alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a5b0207b12439103000058/isl-ingin-tingkatkan-kualitas-kompetisi
ISL Ingin Tingkatkan Kualitas Kompetisi
Jakarta (beritatim.com) - PT Liga Indonesia telah selesai membenahi perangkat-perangkat yang diperlukan agar Liga Super Indonesia (ISL) 2012/13 siap digelar pada 5 Januari 2013.

Liga yang akan memasuki musim kelimanya itu diharapkan bisa kian meningkatkan kualitas pertandingan dan kompetisi serta animo masyarakat.

“Sebagai langkah awal, Manual Liga sudah rampung disiapkan oleh Liga, dan saat ini tinggal menunggu proses persetujuan Exco (Komite Eksekutif) PSSI (KLB Ancol), dengan tenggat waktu Jumat (16/11),” ujar CEO PT Liga, Djoko Driono.

“Pada tataran SDM, kami juga akan menggelar workshop bagi klub peserta, perangkat pertandingan hingga tenaga professional seperti general coordinator dan media officer pada rentang waktu, akhir November hingga awal Desember,” ia menambahkan.

Menjelang bergulirnya kompetisi tersebut, PT Liga akan disibukkan dengan sejumlah kegiatan verifikasi, khususnya verifikasi infrastruktur bagi klub-klub promosi, yakni Barito Putra, Persepam Pamekasan serta Persita Tangerang.

Verifikasi Stadion Indrasari, yang diajukan oleh Barito, akan dilaksanakan pada 15 November sementara dua calon kandang Persepam, yakni Stadion Gelora Bangkalan serta Ahmad Yani Sumenep akan diverifikasi pada 18 November. Verifikasi Stadion Mashud Wisnusaputra sudah dilakukan sebelumnya.

Sebanyak 20 klub sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi ini. Sebanyak 18 diantaranya adalah mereka yang betahan di ISL musim lalu dan klub-klub promosi dari Divisi Utama. Dua klub lagi, Semen Padang dan Persijap Jepara, yang hengkang ke Liga Primer Indonesia (IPL) musim lalu, nasibnya akan diputuskan lewat Kongres pada 8-9 Desember 2012.

Meski ISL musim ini baru bergulir pada tahun 2013, namun secara administratif akan tetap dimulai sejak 2012 sehingga tetap bertitel ISL 2012/13. Pembukaan akan digelar pada 12 Desember 2012 (121212).

Sedikit perubahan terjadi dalam format pembukaan. Rencana menggelar laga persahabatan dibatalkan.

Selain ISL, PT Liga Indoensia juga sudah memastikan jadwal kick off pertama Divisi Utama, yakni pada 13 Januari 2013.

Sebanyak 33 klub mendaftar rinciannya, 19 klub Divisi Utama musim lalu, tiga klub terdegradasi ISL musim lalu, delapan klub promosi dari Divisi I, dan tiga klub migrasi dari LPIS.

Dalam sepuluh hari ke depan, PT Liga Indonesia akan melakukan inspeksi stadion kepadaenam klub promosi Divisi Utama.

“Verifikasi ini menjadi agenda wajib kami, terkait pemenuhan kelengkapan dan persyarataninfrastruktur venue klub bersangkutan jelang ikut kompetisi,” kata Djoko. [kun]

http://m.beritajatim.com/detailnews....itas_Kompetisi