alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a495cbe674b4324600005a/kirab-1-suro-kebo-kiai-slamet-sempat-ngambek
Kirab 1 Suro, kebo Kiai Slamet sempat ngambek
Kirab 1 Suro, kebo Kiai Slamet sempat ngambek
Reporter : Arie Sunaryo
Kamis, 15 November 2012 07:51:55

Kirab 1 Suro, kebo Kiai Slamet sempat ngambek

Setelah ngambek hampir satu jam, 9 kebo bule atau kerbau Kiai Slamet, akhirnya memimpin kirab pusaka Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kesembilan Kerbau Kiai Slamet tersebut tiba di depan keraton sekitar tengah malam tadi, setelah dibawa dari Alun-alun selatan oleh pawang. Namun setelah tiba di Kori Kamandungan depan kraton, dan acara kirab dimulai, tiba-tiba mereka tidak mau berjalan. Kondisi tersebut membuat acara kirab sempat molor. Baru pada sekitar pukul 00.30 WIB, kerbau Kiai Slamet mau memimpin kirab.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, memperingati tahun baru dalam kalender Jawa 1 Sura, Keraton Surakarta Hadiningrat menyelenggarakan kirab pusaka. Dalam acara yang diselenggarakan Rabu (14/11) malam tersebut sebanyak 9 kebo bule atau yang sering disebut Kebo Kiai Slamet dan 10 pusaka keraton dikirab mengelilingi keraton.

"Ada 14 kebo bule milik keraton, tapi yang bisa dikirab hanya 9. Kalau pusaka yang kita kirab ada 10. Tapi seperti biasanya nama-nama pusaka tersebut kita rahasiakan" ujar KRMH Satriyo Hadinagoro, humas Keraton Surakarta.

Yang menarik dalam ritual kirab tersebut 9 kebo bule yang merupakan simbul kerakyatan menjadi cucuk lampah (pemimpin barisan) mengelilingi benteng keraton. Kirab yang dilakukan tengah malam tersebut, juga diikuti oleh sedikitnya 5.000 abdi dalem keraton.

Pantauan merdeka.com sebelum kirab pusaka, terlebih dulu dilaksanakan beberapa ritual. Di antaranya wilujengan (selamatan), dukutan, dilanjutkan kol-kolan (peringatan) meninggalnya Raja Surakarta Paku Buwono X.

Sementara dalam kirab yang disaksikan ribuan warga tersebut, ritual diawali dengan kirab pusaka keraton yang telah disucikan kemudian dikeluarkan dan diarak keliling sejauh 4,5 kilometer. Dalam prosesi ini, Kerbau Kiai Slamet dan pusaka keraton menjadi bagian utama dan diposisikan di barisan depan kemudian baru diikuti oleh para pembesar keraton,para sentana dalem, abdi dalem dan masyarakat.

Kirab yang juga dihadiri Raja Surakarta Paku Buwono XIII dan Kuasa Hukum Keraton Yusril Ihza Mahendra tersebut, dimulai dari Kori Kamandungan Keraton, menuju jalan Jendral Sudirman-Jl Arifin-Jl Kapt Mulyadi-Jl Veteran-Jl Yos Sudarso-Jl Slamet Riyadi-kembali ke Keraton.

Dalam perjalanan kirab, tak jarang kerbau Kiai Slamet membuang kotoran. Anehnya kotoran tersebut justru menjadi rebutan warga. Sebagian warga masih meyakini, jika mendapatkan kotoran kerbau, akan membawa berkah bagi dirinya dan keluarga.

"Senang bisa dapet kotoran Kiai Slamet, ini mau saya sebar di pekarangan, biar tanahnya subur," ujar Suratman, warga Gunung Kidul.

Sementara bagi Bima, warga Sragen, meski tak mendapat kotoran kerbau dia tetap yakin akan bernasib baik. "Saya senang, meski kerbaunya terlambat keluar. Saya yakin dengan melihat kerbau langsung, akan membawa berkah bagi keluarga saya," ujarnya.
[bal]
sumber
Setau ane acara Kirab Ini adanya sejak Tahun 1974 bukan acara yang ada sejak ratusan tahun lalu .....CMIIW emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By gundamx303
Setau ane acara Kirab Ini adanya sejak Tahun 1974 bukan acara yang ada sejak ratusan tahun lalu .....CMIIW emoticon-Sorry


hihihi belum tau kapannya gan soalnya belum ikut ngalamin....mgkin lebih lg juga ada kirab tp kan belum terlalu terpublikasi
itu kebo 9 ekor namanya Kyai Slamet semua ya?????
ngeri nih acara, deket2 dosa syirik.......................emoticon-Ngacir
saya prihatin dengan kejadian ini.
Saya harapkan semua pihak yang terkait bisa mencari solusi yang tepat, yang bisa menyenangkan semua pihak.

Quote:Original Posted By hendrow
itu kebo 9 ekor namanya Kyai Slamet semua ya?????


ada juga yg namanya kyai sibuya gan emoticon-Hammer emoticon-Peace


kalo gak salah dulu pawang nya Ki slamet meninggal dunia bunuh diri ya.... emoticon-Berduka (S)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
wakwkawkakw mgkin gan
melestarikan budaya ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:Original Posted By renjanarose
saya prihatin dengan kejadian ini.
Saya harapkan semua pihak yang terkait bisa mencari solusi yang tepat, yang bisa menyenangkan semua pihak.



ada juga yg namanya kyai sibuya gan emoticon-Hammer emoticon-Peace




Kirab 1 Suro, kebo Kiai Slamet sempat ngambek

yang ini maksudnya gan??? emoticon-Big Grin
susah ngandalin hewan untuk acara manusia
selamat suro an bagi yang merayakan emoticon-I Love Indonesia (S)
wong namanya juga kebo...yo ngambek wae lha.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Itu kebo umurnya udah berapa tahun ya?
Kalo misalnya mati gantinya gimana? udah bukan kebonya kiai Slamet lagi dong?
emoticon-Ngakak
tradisi2 koplak kongene ki kudu dilangi dhab
ora apik
menghambat kemajuan pola pikir ente
sudah aku duga pasti ada yang mengaitkan dengan SBY ke sini emoticon-Ngakak
jangan lupaemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Lah , kebo ngambek ada,kebo nyanyi,kebo curhat juga ada kok emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Dance.Of.Death
Lah , kebo ngambek ada,kebo nyanyi,kebo curhat juga ada kok emoticon-Ngakak


jahahahaha malah jadi bahas kebo yang lain ih..emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dl
Baru tau nih kalau kyi slamet ada 9 ekor, kirain cuma 1 ekor
Quote:Original Posted By 0915burhanuddin
Baru tau nih kalau kyi slamet ada 9 ekor, kirain cuma 1 ekor


maen ke alkit solo ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)