alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a6655e6012430a14000036/bencana-alam-dibawa-ke-meja-hukum-gimana-tanggapan-bpers
Kesel 
Bencana alam dibawa ke meja hukum? Gimana Tanggapan BP'ers?
Gan BP'ers, ane mau nyoba bikin trit nh biarpun masih nubie,

Jadi gini gan, td ane baca berita di detik..com tentang dua tahun yang lalu ada peristiwa robohnya tenda sirkus internasional di senayan. pasti banyak yang tau kan ya?
Peristiwa robohnya tenda itu udah jelas2 karena bencana alam yang emg waktu kejadian gede banget. Tapi aneh nya baru-baru ini, pihak EO yang rugi karena kejadian alam tersebut malah menyalahkan dan meminta ganti rugi sm kontraktror tendanya gan. emoticon-Najis
Aneh ga si gan menurut agan-agan yang udah pro di forum BP?

coba ni liat berita lebih jelasnya gan

http://t.co/HMLAYaUa

sekalian dicomment disitu gan, kalo commennya smpe 400 katanya bisa dijadiin bukti penguat untuk ngebatalin tuntutan aneh itu. Ini bukti kalo org bisa dituntut hukum walaupun alesannya aneh-aneh a.k.a 'Dibeli'
beritanya mana....emoticon-Cape d... (S)
ente ini curhat apa mau posting berita? emoticon-Cape d... (S)
beda ama kasus lapindo punya bakrie ya.
pelanggaran standar operasi dibawa ke bencana alam emoticon-Najis
Quote:Original Posted By 0ralucu
beritanya mana....emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By mdsetiawan86
ente ini curhat apa mau posting berita? emoticon-Cape d... (S)


maap gan ane benerin sebentar
taruh sini beritanya lah biar di baca rame2 ,, kan ada tanggapan dari kaskuser yg lain juga

Kisah Salim, Terancam 2 Tahun Bui karena Cuaca Buruk Senayan

Ini beritanya:

Quote:Jakarta - Hujan besar dan angin kencang merobohkan tenda festival sirkus internasional Cirque Le Masque di Parkir Timur Senayan pada pada tanggal 3 Juli 2010. Sang pemilik tenda, Salim Balya pun dibawa ke pengadilan dan dituntut 2 tahun penjara.

Di mata jaksa, Salim dianggap bertanggung jawab atas robohnya tenda tersebut. Alasannya, Salim telah melakukan tindak pidana penipuan.

"Salim melanggar kontrak perjanjian antara PT Garlic dengan PT NAP selaku penyelenggara sirkus," tuntut JPU Elly dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jalan Gadjah Mada, Jakarta, Rabu (14/11/2012).

Tapi benarkah Salim telah menipu? Buru-buru Salim membantah dengan menyodorkan setumpuk berkas dan saksi ahli. Menurut Salim, robohnya tenda akibat cuaca pada tanggal 3 Juli dan 6 Juli 2010 lalu di luar batas normal.

Hal ini bukan bualan Salim semata. Menurut keterangan saksi ahli dari BMKG, pada hari nahas tersebut, cuaca di Senayan sangat buruk.

"Analisis cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG Nomor ME.401/215/IMU/D1/VII/BMKG-2010 tertanggal 6 Juli 2010 yang menerangkan kondisi cuaca saat itu yaitu adanya awan jenis cumulonimbus di mana terjadi kilat atau petir dan angin kencang dan kecepatan angin mencapai lebih dari 25 knots," kata Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMKG, Harry Tirto Djatmiko yang menjadi saksi ahli Salim Balya.

Tidak sampai di situ, Salim lalu menyodorkan akta perjanjian antara dirinya dengan PT NAP selaku penyelenggara acara. Yaitu jika cuaca buruk maka pihak pemilik tenda dianggap tidak melakukan pelanggaran. Hal ini tertuang dalam pasal 6 perjanjian kerjasama kedua belah pihak.

"Klausula force majeure yaitu di mana kejadian alam, seperti hujan petir yang di luar kekuasaan manusia menjadi dasar sah membuktikan tidak adanya pelanggaran atas perjanjian yang disepakati para pihak," demikian bunyi perjanjian tersebut.

Bukti foto dari JPU yaitu hanya ada 7 tiang yang dipasang dari 11 tiang yang seharusnya dipasang diragukan oleh saksi dari staf show management Sugeng Wahono. Apalagi, tidak ada perjanjian berapa jumlah tiang yang harus dipasang.

"Gambar tersebut milik PT Internusa Multi Sarana (show management)," kata Sugeng di persidangan.

Namun apa daya, Salim kini tetap duduk di kursi pesakitan. Bagi Salim, biasanya kasus seperti ini diselesaikan secara perdata.

"Masa kita dipidana gara-gara cuaca buruk? Jangankan tenda, rumah saja bisa roboh kalau ada cuaca buruk. Apa kita harus pidanakan kontraktornya?" tutup Salim.

Sontak, tuntuan JPU ini pun menggerakkan teman seprofesi Salim. Perwakilan gabungan pengusaha tenda Jakarta menggelar demo di depan PN Jakpus. Massa yang berjumlah sekitar 10 orang itu membawa poster dan meminta keadilan para hakim dalam kasus Salim. Selain itu, mereka juga menuntut agar Salim dilepaskan dari tindakan pidana.

"Kalau Pak Salim sampai dipenjara gara-gara cuaca buruk, itu kan bahaya buat kita juga. Cuaca kan ada dalam force major perjanjian antara pihak penyedia tenda dengan penyelenggara. Nah kalau ini sampai dipidana, kita jadi takutlah," tutur pengusaha tenda, Farid, saat berorasi di depan PN Jakpus.



sumber: [url]http://news.detik..com/read/2012/11/14/190555/2091998/10/kisah-salim-terancam-2-tahun-bui-karena-cuaca-buruk-senayan?9911012[/url]
Quote:Original Posted By mukidivanbekasi
Ini beritanya:



sumber: [url]http://news.detik..com/read/2012/11/14/190555/2091998/10/kisah-salim-terancam-2-tahun-bui-karena-cuaca-buruk-senayan?9911012[/url]


huaaaahhh makasih banyak ya gaan..
mohon tanggapannya emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By cavaliers
beda ama kasus lapindo punya bakrie ya.
pelanggaran standar operasi dibawa ke bencana alam emoticon-Najis


beda gan kalo ini bener2 murni bencana alam.
Hanya dari baca berita, harusnya tergolong bencana alam.

Tapi hukum di Indonesia kan bisa dibeli. Mengapa nggak pakai lawyer yang bagus? Kenapa ke sidang pidana? Ini kan soal perdata (menurut perasaan ane yang bukan ahli hukum)?

Bisa jadi penipuan gan..

Kan ada buktinya, tiang yang dipasang jumlahnya kurang..
Bangunan apapun kalau dibangun tidak sesuai dengan rencana atau rencananya salah hitung pasti rubuh.
Kalau memang tenda itu direncanakan punya 11 tiang (padahal bisa berdiri dengan 7 tiang), hal itu pasti untuk alasan keamanan. Supaya kalau ada angin hujan tidak rubuh. Kalau misalnya si Salim ini menilep tiang-tiang tersebut, ya wajar saja kalau dituntut.

Makanya suka ada gedung baru tapi sudah retak dan ambruk. Kalau biayanya standar masih mending, berarti rugi ditipu kontraktor atau tukangnya. Tapi kalau biayanya selangit, bukan ditipu lagi gan -_-
kayaknya ada yang main dibelakang emoticon-Mad (S)
itu kan bencana alam,kok goblok banget sih orang2 pemerintahan dan oknum2 di indonesia?emoticon-Mad (S)
ya seharusnya diselidiki dulu dan kalau memang pure bencana alam, pihak kontraktor bisa menuntut balik karena pencemaran nama baikemoticon-I Love Indonesia (S)
Nice info gan emoticon-thumbsup
bencana alam kok dibawa" ke meja ijo