alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a5a7802d75b4157d000100/sofjan-wanandi-pilih-ump-atau-phk
Sofjan Wanandi: Pilih UMP Atau PHK?
Dewan pengupahan sebaiknya dibubarkan saja, toh saran dari kita tidak didengarkan juga.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta akan berdampak pada rasionalisasi atau pemutusan hubungan kerja.

"Pemerintah lupa, dengan terlalu berpihak ke kebijakan populis, pengusaha itu jadi rugi. Konsekuensinya? Ya pengusaha akan melakukan tindakan-tindakan rasionalisasi," ujar Ketua Apindo Sofjan Wanandi kepada Beritasatu.com, Kamis (15/1

Menurut Sofyan kenaikan upah sebesar 44 persen menjadi Rp 2.2 juta rupiah yang diusulkan Dewan Pengupahan tersebut adalah keputusan populis yang tidak mempertimbangkan saran pengusaha.

"Menurut saya dewan pengupahan sebaiknya dibubarkan saja, toh saran dari kita tidak didengarkan juga," ujarnya.

Sofyan menambahkan sektor yang paling terkena dampak dari kenaikan UMP ini adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

"Yang kasian kan itu yang disektor UMKM, sepatu, garmen, semua yang padat karya seperti itu. Mereka betul-betul tidak mampu membayar kenaikan itu. Ongkos buruh itu sekitar 30 persen dari biaya mereka, belum lagi listrik, gas naik, lalu bagaimana kita berkompetisi tahun depan?" ujarnya.

Menurut Sofjan, UMKM industri tekstil dan garmen mempekerjakan sekitar 2.5 juta orang dan UMKM sepatu mereka pempekerjakan sekitar 500,000 orang.

"Kalau pengusaha ya sudah tidak bisa apa-apa lagi, saya sudah berjuang sampai titik terakhir," pungkasnya.

"SUMBER"

kalu gini terus akan ada PHK dimana-mana, tapi ane yakin JOKOWI pasti punya solusi yang lebih baik tentang UMP ini,, Insya Allah.
ane siap2 jadi importir mesin aja deh.... bakal laris... lebih murah daripada punya buruh
Emangnya Dewan Pengupahan itu organisasi apa sih?
Anggotanya siapa aja?
Harusnya kan semua stakeholder terlibat, pengusaha, buruh dan pemerintah.
gpp kalo pengusaha yg sekarang pada mundur, nanti peluangnya yang ada akan disabet oleh pengusaha mau menggaji segitu. banyak pengusaha berpotensi yang tidak dapat peluang.
parah bnget deh, buruh gk pernh mikir resiko dr ulah mereka ini emoticon-Berduka (S)
klau dah terjadi PHK dmn2, smuanya pada menjerit gk jelas. semakin suram aj negeri ini
keknya emang harus di bubarkan aja emoticon-Big Grin
biarkan mekanisme pasar bermain dalam penentuan upah buruh emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By phreak
gpp kalo pengusaha yg sekarang pada mundur, nanti peluangnya yang ada akan disabet oleh pengusaha mau menggaji segitu. banyak pengusaha berpotensi yang tidak dapat peluang.


ngomong ngomong karyawan lo dah di gaji $5 perjam belum ?
Setuju, PHK saja semua, cari pekerja yang mau digaji sesuai dengan kemampuan perusahaan dan jangan ada toleransi pengadaan SPSI di lingkungan perusahaan, ambil orang orang yang mau saja, masih banyak yang butuh kerjaan.
bener2 konyol,siap2 aja ntu perusahaan relokasi ke tempat lain,pindah aja ke yogya bakal aman,ump gak sampe 1 juta.orang2 disini pandai bersyukur dan berhemat,otomatis rejeki akan selalu lancar.pengusaha adem ayem...
gaji yang besar berarti tanggung jawab makin besar,siap2 ajah neh buruh di buat kaya kebo
TUNGGUIN MANA ,,, YG MAU DI KORBANIN PENGUSAHA ATO BURUHemoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)
Quote:Original Posted By ohyesohnobaby
Emangnya Dewan Pengupahan itu organisasi apa sih?
Anggotanya siapa aja?
Harusnya kan semua stakeholder terlibat, pengusaha, buruh dan pemerintah.


Dewan pengupahan bersifat tripartit, jadi semua terlibat : pemerintah(10 orang, pengusaha(APINDO, 5 Orang), serikat pekerja (5 Orang).
tapi unsur pemerintah lebih dominan karena keanggotaannya yang lebih banyak dibanding pengusaha dan Serikat pekerja
Quote:Original Posted By lunasetsu
Setuju, PHK saja semua, cari pekerja yang mau digaji sesuai dengan kemampuan perusahaan dan jangan ada toleransi pengadaan SPSI di lingkungan perusahaan, ambil orang orang yang mau saja, masih banyak yang butuh kerjaan.


nggak bisa semudah itu gan... hahahahaaaa:
1. PHK berdasar gaji baru, dan PHK tanpa kesalahan berarti 2x dari nilai pesanggon normal. sebagai info, karyawan di atas 8thn, 9x gaji ya
2. tidak boleh memperkerjakan karyawan di bawah UMR, pidana gan, harus minta ijin ke disnaker dulu utk penangguhan pemberlakuan umr

semoga tambah pusing... hahahaaaa
DI UKM

PEKERJA DIBAWAH 500 ORANG

RATA2 BIAYA BURUH ITU 30% DARI HPP
BELOM BIAYA LISTRIK, PUNGLI, BAHAN, BAYAR GAJI ADM

COBA AJA BUKTIKAN BIKIN UKM emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

BARU KALO ANDA DAH BIKIN UKM , BERANI NGGA KOAR2 BURUH LAYAK DAPAT 2,2 JUTAemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
biar kan waktu yang menjawap nantinya emoticon-Ngakak
kl menurut gw endingny UMP g sgt n g bakal tutup
just feeling emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By kabei


ngomong ngomong karyawan lo dah di gaji $5 perjam belum ?


masih ngaskus juga bang. lagi ga ada kerjaan yah.
Quote:Original Posted By phreak
gpp kalo pengusaha yg sekarang pada mundur, nanti peluangnya yang ada akan disabet oleh pengusaha mau menggaji segitu. banyak pengusaha berpotensi yang tidak dapat peluang.


Liat saja akan tahan brp lama, lu kira buruh ga bakalan nuntut lebih gede lagi taun depan? Yg 2,2 jt aja buruh msh ga puas apalagi ke depannya. Mau kuat brp lama?
Ane heran deh...
bener nya yang punya duit siapa sih????
kok nda di ajakin rapat menentukan UMP..emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By hargiyanto


nggak bisa semudah itu gan... hahahahaaaa:
1. PHK berdasar gaji baru, dan PHK tanpa kesalahan berarti 2x dari nilai pesanggon normal. sebagai info, karyawan di atas 8thn, 9x gaji ya
2. tidak boleh memperkerjakan karyawan di bawah UMR, pidana gan, harus minta ijin ke disnaker dulu utk penangguhan pemberlakuan umr

semoga tambah pusing... hahahaaaa


makanya PHK aja sekarang !!!! mumpung belom digetok , trus lego semua aset , invest ke barang aja atau bikin pabrik di vietnam atau kamboja !!
pegawai pegawai yang baik dibawa aja ke vietnam atau kamboja , buruh nya tingalin disini jadi pengganguran
Quote:Original Posted By phreak
gpp kalo pengusaha yg sekarang pada mundur, nanti peluangnya yang ada akan disabet oleh pengusaha mau menggaji segitu. banyak pengusaha berpotensi yang tidak dapat peluang.


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

lihat kondisi gini

mana ada pengusaha baru berani buka pabrik di Jabotabek
kecuali tuh perusahaan modalnya gede dan untung jualannya gede