alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a49028562acfa83f0000ec/populis-sampah-pengusaha-ancam-gugat-jokowi-bila-sahkan-ump-rp-22-juta
(POPULIS SAMPAH) Pengusaha Ancam Gugat Jokowi Bila Sahkan UMP Rp 2,2 Juta
Jakarta - Pengusaha kecewa dengan keputusan Dewan Pengupahan DKI Jakarta yang menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta 2013 sebesar Rp 2,2 juta. Pengusaha mengancam menggugat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bila mengesahkan penetapan besaran UMP tersebut.

"Ini sangat tidak fair,kita siap menempuh jalur hukum untuk mencari keadilan jika Gubernur DKI Jakarta menetapkan UMP atas rekomendasi Dewan Pengupahan DKI Jakarta," kata Sarman Simanjorang, perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia dalam rilisnya, Kamis (15/11/2012).

Sarman mengatakan para pengusaha berharap agar Jokowi menetapkan UMP DKI dengan bijak. Apalagi Jokowi yang punya latar belakang pengusaha, sebut Sarman mengetahui kondisi riil para pengusaha.

"Kita meminta agar besaran UMP tidak memberatkan pengusaha akan tetapi juga tidak menurunkan tingkat kesejahteraan buruh. Semua untuk kepentingan bersama demi kelangsungan dunia usaha dan kelangsungan kerja para buruh dan pertumbuhan ekonomi Jakarta yang lebih baik," sambungnya.

Dalam rapat di Balai Kota kemarin (14/11), Dewan Pengupahan menetapkan UMP Rp 2.216.243,68, naik sekitar 112 persen dari kebutuhan hidup layak Rp 1.978.789 per bulan. Pengusaha yang menolak angka ini langsung walk out dari ruang rapat.

"Ada sandiwara antara pemerintah dengan Serikat Buruh. Kami heran melihat sikap buruh yang tadinya ngotot meminta UMP Rp. 2.799.067, tiba-tiba hanya meminta penambahan dua persen dari angka yang diajukan Pemerintah yakni Rp 2.176.667,09," terang Sarman.

[url]http://news.detik..com/read/2012/11/15/102022/2092242/10/pengusaha-ancam-gugat-jokowi-bila-sahkan-ump-rp-22-juta?991101mainnews[/url]

Gmana nasib pengusaha kecil dan menengah kalau gaji buruh nyampe Rp 2.2 juta padahal pengsusaha kecil dan menengan inilah yang paling banyak di jakarta !!

sedangkan pengusaha besar enak bisa pindahkan produksi ke luar jakarta bahkan luar negri

usaha tutup = pengangguran = ekonomi anjlok




Quote:Original Posted By Five2one

emang kalo foke yg jadi gubernur bisa bikin jakarta ga macet dalam waktu sebulan??
wong 5 taun aja ga ada hasilnya kok! malah tambah macet!emoticon-Ngakak


kalau masalah Macet siapapun Gubernur-nya gak bakal teratasi kalau tidak menyentuh maslah intinya, yaitu: jakarta adalah pusat segala sesuatu dari ekonomi sampe pemerintahan...ini harus di bagi-bagi ke daera spt pusat pemerintahan pindah ke kalimantan..ini baru jakarta ane yakin bakal bebas macet

kalau 4 tahun ke depan jakarta dalam pimpinan Jokowi bebas macet gw kasih ID gw emoticon-shakehand:


emang kalalu udah taklid buta kita kritisi sedikit idolanya bakal dibilang musuh/pesaing dari idolanya

maksud kalimat gw yg terakhir, gw takut sama politik JOKOWI yg mementingkan POPULERITAS (POPULIS).
biasanya pemimpin yg kyk begini bakal menjadi Bom waktu di masa depan.....
seperti kasus UMP ini, UMP 2.2 juta sama saja bom waktu ekonomi jakarta



Quote:Original Posted By riezky.fajar
Logikanya gan...
Klo Pabrik punya karyawan 200 Buruh.
UMP sekarang 1.4 klo ga salah ya jadi 2.2 berarti silisih 600rb
600.000x500= 300.000.000x12bulan= 3.6M

Pertanyaannya, apa iya perusahaan itu punya profit lebih 3.6M sebulan buat gaji? Klo perusahannya kaya astra sih mungkin kuat-kuat aja, klo perusaan yg biasa2 aja?

Klo ga bangkrut ya ekpansi perusahaan keluar jakarta.
Akibatnya? Pengangguran merajalela.
Emang mau nerima gaji 2.2jt tapi setahun kemudian perushaan cabut dari jakarta?

Emang kebijakan jokowi itu sok populis dan parah...
Ga dipilah-pilah dulu...

Yang penting itu nekan biaya hidup...
Transportasi murah, Pangan murah dan biaya hidup murah...
Klo UMP naik menggila gitu, tapi kebutuhan terus naik, ga bakalan cukup selamanya gan, pasti akan kurang dan kurang terus.


Menurut ane sih gan emoticon-Toast


agan yang satu ini pinterrr

ane juga setuju...yang harus dipikirin pemerintah adalah bagaimana menciptakan barang publik (fasilitas publik) yang bagus buat rakyat sehingga bisa menekan biaya hidup !! ini solusi bagi pengusaha dan buruh emoticon-shakehand
bukannya saya pelit, tapi memang UMP segitu terlalu mahal utk ukm emoticon-Embarrassment
Situ masih dongkol ya, atas kemenangan Jokowi? emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak

Sudah, sudah, serahkan saja pada pak Jokowi, nanti kedua belah pihak yaitu pengusaha dan buruh akan ditemui. Usulan dewan pengupahan cuman akan jadi pertimbangan saja, tetapi pengesahan dan keputusan akhir tetap pada jokowi.
iya sih gw kasihan sama yang perusahaan yang baru mau tumbuh. Kalau yang sudah besar, mereka punya option buat pindah tempat.
setiap taon keliatannya kita selalu mihak pengusaha, kali2 mihak buruh lah! ini kan kesengajaan pemda jakarta, naikin upah buruh.. pengusaha pindah ke luar jakarta, bujruh pun lambat laun ikut arus, trus akjhirnya jakarta lebih lapang buat wiraswasta.

hanya opsi ku kira

kalau pun itu ditetapkan..pasti sudah dipikirkan secara matang oleh jokowi. mungkin nanti ada win-win solution yang sedang direncanakan oleh jokowi. kita liat perkembangan selanjutnya



(POPULIS SAMPAH) Pengusaha Ancam Gugat Jokowi Bila Sahkan UMP Rp 2,2 Juta
Quote:Original Posted By GoMuh
Situ masih dongkol ya, atas kemenangan Jokowi? emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak

Sudah, sudah, serahkan saja pada pak Jokowi, nanti kedua belah pihak yaitu pengusaha dan buruh akan ditemui. Usulan dewan pengupahan cuman akan jadi pertimbangan saja, tetapi pengesahan dan keputusan akhir tetap pada jokowi.


gan ane netral ni. soal nya udah lama ga pulang ke jkt.. cuma mau blg apa yg di bilang ts itu ada bener nya.. ump segitu besar malah jadi boomerang bagi ekonomi kita.
gan ane mau dong gaji 2,2+++ emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By unwell
setiap taon keliatannya kita selalu mihak pengusaha, kali2 mihak buruh lah! ini kan kesengajaan pemda jakarta, naikin upah buruh.. pengusaha pindah ke luar jakarta, bujruh pun lambat laun ikut arus, trus akjhirnya jakarta lebih lapang buat wiraswasta.


masalahnya infrastruktur luar jakarta itu parah gan emoticon-Frown, lcoba kemana daerah yg infratruktur macam ketersediaan listrik yg 24 jam gk byar prett keberadaan pelabuhan kualifikasi kelas internasional dan airport yg bagus, jalan yg baik?

itulah mengapa semuanya numpuk di jkt, karena cuman disana yg struktur, infrastrukturnya baik dan diperhatikan pemerintah

paling pindah ke LN emoticon-Embarrassment, malaysia, vietnam dan kamboja siap menanti, itu klau pabrik orang asing yg besar modal, nah kalau cuman UKM? ya gulung tikar, mau pindah berat di modal, mau gaji segitu belum upah lembur dan THR gk akan ada yg sanggup emoticon-Berduka (S)
emang sih kemahalan kalo ane bilang segitu.
bisa mati pengusaha kecil kalo karyawannya minta naik gaji sesuai UMP.
ane bilang sih idealnya UMP 2 juta. sesuai dengan PTKP 2013 emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By unwell
setiap taon keliatannya kita selalu mihak pengusaha, kali2 mihak buruh lah! ini kan kesengajaan pemda jakarta, naikin upah buruh.. pengusaha pindah ke luar jakarta, bujruh pun lambat laun ikut arus, trus akjhirnya jakarta lebih lapang buat wiraswasta.


Semoga para buruh sejahtera... Semoga pengusaha juga gak terbebani. emoticon-Big Grin

Viva serikat buruh! Iurannya tambah gede! emoticon-Big Grin
2,2jt ? gile juga itu dewan netapin nya .. berdasarkan apa aja sih ump di keluarkan, survei aja cuma 1,9jt bisa hidup buat single di jakarta .. harusnya bukan gaji yang di naikin, tapi taraf hidup di turunkan .. biaya pangan harus bisa lebih murah, kesehatan dan pendidikan di tanggung negara, jadi gaji bisa mencukupi ..
Quote:Original Posted By AkuCintaNanae

Gmana nasib pengusaha kecil dan menengah kalau gaji buruh nyampe Rp 2.2 juta padahal pengsusaha kecil dan menengan inilah yang paling banyak di jakarta !!

sedangkan pengusaha besar enak bisa pindahkan produksi ke luar jakarta bahkan luar negri

usaha tutup = pengangguran = ekonomi anjlok

ini akibat dari pemimpin yang dipilih karena populer bukan karena visi dan misi

orang indonesia dan DKI pada khususnya emang terlalu bodoh karena selalu didikte oleh Media

jokowi naek pun jakarta macetnya gak berubah, pelaynan busway gak berubah tp pencitraaan emang selalu membuat orang buta
emoticon-Tai:


Komentar awalnya emang bener, kasian pengusaha kecil menengah
Sayang dibumbui oleh kebencian hasil tinggalan pilkada. Bukti efek nasbung beracun bisa merusak otak dan generasi berikutnya.

Gimana tuh warga DKI? Setuju sama pernyataan si pecinta nanas satu ini kalau kalian itu bodoh dan didikte media? emoticon-Bingung (S)
Apa bener kalau Jokowi belum mengubah Jakarta? emoticon-Ngakak

Saya yg jauh dari Jakarta aja bisa ngeliat perubahan yg sudah beliau buat, tp mungkin si TS matanya sudah tertutup oleh sisa2 teri lauk nasbung emoticon-Ngakak
Yup, ini kebijakan populis yang merugikan ekonomi DKI Jakarta sendiri, atau bahkan Indonesia.
Gaji seharusnya diserahkan ke pasar, pasar yang akan menentukan. Bukan pemerintah ataupun buruh.
Mau contoh nyata, negara yang berhasil dan tidak memiliki upah minimum?
Singapura. Singapura tidak memiliki upah minimum karena dikhawatirkan melemahkan daya saing. Bayangkan, Singapura dengan daya saing yg begitu hebat saja "takut" daya saingnya melemah dengan adanya upah minimum. Sedangkan Jakarta, dengan daya saing yg jauh lebih rendah dari Singapura, malah kembali melemahkan daya saingnya dengan menentukan Upah minimum, apalagi upah minimumnya termasuk tinggi. Kapan Jakarta akan bisa maju? (Bayangin, negara sekecil Singapura, dengan luas lebih kecil dari Jakarta saja total ekspornya 2x lipat Indonesia)

Pengusaha tidak pernah memaksa buruh menerima gaji yang "rendah", kalau buruh tidak mau gaji segitu tinggal tolak saja.Kenyataannya buruh tetap menerima gaji rendah itu, karena tau, dia tidak bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik. Sadar diri, kemampuan mereka memang rendah. Abis menerima gaji "rendah" tanpa paksaan, malah demo minta gaji naik.
Quote:Original Posted By unwell
setiap taon keliatannya kita selalu mihak pengusaha, kali2 mihak buruh lah! ini kan kesengajaan pemda jakarta, naikin upah buruh.. pengusaha pindah ke luar jakarta, bujruh pun lambat laun ikut arus, trus akjhirnya jakarta lebih lapang buat wiraswasta.


yang wiraswasta punya puluhan karyawan kudu bayar gaji sesuai UMR juga bukan? emoticon-Big Grin

ane sih mikirnya kalopun pengusaha relokasi pabrik ke luar jabodetabek, ya sami mawon sebenernya...

satu persatu buruh di luar jabodetabek pasti juga ikut menuntut kenaikan UMR (mungkin) meskipun tidak sebesar UMR jabodetabek...

mungkin menggantikan buruh dengan tenaga mesin yang otomatis terdengar sebagai solusi bagus, tapi ya ini bisa jadi bumerang juga... oleh masyarakat lokal bisa dituduh tidak padat karya... emoticon-Big Grin

ujung2-nya ya lebih baik relokasi pabrik ke luar indonesia... emoticon-Embarrassment
kalo ga salah naiknya 300 ribuan lebih ya gan?

kriteria pengusaha menengah mungkin punya 150-300 buruh dengan omset 2,5-50 M dengan asset 500jt-10M, jadi hitung2an harus pas.
Quote:Original Posted By unwell
setiap taon keliatannya kita selalu mihak pengusaha, kali2 mihak buruh lah! ini kan kesengajaan pemda jakarta, naikin upah buruh.. pengusaha pindah ke luar jakarta, bujruh pun lambat laun ikut arus, trus akjhirnya jakarta lebih lapang buat wiraswasta.


Memihak pengusaha = memihak ekonomi Indonesia secara keseluruhan.
Memihak buruh = hanya memihak buruh yang sedang bekerja, tidak memihak "calon buruh" dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

aminn amiinn gan emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
gw mencium bau2 konspirasi utk menjelekan / bahkan menurunkan jokowi ahok nih.

mreka jd serba salah mundur kena maju kena.

yg bilang jokowi naik macet blm berubah tuh org dongo bgt jokowi naek baru sebulan lebih uda mengharapkan macet berkurang.

efek nasbung beracun gini nih emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By infocube
kalo ga salah naiknya 300 ribuan lebih ya gan?

kriteria pengusaha menengah mungkin punya 150-300 buruh dengan omset 2,5-50 M dengan asset 500jt-10M, jadi hitung2an harus pas.


Gak, UMR DKI Jakarta 2012 1.529.150 jt.
Naik 700rb, hampir naik 50% UMR nya. Gila gak?
Jelas pengusaha mau ajukan gugatan