alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a5d7a1621243fe3400006a/atap-sdn-03-rawamangun-ambruk-gara-gara-kambing-hitam--genteng-beton
Atap SDN 03 Rawamangun Ambruk Gara-gara (Kambing hitam = genteng beton)!
[QUOTE=]
Atap SDN 03 Rawamangun Ambruk Gara-gara Genteng Beton

Jakarta - Ambruknya atap SDN 03 di Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur dikarenakan kesalahan teknis pemasangan baja ringan penyangga genteng. Penyangga itu tidak kuat menahan beban genteng berbahan beton.

"Hasil investigasi kami sementara ini dapat disimpulkan ambruknya atap bangunan sekolah dikarenakan kesalahan teknis yaitu kuda-kuda baja ringan dipasangi genteng beton yang beratnya 2-3 kilogram per lembar," kata Kepala suku dinas (Kasudin) Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Timur, Nasrudin saat dihubungi, Jumat (16/11/2012).

Mestinya untuk penyangga baja ringan, bobot genteng metal crup yang digunakan tidak lebih dari 1,5 kilogram per meter persegi. Namun kesalahan ini, kata Nasrudin langsung diperbaiki kontraktor.

"Sedangkan kesalahan secara ril, penyebabnya apa masih belum bisa disimpulkan karena masih terus dilakukan pemeriksaan," imbuhnya.

Nasrudin menjelaskan penggunaan genteng beton sudah sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB). Tapi untuk menghindari kejadian rubuhnya atap, maka genteng beton diganti dengan genteng metal crup.

"Adendum itu atas kesepakatan konsultan pengawas dan perencana, saat rapat dengan pihak inspektorat DKI. Adendum ini pula yang menjadi payung hukum penggantian genteng beton ke metal crup, demi kenyamanan siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas," ujarnya.

Dia menambahkan, perbaikan atap sepenuhnya menjadi tugas kontraktor karena proyek renovasi masih berjalan. "Ini sebuah musibah yang harus ditanggung kontraktor itu sendiri," imbuhnya

Nasrudin menjanjikan pihaknya akan tetap mengontrol proyek renovasi SDN 03. Kontraktor kata dia berjanji untuk menyelesaikan proyek tepat waktu dengan hasil yang berkualitas.

"Kami juga akan terus berkordinasi dengan pelaksana dan pengawas proyek sehingga pekembangan akan dicatat, dan diharapkan penyelesaian proyek tersebut diawasi secara ketat dan hasilnya maksimal," tuturnya.

"Kasus ini tentu pembelajaran bagi semua pihak, terutama kontraktor. Jika pekerjaannya buruk tentu kontraktor tidak akan dipercaya lagi dan di-blacklist. Kemudian pada tahun berikutnya, tidak ada lagi pintu bagi perusahaan yang seperti ini untuk bermitra dengan jajaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta," tandasnya.

Kasus rubuhnya atas SDN 03 ikut menjadi perhatian Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Jokowi sempat menyambangi SDN 03. "Ini kan ada sedikit kesalahan di konstruksi. Yang paling penting selamat tidak ada korban. Itu yang paling penting," ujar Jokowi, Kamis 8 November lalu.

Jokowi juga memerintahkan kontraktor proyek renovasi gedung SD memperbaiki konstruksi bangunan yang benar-benar aman karena menyangkut keselamatan siswa.

Sumber: detik..com
[/QUOTE]

Komentar:
1. Konstruksi kuda-kuda baja ringan bisa aja di pasang genteng beton yang berat asalkan: pelaksanaan sesuai design beban tersebut. (Dalam hal ini ukuran profil bajanya, jarak antara rangka batang kuda-kuda).

2. Itu bukan kesalahan teknis, tetapi mengurangi spek bahan agar bisa lebih murah pelaksanaan. Karena RAB jelas-jelas menggunakan genteng beton.

4. Nasrudin... siap-siap di copot.
wew ... dah dijelasin Jokowi tuch kalo ada kesalahan konstruksi .. Jokowi soal bangunan jangan ditanya lagi .. tuch bakalan kena getah habis dah yang bertanggung jawab atas bangunan ..
Betulin trus seret ke pengadilan
harus di cek dulu kuda2 baja ringan dan genteng beton yang terpasang apakah sesuai dengan spesifikasi tehnis yang tertulis di dokumen pengadaan, jadi bisa ketahuan siapa yang salah, perencanaan apa kontraktor...

Quote:"Hasil investigasi kami sementara ini dapat disimpulkan ambruknya atap bangunan sekolah dikarenakan kesalahan teknis yaitu kuda-kuda baja ringan dipasangi genteng beton yang beratnya 2-3 kilogram per lembar," kata Kepala suku dinas (Kasudin) Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Timur, Nasrudin saat dihubungi, Jumat (16/11/2012).

Mestinya untuk penyangga baja ringan, bobot genteng metal crup yang digunakan tidak lebih dari 1,5 kilogram per meter persegi. Namun kesalahan ini, kata Nasrudin langsung diperbaiki kontraktor.

"Sedangkan kesalahan secara ril, penyebabnya apa masih belum bisa disimpulkan karena masih terus dilakukan pemeriksaan," imbuhnya.

Nasrudin menjelaskan penggunaan genteng beton sudah sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB). Tapi untuk menghindari kejadian rubuhnya atap, maka genteng beton diganti dengan genteng metal crup.


kl melihat tulisan diatas kayaknya kesalahan di perencanaan....karena kontraktor bekerja sesuai dengan RAB......
Quote:Original Posted By berliantrading


kl melihat tulisan diatas kayaknya kesalahan di perencanaan....karena kontraktor bekerja sesuai dengan RAB......


Perencanaan boleh salah gan, tetapi pelaksanaan tidak boleh salah.

Kontraktor yang berpengalaman, seharusnya tahu bahwa jika menggunakan genteng beton jarak antar kuda-kuda minimum harus berapa! tergantung dari lebar bentang.

Dan ada pengawas proyek, dalam hal ini mungkin dari PU yang memeriksa.
Ini sih jelas-jelas colong bahan biar bisa dapat untung banyak.

Ane kerja di kontraktor.. makanya ane mengerti hal ini.
saya rasa ada pengurangan spek dari KUDA-KUDA ATAP BAJA menjadi KELEDAI-KELEDAI ATAP BAJA emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
jelas karena dana anggaran yang sampai ke kontraktor tidak sesuai dengan perhitungan biaya dari kontraktor karena sudah di sunat berkali-kali.mau gak mau kontraktor yang sekarang menjadi kambing hitam nya pejabat yang korup.
Coba di cek sudah sesuai spesifikasi belum dgn RAB. Kontraktor pun ada yg bekerja tidak sesuai dgn RAB, apalg kalo diajak kongkalikong spy dpt ceperan. Umumnya rangka baja ringan galvalum utk genteng beton yg disarankan adalah ketebalan 0,7 keatas utk bangunan besar. Utk rumah pribadi pun sebenarnya ketebalan 0,4 juga bisa, tp tidak disarankan krn terlalu tipis, tapi tergantung jg pake genteng apa.
Quote:Original Posted By Amild888


Perencanaan boleh salah gan, tetapi pelaksanaan tidak boleh salah.

Kontraktor yang berpengalaman, seharusnya tahu bahwa jika menggunakan genteng beton jarak antar kuda-kuda minimum harus berapa! tergantung dari lebar bentang.

Dan ada pengawas proyek, dalam hal ini mungkin dari PU yang memeriksa.
Ini sih jelas-jelas colong bahan biar bisa dapat untung banyak.

Ane kerja di kontraktor.. makanya ane mengerti hal ini.

proyek ini di sub kontrakkan tidak oleh kontraktor yang bersangkutan? bukannya tidak boleh di sub kontrakkan (biasanya), kemudian dari pihak pengawas di lapangan kok tiada komentar? ataukah sudah disumpel duluan, yang berarti percuma saja ada pakta integritas dll emoticon-Ngacir. pernah kerja di konsultan dan kontraktor juga , jadi ngerti dikit2 lah mainannya emoticon-Shutup
Quote:Original Posted By Amild888


Perencanaan boleh salah gan, tetapi pelaksanaan tidak boleh salah.

Kontraktor yang berpengalaman, seharusnya tahu bahwa jika menggunakan genteng beton jarak antar kuda-kuda minimum harus berapa! tergantung dari lebar bentang.

Dan ada pengawas proyek, dalam hal ini mungkin dari PU yang memeriksa.
Ini sih jelas-jelas colong bahan biar bisa dapat untung banyak.

Ane kerja di kontraktor.. makanya ane mengerti hal ini.


maaf sy tidak membela kontraktor.....
kontraktor bekerja berdasarkan RAB dan spesifikasi tehnis yang diberikan oleh PU, meskipun kontraktor tahu bahwa speknya salah tapi tidak gampang merubah spesifikasi tehnis karena proyek pemerintah dibatasi oleh Undang-Undang dan terbatasnya anggaran, menurut UU pekerjaan yang boleh ditambah kurang cuma 10 % dari kontrak dikurangi PPN
menurut saya alangkah bodohnya kontraktor kl mengurangi spek dibagian atap yang sudah pasti ketahuan dan sangat beresiko, apalagi kontraktor menanggung masa pemeliharaan/garansi 180 hari......
Quote:Original Posted By ECOMO
saya rasa ada pengurangan spek dari KUDA-KUDA ATAP BAJA menjadi KELEDAI-KELEDAI ATAP BAJA emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
jelas karena dana anggaran yang sampai ke kontraktor tidak sesuai dengan perhitungan biaya dari kontraktor karena sudah di sunat berkali-kali.mau gak mau kontraktor yang sekarang menjadi kambing hitam nya pejabat yang korup.


masih mending kuda diganti keledai gan... kalo diganti kambing lebih parah lagi nyolongnya emoticon-Ngakak (S)
Bukan salah Kontraktor .Jokowi sudah menjelaskan hal ini waktu sidak di SDN 03.
tapi salah Kadis pendidikan yg namanya Nasrudin ini sudah berulangkali membuat masalah.termasuk soal pungli di SMU MH Thamrin.

Agan-agan bisa lihat dan hitung sendiri brapa milyard pungutan liar dan APBD yang dikantonginya..termasuk kasus Proyek SDN 03 yang rubuh ini.

saya tidak mengarang-ngarang Gan..

ini Buktinya

bukti disini Gan
buset genteng perlembarnya 2-3 kilo ?
Semoga ada media massa yang mengawal kasus ini, agar pada akhirnya tahu apa sebenarnya masalahnya, dan siapa kambing hitamnya.
Quote:Original Posted By Amild888


Perencanaan boleh salah gan, tetapi pelaksanaan tidak boleh salah.

Kontraktor yang berpengalaman, seharusnya tahu bahwa jika menggunakan genteng beton jarak antar kuda-kuda minimum harus berapa! tergantung dari lebar bentang.

Dan ada pengawas proyek, dalam hal ini mungkin dari PU yang memeriksa.
Ini sih jelas-jelas colong bahan biar bisa dapat untung banyak.

Ane kerja di kontraktor.. makanya ane mengerti hal ini.


bah serius kau ngomong gitu? serius kau bilang perencanaan boleh salah?

kontraktor itu tukang jahit.. kau dapat gambar, itulah yang kau kerjakan.
Quote:Original Posted By marka.makna


bah serius kau ngomong gitu? serius kau bilang perencanaan boleh salah?

kontraktor itu tukang jahit.. kau dapat gambar, itulah yang kau kerjakan.


Betul gan... Kontraktor kerja kbanyakan cuma liat gambar... RAB no 7..
Ane konsultan

Gampang itu maah, cek aja dari gambar sama RAB sesuai nggak sama hasil bangunannya. Audit kontraktornya, bahan yang dibelanjain sesuai nggak sama kebutuhan bangunannya? Dan yang paling penting ini harus dilakukan oleh pihak independen, dan diumumin ke publik biar kebuka semuanya

Btw, itu Kasudin Pendidikan berarti dalam seminggu ini aja udah jelek banget ya rapotnya? siap-siap D-I-C-O-P-O-T deh emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By yuniharto
Gampang itu maah, cek aja dari gambar sama RAB sesuai nggak sama hasil bangunannya. Audit kontraktornya, bahan yang dibelanjain sesuai nggak sama kebutuhan bangunannya? Dan yang paling penting ini harus dilakukan oleh pihak independen, dan diumumin ke publik biar kebuka semuanya

Btw, itu Kasudin Pendidikan berarti dalam seminggu ini aja udah jelek banget ya rapotnya? siap-siap D-I-C-O-P-O-T deh emoticon-Ngakak


Tidak cuma dicopot gan, tetapi juga dilanjutkan dengan digiring ke KPK.
Ternyata begini toh kerjanya anak buah sang ahli. emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By marka.makna


bah serius kau ngomong gitu? serius kau bilang perencanaan boleh salah?

kontraktor itu tukang jahit.. kau dapat gambar, itulah yang kau kerjakan.


Ente kalau tidak punya pengalaman kerja di proyek lebih gak usah komentar asbun deh.
Seumur-umur gue kerja di proyek sering dapat gambar yang masih salah. Makanya ada meeting dengan pihak konsultan sebelum dan selama proyek itu berjalan.

Hanya kontraktor goblok aja yang mau tetap mengerjakan gambar design yang masih salah. Emang mau pasang badan masuk penjara kalau bangunan nya roboh dan korban jiwa.


Quote:Original Posted By yuniharto
Dan yang paling penting ini harus dilakukan oleh pihak independen, dan diumumin ke publik biar kebuka semuanya


Nah ini yang ane lihat gak di lakukan ya. Sampai sekarang berita cuma ada si kepala dinas pendidikan nya aja yang koar-koar bilang kesalahan prosedur.

Quote:TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto mengunjungi lokasi ambrolnya genting SDN 02 dan 08 Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (21/11/2012) malam.
Menurut Taufik tahapan prosedur kerja bangunan tidak diikuti dengan baik sehingga menyebabkan kesalahan teknis pemasangan.
"Kalau kami lihat ada kesalahan prosedur. Harusnya ada penyangga genting, ini gentingnya sudah dipasang duluan. Harusnya topangannya dipasang dulu," kata Taufik kepada wartawan di Jalan Pertengahan, Gang Kramat, RT 3 RW 2, Cijantung Pasar Rebo, Rabu (21/11/2012) malam.
Menurut Taufik, insiden ambrolnya genting sekolah ini merupakan tanggung jawab dari pihak kontraktor sepenuhnya untuk memperbaiki lagi genting yang ambrol, dalam hal ini PT Solusi Datama Tafaju, telah lalai dalam memasang konstruksi. Yakni tahapan pemasangan baja ringannya tidak sesuai prosedur.


Apa kapasitas nya seorang kepala dinas pendidikan bisa memberikan analisa tentang kesalahan kerja di bangunan.

Atap SDN 03 Rawamangun Ambruk Gara-gara (Kambing hitam = genteng beton)!

Dari gambar terlihat bahwa rangka kuda-kuda batang ambruk total, karena beban kelebihan dari design.

Penyanggah genting yang di maksud si kepala dinas sok tau ini apaan ya, apakah kaso atau ikatan angin kuda-kuda?.

Selama ini yang pernah ane lakukan, belum pernah ada kesalahan prosedur membangun rangka atap. Bahkan tukang bangunan yang sudah terbiasa mengerjakannya rangka atap baja ringan ini sudah tahu bagaimana konstruksi yang benar.

Cool 

alah alasan klasik bilang aja bahan bangunan yg dipake gha sesuai ma spesifikasiny gara2 anggarannya d ambil masuk kantong
bakal kena sempro tuh yang bikin kontruksi emoticon-Ngakak