alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a46e832d75b4fb450000ee/pertama-di-indonesia-seorang-hakim-agung-mengundurkan-diri
Pertama di Indonesia, Seorang Hakim Agung Mengundurkan Diri!
Pertama di Indonesia, Seorang Hakim Agung Mengundurkan Diri!

[quote=]
Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari lembaga peradilan tertinggi di Indonesia, Mahkamah Agung (MA). Seorang hakim agung mengundurkan diri dari jabatannya sebelum masa tugasnya berakhir.

"Seorang hakim agung mengajukan pengunduran diri, diajukan Rabu, (14/11) kemarin," kata sumber kuat dan terpercaya detikcom di lembaga peradilan yang tidak mau disebut nama dan meminta dirahasiakan identitasnya, Kamis (15/11/2012).

Mendapati informasi ini, detikcom melacak ke berbagai pejabat resmi di MA tetapi tidak ada yang berani memberikan pernyataan. Juru bicara MA yang juga Ketua Muda MA bidang Pidana Khusus, Djoko Sarwoko juga belum merespon saat dimintai konfirmasi.

Untuk menguatkan informasi ini, detikcom meminta konfirmasi ke berbagai pejabat negara di lembaga negara lain, khususnya lembaga negara yang bergerak di sektor yudisial. Tidak sedikit dari mereka yang baru mendengar informasi tersebut.

Saat detikcom meminta konfirmasi ke Komisi Yudisial (KY), hal ini dibenarkan. KY adalah lembaga negara yang dibentuk UUD 1945 untuk mengawasi dan menjaga kehormatan hakim serta lembaga peradilan Indonesia.

"Ya saya mendengar hal tersebut," kata Wakil Ketua KY, Imam Anshari Saleh kepada detikcom pagi ini. Namun, siapa hakim agung yang dimaksud, Imam tidak mau membocorkan.

Alhasil, pengunduran diri ini menjadi sejarah pertama di MA sejak Indonesia merdeka. Bahkan sejak MA dibentuk pertama kali oleh Belanda.

"Namun biar MA yang mengumumkan hal ini," sambung Imam saat didesak siapa yang hakim agung yang mundur.

(asp/fdn)
[url=http://news.detik..com/read/2012/11/15/090331/2092212/10/pertama-di-indonesia-seorang-hakim-agung-mengundurkan-diri?991104topnews]SUMBER[/url]
[/quote]
komen: siapa eh siapa yah yang ngundurin diri??
apa tersangkut transparansi anggaran yg muncul kemaren yah??
[quote=]
Kamis, 15/11/2012 10:46 WIB
Hakim Agung Mengundurkan Diri Terkait Vonis Gembong Narkoba
Andi Saputra - detikNews
Jakarta - Pengunduran diri seorang hakim agung menggoncang lembaga peradilan. Mantan 'Yang Mulia' tersebut memilih mengundurkan diri terkait putusan atas gembong narkoba.

"Hakim agung tersebut mundur terkait putusan gembong narkoba," kata sumber kuat dan terpercaya detikcom di lembaga peradilan yang tidak mau disebut nama dan meminta dirahasiakan identitasnya rapat-rapat, Kamis (15/11/2012).

Seperti diketahui, isu narkoba beberapa pekan terakhir menjadi sorotan rakyat Indonesia. Emosi masyarakat semakin tidak terbendung saat Mahkamah Agung (MA) membuat putusan dengan membatalkan vonis mati gembong narkoba menjadi hukuman bilangan tahun.

Hingga saat ini, berbagai pejabat resmi di MA tetapi tidak ada yang berani memberikan pernyataan. Mereka hanya berani bicara dengan buru-buru menyampaikan off the record.

Juru bicara MA yang juga Ketua Muda MA bidang Pidana Khusus, Djoko Sarwoko juga belum merespon saat dimintai konfirmasi.

Saat detikcom meminta konfirmasi ke Komisi Yudisial (KY), hal ini dibenarkan. KY adalah lembaga negara yang dibentuk UUD 1945 untuk mengawasi dan menjaga kehormatan hakim serta lembaga peradilan Indonesia.

"Ya saya mendengar hal tersebut," kata Wakil Ketua KY, Imam Anshari Saleh kepada detikcom pagi ini.

Alhasil, pengunduran diri ini menjadi sejarah pertama di MA sejak Indonesia merdeka. Bahkan sejak MA dibentuk pertama kali oleh Belanda.

"Namun biar MA yang mengumumkan hal ini," sambung Imam.


Lantas siapakah hakim agung tersebut?


(asp/gah)

[/quote]
hakim nakal dibunuh saja
biar peradilan bersih
jarang jarang ada yang kayak gini ada urat malunya juga pejabat emoticon-Smilie
ada indikasi gak baik neh...


kalo ada permainan uang... ya diusut dong, kalee aja ada perkara berhubungan dengan vonis yang mencurigakan....
mundur karena masalah dan tidak berani bertanggung jawab adalah pengecut

MA: Yamani 'Hanya' Lalai Tulis Putusan, Tak Ada Unsur Penerimaan Suap

Quote:Jakarta - Mahkamah Agung akhirnya membenarkan alasan Ahmad Yamani mundur dari posisinya sebagai hakim agung karena adanya kesalahan dalam menulis putusan. Meski begitu, MA tidak menemukan adanya unsur penerimaan suap kepada Yamani.

"Kesimpulan dari pemeriksaan itu, tidak terdapat cukup bukti adanya pelanggaran kode etik berupa unsur penyuapan dan semata-mata bersifat teknis yudisial yang merupakan independensi hakim dalam mengadili perkara dan memutus perkara," ujar Kepala Biro Humas MA Ridwan Mansyur.

Hal tersebut disampaikannya dalam jumpa pers di rumah dinas Ketua MA, Hatta Ali di Widya Chandra, Jaksel, Sabtu (17/11/2012).

Ketua MA Hatta Ali, lanjut Ridwan, lalu memerintahkan kepada Yamani untuk mundur. Yamani juga diminta untuk mengembalikan semua berkas perkara ke panitia MA.

"Oleh karena hasil pemeriksaan tidak terdapat bukti adanya unsur penyuapan dalam pencantuman pidana 12 tahun kepada Hengky Gunawan maka pengunduran diri dimungkinkan sesuai ketentuan pasl 11 ayat (1) huruf c UU MA," ujar Ridwan.

Mahkamah Agung akhirnya berbicara apa adanya mengenai alasan mundurnya Ahmad Yamani dari posisi hakim agung. Setelah sebelumnya menyebut Yamani mundur karena sakit maag akut, kini MA mengakui alasan sebenarnya: Yamani lalai dalam menuliskan vonis untuk gembong narkoba Hengky Gunawan.

"Tim pemeriksa Mahkamah Agung telah melakukan pemeriksaan terhadap majelis atas nama Hengki Gunawan. Di temukan adanya tulisan tangan dari Hakim Agung Ahmad Yamani yang menuliskan hukuman pidana penjara 12 tahun. Dan kedua hakim lainnya tidak setuju pidana 12 tahun melainkan 15 tahun," ujar Kepala Biro Humas MA Ridwan Mansyur.

Lalu MA, lanjut Ridwan meminta Yamani untuk mundur. Nah di sisi lain, Ridwan mengatakan Yamani juga memiliki alasan lain untuk mundur terkait kesehatannya. "Untuk menegakkan Disiplin kepada Ahmad Yamani diminta secara ksatria untuk mundur. Dan hal tersebut direspon oleh Ahmad Yamani karena bahwa kesehatannya belakangan ini terganggu, karena menderita vertigo, sinusitis, frostat dan buat dia sering keluar masuk RS," ujar Ridwan.

Terkait putuasan untuk Hengky Gunawan ini, MA membentuk tim pemeriksa yang pimpin oleh Wakil Ketua MA Abdul Kadir Mappong dan Kepala Badan Pengawasan (Bawas) Timur Manurung. Tim ini memulai melakukan pemeriksaan intensif mulai dari struktur terbawah pengambil keputusan tersebut yaitu para operator. Kemudian menyasar pada hakim anggota majelis yaitu Hakim Nyak Pha dan Ahmad Yamani, baru kemudian Imron sebagai ketua majelis.


sumber: [url]http://news.detik..com/read/2012/11/17/194617/2093343/10/ma-yamani-hanya-lalai-tulis-putusan-tak-ada-unsur-penerimaan-suap?991101mainnews[/url]

Ini Lagi: KY Minta Presiden SBY Tolak Pengunduran Diri Hakim Agung Yamani

Quote:Jakarta - Permintaan Mahkamah Agung (MA) kepada Ahmad Yamani untuk mundur dari jabatan hakim agung menuai krontroversi. Secara tegas Komisi Yudisial (KY) meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak mengabulkan permohonan pengunduran diri tersebut.

"KY berharap Presiden tidak mengabulkan pengunduran diri Yamani karena dia sedang bermasalah," kata Wakil Ketua KY, Imam Anshari Saleh dalam pesan pendeknya kepada detikcom, Minggu (18/11/2012).

KY adalah lembaga tinggi negara yang dibentuk konstitusi untuk mengawasi dan menjaga kehormatan hakim. Permintaan ini bukannya tanpa alasan. Bagi KY, pengunduran diri Yamani akan menutup rangkaian dugaan pemalsuan pembatalan vonis mati gembong narkotika.

"Nanti bisa jadi preseden buruk, setiap hakim bersalah, selesai karena mundur," sambung Imam.

Pimpinan MA meminta Ahmad Yamani untuk mengundurkan diri karena terbukti lalai dalam menuliskan putusan untuk gembong narkoba Hengky Gunawan. Vonis untuk Hengky yang diputuskan 15 tahun penjara, ditulis oleh Yamani yang menjadi anggota majelis menjadi 12 tahun saja. Pimpinan MA menyebut kesalahan Yamani itu kelalaian semata.

"Tim pemeriksa MA telah melakukan pemeriksaan terhadap majelis atas nama Hengky Gunawan. Ditemukan adanya tulisan tangan dari hakim agung Ahmad Yamani yang menuliskan hukuman pidana penjara 12 tahun. Kedua hakim lainnya tidak setuju pidana 12 tahun penjara melainkan 15 tahun penjara," ujar Kepala Biro Humas MA Ridwan Mansyur.


sumber: [url]http://news.detik..com/read/2012/11/18/053942/2093420/10/ky-minta-presiden-sby-tolak-pengunduran-diri-hakim-agung-yamani?991101mainnews[/url]
Mundur karena malu
atau
dipaksa.

Harus di silit diki dulu.