alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a4345f05346ac40400003e/giliran-solo-minta-status-daerah-istimewa
Video & Image 
Giliran Solo Minta Status Daerah Istimewa
Quote:Giliran Solo Minta Status Daerah Istimewa
Quote:REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Gerakan pembentukan Daerah Istimewa Surakarta (DIS) kembali menguat. Pakar Hukum Tata Negara yang juga Kuasa Hukum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Prof Dr Yusril Ihza Mahendra, segera melakukan langkah hukum terkait Keistimewaan Daerah Surakarta untuk diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Rencana langkah hukum itu disampaikan Prof Yusril, usai menjadi pembicara diskusi panel 'Daerah Istimewa Surakarta Dalam NKRI' di Aula Fakultas Hukum UNS, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Jateng, Rabu (14/11) lalu.

Menurut Yusril, saat ini pihaknya tengah melakukan kajian hukum dan pematangan untuk bagaimana cara menghidupkan kembali Daerah Istimewa Surakarta (DIS).

Penghidupan kembali status DIS ini, menurut mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) ini, tentunya melalui saluran yang ada yang sah secara konstitusional. “Dalam waktu dekat ini akan segera kita ajukan ke MK,” katanya.

Menurut mantan Menteri Hukum dan HAM ini, pembentukan DIS dulunya memang telah ada. Hanya saja, hal itu kemudian hilang. “Jadi, dulu pembentukan DIS itu sudah ada, kemudian ditunda oleh Pemerintah Pusat hingga sampai saat ini,” ungkapnya.

sumber air

ini pasti gara2 jokowi jd gubernur DKI,
ada pihak2 tertentu yg memanfaatkan momen ini utk diliput media
GR emoticon-Malu (S)
apa untungnya Solo jadi daerah istimewa?
walaaah...wong rakyat solo malu klo keratonnya jd tempat jual beli gelar....keraton masih ribut soal warisan dan kekuasaan...kok mau minta istimewa...emang keraton solo istimewa dr mana?

istimewa cm jokowi....lagian pak jokowi jg ga berharap2 apa ama keraton solo...jgn2 keraton solo cm ndompleng aja ketenaran jokowi....memalukan
emoticon-Ngakak

istimewa apanya ?? istimewa rebutan kekuasaan antar anggota keraton ? MEMALUKAN !!!

*menurut sejarah, kraton solo ini kan dulu anteknya belanda setelah kesultanan mataram dipecah ... gak malu tuh sama sejarah minta daerah istimewa ?? emoticon-Big Grin
Baca sejarah kenapa Jogya dikasih, solo nggak? Karena jaman kemerdekaan dulu kesultanan solo memihak belanda, maklum di sono banyak yang seakidah sama belanda.
FYI, dulu Solo memang pernah mendapat gelar Daerah Istimewa Surakarta.
Namun sepertinya Kasultanan Solo tidak berwibawa sehingga rakyatnya sendiri memberontak & protes atas gelar tersebut.

Pada puncaknya, Tan Malaka berhasil membunuh Pejabat Tinggi Kasultanan dan menculik orang2 penting lainnya.

Selengkapnya baca wiki saja, hehehe.... : http://id.wikipedia.org/wiki/Provinsi_Surakarta
Quote:Original Posted By muhas14


sumber air

ini pasti gara2 jokowi jd gubernur DKI,
ada pihak2 tertentu yg memanfaatkan momen ini utk diliput media
GR emoticon-Malu (S)


maaf kayanya njenengan salah teman, wacana " Daerah Istimewa Surakata" setau saia sudah diusulkan sejak 5 tauh yg lalu ( kira2 taun 2007).

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:Original Posted By wiki5000
apa untungnya Solo jadi daerah istimewa?


anggaran...

Quote:Original Posted By Chataracs
walaaah...wong rakyat solo malu klo keratonnya jd tempat jual beli gelar....keraton masih ribut soal warisan dan kekuasaan...kok mau minta istimewa...emang keraton solo istimewa dr mana?

istimewa cm jokowi....lagian pak jokowi jg ga berharap2 apa ama keraton solo...jgn2 keraton solo cm ndompleng aja ketenaran jokowi....memalukan


kalau ngomong mohon diatur.
siap yg bilang rebutan?...
kraton solo itu dananya minim.. krn pemdanya anggarannya kecil jg.




Quote:Original Posted By verstappen
emoticon-Ngakak

istimewa apanya ?? istimewa rebutan kekuasaan antar anggota keraton ? MEMALUKAN !!!

*menurut sejarah, kraton solo ini kan dulu anteknya belanda setelah kesultanan mataram dipecah ... gak malu tuh sama sejarah minta daerah istimewa ?? emoticon-Big Grin


yg rebutan siapa?..emoticon-Embarrassment
*itu menurut sejarah versi agan...emoticon-Stick Out Tongue


Quote:Original Posted By zackaria
maaf kayanya njenengan salah teman, wacana " Daerah Istimewa Surakata" setau saia sudah diusulkan sejak 5 tauh yg lalu ( kira2 taun 2007).

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


bener...dan banyak yg tidak mau kalau solo jadi DIS...termasuk saya.
Pelajari sejarahnya jangan asal komentari. tentang keistimewaan solo itu jangan dilihat dari segi ekonomi aja, tapi juga dari sosial budaya. ada hak keraton disana untuk menghidupkan kembali. bukan membuat yang baru. jadi secara positif ane ane setuju dengan prof. Yusril
wah ane juga mo ngusulin bandung jd daerah istimewa ah kalo solo sukses

DIBE (Daerah Istimewa Black Essence) emoticon-Malu (S)
yah, semoga aja
Giliran Solo Minta Status Daerah Istimewa
provinsi indonesia masa depan
ah elah banyak cingong nih kota kecil...emoticon-fuck3

kontribusi buat negara kagak ada nih kota emoticon-fuck3
yusril bnran pengen jd presiden nih, ksian amat si nih orang didepak jd menteri lsg BSH tuntut smuany sampe hal yg ga penting n koruptor emoticon-Najis
Kalo baca di http://id.m.wikipedia.org/wiki/Provinsi_Surakarta#section_3 DIS sendiri didukung hanya oleh pihak Bangsawan, sementara pihak bangsawan di Surakarta tidak didukung oleh rakyatnya (itulah yang dimanfaatkan Dto. Tan Malaka untuk melangsungkan Revolusi Agraria di Surakarta)
Itu kalo bicara sejarah, kedepannya gimana?
emoticon-Ngacir
emoticon-Ngakak jiah yang mau bikin propinsi solo tok atau seluruh "karesidenan surakarta",
emang kabupaten kresidenan srakarta lainnya (Sukoharjo, boyolali, klaten, sragen, karanganyar, wonogiri) dah setuju apa,
keknya cuma orang keraton aja yg semangat mau jadi propinsi emoticon-Hammer2
Keraton hasil politik adu domba belanda. Gak heran sampai sekarang masih tercium bau2 domba diadu emoticon-Malu (S)

Surakarta gak pernah ada suaranya pas perang. Jendral sudirman aja lebih milih lewat pacitan daripada SOLO emoticon-Malu (S)
Khoontol apa kata PakLek OraLucu saja. emoticon-Cool
Quote:Original Posted By SopirMetromini
Baca sejarah kenapa Jogya dikasih, solo nggak? Karena jaman kemerdekaan dulu kesultanan solo memihak belanda, maklum di sono banyak yang seakidah sama belanda.


oh begitu ya gan..tapi kalau sekarang sudah berubah setelah jokowi memimpin..solo menjadi lebih baik. tapi kalau untuk menjadi DI (daerah istimewa) itu sangat berlebihan



Giliran Solo Minta Status Daerah Istimewa
Giliran Solo Minta Status Daerah Istimewa
halah Solo ngopo meneh iki?
po kepie ak manut wes