan konektivitas domestik dan internasional. Melalui pinjaman program senilai US$ 300 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun, ADB bekerja sama dengan pemerintah untuk mengurangi kesenjangan infrastruktur dan memperkuat akses bagi daerah pedesaan yang miskin, yang akan membuka jalan menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

"Konektivitas yang kurang baik, kendala infrastruktur dan biaya logistik yang tinggi menghalangi Indonesia untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan melakukan upaya pemerataan kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia," kata Wakil Kepala Kantor Perwakilan ADB di Indonesia Edimon Ginting, dalam siaran pers ADB yang dikutip detikFinance, Jumat (16/11/2012).

"Sebagai contoh, sekitar 70% perbedaan harga beras di daerah di seluruh Indonesia diakibatkan oleh biaya pengiriman, yang merupakan cerminan dari kondisi buruknya jalan, pelabuhan yang padat, dan belum berkembangnya sistem transportasi antar pulau," tambahnya.

Menurut Edimon, program ADB mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat pengembangan sistem logistik yang lebih baik dan infrastruktur untuk menghubungkan daerah pedesaan dengan pusat-pusat pertumbuhan perkotaan, memperbaiki konektivitas internasional, dan memperkuat koordinasi konektivitas, kerangka hukum dan peraturan.

Secara keseluruhan, lanjutnya, reformasi akan memberikan manfaat ekonomi yang besar. Reformasi ini juga akan membantu memperbaiki pelayanan sosial, menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif, mendorong partisipasi sektor swasta dalam layanan infrastruktur, meningkatkan teknologi dan inovasi baru, dan memperluas kesempatan kerja.

Edimon menambahkan dengan mengurangi biaya pengiriman melalui kereta api, jalan darat atau laut dapat menekan biaya distribus. Dengan biaya yang murah maka akan lebih banyak orang dan produk yang menjangkau daerah-daerah terpencil dan terisolasi dengan harga yang lebih terjangkau.

"Program ini juga akan membantu meningkatkan konektivitas internasional dengan perampingan prosedur melalui secara prosedur penyelesaian proses ekspor dan impor yang lebih menyeluruh dan efisien," ujarnya.

Selain pinjaman itu, ADB juga memberikan hibah bantuan teknis sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp 9 miliar untuk memperkuat kapasitas instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan untuk mengembangkan kebijakan konektivitas yang efektif dan meningkatkan koordinasi.

==================
hutang penting untuk kesejahteraan DPR dan parpol....
mohon kiranya agan yang bayar...
Quote:Original Posted By wiki5000
[url]http://finance.detik..com/read/2012/11/16/173336/2092907/4/dukung-program-mp3ei-adb-beri-utangan-rp-27-triliun?f9911023[/url]

Jakarta - Asian Development Bank (ADB) memberikan dukungannya pada program jangka panjang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dengan memberikan bantuan perbaikan peningkatan konektivitas domestik dan internasional. Melalui pinjaman program senilai US$ 300 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun, ADB bekerja sama dengan pemerintah untuk mengurangi kesenjangan infrastruktur dan memperkuat akses bagi daerah pedesaan yang miskin, yang akan membuka jalan menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

"Konektivitas yang kurang baik, kendala infrastruktur dan biaya logistik yang tinggi menghalangi Indonesia untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan melakukan upaya pemerataan kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia," kata Wakil Kepala Kantor Perwakilan ADB di Indonesia Edimon Ginting, dalam siaran pers ADB yang dikutip detikFinance, Jumat (16/11/2012).

"Sebagai contoh, sekitar 70% perbedaan harga beras di daerah di seluruh Indonesia diakibatkan oleh biaya pengiriman, yang merupakan cerminan dari kondisi buruknya jalan, pelabuhan yang padat, dan belum berkembangnya sistem transportasi antar pulau," tambahnya.

Menurut Edimon, program ADB mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat pengembangan sistem logistik yang lebih baik dan infrastruktur untuk menghubungkan daerah pedesaan dengan pusat-pusat pertumbuhan perkotaan, memperbaiki konektivitas internasional, dan memperkuat koordinasi konektivitas, kerangka hukum dan peraturan.


Secara keseluruhan, lanjutnya, reformasi akan memberikan manfaat ekonomi yang besar. Reformasi ini juga akan membantu memperbaiki pelayanan sosial, menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif, mendorong partisipasi sektor swasta dalam layanan infrastruktur, meningkatkan teknologi dan inovasi baru, dan memperluas kesempatan kerja.

Edimon menambahkan dengan mengurangi biaya pengiriman melalui kereta api, jalan darat atau laut dapat menekan biaya distribus. Dengan biaya yang murah maka akan lebih banyak orang dan produk yang menjangkau daerah-daerah terpencil dan terisolasi dengan harga yang lebih terjangkau.

"Program ini juga akan membantu meningkatkan konektivitas internasional dengan perampingan prosedur melalui secara prosedur penyelesaian proses ekspor dan impor yang lebih menyeluruh dan efisien," ujarnya.

Selain pinjaman itu, ADB juga memberikan hibah bantuan teknis sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp 9 miliar untuk memperkuat kapasitas instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan untuk mengembangkan kebijakan konektivitas yang efektif dan meningkatkan koordinasi.


==================
hutang penting untuk kesejahteraan DPR dan parpol....
mohon kiranya agan yang bayar...


Hutangnya buat MP3EI gan, masa ga dibaca emoticon-Cape d... (S)
sial emoticon-Cape d...

berarti pas kita, rakyat Indonesia, menghadap sang pencipta, entar kita ditagih utang 2.000 triliun dong sama Tuhan emoticon-Takut

saya ga mampu ngelunasi, Tuhan emoticon-Takut
Quote:Original Posted By Graft


Hutangnya buat MP3EI gan, masa ga dibaca emoticon-Cape d... (S)


Bersyukur kalau itu benar...agan yakin gak ada kebocoran?
Quote:Original Posted By wiki5000


Bersyukur kalau itu benar...agan yakin gak ada kebocoran?


potensi kebocoran tetap ada
dan ngeliat tindak tanduk pejabat2 kita yang korup, potensi nya makin gede
presiden aja tau anak buahnya ada yang suka maen2 anggaran, diam2 aja tuh

so...ya berdoa banyak2 aja d biar hutangnya digunakan tepat sasaran

setidaknya porsi utang dalam negeri lbh besar drpada luarnegeri
50% nya tuh masuk di kantong pe****t emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Graft


Hutangnya buat MP3EI gan, masa ga dibaca emoticon-Cape d... (S)


masih percaya aja sama beginian..

paling duitnya bocor sana sini, jangan banyak berharap selama hukuman mati buat koruptor ga diberlakukan.

apalagi di negara ini korupsi gotong royong....
Quote:Original Posted By mr.notfamousboy
sial emoticon-Cape d...

berarti pas kita, rakyat Indonesia, menghadap sang pencipta, entar kita ditagih utang 2.000 triliun dong sama Tuhan emoticon-Takut

saya ga mampu ngelunasi, Tuhan emoticon-Takut


kok saya jadi keingat sama DKI (katanya : miniaturnya indonesia), mau bangun sarana aja mau nerbitkan obligasi daerah (dengan bangganya diinfokan : ini obligasi daerah pertama diindonesia). tadi ditangan pemerintahan yg baru, obligasi daerah tsb dibatalkan, karena dki punya banyak uang /tdk perlu hutang2 segala,

tanya kenapa?

emoticon-I Love Indonesia (S)
kalo maen simcity uangnya minus bisa di restart
Quote:Original Posted By wiki5000


Bersyukur kalau itu benar...agan yakin gak ada kebocoran?


Quote:Original Posted By batu.merah


masih percaya aja sama beginian..

paling duitnya bocor sana sini, jangan banyak berharap selama hukuman mati buat koruptor ga diberlakukan.

apalagi di negara ini korupsi gotong royong....


Masa gara2 ada potensi kebocoran kita berhenti membangun?
hutang membesar ...
anggaran defisit ...
neraca perdagangan exim defisit ...
cadangan devisa menurun ...
bumn sebagai aset buat mendapatkan pemasukan, sibuk dilego,

lanjutkan?
emoticon-Bingung (S)
oi SBY jangan nambah utang mulu. Lu yang utang masa suruh gw (rakyat) yang bayar???????
Batubara, emas, minyak dll pada kemana itu... padahal SDA melimpah, terus pada di kemanain, apa salah urus... Gak bisa dibanyangin kalo itu semua sdh pd habis.. Mau byr pake apa ntar emoticon-Ngacir Tubrukan
ane masih nggak ngerti ... utang sebesar itu dipake apa aja yaa? rasanya lingkungan ane nggak berubah drastis
makin bertambah aja.. emoticon-Bingung (S) pemasukan lewat pajak, dll rasanya cukup besar, sambil dicicil aja toh..
Quote:Original Posted By widodocp
hutang membesar ...
anggaran defisit ...
neraca perdagangan exim defisit ...
cadangan devisa menurun ...
bumn sebagai aset buat mendapatkan pemasukan, sibuk dilego,

lanjutkan?
emoticon-Bingung (S)


kalo kata pak beye sih lanjutkan emoticon-Ngakak

ternyata klaim peningkatan ekonomi kita dari utang tho.. emoticon-Hammer
berati kita ndak belajar dari kesalahan orde baru..
melandaskan perekonomian dari utang
Quote:Original Posted By Graft




Masa gara2 ada potensi kebocoran kita berhenti membangun?


kalau hutang bener-bener untuk membangun itu bisa sangat bermanfaat...kalau membangun...dan kontraktor suruh nyetor ke pejabat..so kualitas infrastruktur di sunat juga....akhirnya yang sudah dibangun tidak bertahan lama. ...akhirnya cuma buang-baung anggaran..coba lihat kualitas jalan di saentero indonesia.
Quote:Original Posted By Graft




Masa gara2 ada potensi kebocoran kita berhenti membangun?


ane ga nyuruh berhenti ngebangun, yang penting jangan tu bangunan roboh aja kayak kasus riau dan hambalang, atau seperti sekolahan ane plafon ambruk sampe 6x, untung ga nimpa anak2 murid.

ntu jembatan di borneo kenapa ambruk ? lah besi yang dipake bahan kw 5 / bahan baku bautnya bukan buat jembatan, dah gitu kasusnya seakan lenyap. emoticon-Cape deeehh

Anggaran Pemerintah 2010 Tersisa Rp 40 Triliun

http://www.anggaran.depkeu.go.id/web...?ContentId=837

Hal yang sama terjadi di tahun 2011.

Buat apa ngutang kalau anggaran sisa melulu.