alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a63472e874b4d11200007b/pu-dki-jakarta-harga-murah-belum-tentu-menang
PU DKI Jakarta: Harga Murah Belum Tentu Menang
JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memangkas 25 persen harga perkiraan sendiri (HPS) di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) berbuntut panjang. Pasalnya, persaingan antarkontraktor yang akan menangani sebuah proyek bakal semakin ketat. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ery Basworo menegaskan, kontraktor yang akan memenangkan tender harus mengedepankan harga yang tidak hanya murah, tetapi juga responsif.

Hal ini berarti pihak kontraktor yang menawarkan nilai murah belum tentu menang dalam lelang karena akan ada verifikasi lanjutan setelahnya. "Jadi, yang murah belum tentu menang. Harus murah dan bertanggung jawab, rasional," kata Ery kepada Kompas.com, Jumat (16/11/2012).

Ia mengaku akan ketat mengawasi semua penawaran kontraktor. Pasalnya, DKI Jakarta memiliki kontur tanah yang lebih rumit dengan bahan pertimbangan yang lebih banyak. Ada pertimbangan konstruksi dan pertimbangan sosial misalnya. Lebih lanjut, kata dia, sistem lelang akan digelar terbuka melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Tentunya juga di bawah pengawasan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Jadinya ketat. Kalau murah, tetapi nggak rasional, ya untuk apa? Lelangnya juga transparan, semua bisa ikut," tandasnya.

Untuk diketahui, imbas dari rencana pemangkasan HPS sebesar 25 persen di semua SKPD memicu anggapan tak adanya kontraktor yang akan bermitra dengan DKI. Akan tetapi, Pemprov DKI merasa tak khawatir karena akan menggandeng dan memudahkan subkontraktor lain untuk bekerja sama.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama beberapa hari lalu. Skema anggaran Dinas PU DKI 2013 ditaksir mencapai Rp 2,5 triliun. Jumlah tersebut digunakan untuk menyokong seluruh program Dinas PU seperti pembebasan lahan MRT, pelebaran jalan, dan penggalian kali.

hmm... ada aja alesannya buat cari celah ya pak emoticon-Big Grin
gak murah n gak berkualitas jugaa emoticon-Malu (S)

inget sd di jatinegarra yg barru di bangunn ambruk? emoticon-Ngakak
Murah klo murahan sama aja
kenapa salahin yang murah, salahin yang sunat duit.

sekolah ane aja direhab pintu pake triplek kw 3, kayu bekas, genteng bekas, plafon roboh.
Quote:Original Posted By *Forbidden*17** SENSOR **
Murah klo murahan sama aja


Apalagi mahal tapi murahan. Lebih bobrok lagi.

Pengen tau apa kontraktor masih dikenakan 30% menang lelang bayar dimuka, kalau kalah duit hangus, kalau menang 10% dari nilai kontrak?

Gimana mau untung kontraktor kalau jatah preman lebih dari 60% buat suatu proyek?
bener pak, murah belum tentu bagus. harus rasional tentunya.
Quote:Original Posted By polkmn


Apalagi mahal tapi murahan. Lebih bobrok lagi.

Pengen tau apa kontraktor masih dikenakan 30% menang lelang bayar dimuka, kalau kalah duit hangus, kalau menang 10% dari nilai kontrak?

Gimana mau untung kontraktor kalau jatah preman lebih dari 60% buat suatu proyek?


Pantes aja banyak yg tidak suka sama Koh Ahok...60% gan emoticon-Matabelo
kontraktor di JKT harus bener2 mempertimbangkan biaya dan kualitas
gk pengusaha, gk kontraktor.. bakal pada kabur dari Jakarta.. klo ada yg macem2 sama spek.. sikat aja koh emoticon-Ngakak (S)
Siap-siap kencangkan ikat pinggang..makan gaji doang....tidak ada lagi ceperan
semakin murah akan semakin tdk berkualitas ky'a, krn mgkn dlm setiap proyek potongan ini itu jd jatuhnya sm aja msh tetap mahal.

cb semua pihak yg menangani benar2 jujur semua anggaran gk akan melambung tinggi yg menghabiskan dana
mang klu mahal berkualitas gk juga kan? dasar uang di korup ae ngoceh,
Quote:Original Posted By unwell
bener pak, murah belum tentu bagus. harus rasional tentunya.


Ya itulah Gan.

Yang terjadi seringkali udah mahal, tapi nggak sesuai spek.

Yang pernah kerjasama dengan pemborong proyek pemerintah udah hafal, baham kw 1 bisa jadi kw 3.
mgk positifnya org PU jd sering2 ngecek alias turun dilapangan
krn takut di omelin ama pak ahok emoticon-Ngakak
trus kontraktor jg ga brani macem2 krn abang Jokowi bs muncul dilokasi proyek se-waktu2 emoticon-2 Jempol
Lazimnya yang terjadi
a. penawaran 85% dari HPS, spek terpenuhi dan setoan 0%
b. Penawaran 95% dari HPS, spek terpenuhi dan setoran 10%
ULP/Panitia nya jelas pilih B
woi anggota PU goblok!
mangnya lo kira kalo lo mahalin trus lo bakalan bikin proyek dengan kualitas yg lebih bagus??
adanya juga uang segitu bakal lo pake buat ceperan ke para pejabat lain supaya korupsi2 yg lo lakuin bisa berjalan dengan lancar
dengan begitu silahkan berurusan lagi dengan bad cop...
mending kagak usah ada pembangunan di jakarta, keliatan banget di yutub kalo ntu orang2 PU pade syok denger sunatan 25%. Dasar maling kabeh emoticon-Hammer (S)
Yang murah, ga bertanggung jawab, tukang nyunat duit, ga berkualitas ya orang orang PU sendiri di jaman pokemon. Masih aja ngeles. Dasar warisan rezim koruptor.

tidak hanya murah, tetapi juga responsif

Quote: Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ery Basworo menegaskan, kontraktor yang akan memenangkan tender harus mengedepankan harga yang tidak hanya murah, tetapi juga responsif.

Apa itu responsif? Bisa memberi sinyal kalau bisa diajak kong-kalikong, ya?
×